Pengertian Integritas adalah, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri-ciri

Pernahkah mendengar istilah “memiliki integritas tinggi”, “jadi orang harus berintegritas tinggi”, dll. Yang bilang begitu kira-kira tahu tidak ya pengertian integritas?

Mungkin masih banyak yang belum memahami sepenuhnya apa arti dari kata tersebut. Tak hanya di dunia kerja, di lingkungan sekitar pun sifat integritas wajib dimiliki. Lantas bagaimana penjelasan lengkapnya? Berikut ulasannya.

Arti Integritas Adalah (Secara umum)

Berasal dari bahasa latin yaitu integer, integritas dapat diartikan secara umum yakni utuh serta lengkap. Dengan begitu, intregitas merupakan suatu usaha yang lengkap serta utuh dengan landasaan kejujuran, konsistensi karakter seseorang, serta kualitas.

Integritas juga dapat diartikan sebagai suatu ketangguhan dan konsistensi yang tidak bisa digoyahkan dalam menjujunjung keyakinan serta nilai luhur. Integritas juga bisa didefinisikan sebagai kejujuran atau kebenaran atas tiap tindakan seseorang jika dilihat dari sisi etika.

Keselarasan antara apa yang diucapkan dengan yang dilakukan juga dapat digunakan untuk mendefinisikan integritas. Seseorang yang mampu bertindak sesuai nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya dapat dikatakan memiliki integritas.

Arti Integritas Menurut Para Ahli

1. Henry Cloud

Menurutnya, integritas merupakan upaya dari seseorang untuk menjadi sosok utuh meskipun di setiap bagian dirinya berbeda. Integritas juga bisa diartikan sebagai orang yang kerap bekerja secara baik serta selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang sebelumnya direncanakan. Hal ini sangat berkaitan dengan efektifitas serta keutuhan individu sebagai manusia.

2. Ippho Santosa

Integritas menurut Ippho Santosa merupakan penyatuan perkataan, pikiran, dan perbuatan agar dapat menumbuhkan kepercayaan. Jika dilihat dari asal kata awalnya, integritas bermakna berbicara secara lengkap dan seutuh-utuhnya.

3. Andreas Harefa

Integritas dapat dibagi menjadi tiga hal yang selalu dapat diamati. Yakni memenuhi komitmen, mengerjakan sesuatu dengan konsisten, hingga menunjukkan kejujuran.

4. Alferd John (1995)

Integritas menurut Alferd John merupakan bagian penting dari kepribadian seseorang dimana tanpa adanya integritas, seseorang hanya bermanfaat bagi dirinya saja. Seseorang yang berintegritas dapat mendatangkan manfaat bagi oranglain.

6. Ayumardi Azra (2012)

Menurutnya, integritas merupakan sebuah ketundukan dan kepengikutan kepada prinsip-prinsip etis dan moral, keutuhan karakter, kejujuran, serta utuhnya sebuah moral dan keadaan tanpa cacat.

Arti Integritas Menurut KBBI

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), integritas merupakan mutu, sifat, serta keadaa yang menggambarkan satu kesatuan secara utuh. Hal ini akan memberikan potensi serta kemampuan yang kerap memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Fungsi Integritas

Integritas terbagi menjadi dua fungsi utama, antara lain:

1. Fungsi Kognitif Integritas (Cognitive Function Integrity)

Fungsi satu ini meliputi kecerdasan moral dan diri sendiri (self insight). Self insight juga dapat diartikan sebagai pengetahuan serta refleksi diri. Dengan demikia, integritas bermanfaat memelihara moral, karakter, atau akhlak seseorang yang kemudian mendorongnya untuk memiliki pengetahuan luas.

2. Fungsi Afektif Integritas (Affective Functions of Integrity)

Fungsi satu ini meliputi hati nurani serta harga diri. Jika melihat fungsi ini dapat dikatakan integritas berfungsi memelihara nurani seseorang agar tetap jujur sebagai hamba. Integritas juga dapat menjadi pembeda antara dirinya dengan hewan. Sebab, secara biologis, manusia serta hewan sama-sama memiliki hati. Namun hewan tidak memiliki qalb yang mana hanya ada di diri manusia.

Manfaat Integritas

1. Manfaat Secara Fisik

Integritas akan membuat seseorang merasa sehat, bugar, dan fit. Sebab, seseorang akan siap selalu melakukan aktivitas atau pekerjaannya sehari-hari.

2. Manfaat Secara Intelektual

Secara intelektual, integritas dapat mengoptimalkan kemampuan otak seseorang.

3. Manfaat Secara Emosional

Secara emosional, integritas akan menjadikan diri penuh motivasi, sadar diri, empati, serta memiliki solidaritas tinggi serta sarat kehangatan emosional dalam interaksi bekerja.

4. Manfaat Secara Spritual

Dari segi spiritual, seseorang akan menjadi lebih bijaksana dalam mengartikan segala sesuatu. Termasuk apa saja pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun yang sebaliknya. Misalnya keberhasilan, penderitaan, dan kegagalan.

5. Manfaat Secara Sosial

Secara sosial, integritas akan mengembangkan hubungan baik antar individu maupun lingkungan masyarakat. Selain itu, integritas juga akan membuat seseorang mau bekerjasama untuk menyelesaikan tugas maupun kegiatan yang menuntut kekompakan serta kerjasama yang baik.

Tujuan Integritas

  • Meraih keberhasilan atau kesuksesan hidup
  • Agar mampu memimpin maupun dipimpin
  • Agar melahirkan sebuah kepercayaan bagi oranglain
  • Melahirkan prestasi

Pentingnya Integritas

Integritas merupakan hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Ketika kita mencari karakteristik mengenai bagaimana membangun kehidupan pribadi, maka dapat diurutkan dari:

  • Integritas
  • Motivasi
  • Kapasitas
  • Pengetahuan
  • Pengalaman

Mengapa integritas penting bagi kehidupan seseorang?

  • Sebab integritas merupakan kunci suksesnya setiap orang karena individu yang berinteregitas merupakan pribadi yang konsisten menjalanka norma-norma serta nilai yang berlaku.
  • Sebab, seseorang kelak akan menentukan dirinya sebagai pemimpin maupun pribadi yang bisa dipimpin. Sebab hanya individu berintegritas yang mempunyai kepribadian berkualitas serta mampu belajar dari oranglain.
  • Seseorang yang memiliki integritas akan menentukan seberapa besar dirinya layak dipercaya oleh oranglain.
  • Integritas mampu menghasilkan reputasi serta prestasi bagi seseorang. Sebab, mereka berpikir, berbuat, hingga berkata secara konsisten.

Contoh Integritas

  • Datang tepat waktu
  • Menyelesaikan tugas dengan baik
  • Berperilaku aktif, konsisten, dan bertanggungjawab
  • Memiliki kesamaan antara ucapan, penampilan, dan perilaku

Ciri-ciri Seseorang Memiliki Integritas

  • Selalu menepati janjinya
  • Tidak memiliki sifat plin-plan serta memiliki sifat taat asa
  • Komitmen dan tanggung jawabnya tinggi serta teguh
  • Jujur serta selalu terbuka kepada siapapun
  • Berpegang teguh pada prinsip serta nilai-nilai yang diyakininya
  • Sangat menghargai waktu
  • Berprinsip satu kata, satu perbuatan

Dengan begini, kamu yang bilang integritas sudah tahukan dengan jelas dan lengkap apa itu pengertian integritas dan segudang manfaatnya. Semoga semakin menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.