Kebiasaan Orang Sunda, Sifat dan Karakter (Khas dan Unik)

6 min read

Kebiasaan Orang Sunda – Indonesia memiliki banyak sekali suku yang tersebar di semua daerahnya. Setiap suku memiliki keunikannya masing-masing yang menarik untuk dipelajari. Salah satu suku yang banyak mencuri perhatian adalah suku sunda atau dikenal pula dengan orang sunda.

Suku Sunda merupakan kelompok etnis dari Sunda dan merupakan salah satu etnis yang paling dikenal di negara Indonesia. Etnis ini berasal dari provinsi Jawa Barat. Suku atau orang sunda memiliki beberapa ciri khas yang unik mulai dari ragam bahasa, kebiasaan, budaya, hingga sifat-sifat penduduknya.

Berbicara mengenai orang sunda berarti berbicara tentang penduduknya yang lekat dengan kesan ramah dan humoris. Selain itu, ternyata ada banyak hal tentang suku sunda yang bisa membuat kita jatuh hati, terutama soal karakter dan kebiasaanya yang unik dan menarik.

Sifat dan Karakter Orang Sunda

1. Ramah dan Murah Senyum

Kebiasaan orang sunda

Siapapun yang pernah bertemu atau berinteraksi dengan orang sunda pasti setuju jika suku sunda merupakan suku yang ramah dan murah senyum. Kebiasaan orang sunda sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, sehingga mereka terbiasa untuk bersikap sopan dan murah senyum kepada siapa saja.

Orang sunda juga menjunjung tinggi pedoman hidup yang menghargai sesama, sehingga mereka bisa hidup rukun dan saling menyayangi tanpa berselisih paham antar etnis.

Salah satu filosofi mereka adalah Soméah Hade ka Sémah yang artinya bersikap baik, ramah, menjaga, membahagiakan, serta menjamu setiap tamunya. Bahkan ketika bertemu dengan orang yang belum dikenal pun mereka tidak segan-segan untuk menyapa dan berbasa-basi. Menyenangkan, bukan?

2. Humoris

kebiasaan orang sunda

Bisa dibilang bahwa selera humor orang sunda sangat tinggi, sehingga mereka cenderung bersifat humoris dalam segala kondisi. Dalam situasi yang serius pun, mereka tidak lupa untuk bercanda sekedar untuk mencairkan suasana.

Selain itu, di suku sunda juga banyak banyolan atau lawakan berbahasa sunda yang membuat semua orang tergelitik dan tertawa geli. Bahkan dalam keadaan marahpun, orang-orang dari suku sunda masih terdengar lucu.

Coba hitung saja, berapa banyak komedian di negara kita yang berasal dari suku sunda?

3. Romantis

orang sunda romantis

Siapa yang akan menyangkal pernyataan yang mengatakan suku sunda adalah suku paling romantis di Indonesia? Tidak ada. Nada bicara orang sunda yang sangat khas selalu berhasil menciptakan kesan romantis bagi siapapun yang mendengarnya.

Ucapannya yang sopan dan manis mampu membuat lawan bicaranya merasa terpesona. Kebiasaan ini sudah ada sejak jaman dahulu.

Orang sunda jika disapa akan membalas dengan nada yang halus, terutama pada lawan jenis. Apalagi, jika yang dilontarkan adalah rayuan-rayuan gombal. Duh, siapa tahan?

4. Kreatif

orang sunda humoris

Suku sunda juga terkenal memiliki sifat kreatif dan inovatif yang sangat tinggi. Mereka bisa menyulap benda apapun menjadi buah tangan yang menarik. Tengok saja sentra kerajinan tangan hasil kreativitas masyarakat sunda seperti yang ada di Bandung.

Sebut saja benda apapun. Pasti semuanya ada. Mau mencari Tas? Sepatu? Sandal? Bahkan souvenir khas bandung? Semuanya benda-benda bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga yang relatif sangat murah.

Orang sunda juga sangat inovatif pada karya-karyanya, sehingga hasil kerajinannya memiliki bentuk yang pun cukup unik sehingga memiliki nilai khasnya tersendiri.

Kebiasan orang sunda sangat mencintai keindahan, sehingga mereka selalu bersemangat untuk mengubah lingkungan tempat tinggalnya agar menjadi lebih cantik.

5. Menjunjung tinggi Budaya

orang sunda kreatif dan menjunjung tinggi budaya

Mengunjungi suatu tempat yang ditinggali oleh masyarakat sunda sebagai mayoritas berarti mengunjungi cagar budaya asli yang masih terus dilestarikan. Sebut saja kota-kota besar di Jawa Barat.

Kita bisa dengan mudah menemukan pertunjukan kesenian yang ditampilkan oleh para penduduknya. Contohnya adalah pertunjukan angklung, sisingaan, dan lain-lain. Bukan rahasia lagi jika masyarakat suku sunda sangan menghargai dan menjunjung tinggi budaya yang diwariskan oleh leluhur kepada mereka.

Sehingga untuk mempelajari budaya asli suku sunda sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit, mengingat mereka masih sangat menjaga tradisi kehidupan mereka sesuai dengan budaya aslinya.

Tidak heran jika banyak sekali wisatawan domestik maupun turis mancanegara yang datang untuk menengok atau mempelajari kebudayaan mereka.

6. Memiliki Skill tinggi dalam Seni

skill seni yang tinggi

Berhubungan dengan sifat kreatif mereka, Orang sunda menjadi sebuah kelompok yang memiliki sisi sensitivitas yang tinggi terhadap suatu karya seni. Hampir semua penduduk suku sunda mengaku bisa memainkan alat musik atau menari tarian tertentu.

Padahal, mereka tidak memiliki latar belakang sebagai seorang seniman. Hal ini juga menjadi daya tarik yang selalu berhasil menggaet para wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan budaya suku sunda.

Kesenian yang paling khas dan yang paling disukai adalah kesenian angklung. Pertunjukan musik angklung tidak pernah sepi dari penonton. Lihat saja salah satu pusat pelestarian budaya Saung Mang Udjo yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

7. Gareulis dan Garanteng

Orang Sunda ganteng dan cantik

Yap. Istilah diatas adalah istilah lain untuk menyebut cantik dan ganteng. Tatar sunda memang sudah sangat terkenal akan penduduk perempuannya yang gareulis atau cantik serta pemudanya yang ganteng-ganteng.

Di beberapa daerah yang masih sangat kental adat istiadat sundanya masih menyimpan penduduk yang memiliki kecantikan alami, jauh dari polesan make up. Karena itu, sifat polos yang ditampilkan pun sangat kuat, sehingga menambah kesan menarik.

Orang Sunda merupakan salah satu kandidat yang kuat jika anda menginginkan jodoh yang cantik atau ganteng, lho.

8. Sangat Relijius

orang sunda religius

Satu hal yang juga perlu digaris bawahi dari para orang sunda adalah mereka sangat relijius. Perkara nilai-nilai keagamaan, mereka tidak bisa ditawar.

Orang sunda bisa dibilang sebagai salah satu suku yang selalu menomorsatukan urusan ibadah. Mereka tidak sungkan-sungkan meninggalkan urusan pekerjaan hanya untuk melakukan ibadah.

Apalagi, banyak sekali ulama yang lahir dari tanah sunda. Hal ini membuat sunda menjadi salah satu tempat yang memiliki banyak sekali pusat pengajaran agama seperti pondok pesantren.

9. Santai

Kebiasaan Orang Sunda

Jika terus-menerus memikirkan kehidupan dan isinya, maka yang ada kita akan terus menambah beban untuk diri kita. Mereka tidak memikirkan gengsi tertentu, sehingga cenderung memiliki karakter yang santai dan tidak ribet.

Ketika sebagian suku dikenal dengan keuletan, keseriusan, atau kegigihannya, maka suku sunda dikenal sebaliknya. Mereka dengan santai tetap bekerja namun tidak melupakan urusan ibadah. Dengan begitu, hidup mereka tetap berjalan dengan seimbang.

10. Tekstur Wajah yang Khas

karakter wajah orang sunda khas

Selain dari gaya bahasa dan nada bicaranya yang unik, Orang sunda juga terkenal dengan tekstur wajah serta kulitnya. Keturunan suku sunda biasanya memiliki tekstur wajah yang kalem dan kulit putih atau sawo matang.

Orang sunda bisa dibilang suku yang memiliki warna kulit cenderung putih, sehingga tampak menarik di Indonesia yang mayoritas memiliki warna kulit sawo matang hingga cokelat.

Kebiasaan Orang Sunda

Setelah membahas berbagai sifat dan karakter orang sunda, sekarang saatnya kita membahas berbagai kebiasaan unik orang sunda yang mungkin tidak ditemukan di suku lain yang ada di Indonesia.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan unik orang sunda? Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Penambahan “Teh” dan “Mah” dalam Kalimat

Sifat dan Karakter Orang Sunda

Pernahkah anda mendengar dua kata yang disebut dalam subjudul di atas? Ya. Kebiasaan orang sunda adalah dengan menambahkan kata “Teh” atau “Mah” dalam kalimat yang diucapkannya.

Contohnya adalah kalimat “Saha sia, teh?” atau “Abdi mah apa atuh.” Uniknya, penambahan kata ini tidak mengubah arti kalimat yang diucapkan, sehingga cenderung digunakan hanya sebagai pemanis kalimat saja.

Penambahan kata ini dianggap menjadi keunikan suku sunda dari dulu hingga sekarang. Hal ini berlaku juga untuk kata-kata seperti “Sok”, “Atuh”, “Euy”. Dan “Da”.

