Kosakata Bahasa Sunda Sehari-Hari dan Artinya Lengkap

Bahasa sunda merupakan bahasa yang cukup populer di Indonesia. Selain karena ia berasal dari salah satu suku yang cukup besar di tanah air, bahasa sunda juga menarik dari segi lugot dan cara pengucapanya.

Seringkali seseorang tersenyum karena mendengar pengucapan bahasa sunda. Karena itu tak salah bila banyak pelawak tanah air datang dari sunda. Seringkali pula bahasa sunda digunakan sebagai bahan candaan atau lawakan seperti yang dilakukan oleh artis-artis indonesia. Sebut saja Kang Sule, Teh Fitri Tropica, Rafi Ahmad, dan lain sebagainya.

Kosakata bahasa sunda

Kosakata Bahasa Sunda

Bahasa sunda mirip seperti bahasa Jawa. Kosa katanya ada banyak sekali. Dalam satu kata ada beberapa macam artinya. Misalnya kata makan, yang punya banyak sekali arti.

Penggunaanya juga demikian. Ada yang halus atau lembut, loma atau biasa dan kasar. Sama seperti yang ada di bahasa Jawa. Masing-masing tingkatan digunakan sesuai dengan siapa yang kita ajak bicara.

Mungkin kamu yang membaca artikel kosakata bahasa sunda sehari hari memiliki beragam alasan mengapa ingin melajar bahasa sunda. Bisa jadi karena kamu ingin menyesuaikan dengan lingkungan kerja baru kamu, teman-teman kamu dan lain sebagainya.

Bisa pula karena kamu kuliah di jawa barat, travelling, naik gunung, atau karena kamu bergaul dengan orang sunda atau bahkan sedang pedekate dengan calon mertua.

Yang terpenting ketika kamu belajar kosakata bahasa sunda, pahami juga bagaimana cara pengucapanya. Lalu pelajari juga tingkatan penggunaan kosakata dalam bahasa sunda.

Warna dalam bahasa sunda

Kosakata Nama Warna dalam Bahasa Sunda

NoNama WarnaBahasa Sunda
1.PutihBodas
2.HijauHejo
3.HitamHideung
4.KuningKoneng
5.MerahBeureum
6.BiruBiru
7.UnguBungur, Gandaria
8.Merah muda (Pink)Kayas
9.abu-abuKulawu
10.CoklatKopi / Coklat

Beberapa kosakata warna dalam bahasa sunda masih sama dengan kosakata warna dalam bahasa Indonesia. Misalnya warna biru dan coklat.

Selain warna dasar sebagai mana yang disebutkan dalam tabel di atas, ada pula gradasi warna. Kosakatanya bisa didapat dengan menggabungkanya dengan posposisi, preposisi atau modalitas. Misalnya:

  • Tua = kolot. Misalnya beureum kolot (merah tua), Hejo kolot (Hijau tua).
  • Muda = ngora. Misalnya hejo ngora (hijau muda), kecuali untuk hitam tidak ada hideung ngora (hitam muda).
  • Agak = Saulas. Misalnya beureum saulas (agak merah)
  • Sangat = Pisan. Misalnya hideung pisan (sangat hitam)
  • Sangat = Naker (bodas naker) sangat putih)
  • Agak = Rada. Misalnya rada hejo (agak hijau)
  • Harus = Kudu. Misalnya kudu koneng (harus kuning)
  • Tidak = Henteu. Misalnya henteu hideung (tidak hitam)
  • Agak lebih = Rada leuwih. Misalnya rada leuwih bodas (agak lebih putih)

Dan lain-lain.

Kosakata warna dalam bahasa sunda juga bisa dikombinasikan dengan lingkungan alam sekitar. Misalnya:

  • beureum cabe
  • beureum ati
  • gedang asak
  • koneng enay
  • hejo pucuk daun
  • hejo lukut
  • hejo ngagedod
  • pulas haseup
  • candra mawat
  • bulu hiris
  • bulu oa : dawuk, hawuk, kulawu, pulas lebu

dan lainya.

kosa kata anggota keluarga dalam bahasa sunda

Kosakata Anggota Keluarga Dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa sunda, anggota keluarga memiliki penyebutan masing-masing seperti dalam tabel di bawah ini:

NoKosakataArtinya
1.SalakiSuami
2.PamajikanIstri
3.AnakAnak
4.IncuCucu
5.BuyutCicit
6.BaoSebutan untuk keturunan setelah cicit
7.BapaBapak atau ayah
8.IndungIbu
9.AkiKakek
10.NiniNenek
11.UyutOrang tua kakek/nenek
12.BaoOrang tua Uyut
13.JangawarengOrang tua Bao
14.Udeg-UdegOrang tua jangawareng
15.Kakait siwurOrang tua udeg-udeg
16.AdiAdek
17.LanceukKakak
18.Amang/EmangPaman
19.BibiBibi
20.UwaPaman
21.AloKeponakan
22.SuanAnak dari adik kandung
23.Kapi lanceukKakak sepupu
24.Kapi AdiAdik Sepupu
25.Adi beuteungAdik ipar
26.Lanceuk BeuteungKakak Ipar
27.MitohaMertua
28.MinantuMenantu
29.BarayaKerabat
30.Dulur Pet Ku HinisSaudara kandung
31.Ujang (jang)Panggilan anak laki-laki
32.Aapanggilan kaka laki-laki
33.Eneng (neng)pangilan anak perempuan
34.Tetehpangilan kakak perempuan
35.Emapanggilan untuk ibu
36.Bapak, Amabu, Ramapanggilan untuk ayah
37.Mamangpanggilan untuk adik laki-laki dari ibu atau ayah

Kosakata keluarga dalam bahasa sunda di atas ada yang sangat biasa kita dengar dalam berbagai acara sinetron di tanah air. Misalnya dalam sinetron Preman Pensiun, Anak Langit dan lain sebagainya. Contoh kosakata keluarga dalam kalimat misalnya:

  • Ujang bade kamana? (Kamu anak laki-laki mau kemana?)
  • Eneng tong sakantenan nyandak baskom anu kakantun artinya kamu anak perempuan sekalian bawa baskom ibu yang tertinggal
  • Nini nuju leleson calik di pengkereun bumi artinya Nenek sedang istirahat duduk di belakang rumah

Dan lain sebagainya

Kosakata Angka dan Nilai Dalam Bahasa Sunda

Kosakata Angka dan Nilai Dalam Bahasa Sunda

Angka atau bilangan atau nilai dalam bahasa sunda pernah viral ketika video Hiji Dua Tilu dikenal secara luas. Ada beberapa angka dalam bahasa sunda yang sama dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. Berikut penjelasanya untuk mempermudah kalian:

AngkaBahasa Sunda
1 (satu)Hiji
2 (dua)Dua
3 (Tiga)Tilu
4 (empat)Opat
5 (Lima)Lima
6 (enam)Genep
7 (tujuh)Tujuh
8 (Delapan)Dalapan
9 ( Sembilan )Salapan
10 ( Sepuluh)Sapuluh
11 ( Sebelas )Sabelas
12 ( Dua belas )Dua belas
13 ( Tiga belas)Tilu belas
14 ( Empat belas )Opat belas
15 ( Lima Belas )Lima Belas
16 ( Enam Belas)Genep Belas
17 ( Tujuh Belas )Tujuh Belas
18 ( Delapan Belas )Dalapan Belas
19 ( Sembilan Belas )Salapan Belas
20 ( Dua Puluh)Dua Puluh
21 ( Dua Puluh Satu)Dua Puluh Hiji
22 ( Dua Puluh Dua )Dua Puluh Dua
30 ( Tiga Puluh )Tilu Puluh
100 ( Seratus )Saratus
119 ( Seratus Sembilan Belas )Saratus Salapan Belas
1000 ( Seribu)Sarebu
1.000.0000 (Satu Juta)Sajuta

Kosakata Hari Dalam Bahasa Sunda

Kosakata Hari Dalam Bahasa Sunda

Kosakata hari dalam bahasa sunda juga penting untuk dipelajari agar bisa bercakap-cakap. Berikut nama-nama hari dalam bahasa sunda:

NoNama HariBahasa Sunda
1.SeninSenen
2.SelasaSalasa
3.RabuRebo
4.KamisKemis
5.Jum’atJumaah
6.SabtuSaptu
7.MingguAhad

Hari sendiri dalam bahasa sunda disebut ‘dinten’ atau bisa pula ‘poe. Dinten lebih halus jika dibanding dengan poe. Karena itu kurang tepat bila menggunakan kata poe untuk bertanya hari pada orang yang lebih tua. Poe lebih cocok untuk orang yang seumuran.

Berikut contoh kalimat yang menggunakan kosakata hari dalam bahasa sunda:

Neng, dinten naon ayena? Turamos nini. Dinten jumaah nini. Mita ngawaler. (Artinya: Neng, hari apa sekarang ini? Tanya Nenek. Hari Jumat, Jawab Mita).

Kosakata Hewan Dalam Bahasa Sunda

Kosakata Hewan Dalam Bahasa Sunda

Ada banyak jenis hewan di dunia ini. dalam bahasa sunda, nama-nama hewan juga memiliki penyebutan tersendiri. Beberapa ada yang menjadi serapan untuk bahasa Indonesia. Berikut kosakata hewan dalam bahasa sunda secara sederhana:

NoNama HewanBahasa Sunda
1.Angsasoang
2.Anjinganjing
3.Ayamhayam
4.babi hutanbagong
5.Badakbadak
6.Bebekmeri
7.Belalangsimeut
8.belalang sembahcongcorang
9.Belatungbilatung
10.Belutbelut
11.Beruangbiruang
12.Biawakbayawak
13.Buayabuhaya
14.Bunglonlondok
15.Burungmanuk
16.burung hantubueuk
17.Cacingcacing
18.Capungpapatong
19.Cicakcakcak
20.Curutcucurut
21.Dombadomba
22.Elangheulang
23.Gabusbogo
24.Gajahgajah
25.Harimaumaung/kerud
26.Ikanlauk
27.Itikéntog
28.Jangkrikjangkrik
29.Jerapahjarapah
30.Kadalkadal
31.kaki seributitinggi
32.Kalajengkinglangir
33.Kalongkalong
34.Kambingembe
35.Kecebongburuy
36.Kecoacucunguk
37.Kelelawarlalay
38.Kelincikelenci
39.Kepitingkeuyeup
40.Kerbaumunding
41.Kodokbangkong
42.Kucingucing
43.kucing airséro
44.Kudakuda
45.kupu-kupukukupu
46.kura-kurakuya
47.Kutukutu
48.kutu busuktumbila
49.laba-labalancah
50.lalatlaleur
51.landaklandak
52.lebah madunyiruan
53.lelelélé
54.lintahléntah
55.luakcareuh
56.merpatijapati
57.monyetmonyét
58.musangganggarangan
59.nyamukreungit
60.perkututtikukur
61.pipitpiit
62.puyuhpuyuh
63.sapisapi
64.semutsireum
65.serigalaajag
66.singasinga
67.siputkéong
68.tawonkamarang
69.tikusbeurit
70.tokektoké
71.trenggilingpeusing
72.tupaibajing
73.udanghurang
74.ularoray
75.ulathileud
76.undur-undurundur-undur
77.untaonta

Di Jawa Barat yang merupakan tempat dari mana bahasa Sunda itu berasal, kosa kata hewan tak sekadar hanya jadi nama hewan semata. Melainkan ada yang digunakan sebagai nama wilayah.

Misalnya Cimaung, Cibadak, Leuwigajah, Rancaoray (oray = ular), Cimanuk (manuk = burung), Citoé (toé = sejenis kerang air tawar), Cilandak, Bojongsoang (soang = angsa), Cibogo (bogo = ikan gabus), Cikalong, Leuwimunding (munding = kerbau), dan lainnya.

Beberapa kosakata hewan dalam bahasa sunda juga digunakan sebagai pribahasa atau ungkapan. Misalnya saja:

  • Kawas bueuk meunang mabuk (Dalam bahasa indonesia: seperti burung hantu habis dipukul). Pribahasa ini artinya diam saja tidak bergerak. Dalam percakapan misalnya ada maling yang tertangkap lalu diinterogasi. Maka dia akan diam saja saking takutnya.
  • Kawas kuda leupas ti gedogan (Dalam Bahasa Indonesia: seperti kuda lepas dari kandangnya). Pribahasa ini artinya seseorang yang mendadak lincah atau liar bebas bergerak seakan baru lepas dari kurungannya.
  • Kawas nulungan anjing kadempét (Dalam Bahasa Indonesia: seperti menolong anjing kejepit). Pribahasa ini artinya habis ditolong malah bikin susah, bisa juga diartikan seseorang yang tidak tahu terima kasih.

Pribahasa atau ungkapan yang menggunakan nama hewan semacam ini juga ditemukan dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Jawa.

Kosakata Bagian Tubuh Manusia dalam Bahasa Sunda

Kosakata Bagian Tubuh Manusia dalam Bahasa Sunda

Bahasa Indonesia

Bahasa Sunda

Leumeus(lembut)

Loma (biasa)

Kasar

DaguAngkeutGadoGado
HidungPangambungIrungIrung
KakiSampeanSukuCokor
KeningTaarTarangTarang
KepalaMastakaSirahHulu,Babatok
LeherTengekBeuheungBeuheung
MataSoca, KaseerPanonPanon
MulutBahamBahamSungut
PantatImbitBiritBujur
PerutPatuangan/LamburBeuteungBeuteung
PipiDamisPipiPipi
PundakTarajuPundukTaktak
PunggungTonggongTonggongTonggong
TanganPananganLeungeunKokod*
TelingaCepilCeliJejebir

Selain kosakata Angota Badan di atas, masih ada beberapa bagian lain dalam tubuh kita yaitu antara lain seperti :

  • Alatvital = Rarangan
  • Alis = halis
  • Betis = Bitis – Wetis
  • Bibir = biwir, lambey
  • Dada = Dada – Payun
  • Dengkul = Tuur – tengku
  • Gigi = Huntu – Waos
  • Jari = Ramo – Rema
  • Ketek = Kelek – Ingkab
  • Kuku = Kuku – Tangkay
  • Kumis = Kumis – Rumah
  • Lidah = Letah – Ilat
  • Muka = Beungeut – Raray
  • Paha = Pingping – Paha
  • Payudara = Susu – Pinareup
  • Pinggang = Cangkeng – Angkeng
  • Rambut = Buuk – Ramut
  • Udel = Bujal – Udeul

Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari

Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari

Dalam bahasa Sunda, ada beberapa kosakata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kosakata ini bisa berupa hanya satu kata saja, bisa pula dalam bentuk kalimat. Berikut beberapa diantaranya yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari hari:

No.

Bahasa Sunda

Artinya

1.BaongBandel atau Nakal
2.Bumi, Imah, RorompokRumah
3.Tamascuci muka
4.Alon-alon wePelan-pelan saja, santai
5.Hargana sabaraha ieu?berapa harganya ini?
6.Abdi nya’ah pisan ka anjeunAku sayang banget sama kamu
7.Anjeun paham teu?Anda paham tidak?
8.Arék MoalJadi Nggak?
9.diajarbelajar
10.AsupMasuk
11.AwewePerempuan
12.Aya – Aya WaeAda – Ada Saja
13.AyeunaSekarang
14.Bade Kamana? atau Rek KamanaMau Kemana?
15.BogohCinta
16.CeurikMenangis
17.Cicing AtuhDiem Dong
18.Cobian heula wehCobain Dulu Aja
19.Dangukeun / DengekeunDengarkan
20.DeuiLagi, sekali lagi
21.Duka atau Teu TerangGak Tahu
22.Enggal Atuh atau Buru-BuruCepet Dong
23.Engkin Weh atau Engke WehNanti Saja
24.EnyaYa
25.EtaItu
26.Gampil Pisan/Gampang PisanMudah Banget
27.Geleuh IhJijik Ih
28.Gelo ManéhGila Kamu
29.GeulisCantik
30.Geulis PisanCantik Banget
31.GorengJelek
32.Hanjakal PisanMenyesal Banget
33.HareupDepan
34.Hatur NuhunTerima Kasih
35.Hoream AhMales Ah
36.Hoyong atau HayangPengen
37.IeuIni
38.Ieu didieuIni disini
39.IrahaKapan
40.IsukanBesok
41.Eta didinyaItu disana
42.Kade di jalanHati – Hati Di Jalan
43.KadieuKe sini
44.Kadieu atuhKesini Dong
45.KadituKe sana
46.Kaduhung (Pisan)Nyesel Banget
47.Kalem WehSantai Aja
48.KamanaKemana
49.Kamana WaeKemana Aja
50.KamariKemarin
51.Karunya TeuingKasihan
52.Kasep PisanGanteng Banget
53.Kinten – KintenKira – Kira
54.KolotTua
55.Kumaha (Atuh)Bagaimana (Dong)
56.Kumaha Anjeun atau Kumaha Maneh (Weh)Terserah Kamu (Aja)
57.Kumaha anjeun wehTerserah kamu
58.Kumaha Engke WehGimana Nanti Aja
59.Kumaha, Damang?Bagaimana, Sehat? (Apa Kabar?)
60.Kunaon atau NaonKenapa / Apa
61.Lalaunan AtuhPelan-Pelan Dong
62.Lami teu pendakLama tak jumpa
63.LamunBila
64.LebetMasuk
65.LempengLurus
66.LeutikKecil
67.LieurPusing
68.Linggih heulaMampir dulu
69.LobaBanyak
70.Loba KahayangBanyak Maunya
71.LuhurTinggi, atas
72.MakeMemakai
73.ManawiBarangkali
74.MbungTidak mau
75.Meni awis tepangLama tak jumpa
76.MereNgasih
77.MeserMembeli
78.MoalTidak akan
79.MutuskeunMemutuskan
80.Nanaonan IeuApa – Apaan Ini
81.Naon AtuhApa Dong?
82.Naon ciing?Apa Cobaa?
83.NgajakMengajak
84.Ngan Kitu HungkulCuma Gitu Doang
85.NgaraoskeunMerasakan
86.NgarencanakeunMerencanakan
87.NgoraMuda
88.NuYang
89.Nu Leres / Nu BenerYang bener?
90.Nuju Milarian Naon / Keur Neangan NaonLagi Nyari Apa
91.Nuju Naon / Keur NaonLagi Ngapain?
92.Nuju Ngantosan SahaLagi Nunggu Siapa
93.Nya Enya AtuhYa Iya Dong
94.NyahoTahu
95.NyariosBerkata
96.NyauranMemangil
97.NyeepkeunMenghabiskan
98.NyieunMembuat
99.NyumpinganMengunjungi
100.NyumpinganMengunjungi
101.OgeJuga
102.PayunDepan
103.PuguhJelas
104.PuntenPermisi
105.Rame JiganaSeru Kayaknya
106.Raos PisanEnak Banget
107.Rerencangan atau BabaturanTeman
108.ResepSuka
109.RietSakit kepala
110.SabarahaBerapa
111.Sadayana atau KabehSemuanya
112.Saha (Anjeun/Manéh/Didinya)Siapa (Kamu)
113.SakedapSebentar
114.Sakedap Deui atau Sakedeung DeuiSebentar Lagi
115.Sakedik atau Saeutik (Pisan)Sedikit (Banget)
116.SalawasnaSelamanya
117.Sami – SamiSama – Sama
118.Sami Wae atau Sarua WaeSama Aja
119.SanaosMeskipun
120.Saur abi mahSaya pikir
121.Se-eur atau Loba (Pisan)Banyak (Banget)
122.SeueurBanyak
123.Sugan tehKirain
124.Teu atau HenteuTidak
125.Teu GaduhGak Punya
126.Teu kunanaon?Gak Apa-Apa?
127.Teu Ngartos atau Teu NgartiGak Ngerti
128.Teu Tiasa atau Teu BisaGak Bisa
129.TimanaDarimana
130.Tipayun nya atau Tiheula nyaDuluan ya
131.Tong Api – ApiJangan Pura – Pura
132.Tong Hilap, nyaJangan Lupa, ya
133.Tong isin isinJangan malu malu
134.Tong Kitu AtuhJangan Begitu Dong
135.Tong NgalamunJangan Melamun
136.Tong Ngambek AtuhJangan Marah Dong
137.Tong repot repotJangan repot repot
138.Tunduh EuyNgantuk Ih
139.Sakali deuiSekali lagi

Itulah beberapa kosakata bahasa sunda sehari hari yang biasa digunakan dan umum kita dengar dalam berbagai percakapan. Biar makin jelas, berikut penggunaan beberapa kata:

#1. Punten = Permisi

Arti kata punten dalam bahasa sunda bisa beragam, meski aslinya kata ini berarti permisi. Tetapi bisa menjadi maaf atau bahkan tidak ada artinya. Tergantung konteks kalimatnya.

Aslinya kata punten digunakan sebagai kata yang diucapkan ketika melwati kerumunan atau seseorang. Dalam bahasa Indonesia bisa berarti permisi, dan dalam bahasa Jawa bisa berarti nuwun/amit.

Jika dalam bahasa Indonesia permisi dijawab dengan silakan. Maka dalam kosa kata sunda, kata punten dijawab dengan mangga. Dalam bahasa jawa juga demikian: mangga. Hanya biasanya diucapkan dengan o atau monggo.

Kosa kata punten bisa juga digunakan untuk menyatakan permintaan maaf. Terutama untuk permintaan maaf pada hal-hal yang sederhana dan ada unsur ketidak sengajaan. Misalnya kamu menginjak kaki orang lain di dalam kerumunan, kamu akan bilang ‘punten’ atau maaf.

Punten bisa juga tidak ada artinya, misalnya sebagai awalan kata yang akan kamu gunakan untuk bertanya seseuatu pada orang lain. Misalnya kamu hendak bertanya alamat pada seseorang dipinggir jalan, maka kamu akan mengawalinya dengan kata ‘punten’ terlebih dahulu.

#2. Hatur Nuhun = Terima Kasih

Untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada seseorang, dalam bahasa sunda digunakan kata hatur nuwun. Bisa pula menyingkatnya dengan kata nuhun.

Dalam bahasa Indonesia, Hatur Nuhun berarti Terimakasih. Sedang Nuhun bisa dianalogikan sebagai Makasih.

Untuk itu jika hendak kamu ucapkan rasa terimakasih kepada seseorang yang lebih tua dan tidak terlalu akrab, lebih baik gunakan Hatur Nuhun. Sedang pada orang yang seusia kamu atau di bawah kamu usianya dan cukup akrab, bisa gunakan Nuhun saja.

#3. Aya-Aya Wae = Ada-Ada Aja

Ketika bertemu dengan seseorang yang bertingkah konyol, kamu bisa mengucapkan kata aya aya wae kamu mah gitu. Aya-aya wae berarti ada-ada saja. Pengucapan huruf e dalam kata aya aya wae sama dengan pengucapak huruf e pada kata merk.

#4. Kumaha, Damang? = Bagaimana, Sehat?

Hendak menanyakan kabar pada seseorang? Kamu bisa gunakan kata Kumaha, Damang yang berarti Bagaimana, Sehat? Kalimat ini bisa kamu gunakan untuk bertanya pada seseorang yang akrab dengan kamu. Kamu bisa gunakan misalnya ketika bercakap dalam chatting.

Ketika mendapat sapaan, Kumaha, Damang, kamu bisa menjawabnya dengan kata kata “Alhamdulillah damang (sehat), atau bisa juga Sae (baik) dan sebagainya.

#5. Kamana = Kemana, Iraha = Kapan, Timana = Dari mana, kumaha = Bagaimana.

Keempat kata di atas merupakan kata tanya. Kata tanya adalah kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu pada orang lain. Jelas kata tanya memiliki peran yang sangat penting dalam percakapan sehari-hari.

Contoh percapakan yang menggunakan kata tanya misalnya: Timana, bu? (darimana, bu). Kumaha ieu (Bagaimana ini) dan lain sebagainya.

#6. Sakedap Deui = Sebentar Lagi

Katika sedang ditunggu seseorang, kamu biasa bilang sebentar lagi. Dalam bahasa sunda kata sebentar lagi berarti SakedapDeui. Selain Sakedap Deui, bisa pula menggunakan kata “Sakedeung deui”. Hanya saja Sakedeung deui penggunaannya lebih informal.

#7. Karunya Teuing = Kasihan

Karunya berarti “Kasihan”. Dalam percakapan sehari-hari biasa ditambah dengan teuing sebagai kata akhiran. Bisa juga menggunakan kata “Karunya pisan” yang berarti Kasihan Banget. Dua-duanya sama artinya, kamu tinggal sesuaikan saja penggunaannya.

#8. Bade, Moal! = Jadi, Nggak!

Jika hendak menanyakan kepastian dari seseorang, kamu bisa gunakan kata “Arek Moal”. Kata Arek Moal artinya Jadi, Nggak. Hanya saja, kata ini penggunaannya lebih Informal.

#9. Sabodo Teuing = Bodo Amat

Kamu sedang kesal pada seseorang? Silakan gunakan kata sabodo teuing. Kata ini artinya Bodo Amat. Bisa juga kamu gunakan bodo teung atau sabodo teuing ah yang artinya juga bodo amat.

Kosakata Romantis Bahasa Sunda

Kosakata Romantis Bahasa Sunda

Ingin belajar kosakata romantis dalam bahasa sunda? Berikut beberapa kosakata romantis tersebut:

  • “Tenang wae neng, Ari cintam akang mah tak lekang oleh waktu” (Artinya tenang saja De, Cintaku itu tak lekang oleh waktu)
  • “Kunaon dipisahkeun kalo ditepangken” (Mengapa dipisahkan kalau dipertemukan)”
  • “Kasabaran aya batasna, tapi cinta henteu aya se’epna” (Artinya Kesabaran ada batasnya, tapi cintaku tidak akan ada habisnya)

Kosakata Sedih Dalam Bahasa Sunda

Kosakata Sedih Dalam Bahasa Sunda

Mengungkapkan kesedihan bisa juga lewat bahasa sunda. Berikut beberapa contohnya:

“Tinggalkeun rasa kasedih sareung pohokeun kasieun dina diri urang. Rasa kanyeri anu ku urang dirasa moal bakal karaos sapertos kabagjaan datang anu bakal kuurang gaduh engkena”

Kosakata Lucu Dalam Bahasa Sunda

Kosakata Lucu Dalam Bahasa Sunda

Ingin membuat status lucu dengan menggunakan bahasa Sunda, berikut beberapa contoh yang bisa kamu gunakan:

  • “Gusti jauhkeun abdi tina kagorengan sapertos bala-bala, gehu, cireng,combro jeung sajabana. Amiin.” (Maknanya: Ya Tuhan jauhkanlah hamba dari segala keburukan seperti bala-bala, pisang, bakwan, cireng dan lain sebagainya. Kata kagorengan sebenarnya berarti keburukan. Tetapi diplesetkan jadi gorengan)
  • Teu tiasa di otelan, nuju teu raraos. Di datangan sabari diceucepan ku artos.” (Artinya jangan diganggu, saya lagi sakit. Dijenguk sambil di kasih amplop duit saja).

Kata Sapaan dalam Bahasa Sunda

Ketika hendak menyapa seseorang, kamu bisa menggunakan kata sapaan dalam bahasa Sunda. Berikut beberapa kata sapaan yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari:

  • Wilujeng enjing artinya selamat pagi
  • Nepangkeun artinya halo
  • Sampurasun artinya halo
  • Wilujeng siang artinya selamat siang
  • Wilujeng sonten artinya selamat sore
  • Wilujeng wengi artinya selamat malam
  • Wilujeng sumping artinya selamat datang
  • Permios artinya sampai jumpa
  • Wilujeng tepang deui artinya sampai jumpa

Nah itulah kosakata Bahasa Sunda sehari-hari yang biasa kita dengar entah dalam acara televisi ataupun reality show. Saya paling ingat bahasa sunda ketika Arman Maulana mengucapkan kata: Damang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *