Lama Waktu Permainan Bola Basket dan Penjelasannya

Seperti permainan olaharaga lainnya, basket juga dibatasi oleh waktu. Tak hanya paham bagaimana teknis dasar dan sejarah olahraga satu ini. Sebagai pemain yang baik, kita juga harus mengerti lamanya permainan satu ini. Sebab nyatanya ada perbedaan lama waktu permainan basket di dunia ini.

Mengetahui berapa lama waktu permainan basket bermanfaat agar kita bisa menggunakan waktu se-efisien mungkin. Alhasil permainan pun bisa kita tentukan strateginya. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Lama Waktu Permainan Bola Basket

Memang lamanya waktu permainan basket yang selama ini kita ketahui berbeda-beda. Sebenarnya ini adalah hal wajar. Sebab terdapat dua versi mengenai peraturan waktu bermain basket. Yakni versi National Basketball Association dan Federasi Bola Basket Internasional.

Namun untuk even kelas internasional, durasi permainan basket menggunakan standar Federasi Bola Basket Internasional. Standar dari federasi tersebut adalah 4 x 10 menit. Sedangkan untuk versi National Basketball Association, standar waktunya adalah 4 x 12 menit. Berbeda 2 menit untuk masing-masing quarter.

Antara babak 1-4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Maka total satu pertandingan basket rata-rata berjalan 80-90 menit. Hal ini juga tergantung pada kondisi saat pertandingan itu sendiri.

Jika pada akhir permainan poinnya sama, maka akan ada babak perpanjangan waktu sampai terjadi selisih poin. Untuk babak tambahan waktu, terdapat jeda istirahat selama 2 menit. Sedangkan waktu untuk melakukan lemparan bola ke dalam adalah 5 detik.

Dari penjelasan di atas, dapat kita tarik beberapa kesimpulan:

  • Lama waktu permainan bola basket adalah 4 x 10 menit sesuai dengan aturan FIBA selaku induk olahraga bola basket dunia.
  • Waktu istirahat antar babak adalah 10 menit.
  • Jika selama 4 x 10 menit, poin kedua tim adalah sama maka akan diadakan babak tambahan.
  • Waktu lemparan bola ke dalam adalah 5 detik.

Peraturan Permainan Bola Basket

Selain mesti menguasai teknik dasar bola basket dan lama waktu permainannya, ada baiknya kita juga harus tahu apa saja peraturan permainan bola basket. Salah satunya mengenai peraturan jumlah pemain. Dalam 1 tim terdiri atas 5 orang pemain. Pemain cadangan boleh sebanyak 5 orang.

Jalannya pertandingan dipimpin oleh seorang wasit. Dalam menjalankan tugasnya, wasit dibantu oleh seorang Umpire atau wasit kedua. Selain pengadil, dalam peraturan bola basket juga terdapat aturan mengenai pelanggaran. Yakni back ball atau back court.

Peraturan tersebut menjelaskan tentang keadaan pelanggaran yang diperlihatkan kepada pemain yang membawa bola ke area pertahanan dan melewati garis tengah. Kondisi tersebut menunjukan bahwa pemain sudah melanggaran aturan.

Ada pula peraturan pelanggaran mengenai walking dan travelling. Jenis pelanggaran tersebut terjadi jika pemain membawa bola basket tanpa melakukan dribble pada jarak perpindahan lebih dari dua langkah.

Hal tersebut dianggap pelanggaran karena menyalahi aturan khas bola baske. Yakni dribble. Sebab tanpa dribble, maka pertandingan bola basket tidak ada bedanya dengan jenis olahraga lainnya.

Sebenarnya pemain boleh membawa bola. Namun jarak maksimalnya hanya dua langkah. Maka perlu sekali mengetahui peraturan tersebut selain memahami waktu permainan bola basket agar lancar selama bermain. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.