2. Tidak Suka Hidup Merantau

Tidak Suka Hidup Merantau

Orang sunda mayoritas memiliki keinginan untuk mengabdikan dirinya di daerah asalnya, sehingga mereka tidak suka hidup merantau keluar dari tempat tinggalnya.

Orang sunda terlalu cinta dengan tanah kelahirannya sehingga ingin memajukan tempat tinggalnya tersebut agar lebih maju dari waktu ke waktu. Hal ini bertentangan dengan sebagian orang yang justru ingin atau suka hidup merantau untuk belajar atau bekerja.

3. Sulit Membedakan Huruf F dan P

Sulit Membedakan Huruf F dan P

Nah, kalau yang satu ini adalah kebiasaan orang sunda yang sangat unik dan sangat mencerminkan ciri khas suku sunda. Kebiasaan yang bisa dibilang lucu ini muncul karena huruf F atau V tidak ada (tidak dikenal) dalam aksara sunda yang disebut kaganga.

Hal ini menjadi kebiasaan yang turun temurun dan menjadi ciri khas suku sunda di mata penduduk dunia.

4. Makan dengan Lalapan dan Sambal

orang sunda suka lalapan dan sambal

Berbicara tentang kuliner orang sunda berarti bicara tentang sambal dan lalapan. Bisa dibilang tidak ada hari tanpa sambal dan lalapan untuk masyarakat suku sunda. Mereka sangat suka menyantap dua hidangan ini saat makan.

Kebiasan orang sunda adalah memiliki banyak sekali resep sambal lengkap dengan berbagai jenis lalapan yang segar.

5. Larangan Menikah dengan Orang Jawa

budaya sunda

Salah satu mitos yang santer terdengar tentang suku sunda adalah adanya larangan pernikahan antara wanita sunda dengan pria jawa. Sebenarnya, larangan ini dilatarbelakangi oleh sejarah masa lalu.

Saat itu, kerajaan majapahit yang berasal dari Jawa dengan kejam telah membunuh raja Padjajaran dan putrinya. Terbawa oleh dendam masa lalu tersebut, munculah larangan yang melarang wanita sunda menikahi seorang pria dari suku jawa.

Namun, meskipun begitu, saat ini banyak juga pasangan sunda-jawa yang menikah dan hidup dengan bahagia.

6. Memiliki Nama yang Unik

Kebiasan Orang sunda adalah memberikan nama yang unik untuk keturunan mereka. Contohnya adalah penggunaan nama Asep atau Cecep untuk pria, dan Lilis atau Eneng untuk perempuan.

Suku sunda juga memiliki kebiasaan memberikan nama yang berulang-ulang. Sebagai contoh, pernahkah anda mendengar nama Asep Surasep atau Deden Mardeden?

7. Membuat Akronim Makanan

Masih berkutat tentang nama, kebiasaan orang sunda ternyata juga membuat akronim untuk nama makanan tertentu. Akronim tersebut biasanya unik dan menggelitik didengar, sehingga menimbulkan kesan yang tidak terlupakan.

Sebut saja akronim Cireng yang berarti Aci Digoreng; Cilok atau Aci Dicolok; Combro atau Oncom dijero; menarik, kan?

8. Kosakata yang Unik dan Banyak

Kosakata bahasa sunda banyak yang tidak dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Tidak percaya? Coba sebutkan apa padanan kata yang tepat untuk kata tikusruk, tikosewad, tijengkang, tigebrus, atau tisereleu?

Semua kata itu hanya dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai kata jatuh. Padahal, jenis jatuh itu ada banyak dan dalam bahasa sunda semuanya memiliki namanya sendiri. Unik, bukan?

9. Tradisi Papahare/Papadangan dan Nasi Liwet Kebanggaan

Kebiasaan orang sunda berikutnya adalah sangat mencintai nasi liwet. Bagi mereka, memakan nasi liwet bersama-sama membuat nilai kebersamaan terasa semakin erat.

Dalam tradisi suku sunda bahkan dikenal sebuat adat bernama Papahare dan Papadangan. Tradisi ini merupakan tradisi untuk makan nasi liwet bersama-sama dengan kerabat, keluarga, teman, atau relasi yang lain.

Rasanya? Jangan salah. Nasi liwet ini sangat enak, apalagi jika disantap dengan sambal dan lalapan yang juga merupakan makanan kesukaan masyarakat sunda.

10. Sangat Ramah Dan Murah Senyum

Tak cuma sebatas jadi karakter orang sudah, ramah dan murah senyum menjadi kebiasaan orang sunda dalam keseharian. Mereka biasa memberikan senyum pada hampir ke semua orang. Termasuk orang asing.

jangan heran bila kamu sedang jalan-jalan ke Jawa Barat seperti di Bandung, tak perlu heran bila nanti ada yang tersenyum dan menyapamu meski kamu tidak mengenalnya.

Itulah kebiasaan orang sunda dengan sifat dan karakter yang khas dan unik. Tentu sangat menyejukkan bertemu dengan orang-orang yang ramah dan menyenangkan bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *