Pengertian, Manfaat, Macam macam dan Sejarah Jaringan Komputer Lengkap

Jaringan Komputer – Teknologi telekomunikasi memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut terjadi dengan didorong karakteristik manusia modern yang saat ini cenderung memiliki mobilitas yang sangat tinggi, mencari layanan yang cepat dan fleksibel, serta lebih cenderung mengejar efisiensi di segala aspek.

Komputer menjadi salah satu sasaran teknologi yang berkembang pesat. Hingga kini, komputer bahkan menjadi barang elektronik yang tidak asing lagi bagi kehidupan manusia. Berbeda dengan 10 atau bahkan 20 tahun yang lalu.

Lahirnya komputer, tak lepas dari keinginan manusia untuk memangkas jarak. Manusia berinovasi untuk mengembangkan teknologi telekomunikasi memanfaatkan komputer agar tidak menjadikan jarak sebagai masalah lagi. Jaringan komputer merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mempersempit jarak pengguna komputer satu dengan pengguna komputer lainnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Ilustrasi Jaringan Komputer
Berbicara tentang pengertian jaringan komputer, tentu akan didapatkan penjelasan yang berbeda-beda. Namun, dari penjelasan yang berbeda tersebut bisa kita simpulkan bahwa jaringan komputer adalah jaringan yang bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain untuk berbagi data, perangkat lunak komputer, hingga aplikasi. Adanya jaringan komputer tersebut menjadikan penggunanya dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna lain.

Nah untuk memahami lebih detail tetang apa itu jaringan komputer, tak ada salahnya bila kita kaji lebih mendetail tentang apa itu yang dinamakan jaringan komputer. Termasuk mengkajinya dari pendapat para ahli.

Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

Jaringan komputer secara umum adalah jaringan telekomunikasi antara komputer satu dengan yang lain yang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Pengertian semacam ini tertera dalam wikipedia.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer bisa diartikan sebagai sekelompok komputer dan perangkat terkait yang dihubungkan dengan fasilitas komunikasi. Antara satu perangkat dengan perangkat lainya bisa terhubung berkat fasilitas komunikasi.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer secara umum dan menurut KBBI, tak ada salahnya bila kita kaji juga apa itu jaringan komputer menurut para ahli. Setidaknya, ada beberapa ahli yang pernah mengungkapkan pendapatnya tentang pengertian jaringan komputer, yaitu:

  1. Menurut Dede Sopandi. Beliau mendefinisikan bahwa jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terpisah, tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.
  2. Menurut Madcoms. Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer beserta dengan seluruh peralatan penunjangnya yang bisa saling berhubungan dan saling terkoneksi.
  3. Menurut Melwin Syafrizal. Jaringan komputer bisa didefinisikan sebagai hubungan interkoneksi yang menggunakan media kabel atau tanpa kabel antara dua komputer atau lebih yang saling terhubung.
  4. Menurut Izaas El Said. Menurut Izaas El said jaringan komputer bisa didefinisikan sebagai beberapa komputer yang memiliki kemampuan untuk saling terhubung dan berbagi informasi serta sumber daya.
  5. Menurut Jafar Noor Yudianto. Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang digunakan untuk berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan dapat mengakses informasi. Pada bagian dari jaringan komputer terdapat pihak yang meminta dan ada pula pihak yang memberikan layanan. Pihak yang meminta disebut client, dan pihak yang memberi disebut server. Sehingga, sistem ini disebut sistem client-server.

Sampai disini, sudah bisa kita tarik kesimpulan mengenai pengertian jaringan komputer. Pada dasarnya, jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainya, dimana antar komputer tersebut bisa saling bertukar data. Lalu bagaimana dengan sejarah jaringan komputer?

Sejarah Jaringan Komputer  

Sejarah jaringan komputer bisa diawali oleh Departemen Pertahanan Amerika yang membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1969. Kemudian, departemen tersebut mengadakan riset mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset tersebut pun kemudian dikenal dengan nama Advance Research Projects Agency Network (ARPANET). Kegiatan penelitian dan pengembangan pun berlanjut:

1. Tahun 1970, lebih dari 10 komputer terhubung

Sejarah Jaringan Komputer
Selanjutnya pada tahun 1970, riset tersebut menunjukkan keberhasilannya dengan berhasilnya dihubungkannya lebih dari 10 komputer (satu sama lain) sehingga dapat saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Roy Tomlinson lalu membuat program email yang diciptakannya untuk riset ARPANET dan berhasil disempurnakan pada tahun 1972. Program email tersebut begitu cepat populer karena proses yang cukup mudah. Di tahun yang sama, icon at (@) dikenalkan sebagai lambang yang menunjukkan arti ‘pada’.

2. Tahun 1973, ARPANET sampai keluar Amerika

Berlanjut tahun 1973, ARPANET yang merupakan sebutan dari jaringan komputer tersebut mulai dikembangkan hingga ke luar Amerika Serikat. Salah satu yang menjadi anggota ARPANET di luar Amerika Serikat adalah komputer yang terdapat di University College di London. Di tahun tersebut, Vinton Cerf dan Bob Kahn sebagai ahli komputer juga mempresentasikan gagasan yang lebih besar yang menjadi awal mula pemikiran International Network. Gagasan tersebut pertama kali dipresentasikan di Sussex University.

3. Tahun 1976, Ratu Inggris coba gunakan jaringan komputer

Tahun 1976, Ratu Inggris telah berhasil melakukan pengiriman email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern, sebuah perkembangan yang mengesankan. Setahun kemudian, tahun 1977, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam sistem ARPANET dan membentuk jaringan atau network.

4. Tahun 1976, Newsgroup pertama terbentuk

Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan USENET (User Network) yang merupakan Newsgroup pertama. Selanjutnya, tahun 1981, ada gebrakan baru dari France Telecom yang meluncurkan telepon televisi pertama di dunia. Dengan alat tersebut orang dapat berinteraksi menggunakan video link sambil menelepon.

5. Tahun 1982, TPC/IP terbentuk

Tahun 1982, TPC/IP terbentuk

Kemudian tahun 1982, dibentuklah sebuah komisi Transmission Control Protocol (TCP) atau yang lebih dikenal dengan Internet Protocol (IP) yang masih terkenal dengan sebutan itu hingga kini. Komisi tersebut dibentuk akibat bertambahnya komputer yang membentuk jaringan sehingga membutuhkan protokol resmi yang diakui dan diterima oleh semua jaringan.

Sedangkan di daratan Eropa, muncul jaringan tandingan yaitu EUNET (Europe Network) yang meliputi Denmark, Swedia, Belanda, dan Inggris. Jaringan tersebut menyediakan Newsgroup USENET dan jasa email.

6. Tahun 1984, DNS diperkenalkan

Tahun 1984, diperkenalkan sistem bernama DOMAIN atau yang lebih dikenal Domain Name System (DNS) yang digunakan untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada. Dengan sistem ini, ada lebih dari100 komputer yang dapat tersambung ke jaringan.

Tahun 1987, diperkirakan akan  terjadi lonjakan dan pertambahan komputer yang tersambung dengan jaringan sekitar 10 kali lipat hingga menyentuh lebih dari 10000 komputer.

7. Tahun 1987 IRC diperkenalkan

Internet Relay Chat atau yang akrab dengan IRC dikenalkan oleh Jarkko Oikarinen
Tahun 1988, Internet Relay Chat atau yang akrab dengan IRC dikenalkan oleh Jarkko Oikarinen, orang berkebangsaan Finlandia yang sekaligus merupakan penemunya. IRC memberikan layanan pada dua orang atau lebih pengguna komputer untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan berkirim pesan (chatting). Akhirnya tahun 1989 terjadi lonjakan yang mana jumlah komputer yang sudah saling terhubung ada 10 kali lipat. Sehingga, diperkirakan ada lebih dari 100.000 komputer saling terhubung dan sudah membentuk jaringan.

8. Tahun 1990, WWW diperkenalkan

Kemudian, pertengahan tahun 1990, disebut-sebut menjadi tahun yang paling bersejarah. Mengapa? Karena pada saat itu, terdapat rancangan sebuah program editor sekaligus browser yang dapat menjelajahi komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan yang disebut dengan World Wide Web atau WWW yang dirancang oleh Tim Berners Lee.

9. Tahun 1992, lebih dari satu juta komputer terhubung

Tahun 1992, sudah terbentuk jaringan yang memiliki lebih dari satu juta komputer yang terhubung. Di tahun tersebut, muncul pula istilah “surfing” atau menjelajah. Selanjutnya, dua tahun kemudian, tahun 1994 mulai muncul situs-situs dunia yang setidaknya ada 3000 alamat halaman sekaligus bentuk pertama virtual shopping atau e-retail muncul di berbagai macam situs. Akhirnya di tahun tersebut lahirlah Perusahaan Search Engine pertama, yakni Yahoo!yang dibentuk oleh David Filo dan Jerry pada April 1994.

Bagaimana dengan sekarang ini? Sekarang ini, hampir seluruh komputer yang ada di dunia terhubung dalam sebuah jaringan yang disebut internet. Semua komputer bisa saling terhubung dan berbagi data. Bahkan tak hanya komputer, jaringan juga menyebar dan digunakan pada smartphone dan beberapa perangkat lain yang bisa terhubung ke dalam jaringan.

Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Bicara soal pengertian jaringan dan sejarah jaringan komputer, rasanya tak akan lengkap bila tak membicarakan apa manfaatnya. Dan tentu saja, segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada manfaatnya. Sama seperti jaringan komputer. Ada beberapa fungsi dan manfaat yang akan kita dapat dalam menggunakan jaringan komputer, yaitu:

1. Bertukar data

Manfaat Jaringan Komputer
Dengan adanya jaringan komputer, setiap komputer dapat menggunakan atau bertukar data yang ada pada komputer lain apalagi jika satu dengan yang lainnya cukup berjauhan. Hal ini tentu akan memberi kemudahan pada pengguna sehingga dapat menghemat waktu dan kerja lebih cepat tuntas tanpa perlu pergi jauh untuk mengambil data terlebih dulu.  Ada beberapa fasilitas yang mendukung dalam penukaran data tersebut seperti FTP Server, Mail Server, Web Server, dan lain-lain.

2. Berbagi media penyimpan

Pemakaian media penyimpan seperti harddisk, disket, atau flashdisk secara bersamaan, apalagi didukung dengan adanya LAN, membuat penggunaan menjadi lebih hemat biaya, mudah, dan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Pengguna juga akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan dapat menggunakan alternatif persediaan untuk meyimpan file. Sehingga, apabila komputer yang satu rusak bisa menggunakan salinan file dari media penyimpanan yang lain.

3. Berbagi Printer

Jaringan Komputer

Penggunaan alat printer secara bersama tentu akan sangat menghemat biaya karena dalam pembeliannya, kita cukup membeli satu saja dan dapat digunakan oleh beberapa komputer. Tentu didukung oleh jaringan. Selain itu, hal ini dapat mempercepat pekerjaan dan tidak sulit dilakukan.

4. Berkomunikasi

Jaringan komputer dapat membantu pengguna untuk berkirim pesan pada pengguna komputer lain. Apalagi jika jaraknya berjauhan. Sehingga, tidak perlu bertemu secara langsung hanya untuk menyampaikan pesan. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataupun yang lain. Berkomunikasinya pun tidak hanya bisa bertukar pesan teks tetapi juga bisa mengirim gambar, audio, ataupun video.

5. Berbagi informasi

memberikan kemudahan bagi setiap orang yang sudah terhubung untuk mengakses informasi-informasi dan berita penting

Dengan adanya jaringan komputer, tentu akan memberikan kemudahan bagi setiap orang yang sudah terhubung untuk mengakses informasi-informasi dan berita penting yang terjadi baik nasional ataupun internasional. Jaringan komputer sangat membantu penyebaran informasi, dari negara satu ke negara yang lain.

6. Menghemat uang

Seperti pada beberapa poin tadi, sudah dijelaskan bahwa jaringan komputer cukup membantu penggunanya untuk berhemat. Adanya jaringan komputer, membuat pengguna untuk lebih memanfaatkannya pada pembagian sumber daya seperti berbagi daya komputer, hardware, internet, dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi jaringan komputer. Lalu bagaimana dengan jenis atau macam-macam jaringan komputer? Apakah hanya ada satu jenis atau satu macam saja?

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan satu kesatuan komputer dan perangkatnya yang saling terintegrasi. Fasilitas ini dapat digunakan dengan maksimal jika menggunakannya secara tepat. Biasanya jaringan ini digunakan untuk berbagi pesan dari pengirim atau yang disebut server ke penerima yang disebut dengan klien.

Selanjutnya, Jaringan komputer memiliki beberapa kelompok yang dibagi berdasarkan distribusi sumber infomasi data, jangkauan geografis, berdasarkan topologi, media transmisi data, serta peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Berikut penjelasannya:

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jaringan LAN

Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local area network atau yang biasanya disingkat LAN merupakan jaringan kumpulan komputer yang memiliki 1 unit komputer sebagai server dengan beberapa komputer lain sebagai klien. Antara server dan klien dapat saling bertukar file ataupun hardware seperti printer. Jaringan LAN pun hanya mencakup area kecil seperti warnet, warung makan, tempat nongkrong. Luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau yang biasa disingkat MAN merupakan jaringan yang memiliki area lebih luas daripada LAN, yakni sekitar 10 hingga 50 km persegi. Jaringan ini merupakan jaringan yang memiliki kecepatan transfer dan terhubung dengan banyak lokasi strategis seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lainnya. MAN ini bisa dibilang merupakan gabungan dari beberapa LAN. Sehingga, jaringan ini pun tepat jika digunakan untuk menghubungkan antarkantor dalam satu kota yang memiliki keterkaitan satu sama lain.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau biasa disingkat dengan WAN merupakan jaringan yang cakupannya jauh lebih luas seperti negara atau benua. Umumnya, tipe jaringan semacam ini banyak digunakan untuk menghubungkan dua jaringan lokal atau lebih. Tujuanya adalah agar para pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain di lokasi yang berbeda.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Jaringan Terpusat dan Terdistribusi

Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat merupakan kumpulan komputer yang terdiridari komputer server dan komputer klien. Komputer klien digunakan sebagai komputer perantara untuk mengakses data dari komputer server. Tipe jaringan ini terdapat terminal yang dikenal dengan istilah dumb terminal, yang mana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan antara beberapa jaringan tipe terpusat. Dalam jaringan ini ada kemungkinan beberapa komputer server ataupun klien saling terhubung dan membentuk suatu jaringan tertentu.

C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

Kabel UTP, salah satu media yang digunakan pada wired network
Berdasarkan media transmisi data yang digunakan, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini digunakan media transmisi data berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya. Media transimisi tersebut digunakan agar antarkomputer dapat bertukar informasi atau data yang terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang bisa digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Sedangkan, pada jaringan ini digunakan media transmisi berupa gelombang elektromagnetik. Tentu cukup berbeda dengan wired network, jaringan ini tidak menggunakan kabel tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi atau data antara komputer satu dengan komputer lain. Salah satu media transmisi dalam wireless network adalah wireless adapter.

D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Jaringan Client-Server
Berdasarkan peranan dan hubungan antar komputer dalam memproses data, jaringan komputer memiliki dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini merupakan kumpulan komputer yang terdiri dari beberapa komputer klien dan satu komputer server. Komputer server bertugas sebagai penyedia  sumber daya, sedangkan komputer klien hanya dapat menggunakan sumber daya tersebut sebagai penerima.

2. Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini, tidak ada sekat yang berarti antara komputer server dan komputer klien. Setiap komputer dapat memerankan keduanya dengan kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer klien dan komputer klien pun dapat menjadi komputer server.

E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan

Topologi Jaringan
Sementara jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan yang digunakan, bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Topologi Jaringan Komputer Tipe Bus

Topologi Jaringan Komputer Tipe Bus merupakan topologi jaringan komputer yang paling tua dalam teknologi jaringan Ethernet. Pada bentuk jaringan ini, kedua ujung jaringan komputer harus diakhiri dengan terminator. Sehingga, terdapat laras konektor yang dapat digunakan untuk menyambung atau menambah panjang jaringan. Topologi jaringan ini terdiri dari cable coaxial yang menghubungkan komputer yang ada dalam jaringan tersebut agar setiap komputer dapat terhubung dengan sambungan konektor BNC jenis T.

Pada topologi jaringan ini terdapat keuntungan dan kerugiannya, berikut penjelasannya,

Keuntungan Topologi Bus:

  • Jaringan ini merupakan jaringan yang sederhana sehingga dapat diandalkan apalagi pada penggunaannya pada jaringan yang kecil, mudah digunakan dan mudah dipahami. Jadi, penggunaan jaringan ini bisa dibilang tidak begitu rumit.
  • Jaringan ini hanya membutuhkan kabel dalam jumlah yang tidak banyak.
  • Jaringan ini cukup mudah untuk diperluas jika kita ingin memperluaskan jaringan pada topologi bus.

Kerugian Topologi Bus:

  • Ketika terjadi masalah pada jaringan, maka akan sangat rumit untuk diatasi atau melakukan troubleshoot pada topologi bus.
  • Lalu lintas yang padat akan sangat memperlambat kinerja jaringan pada topologi bus.
  • Sangat lambat jika dibandingkan dengan topologi yang lain.

2. Topologi Jaringan Komputer Tipe Star

Pada topologi jaringan komputer ini terdapat hub yang menjadi pusat jaringan dan mengontrol komunikasi. Selanjutnya semua perangkat komputer berputar di sekitar hub pusat yang mana hub pusat tersebut juga dapat berkomunikasi dengan hub lain. Jarak batas jaringan ini adalah sekitar 1000 meter dari hub.

Dalam dunia jaringan komputer, topologi yang biasanya digunakan pada Local Area Network atau LAN adalah jaringan komputer tipe star. Topologistar ini biasanya dapat digunakan di rumah, kantor, sekolah, ataupun tempat umum lain. Seluruh komputer dalam topologi ini terhubung ke perangkat sentral seperti hub, switch atau router dengan 1.527 twisted pair (UTP) atau shielded twisted pair kabel.

Adapun keuntungan dan kerugian pada topologi star, yaitu:

Keuntungan Topologi Star:

  • Setiap berkomunikasi node langsung berhubungan dena konsentrator (hub)
  • Bisa di broadcast ke seluruh node yang telah terhubung dan masuk ke konsentrator (hub).
  • Topologi ini sangat mudah dikembangkan

Kerugian Topologi Star:

  • Butuh banyak kabel sehingga terbilang cukup boros
  • Jaringan ini memerlukan penanganan khusus
  • Jika terjadi kerusakan pada Hub maka jaringan yang berada dalam satu hub tersebut, juga akan rusak

3. Topologi Jaringan Komputer Tipe Ring

Topologi jaringan komputer tipe ring berbentuk seperti cincin, dimana setiap perangkat komputer terhubung dari satu ke yang lain. Setiap komputer menggunakan data token agar dapat diizinkan terhubung ke komputer lainnya sehingga bisa untuk berkomunikasi.

Komunikasi dengan formasi ring ini memiliki node komunikasi yang langsung dan hanya berlaku pada upstream dan downstream komputer sebelahnya saja. Dalam jaringan ini, seluruh pesan hanya berputar dari komputer satu ke satunya lagi dengan komunikasi perjalanan dalam alur yang sama, entah searah jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam.

