Jenis-Jenis Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, Waktu, dan Tujuannya

Jenis-Jenis-Sejarah-Menurut-Jenis-Wilayah-Waktu-dan-Tujuannya

Pembahasan tentang sejarah akan selalu berjalan seiring dengan kejadian dan kehidupan di masa lalu. Dan semua kejadian di masa lalu berkorelasi dengan apa yang ada sekarang ini. Karena itulah, sejarah adalah bahasan yang sangat menarik.

Kita bisa melihat sejarah dari berbagai aspek. Bisa berdasarkan jenisnya, wilayah, waktu hingga tujuan. Pengelompokan inilah yang akan mempermudah kita dalam membuat peta sejarah.

Jenis Sejarah Menurut Jenisnya

Sudut pandang pertama untuk melihat jenis-jenis sejarah adalah dengan mendasarkan pada jenisnya. Diketahui ada lima jenis sejarah jika dilihat dari jenisnya. Kelima jenis tersebut adalah sejarah politik, sosial, intelektual, kebudayaan, dan juga ekonomi.

1. Sejarah Politik

Sejarah politik merupakan kejadian masa lampau yang mempunyai kaitan dengan unsur politik. Hal tersebut bisa saja berupa kekuasaan, sistem pemerintahan, peperangan, tokoh politik, kepemimpinan, kekuasaan, dan masih banyak lagi.

2. Sejarah Sosial

Tidak jauh berbeda dengan sejarah politik, maka sejarah sosial  sudah pasti merupakan peristiwa di masa lalu yang berkaitan dengan isu-isu sosial dalam masyarakat.

Contoh sejarah sosial pada masyarakat Indonesia adalah pemerontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) serta proses penyebaran Islam dan agama lainnya.

3. Sejarah Intelektual

Jika dilihat menurut sudut pandang jenisnya, sejarah intelektual berupakan suatu peristiwa yang telaa terjadi dan memiliki hubungan norma yang berkembang dalam masyarakat, idealisme, ideologi perpolitikan, dan masih banyak lagi.

4. Sejarah Kebudayaan

Sesuai dengan namanya, sejarah kebudayaan pastinya adalah kejadian masa lalu yang berperan serta dalam membentuk kebudayaan, sehingga terus berkembang dalam masyarakat.

Contoh sejarah jenis ini dapat dilihat dari bentuk tradisi dan kebiasaan yang diterapkan oleh masyarakat.

5. Sejarah Ekonomi

Sejarah ekonomi merupakan jenis sejarah yang terus membahas mengenai berbagai kejadian masa lalu yang berkaitan dengan dunia perekonomian.

Ada banyak contoh sejarah jenis ini di Indonesia. salah satu contoh paling sederahana adalah proses ekspor impor barang dari Indonesia.

Jenis Sejarah Menurut Wilayahnya

Sejarah juga dapat dipandang berdasarkan wilayahnya, dalam hal ini adalah lokasi ketika suatu peristiwa di masa lalu yang kemudian dikenal sebagai sejarah terjadi.

Jika menilik berdasarkan sudut pandang ini, maka sejarah dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu lokal, nasional, dan dunia.

1. Sejarah Lokal

Sesuai dengan namanya, sejarah lokal merupakan sejarah yang terjadi di suatu wilayah yang bersifat lokal atau regional. Dampak yang ditimbulkan dari sejarah ini juga hanya dirasakan dalam lingkup regional saja.

Biasanya sejarah ini berkaitan dengan desa, kecamatan, kabuten, dan provinsi. Misalnya sejarah penamaan suatu kota.

2. Sejarah Nasional

Sama halnya dengan sejarah lokal, sejarah nasional juga menunjukkan bahwa lokasi kejadian dari sejarah tersebut bersifat nasional. Dampaknya juga dirasakan secara menyeluruh oleh penduduk suatu negara.

Contoh sejarah nasional yang dialami Indonesia adalah sejarah perjuangan demi kemerdekaan dan mempertahankan bangsa.

3. Sejarah Dunia

Lingkup kejadian dari sejarah dunia semakin meluas lagi. Artinya peristiwa sejarah yang dulu pernah terjadi mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan di dunia atau dengan kata lain bersifat global.

Contoh sejarah dunia yang sering dipelajari dalam pelajaran sekolah adalah sejarah terjadinya Perang Dunia dan Perang Dingin.

Jenis Sejarah Menurut Waktunya

Meskipun sejarah secara umum dipandang sebagai suatu kejadian di masa lampau, akan tetapi jenis-jenis sejarah juga dapat dibagi berdasarkan waktunya.

Ada tiga jenis sejarah menurut waktunya yaitu sejarah masa lalu, masa sekarang, dan juga masa depan.

1. Sejarah Masa Lampau

Jenis sejarah ini sudah diketahui secara pasti bahwa sejarah merupakan kejadian di masa lalu. Maka dari itu detail peristiwa yang terjadi tidak bisa diketahui secara lengkap, karena memerlukan kajian lebih mendalam. Hanya sebagian saja yang diketahui pada masa sekarang.

2. Sejarah Masa Sekarang

Sejarah masa sekarang adalah sejarah yang sudah terjadi di masa saat ini dan kebenarannya juga sudah berhasil dibuktikan dengan data yang akurat. Alat pembuktiannya bisa berupa tulisan dalam naskah kuno atau pada media tertentu, serta dapat melalui benar-benda bersejarah.

3. Sejarah Masa Depan

Sejarah masa depan merupakan sejarah yang sejatinya akan terjadi pada waktu yang akan datang. Hanya saja sejarah tersebut dapat terjadi di masa sekarang apabila terdapat usaha untuk merealisasikannya.

Jenis Sejarah Menurut Tujuannya

Salah satu sudut pandang yang dapat digunakan untuk membagi sejarah adalah berdasarkan pada tujuannya. Jika dilihat dari ‘kacamata’ tujuan, ada tiga jenis sejarah yaitu sejarah ilmiah, ideologi, dan juga warisan.

1. Sejarah Ilmiah

Sejarah ilmiah biasa juga disebut sebagai sejarah akademik. Maksud dari sejarah ilmiah adalah peristiwa yang dipercaya dapat memberikan wawasan akademik kepada manusia sekarang.

Bentuk sejarah ini biasanya dapat dilihat secara jelas dan kejadiannya juga berkaitan dengan tradisi masyarakat akademik.

2. Sejarah Ideologi

Sejarah ideologi merupakan suatu bentuk dimana manusia akan melakukan pengkajian terkait ideologi. Umumnya yang dijadikan sebagai objek adalah siombol dan lambang sebagai objeknya.

Adapun hasil dari kajian atau penelitian tersebut akan digunakan kembali oleh masyarakat masa kini.

3. Sejarah Warisan

Sejarah warisan dikenal sebagai suatu kejadian masa lalu yang dapat memberikan motivasi atau membakar semangat kepada manusia zaman sekarang.

Ciri paling mencolok dari sejarah warisan adalah bentuknya yang kebanyakan berupa kisah-kisah pahlawan dalam menjalankan tugas untuk melindungi keutuhan negara.

Itulah beberapa jenis sejarah jika dilihat dari berbagai macam sudut pandang. Mulai dari jenis, wilayah, waktu, dan juga tujuan dari sejarah itu sendiri. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *