Machinarium: Asyiknya Bermain Game Puzzel Adventure

Machinarium: Asyiknya Bermain Game Puzzel Adventure, Bagi kamu seorang gamer yang menyukai genre adventure, kamu akan menemukannya dalam permainan puzzle ini. Meskipun game ini cukup menguras otak, tapi kamu tidak akan berhenti atau menyerah dengan permainan ini. Karena jiwa adventuremu akan mengajak untuk terus lanjut dan menyelesaikan game ini. Nama permainan atau game tersebut adalah Machinarium.

Review Game Machinarium

Storygame

Machinarium adalah sebuah game indie adventure yang berbasis point and click. Pada awalnya game ini hanya dapat dimainkan lewat PC atau steam saja setelah dirilis pada tahun 2009. Namun oleh Tim Pengembang Amanita Design, pada tahun 2013 game ini resmi merilisi game Machinarium dengan versi iOSnya. Dengan begitu game ini dapat dinikmati melalui smartphone yang kamu miliki.

Machinarium merupakan sebuah game yang menceritakan kehidupan sebuah robot kecil yang bernama Joseph. Dalam hal ini pemain akan bermain sebagai Joseph. Joseph dibuang ketempat pembuangan sampah yang kumuh. Di sana Joseph hancur menjadi empat bagian yaitu kepala, badan, kaki dan tangan terpisah.

Misi pertama game Puzzle Adventure ini adalah mengembalikan Joseph ke bentuk asalnya dan pergi dari tempat kumuh itu. Misi ini juga akan menjadi tutorial agar kamu dapat mengetahui  cara meng kontrol game ini.

Dalam perjalanannya, pemain akan melewati banyak puzzle dan teka teki yang cukup membuat pemain berfikir keras untuk menyelsaikannya. Setelah melewati tantangan itu, pemain akan bertemu dengan sekomplotan robot jahat (penjahat) yang dinamakan Black Cap Brotherhood yang akan membuat keonaran di kota dan menculik pacar dari Joseph.

Pada level ini, tugas utama pemain ialah menyelematkan para penduduk kota berserta walikota dan menyelmatkan sang kekasih dari genggaman para robot jahat.

Cara Memainkan Game Machinarium

Untuk membuat Joseph berjalan, kamu dapat menekan layar ponselmu ke tempat yang ingin dituju. Hal yang sama juga dapat kamu lakukan untuk membuat Joseph mengambil objek tertentu. Untuk membuat tubuh Joseph lebih tinggi dan lebih pendek, kamu cukup menggeser jari kamu ke atas atau ke bawah. Dengan begitu anda akan dapat menggunakan banyak keuntungan dalam memecahkan misi yang bergantung dari tinggi badan Joseph.

Setiap objek yang diambil oleh Joseph akan ditelan dan akan terpampang pada pada bagian bawah layar. Setiap kamu mendapatkan item baru, jangan lupa untuk mencoba menggabungkan atau mengkobinasikan dua objek atau lebih. Hal ini akan membantu kamu memecahkan teka-tekinya.

Jika kamu merasa suatu stage level sangat sulit, game ini juga menyediakan walkthrough book yang tersedia gratis dan dapat kamu akses di bagian kanan bawah layar. Namun, tidak semudah itu kamu menggunakan walkthrough book untuk memecahkan puzzle itu. Sebelumnya kamu harus menjawab minigame menebak monster untuk membuka sebuah kunci.

Jika kamu dapat menyelesaikannya, maka kunci itu akan terbuka dan memberikan selembar kertas yang berisi cara menyelasikan game pada level tersebut.

Sebelum anda menutup buku walkthrough, pastikan anda mengingatnya dengan betul dan dapat mengaplikasikan kiat-kiat tersebut untuk memecahkan stage lavel game ini. Karena apabila buku walkthrough sudah ditutup, kamu harus bermain minigame lagi jika kamu akan membukanya kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Game Machinarium

Kelebihan dari game Machinarium yaitu desain grafis yang ada dalam game ini sungguh sangat menakjubkan. Kamu akan menikmati dengan sangat detail grafis pada setiap objek dan dunianya. Tidak hanya desain grafis yang menakjubkan, soundtrack pada game ini cukup indah untuk di dengarkan dan dapat menghibur pemain dari permainan yang cukup rumit ini. Sehingga game Machinarium bisa dikatakan sebagai game puzzle adventure yang menawan dan unik.

Hal lain yang tidak kalah menarik, bahwa game Machinarium sudah memiliki sound efek 3D, sehingga benda yang terjatuh disisi kiri akan terdengar di speaker kiri, begitupun sebaliknya. Tidak heran ketika game indie ini dapat memenangkan beberapa penghargaan. Bagi kalian yang lebih suka memaikan game offline, game Machinarium merupakan rekomendasi game yang harus kamu mainkan.

Tidak ada gading yang tak  retak, setiap kelebihan pasti ada kekurangan begitu pun dengan game yang satu ini. Game ini tidak memiliki sistem kendali yang automatis, Bagi kalian penggemar game puzzle kasual yang lebih menikmati alur ceritanya, akan merasa jenuh dan kesal karena sulitnya memecahkan puzzle-puzzle dan teka teki ini. Perlu diketahui game Machinarium hanya memiliki satu jalan cerita saja, tidak ada jalan cerita alternatif yang membuat game ini tidak dapat dimainkan berulang kali.

Hal yang disesalkan dalam game petualangan android ini yakni jika kalian mendowload dan menginstall game Machinarium, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp. 49.000. Namun, harga ini akan sebanding dengan apa yang kalian nikmati pada game ini. Selain itu, game ini juga bisa tetap dimainkan pada saat mode offline. Sehingga memainkan game ini tidak akan membuat kantongmu terkuras.

Download Game Machinarium