Adapun keuntungan dan kerugian pada topologi ring, simak penjelasannya.

Keuntungan Topologi Ring:

  • Dalam jaringan ini, tidak terdapat monopoli jaringan yang bisa dilakukan komputer karena setiap komputer memiliki hak akses yang sama terhadap token.
  • Data pada jaringan ini akan mengalir satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.

Kerugian Topologi Ring:

  • Jika ada salah satu komputer dalam jaringan ring tersebut terjadi kegagalan fungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
  • Jika terjadi kerusakan dalam jaringan yang menggunakan topologi ring ini maka akan cukup sulit untuk diatasi.
  • Jika terjadi penambahan atau pengurangan komputer, maka akan cukup mengganggu bahkan hingga mengacaukan jaringan.
  • Dalam topologi ini akan sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.

4. Topologi Jaringan Komputer Tipe Mesh

Topologi jaringan komputer tipe mesh merupakan suatu jaringan yang terhubung satu sama lain diantara beberapa node. Biasanya topolgimesh ini digunakan untuk keperluan redundancy. Misalnya dalam kampus, biasanya juga menggunakan topologi mesh untuk mencapai tingkat redundancy dan  fault tolerance yang merupakan tuntutan bisnis dari jaringan data mereka. Ada dua jenis mesh yaitu Full Mesh dan Partial Mesh Topologi.

Pada jaringan topologi mesh jenis full mesh terdapat masing-masing node saling terhubung satu dengan yang lain menggunakan dedikasi garis tersendiri. Sedangkan pada jaringan topologi mesh berjenis partial hanya sebagian saja yang menggunakan jalur menurut kebutuhan.

Jaringan komputer pada topologi mesh bekerja berdasarkan konsep rute. Alurnya berawal dari pesan yang dikirim melalui jalur terpendek untuk mencapai tujuan agar mudah tersampaikan.

Adapun keuntungan dan kerugian pada topologi jaringan Mesh, sebagai berikut,

Keuntungan Topologi Mesh:

  • Jika terjadi masalah pada topologi jaringan ini, maka akan relatif mudah untuk dilakukan troubleshoot.
  • Keuntungan utama yang didapat dari topologi Mesh adalah fault tolerance.
  • Pada jaringan ini akan terjamin kapasitas channel komunikasi karena memiliki hubungan yang berlebih.

Kerugian Topologi Mesh:

  • Jika jumlah komputer yang akan dihubungkan semakin meningkat maka akan cukup sulit untuk melakukan instalasi dan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatannya semakin bertambah.
  • Untuk menjaga hubungan yang berlebih di dalam jaringan ini, diperlukan biaya yang cukup besar.

5. Topologi Jaringan Komputer Tipe Hybrid

Topologi jaringan komputer tipe hybrid merupakan topologi jaringan yang cukup kompleks. Topologi ini dibangun dari dua atau lebih topologi jarigan. Jaringan hybrid ini bisa saja merupakan gabungan dari topologi jaringan bus-star, star-ring, atau jaringan mesh dengan hubungan antara berbagi komputer pada jaringan. Jaringan mesh biasanya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain.

Adapun keuntungan dan kelebihan pada topologi jaringan komputer tipe hybrid,yaitu

Keuntungan Topologi Jaringan Komputer Tipe Hybrid:

  • Jaringan ini mampu menyatukan dua atau lebih jaringan yang berbeda
  • Jaringan tipe ini bisa diterapkan pada are yang memiliki topologi jaringan yang berbeda sehingga tidak perlu merombak jaringan dari awal.
  • Berbeda seperti jaringan tipe lain, jaringan tipe hybrid ketika mengalami kerusakan pada salah satu bagiannya, maka tidak akan mempengaruhi bagian jaringan yang lainnya.
  • Meskipun berjalan pada banyak lalu lintas jaringan yang berbeda, aliran data dapat bekerja secara sempurna.

Kerugian Topologi Jaringan Komputer Tipe Hybrid:

  • Jaringan tipe hybrid merupakan penggabungan dari beberapa tipe jaringan yang lain sehingga akan memiliki struktur jaringan yang cukup rumit dan sukar dipahami, maka pengelolaan jaringannya cenderung sulit.
  • Sebab menggunakan begitu banyak hub dan kabel untuk menghubungkan jaringan, maka biaya yang dibutuhkan terbilang besar.
  • Untuk perawatan jaringan tipe ini pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebab perangkat yang ada pada jaringan tipe hybrid seperti hub harus terus bekerja karena mengelola beberapa jenis jaringan sekaligus.
  • Karena memiliki struktur yang cukup rumit sehingga pengelolaan instalasi dan konfigurasi jaringannya pun sulit sebab harus menghubungkan beberapa topologi yang berbeda dan di saat yang sama juga harus memastikan semua node dapat berfungsi dengan baik.

6. Topologi Jaringan Komputer Tipe Tree

Topologi jaringan komputer tipe tree merupakan topologi multi star di bus. Topologi ini mengintegrasikan topologi multi star ke bus secara bersama-sama. Namun, hanya hub yang merupakan perangkat jaringan yang dapat terhubung langsung dengan bus tree dan fungsi setiap hub adalah sebagai perangkat jaringan akar tree.

Topologi jaringan komputer tipe tree biasa disebut juga topologi jaringan komputer bertingkat. Topologi tree biasa digunakan untuk saling terhubungnya koneksi antar sentra dengan hierarki yang berbeda. Hierarki yang lebih rendah digambarkan berada pada lokasi yang rendah pula sedangkan semakin lokasi tersebut naikke atas maka memiliki hierarki yang semakin tinggi. Diantara topologi jaringan komputer yang lain, tipe tree ini termasuk topologi jaringan komputer yang paling ideal jika digunakan pada sistem jaringan komputer.

Sama halnya dengan jaringan komputer komputer tipe lain, jaringan tipe tree ini memiliki beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang memiliki tingkatan lebih tinggi, maka simpul tersebut dapat mengontrol simpul di bawah tingkatannya. Proses pengiriman data atau pesan pun perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Contohnya, untuk mengirimkan data atau pesan dari komputer dengan node 4 ke komputer node 8, maka data tersebut harus melalui node 4, node 6, dan node 7 hingga akhirnya sampai di node 8. Kombinasi tipe bus atau star atau hybrid cukup mendukung masa depan jaringan komputer yang jauh lebih baik dari topologi-topologi jaringan tipe bus ataupun star.

Adapun keuntungan dan kerugian dalam menggunakan topologi jaringan komputer tipe tree, seperti berikut

Keuntungan Topologi Jaringan Komputer Tipe Tree:

  • Jaringan tipe tree dapat digunakan pada jaringan komputer berskala besar
  • Mudah melakukan pengembangan ataupun penambahan klien yang berada pada hub pusat
  • Jika terjadi kerusakan pada jaringan komputer maka dapat dilakukan identifikasi serta isolasi jaringan dengan mudah
  • Jika salah satu komputer klien terjadi kerusakan atau gangguan, maka tidak akan mempengaruhi klien lainnya.
  • Karena memiliki hubungan komunikasi yang terjadi secara point to point maka tentu memiliki manajemen data yang baik pula.

Kerugian Topologi Jaringan Komputer Tipe Tree:

  • Jika kabel utama atau backbone terjadi kerusakan, maka akan mempengaruhi hingga mengganggu seluruh jaringan yang terhubung
  • Jika hub terjadi kerusakan, maka akan mempengaruhi dan mengganggu kinerja jaringan karena hub memiliki peran penting dalam jaringan tersebut.
  • Membutuhkan biaya yang jauh lebih besar karena menggunakan lebih banyak hub dan kabel.
  • Pemasangan kabel serta pengkonfigurasian dalam jaringan komputer tipe tree lebih rumit jika dibandingkan dengan topologi tipe jaringan yang lain
  • Kinerja jaringan lebih lambat dari topologi jaringan yang lain karena komunikasi antar komputer tidak bisa terjadi secara langsung, namun harus melalui hub terlebih dahulu.
  • Jika komputer di tingkat atas mengalami gangguan, maka akan mempengaruhi atau menggangu komputer yang berada di tingkat bawahnya.
  • Banyaknya perancangan pada node membuat topologi jaringan komputer ini membutuhkan perawatan, yang mana perawatannya pun cukuprumit dilakukan.
  • Terjadi lalu lintas yang cukup padat, sebab jaringan ini mengirimkan semua informasi melalui kabel utama (backbone) sehingga memungkinkan terjadinya tabrakan file atau biasa disebut dengan collision yang besar. Tentu hal ini akan mengganggu jaringan.

Istilah-istilah dalam Jaringan Komputer

Istilah-istilah dalam Jaringan Komputer

Dalam menggunakan jaringan komputer, tentu ada beberapa istilah yang biasa dan ada pula yang tidak biasa kamu temukan. Untuk memudahkan kamu memahami berbagai istilah dalam jaringan komputer, berikut penjelasan beberapa istilan dalam jaringan komputer:

  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), Merupakan protokol yang memungkinkan perangkat anda dapat meminta atau diberikan alamat IP secara otomatis. Ini lebih sederhana daripada menggunakan IP statik.
  • DNS (Domain Name System), merupakan sistem yang mana menggunakan sistem ini komputer dapat menerjemahkan nama domain atau host ke alamat IP. Jawaban dari sistem ini berupa numerik, sehingga pengguna hanya mengetahui dari hasilnya bahwa komputer tersebut telah terhubung.
  • Domain, Merupakan bagian dasar dari nama sebuah situs. Misalnya, google.com atau facebook.com
  • Encapsulation, Merupakan proses transmisi lalu lintas jaringan yang menggunakan protokol jaringan yang satu dengan dikemas dalam protokol jaringan yang lain.
  • Firewall, Merupakan sebuah software yang digunakan untuk memblokir jenis lalu lintas tertentu yang tidak diinginkan. Sehingga, jika firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu namun tetap bisa membiarkan yang lainnya lewat.
  • Gateway, Merupakan perangkat yang digunakan pada komputer untuk dapat terhubung pada jaringan yang berbeda dengan komputer lain.
  • Hostname, Merupakan sebuah label yang menuju pada sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan.
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol), Merupakan protocol standard untuk web browser. Protocol ini terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.
  • IP (Internet Protocol) Address, Merupakan alamat numerik yang digunakan dalam suatu jaringan pada komputer. Jika komputer ingin terhubung dengan jaringan maka harus memiliki IP address dan tidak boleh sama dengan yang orang lain.
  • ISP (Internet Service Provider), Merupakan penyedia layanan internet karena dari provider inilah kita bisa mengakses internet
  • LAN (Local Area Network), Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan sangat kecil. Contohnya sekolah, kantor, warung makan, restoran, dan lainnya.
  • Local Host, Merupakan nama host yang biasanya digunakan untuk komputer tersebut, yang digunakan penggunanya dengan menunjuk alamat IP.
  • MAC (Media Access Control) Address, Merupakan sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi masing-masing interface yang terdapat pada jaringan komputer. Biasanya juga disebut dengan Physical Address.
  • Mail server, Merupakan perangkat lunak yang diprogram untuk mendistribusikan file atau informasi menjadi sebuah respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Selain itu, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan berupa FTP.
  • MAN (Metropolitan Area Network), Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan cukup luas. Contohnya area perkotaan seperti taman, menghubungkan antara perusahaan-perusahaan dengan kecepetan jaringan yang cukup tinggi.
  • NAT (Network Address Translation), Merupakan sebuah perangkat yang digunakan router untuk berbagi alamat IP ke perangkat lainnya agar dapat digunakan bersama-sama walaupun dengan satu alamat IP.
  • Network Interface atau Network Adapter, Merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi pada suatu jaringan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Contohnya ethernet card atau wifi.
  • PC Card Slot, Sebuah wadah pembuka file card yang berbentuk kotak yang terdapat pada komputer atau biasanya pada laptop yang dirancang untuk menahan PC card, seperti contohnya network adapter. Peripheral Components Interconnect (PCI) slot merupakan ruang dai dalam komputer yang digunakanuntuk menginstal perluasan card. Biasanya berwarna putih.
  • PORT, Merupakan penomoran standart yang digunakan ketika sebuah aplikasi ingin mengirim atau menerima lalu lintas jaringan.
  • Protocol, Merupakan suatu standar yang digunakan untuk mengatur hubungan, komunikasi, dan perpindahan data yang terjadi pada dua komputer atau lebih.
  • Router, Merupakan alat yang berfungsi untuk memebantu dua jaringan atau lebih agar saling terhubung dan bisa saling meneruskan pesan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
  • Trojan Horse, Merupakan suatu program yang menyamar sebagai sebuah file atau program dan berusaha untuk melewati pintu keamanan sistem. Selain itu, juga memperdayai pengguna untuk membuka file tersebut yang merupakan virus atau program jahat yang akhirnya masuk ke komputer mereka.
  • URL (Uniform Resource Locator), Merupakan alamat web yang biasanya ditampilkan dari suatu website di address bar browser.
  • WAN (Wide Area Network), Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan lebih luas lagi. Contohnya jaringan antarkota atau bahkan antarnegara.

Bagaimana? sudah bisa kamu pahami kan beberapa istilah dalam jaringan komputer di atas? kalau begitu, mari kita lanjutkan dengan keuntungan menggunakan jaringan komputer.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet

Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet

Dalam menggunakan jaringan internet tentu ada banyak keuntungan yang akan kita dapat. Keuntungan yang begitu kita rasakan adalah internet sudah mendunia sehingga akan memiliki keterhubungan jaringan yang sangat luas. Pada dasarnya, internet merupakan rangkaian banyak komputer, yang bahkan mungkin sudah tak terhitung karena begitu banyaknya dan telah mendunia, yang saling terhubung satu sama lain.

Kemudian keterhubungan tersebut semakin lama akan semakin bertambah dan akhirnya semakin luas. Keuntungan lain yang dapat kita peroleh antara lain sebagai berikut :

1. Kemudahan dalam Memperoleh Informasi

Dengan adanya jaringan komputer yang kini telah mendunia, memungkinkan setiap orang dapat dengan mudah memperoleh informasi. Bahkan tidak hanya informasi atau berita dalam negeri, tetapi juga berita luar negeri. Sekarang pun sudah banyak media-media cetak seperti majalah, koran, beralih rupa atau mulai merambah ke dunia online.

Sehingga cakupan pembaca majalah atau koran online akan dapat lebih meluas. Pembacanya pun tidak bisa berbatas umur ataupun gender, sehingga muda, remaja, dewasa, laki-laki, perempuan, semua bisa membacanya dengan menggunakan jaringan internet.

2. Mendukung Transaksi dan Operasi Bisnis

Pelaku bisnis, pengusaha, masyarakat umum, dapat memanfaatkan fungsi ini dengan menggunakan jaringan online. Kita dapat melakukan transaksi pembayaran listrik, pembayaran air, membeli tiket transportasi atau pun melakukan bisnis secara online dengan mudah dan cepat menembus jarak yang bisa berkilo-kilo meter cukup jauh.

3. Belajar secara online

Media internet merupakan media yang cukup meluas sebarannya pada berbagai kalangan dan berbagai usia. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh anak sekolah dengan adanya media internet adalah mereka mampu belajar dari berbagai situs atau pun website yang tersedia untuk mereka.

Selain itu, dengan media internet maka juga akan membantu sistem pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan anak dapat belajar atau melakukan interaksi bersama teman belajarnya tanpa terbatas ruang. Di sisi lain juga, hal ini dapat membantu sistem belajar interaktif yang bisa dilakukan antara siswa dan guru di luar kelas.

4. Mencari beasiswa

Media internet pun membantu mahasiswa-mahasiswa atau anak sekolah yang merasa kurang mampu dalam hal ekonomi untuk menemukan beasiswa. Saat ini sudah banyak sekali website-website yang menyediakan platform khusus untuk beasiswa.

5. Komunikasi

Salah satu manfaat yang paling digunakan dalam jaringan komputer adalah untuk saling berkomunikasi. Dengan perkembangan internet yang begitu pesat, tentu berdampak pula pada masyarakatnya yang juga telah berkembang sehingga mampu membentuk suatu capaian global hingga mendunia.

Sampai saat ini, untuk berkomunikasi dengan orang lain, kita dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti email, atau pun berbagai macam aplikasi seperti whatsapp, blackberry messenger, facebook, telegram. Sehingga, dengan menggunakan fasilitas tersebut, maka akanmemudahkan orang untuk mendapatkan dan menjalin relasi yang baik.

6. Hiburan

Selain komunikasi, banyak orang yang menjelajahi jaringan komputer untuk hiburan. Hiburan yang dimaksud pun berbeda-beda. Misalkan, ada yang memilih mendownload film, menonton film di youtube, bermain game online, membaca-baca artikel di internet, chattingan via media sosial, dan masih banyak hal lain yang dapat dijelajahi sesuai dengan selera masing-masing pengguna. Musik, blog, hobi, berita, dan masih banyak lagi yang dapat ditemukan.

7. Layanan

Saat ini, perkembangan teknologi yang cukup canggih juga merambah pada bidang pelayanan. Hal ini tentu dilakukan untuk lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dalam bidang pelayanan ini bisa dicontohkan seperti pada perbankan online, website mencari pekerjaan, pembelian tiket film di bioskop, layanan bimbingan belajar, pemesanan hotel, dan masih banyak lagi lainnya.

8. Menambah wawasan

Dengan tersedianya banyak sekali informasi dalam jaringan komputer, maka akan membantu Anda untuk mencari tahu apa yang Anda inginkan. Anda hanya perlu mengetikkannya pada laman browser kemudian informasi terkait hal itu maka akan muncul.

9. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing

Tanpa kita sadari, banyak sekali sistem di jaringan internet yang menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris. Entah ketika kita bermain game online, chattingan, atau bermain di media sosial, tidak serta merta menyediakan bahasa indonesia. Sehingga, mau tidak mau dan sedikit demi sedikit kita akan secara tidak sadar akan terbiasa dengan bahasa inggris.

Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional sehingga lebih sering digunakan dalam bahasa sistem atau pun jaringan. Hal ini mempembuat kita untuk terus belajar bahasa asing atau bahasa inggris. Selain itu, jika kita merasa kesulitan untuk menerjemahkannya maka ada google translate yang akan cukup membantu.

10. Mendorong Kemandirian

Setiap orang yang menjelajah di dunia internet melalui jaringan komputer, secara tidak langsung pasti memiliki keingintahuan yang tinggi. Ketika dia tiba-tiba ingin mengetahui sesuatu, maka otomatis dia akan mencarinya di internet jika dengan mencari di buku belum ditemukan jawabannya.

Meskipun, internet dalam jaringan komputer tidak selalu menyediakan jawaban yang memuaskan dirinya, tetapi banyak sekali hal-hal yang dibahas di dunia internet. Karena rasa keingintahuan itu, maka akan mendorong orang tersebut menjadi lebih mandiri dalam mencari informasi yang dia butuhkan. Keterbiasaan tersebut akan membentuk dirinya menjadi mandiri.

Begitulah penjelasan panjang dari saya mengenai segala hal yang berkaitan dengan jaringan komputer. Mulai dari pengertian, sejarah, manfaat hingga beberapa istilah dalam jaringan komputer. Semoga bisa membantu kamu menambah pengetahuan dan menyelesaikan tugas-tugas kamu. Pesan dari saya hanya satu, manfaatkan perkembangan jaringan komputer dengan bijak.

Ada pertanyaan atau komentar?