JADI PENULIS LEPAS (FREELANCER)

Format Tulisan

Untuk format penulisan, aku ingin kamu mengikuti format dibawah ini. Perlu di ingat, tulisan harus berada dikisaran 600-1500 kata, aku ga ingin tulisan super pendek atau tulisan super panjang yang bertele-tele.

  1. 3-6 paragraf pertama berisi penjelasan atau intro menarik mengenai apa yang akan dibahas diartikel tersebut
  2. lalu dilanjutkan dengan H2 heading ( bukan H1 dan bukan H3, tapi H2 heading)
  3. setelah itu barulah masuk ke inti pembicaraan, untuk tema tutorial, gunakan list (bullet list atau number list) untuk setiap menjelaskan tiap langkahnya.
  4. Di tiap langkah harus ada penjelasan disertai gambar screenshot
  5. lalu ending atau kesimpulan berisi 3-6 paragraf lagi
  6. jangan lupa tambakan dan set featured image untuk tulisan tersebut
  7. Ga perlu perhatiin keyword density, menulis aja secara natural agar mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, luangkan waktu kamu sebentar, untuk lihat semua tulisan yang sudah dipublish di blog ini agar kamu familiar dengan gaya penulisan dan format penulisan di blog ini. Perhatiin peletakan H2 dan gambarnya, ukuran gambar, dan sebagainya.

Syarat dan ketentuan penulisan

Ada syarat yang wajib kamu penuhi jika ingin tulisan kamu diterima di situs ini. Selain menulis dengan tema yang udah di tentukan, kamu harus mengikuti panduan dibawah ini.

Pertama, kamu harus menulis dengan sudut pandang personal/pribadi/orang pertama. Seperti saat aku menulis disini, aku menggunakan sudut pandang orang pertama. Ini tujuannya agar terkesan deket sama pengunjung.

Kedua, Gunain gambar dan Optimasi gambarjangan sekali-kali menggunakan gambar yang memiliki hak cipta. Gunain gambar screenshot ataupun gambar free license dari situs penyedia gambar gratis seperti pixabay. Baca lebih lengkap mengenai hal ini di bagian “Ketentuan penggunaan gambar dan optimasi gambar”

Ketiga, tulisan berada di kisaran 600-1500 kata. Menulis itu tujuannya adalah pengunjung. Jadi sebaiknya berikan tulisan yang detail dan menjawab pertanyaan pengunjung. Detail tapi ga dipaksa dipanjang-panjangin.

Keempat, Jangan masukin link ke website non-authority di dalam tulisan. Aku berhak menghapus dan mengganti link ke website yang aku anggap lebih cocok untuk di beri link dari artikel tersebut. Aku prefer kamu ga masukin link apa2, kecuali ke web seperti fb, twitter, atau instagram. aku tidak akan terima artikel copy-paste. Yup, jangan sekali-sekali submit artikel copas. Aku juga ga akan nerima artikel kamu yang sudah pernah di publish di blog kamu sendiri ataupun blog orang lain.

Kelima, aku akan tolak artikel dengan topik atau tema yang menyinggung semua hal yang dilarang oleh adsense guidelines. Jangan ngomongin topik tentang hacking atau cracking dan topik lain yang dilarang oleh adsense guidelines. Misalnya “cara hacking fb orang lain”, aku ga akan terima, tapi jika kamu tulis “cara mendapatkan kembali akun fb yang di hack”, ini akan aku terima.  Intinya jangan melanggar adsense guidelines, karena sumber income situs ini berasal dari adsense.

Kemungkinan nanti aku akan tambahin lagi sih. Aku sebenernya tidak ingin ada banyak syarat dan ketentuan, karena ini bisa menghalangi kamu untuk menulis. Aku hanya ingin kamu tau, tujuan “adanya” syarat dan ketentuan ini adalah untuk pengunjung. Gambar yang ringan berfungsi mempercepat loading speed blog, tulisan yang panjang bisa membuat pengunjung mudah mengerti, tulisan yang tertarget dengan keyword tertentu biasanya lebih fokus dan ga keluar dari konteks tujuan awal penulisan. Point pentingnnya adalah saat menulis, utamakan pengunjung.

Ketentuan penggunaan gambar dan optimasi gambar

Sebelumnya udah aku jelasin sedikit mengenai hal ini.

Untuk ketentuan mengenai gambar/pic, kalau kamu menggunakan gambar screenshot untuk tulisan dengan tema tutorial, kamu ga perlu nulisin sumber gambarnya.

Tapi jika kamu memakai gambar dari web lain, pastikan bahwa gambar tersebut ada gambar free license, dan jangan lupa cantumin link dimana kamu ambil gambar tersebut didalam artikel (letakkan dibawah gambar).

Aku sebagai admin, berhak mengganti atau mengedit gambar agar lebih sesuai dengan tulisan kamu.

Ga ada batasan untuk ukuran gambar, tapi untuk ukuran gambar yang super besar, misalnya dengan lebar (width) sekitar 3000 px, ini akan berat banget, sebaiknya resize widthnya ke ukuran sekitar 1000-1500px.

untuk screenshot dari hp, jika dimasukin ke artikel, akan besar banget, normalnya screenshot dari hp akan berukuran 700px width, dan sekitar 1500 px height. Aku ingin saat di wordpress editor, kamu set custom sizenya jadi sekitar 300-350 px untuk widthnya.

PENTING : Setiap gambar harus di link ke media file(berkas media), lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya. Ini dilakukan supaya image nya saat di klik akan muncul pop-up berisi image dengan ukuran full. Jangan lupa image juga harus “align center”.

Penting lagi : jangan lupa untuk menyediakan featured image. featured image adalah gambar yang keliatan saat tulisan di share ke sosmed, dan gambar yang keliatan di laman homepage/archive page untuk post tersebut, jika kamu udah terbiasa menggunakan wordpress, harusnya udah tau pentingnya featured image.

Untuk featured image, aku sarankan gunain canva.com untuk buat sendiri, atau cari di situs free license seperti pixabay.