lupa kata sandi gmail? Reset Password Saja (Cuma 5Menit)

3 min read

Lupa Kata Sandi Gmail? Reset Password Saja (Cuma 5 Menit),- Lupa kata sandi gmail bisa jadi bencana. Terutama buat kamu yang sering menggunakan email untuk pekerjaan atau mengumpulkan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Tapi kalau kamu lupa password gmail, Kamu tak perlu membuat akun gmail baru. Saya punya beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Gunakan saja fasilitas reset kata sandi. Gmail memiliki fasilitas reset kata sandi yang bisa digunakan pengguna yang lupa kata sandinya. Cara reset pun gampang dan tidak ribet. Cukup dengan meluangkan waktu lima menit saja kamu sudah bisa mereset kata sandi akun gmailmu dan bisa membuka gmailmu kembali.

Cara untuk mereset kata sandi pun tidak hanya satu cara saja. Gmail menyediakan empat cara reset sandi gmail. Kalau cara yang pertama gagal, kamu bisa mencoba cara kedua, ketiga dan seterusnya. Masing-masing menggunakan cara yang berbeda dan perlengkapan yang berbeda pula. kerumitannya pun berbeda. Disini saya akan mencoba mengurutkan berdasarkan cara termudah ke terumit.

Empat Cara Reset Kata Sandi Gmail

1. Menggunakan Smartphone Android

Pertama, bisa jadi adalah cara yang paling sederhana dan termudah. Namun, ada syarat yang harus terpenuhi untuk reset menggunakan cara yang pertama ini. Syaratnya adalah akun gmailmu harus sudah dalam keadaan login di Smartphone Androidmu. Melalui Android kamu bisa login ke gmail menggunakan aplikasi gmail yang tersedia.

Di aplikasi tersebut kamu sudah harus dalam keadaan login dulu. Ini karena nanti pesan konfirmasi akan terkirim melalui aplikasi tersebut. Cara ini paling mudah dan cepat karena kamu tidak perlu repot-repot melalui banyak tahapan.

Caranya: masuk ke laman recovery gmail melalui komputer atau laptop. Masukkan alamat gmailmu, klik selanjutnya dan pilih lupa kata sandi. Selanjutnya, reset menggunakan smartphone ini akam muncul sebagai pilihan pertama.

Kamu tinggal klik pilihan ini dan akan muncul pemberitahuan di androidmu. Klik pilihan di androidmu tesebut dan secara otomatis kamu akan menuju laman ganti kata sandi. Ganti kata sandimu dan selesai

Sangat mudah bukan? Cara ini bahkan bisa hanya menghabiskan waktu dua menit saja, atau bahkan kurang. Jadi saya sarankan agar kamu selalu dalam keadaan login di smartphone.

2. Menggunakan No Handphone

Cara kedua yang tidak kalah cepatnya adalah dengan menggunakan No handphone. Cara ini mungkin hanya akan menghabiskan waktu sekitar dua menit saja. cara ini akan lebih mudah dan cepat lagi jika kamu sudah menyediakan nomer handphonemu dalam akun gmail tersebut. No handpone untuk recovery ini biasanya bisa dimasukkan saat mendaftar akun gmail ataupun setelahnya.

Beginilah cara reset menggunakan No Hp: Pertama kamu lakukan langkah seperti cara diatas. Kamu mengklik “pilih cara lain” dalam pilihan di laman recovery gmail saat berada dalam laman cara yang pertama tadi.

Selanjutnya akan muncul permintaan reset kata sandi menggunakan no handphone. Jika kamu sudah mendaftarkan no handphonemu untuk sebagai recovery, no handphone mu akan secara otomatis muncul di cara yang kedua ini.

Jika kamu belum mendaftarkan No Hp, masukkan No Hp mu, pilih lanjutkan. Kamu akan menerima SMS konfirmasi di Hp mu. Selanjutnya masukkan kode dalam SMS tersebut ke kolom yang tersedia di laman recovery. Klik lanjutkan. Setelah memasukkan kode tersebut, kamu siap untuk mengganti kata sandi akun gmailmu.

Google akan mengutamakan No Hp yang telah didaftarkan sebagai recovery akun gmail tersebut. Jadi saya sarankan untuk memasukkan no handphone di akun gmailmu dan selalu memperbaharuinya saat kamu ganti no handphone.

3. Menggunakan Email Pemulihan

Jika kamu tidak bisa menggunakan dua cara tersebut, maka kamu bisa menggunakan cara ketiga ini. Cara ketiga ini memang rada lebih ribet dibandingkan dengan kedua cara sebelumnya. Dengan cara ini kamu harus memasukkan email pemulhan ke dalam kolom yang disediakan. Untuk menemukan kolom ini kita harus masuk ke laman reset menggunakan email pemulihan dengan cara men skip dua cara diatas.

Begini cara reset menggunakan email pemulihan: Setelah men-skip dua cara diatas, kamu akan masuk ke laman reset menggunakan email pemulihan. Akan ada beberapa pilihan, kamu bisa menskip pilihan itu sampai pada laman berisi kolom email pemulihan. Selanjutnya masukkan email pemulihanmu ke kolom tersebut.

Setelah kamu mensetujuinya, email pemulihanmu akan menerima kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia di laman recovery. Klik lanjutkan dan kamu sudah bisa menggandi kata sandimu dengan kata sandi yang baru.

Cara lebih detailnya, silakan baca: Cara Reset Kata Sandi Gmail dengan Email Pemulihan

4. Dengan Menjawab Pertanyaan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjawab pertanyaan. Cara ini adalah menu terakhir yang bisa kamu pilih setelah men skip tiga cara tiatas dengan meng klik “pilih cara lain”. Cara ini tergolong cara yang paling rumit dalam mereset akun gmail. Selain itu juga membutuhkan waktu paling lama. mungkin untuk melakukan ini membutuhkan waktu sekitar lima menit.

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya yang membutuhkan kode konfirmasi yang harus kamu masukkan, cara ini tidak membutuhkan kode konfirmasi. Kamu cukup menjawab pertanyaan dari google untuk bisa mereset kata sandi. Biasanya pertanyaan yang muncul adalah pertanyaan yang memang sudah pengguna setting untuk akun tersebut.

Selain harus menjawab pertanyaan tersebut, kamu juga akan diminta untuk menyebutkan kapan akun tersebut dibuat. Semakin tepat kamu menyebutkan kapan akuntersebut dibuat, maka semakin besar kemungkinan kamu diperbolehkan oleh goggle untuk mereset kata sandi tersebut. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengubah kata sandi baru untuk akun gmailmu.

Cara lebih detailnya, silakan baca: Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

Begitulah cara mereset kata sandi gmail. Cuma butuh waktu lima menit saja. Sangat cepat bukan? Yang terpenting dalam menggunakan reset kata sandi gmail adalah dilakukan secara teliti dan setepat mungkin. Google memiliki sistem keamangan yang lumayan ketat, jadi kesalahan sedikit saja bisa membuat google tidak percaya bahwa kamu adalah pemilik akun gmail tersebut dan akhirnya kamu tidak bisa melakukan reset kata sandi. Selamat mencoba!

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *