Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara & Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila telah ditetapkan sebagai ideologi yang harus dipegang teguh oleh seluruh rakyat Indonesia untuk menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak hanya sebatas sebagai dasar negara, nilai-nilai yang terkadung pada sila-sila pancasila juga menjadi pandangan hidup bangsa.

Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945 aline ke-4. Dalam bagian tersebut sudah disebutkan ada lima sila Pancasila yang menjadi nilai luhur dan pandangan bangsa Indonesia. Kemudian juga diperkuat dengan Ketetapan MPR No V/MPR/1973 dan Ketetapan MPR No IX/MPR/1978. Dalam ketetapan tersebut disebutkan bahwa Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum negara Indonesia.

Kedudukan Pancasila

Secara lebih terperinci, berikut penjelasan lengkap kedudukan pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan bangsa Indonesia:

1. Pancasila Merupakan Sumber Segala Sumber Hukum di Indonesia

Pancasila yang menjadi dasar negara ditetapkan sebagai sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia. Hal ini menegaskan bahwa semua peraturan perundang-undangan dan hukum yang ada di Indonesia harus sesuai dengan isi sila-sila dalam Pancasila. Arwah dari hukum-hukum yang berlaku adalah pancasila.

Semua ketetapan hukum dibuat menyesuaikan dan tidak boleh bertentangan dengan isi dari butir-butir sila pertama sampai sila kelima Pancasila. Tujuannya adalah untuk menjaga bangsa Indonesia tetap memiliki ciri khas dan jati diri sebagai pegangan. Dan tentu saja tujuan utamanya adalah untuk menjaga persatuan, keadilan dan kebangsaan Indonesia.

2. Pancasila Merupakan Dasar untuk Gerakan Negara

Sebuah negara sama seperti mahluk hidup dimana pasti melakukan aktifitas. Tujuanya adalah untuk membangun negara menjadi bangsa yang besar sekaligus melindungi dan menjaga semua penduduknya. Pancasila dalam hal ini berfungsi sebagai dasar untuk bergerak atau beraktifitas.

Artinya Pancasila menjadi dasar untuk mengatur gerakan, pembangunan dan kehidupan bangsa Indonesia. Aktifitas dan gerakan negara harus sesuai dengan peraturan seperti isi dari sila dalam Pancasila sesuai yang tertera pada rumusan Undang-Undang Dasar Negera Tahun 1945.

3. Pancasila Menjadi Landasan Untuk Hidup Berbangsa

Negara Indonesia terus tumbuh bersama dengan negara lain. Bangsa Indonesia juga bersinggungan sekaligus menjalin hubungan dengan bangsa lain. Pancasila menjadi landasan bagaimana hubungan dengan bangsa lain di lakukan.

Setiap nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila pancasila dipegang tegung. Keputusan dan sikap yang ditunjukkan oleh negara dan rakyat mengacu pada sila-sila pancasila. Karena disadari betul, pancasila adalah ideologi terbuka sekaligus juga tertutup. Menerima apa yang hadir dari luar tetapi tetap memegang teguh nilai-nilai leluhur.

4. Pancasila Menjadi Alat Pemersatu Penduduk Indonesia

Indonesia adalah negara demokrasi dimana proses segala keputusan diambil dari hasil mufakat. Adanya perbedaan pendapat sudah dianggap hal yang biasa dan harus diterima oleh semua penduduk Indonesia. Semua itu berkah kesatuan pikiran sebagaimana yang terkadung dalam pancasila.

Dalam hal ini Pancasila menjadi alat yang menghubungkan semua warga negara Indonesia meskipun Indonesia terdiri banyak keberagaman. Indonesia juga adalan negara kepualuan yang sangat rentan dengan perpecahan dan pertikaian. Karena itu, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara sekligus alat komunikasi untuk menjaga persatuan bagsa.

5. Pancasila Adalah Tujuan dan Cita-Cita Bangsa Indonesia

Salah satu tujuan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara adalah menjadikanya sebagai tujuan sekaligus cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita ini hendak dicapai dan diwujudkan. Tentu untuk mewujudkanya membutuhkan peran semua warga negara Indonesia. Pesan ini seperti yang sudah tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia telah sesuai dengan sila Pancasila  yaitu dalam bidang Ketuhanan, Keadilan Sosial, Persatuan Indonesia, Kerakyatan dan Keadilan. Dengan adanya lima sila ini maka Indonesia akan tumbuh menjadi negara yang bersatu dan kuat untuk mencapai cita-cita bangsa.

6. Pancasila Menjadi Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila telah menjadi dasar negara yang artinya bahwa Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Sama artinya mengakui bahwa Pancasila mengandung nilai luhur yang menjadi dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam hal ini Pancasila menjadi landasan untuk maju tanpa harus terpengaruh oleh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Pancasila sekaligus menjadi dasar untuk menyatukan seluruh rakyat Indonesia karena memiliki satu pandangan hidup yang sama, yaitu sila-sila dalam Pancasila.

7. Pancasila Menjadi Dasar yang Mengatur Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Pancasila juga telah menjadi landasan untuk mengatur seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara. Artinya bahwa Pancasila menjadi sumber untuk mengatur dari hal kecil sampai hal besar yang berhubungan dengan sistem tata negara dengan berdasar pada Pancasila.

Dalam hal ini kita bisa melihat bahwa semua peraturan dan perundangan yang dibuat oleh lembaga dan pemerintahan sudah berdasarkan Pancasila. Sistem ini yang bisa membuat bangsa Indonesia memiliki pemerintah yang selalu menghormati warga negara dengan kedudukan, hak dan kewajiban yang sama terhadap negara.

8. Pancasila Menjadi Sumber Asas Tertib Kerohanian Bangsa

Sila pertama dari Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” menjadi dasar atau sumber kerohanian bangsa Indonesia. Kemudian selanjutnya asas ini dibuat dengan “Agama” yang diyakini oleh semua warga negara. Negara tidak mengatur pilihan agama tertentu, namun setiap warga negara untuk memeluk agama sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Sehingga Pancasila menjadi alat untuk menjaga toleransi antar umat beragama di Indonesia. Sistem ini sesuai dengan Pancasila yang ditetapkan sebagai dasar negara. Meskipun bangsa Indonesia pernah mengalami sejarah sistem dari pemerintahan komunis, namun akhirnya Pancasila menjadi landasan dasar negara untuk melawan sistem pemerintahan komunis yang memecah bangsa Indonesia.

Nah itulah penjelasan mengenai Pancasila sebagai dasar negara bangsa sekaligus pandangan bangsa Indonesia. Memahami bagaimana posisi pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia akan membuat kita memiliki persatuan yang kuat dan semangat membangun bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.