Harga Samsung Galaxy J3 Pro dan Spesifikasi Januari 2017

Harga Samsung Galaxy J3 Pro – Jurnalponsel.com – Samsung tampaknya tidak mau mengambil jeda cukup lama untuk kembali merilis hp android terbaru mereka. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini, sampai dengan sekarang terus meluncurkan varian terbaru smartphone dengan kualitas yang semakin apik dan canggih. Pada November 2016, Samsung mengeluarkan seri ketiga dari Samsung Galaxy J Series, yaitu Samsung Galaxy J3. Nah, pada pertengahan tahun 2016, tepatnya bulan Juni, Samsung kembali merilis sebuah smartphone canggih dari Samsung Galaxy J Series, yakni Samsung Galaxy J3 Pro.

Ada pendapat yang muncul bahwa Samsung memang sedang gencar mengincar pasar kelas menengah ke bawah. Buktinya, dalam kurun waktu tidak ada dua tahun, empat generasi Samsung J Series berhasil dirilis dan meraup sukses di pasaran. Samsung Galaxy J Series sebagaimana diketahui bersama merupakan smartphone yang diperuntukkan untuk pasar menengah ke bawah dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, namun memiliki keinginan untuk dapat memiliki smartphone  dengan spesifikasi yang canggih. Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 Pro berikut review lengkapnya.

Review Samsung Galaxy J3 Pro

Review Samsung Galaxy J3 Pro
Review Samsung Galaxy J3 Pro


Samsung Galaxy J3 Pro
sebagai penerus Samsung Galaxy J3 tentunya didukung dengan spesifikasi yang lebih baik dan lebih sempurna. Ada komponen-komponen yang dipertahankan dan ada pula komponen-komponen yang diubah. Komponen yang dipertahankan dari generasi sebelumnya, misalnya, layar Samsung Galaxy J3 Pro yang tetap menggunakan tipe Super Amoled capasitive touchscreen. Layar tipe Amoled memang layar yang di identikkan dengan vendor Samsung. Dengan menggunakan tipe layar ini, Samsung Galaxy J3 Pro tampak sangat menggoda dan menarik untuk membeli. Terlebih ketika melihat kualitas gambar HD yang didukung oleh resolusi 720 x 1280 pixels, tentunya akan membuat pandangan mata benar-benar dimanjakan.

Seperti lazimnya smartphone, apalagi yang memiliki tipe berbeda, pasti akan memiliki perbedaan pula dimensi dan bobotnya, termasuk antara Samsung Galaxy J3 dan Samsung Galaxy J3 Pro. Meski ada perbedaan, namun selisihnya tidak begitu besar. Komponen lain yang diubah misalnya ukuran RAM. Sebelumnya, Samsung Galaxy J3 hanya mengusung RAM yang berukuran 1.5 GB, maka Samsung Galaxy J3 Pro sudah didukung RAM berukuran 2 GB. Nah, uraian di atas hanya sekelumit gambaran mengenai Samsung Galaxy J3 Pro. Jika kalian penasaran ingin mengetahui harga Samsung Galaxy J3 Pro beserta spesifikasinya, berikut adalah ulasannya.

Layar dan Desain Samsung Galaxy J3 Pro

Samsung memiliki ciri khas dengan tampilan layarnya yang tampak elegan dan mewah, termasuk juga layar Samsung Galaxy J3 Pro. Tipe layar multitouch yang digunakan Samsung Galaxy J3 Pro adalah Super Amoled capacitive touchscreen dengan kemampuan menghasilkan warna sampai dengan 16M colors. Ukuran layar Samsung Galaxy J3 Pro adalah 5 inci dan mampu menampilkan gambar HD dengan resolusi sampai dengan 720 x 1280 pixels serta tingkat kerapatan gambar sebesar 294 ppi pixel.

Dilihat dari body-nya, dimensi Samsung Galaxy J3 Pro lebih besar dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Samsung Galaxy J3. Dimensi Samsung Galaxy J3 Pro adalah 142.2 x 71.3 x 8 mm. Dengan dimensi sebesar itu, bobot Samsung Galaxy J3 Pro hanya 139 gram. Sehingga, Samsung Galaxy J3 termasuk smartphone dengan desain cukup lebar, tetapi masih tergolong ringan.

Konektivitas Samsung Galaxy J3 Pro

Sejak generasi kedua, seri Samsung Galaxy J, sudah didukung dengan jaringan 4G LTE, termasuk Samsung Galaxy J3 Pro. Konektivitas merupakan komponen yang selalu menjadi keunggulan Samsung. Dengan kecepatan internet HSPA 42.2/5.76 Mbps dan dilengkapi jaringan LTE Cat4 150/50 Mbps, tidak dapat dipungkiri Samsung Galaxy J3 Pro layak mendapat predikat “juaranya konektivitas”. Sehingga, kapan pun dan di mana pun, jika provider dan daerah tempat tinggalnya terjangkau jaringan, para pengguna Samsung Galaxy J3 Pro, selalu lancar dalam konektivitas.

Konektivitas menggunakan Samsung Galaxy J3 Pro semakin kencang karena dilengkapi dengan fitur-fitur andalan. Beberapa fitur andalan penunjang konektivitas para pengguna Samsung Galaxy J3 Pro misalnya, Wireless yang terdiri atas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS baik itu A-GPS maupun Glonass, dan USB yang menggunakan microUSB v2.0 dan USB OTG.

Performa Samsung Galaxy J3 Pro
Performa Samsung Galaxy J3 Pro

Performa Samsung Galaxy J3 Pro

Persamaan antara Samsung Galaxy J3 dengan Samsung Galaxy J3 Pro barangkali terletak pada dapur pacunya. Samsung Galaxy J3 Pro didukung dengan OS Android Lollipop v5.1. OS Android Lollipop v5.1 sudah tak tertinggal dengan perkembangan OS android sekarang. Dapur pacu Samsung Galaxy J3 Pro dibekali dengan prosesor Quad Core 1.2 Ghz Cortex A53, chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan RAM 2 GB. Dukungan dapur pacu yang sangat berkualis menjadikan Samsung Galaxy J3 Pro adalah salah satu smartphone dengan harga cukup mudah tetapi performa hebat. RAM 2 GB akan membuat performa Samsung Galaxy J3 Pro semakin maksimal tanpa lelet sebagaimana hp samsung dengan harga murah.

Memori dan Penyimpanan Samsung Galaxy J3 Pro

Ukuran RAM Samsung Galaxy J3 Pro dapat dikatakan lumayan besar, yakni 2 GB. Dalam urusan penyimpanan, Samsung Galaxy J3 Pro juga tak mau kalah. Memori internal Samsung Galaxy J3 Pro dibekali  dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB. Kapasitas penyimpanan sebesar ini sudah setara dengan daya tampung sebuah flasdisk. Memori eksternal Samsung Galaxy J3 Pro juga memiliki kapasitas yang besar. Dengan menggunakan microSD, memori eksternal Samsung Galaxy J3 Pro berkapasitas sampai dengan 128 GB. Untuk memaksimalkan kinerja hp anda, anda tak perlu memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal. Sebab ruang penyimpanan Samsung Galaxy J3 Pro sudah cukup besar.

Kamera Samsung Galaxy J3 Pro

Samsung dikenal sebagai brand kenamaan yang memiliki kualitas kamera yang baik. Kualitas yang baik tersebut didukung pula dengan ukuran lensa yang besar. Maka, dapat dipastikan, setiap pengguna ponsel Samsung akan terpesona serta berlama-lama memakai kamera. Samsung Galaxy J3 Pro juga memiliki kamera yang lumayan besar ukuran lensanya, terlebih jika disandingkan dengan smartphone dari brand lain. Samsung dalam urusan kamera selalu juara.

Kamera utama (belakang) Samsung Galaxy J3 Pro memiliki lensa berukuran 8 MP dan kamera depannya hanya selisih sedikit, yaitu memiliki lensa berukuran 5 MP. Dua kamera berlensa besar tersebut sangat menunjang keinginan anda melakukan selfie. Baik menggunakan kamera depan maupun kamera belakang hasilnya sama bagusnya. Apalagi, Lensa kamera utama yang besar, ditunjang pula dengan fitur-fitur andalan seperti Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, Touch Focus, Facce Detection, dan HDR, sedangkan kamera depan dilengkapi dengan fitur f/2.2 yang tentunya akan semakin membuat aktivitas mengambil gambar semakin mengasyikkan. Bukaan pada fitur f/2.2 sudah mampu menghasilkan cahaya yang jernih bahkan saat cahaya minim sekalipun.

Baterai Samsung Galaxy J3 Pro

Baterai merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan tenaga pada smartphone. Kurang seimbangnya kapasitas baterai dengan tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah smartphone, dapat membuat performa smartphone yang dimaksud menjadi jelek. Makanya, ketika memilih sebuah smartphone harus diperhatikan kapasitas baterainya. Para pengguna Samsung Galaxy J3 Pro tidak perlu khawatir karena baterainya sudah memiliki kapasitas yang mumpuni, yakni 2600 mAh dengan tipe Li-Ion. Dengan baterai 2600 mAh anda dapat melakukan aktivitas menelepon sepanjang hari tanpa takut kehabisan baterai.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 Pro

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 Pro
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 Pro

Samsung Galaxy J3 Pro merupakan smartphone yang dirilis untuk melengkapi seri sebelumnya, Samsung Galaxy J3. Sebagai smartphone generasi keempat, tentunya Samsung Gaalxy J3 Pro memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih ditingkatkan. Salah satunya, ada pada kapasitas RAM sebesar 2 GB untuk memaksimalkan dapur pacu Samsung Galaxy J3 Pro. Konektivitas 4G LTE juga masih menjadi keunggulan dari Samsung Galaxy J3 Pro. Tidak hanya itu, varian warna yang terdiri atas White, Black, Gold membuat tampilan dan desain Samsung Galaxy J3 Pro semakin memikat untuk segara dimiliki. Berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J3 Pro :

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Pro

Jaringan TeknologiGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
CDMA 800
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
LaunchingDiumumkanJuni 2016
StatusRilis juni 2016
BentukDimensi142.2 x 71.3 x 8 mm (5.60 x 2.81 x 0.31 in)
Berat139 g (4.90 oz)
SIMSingle SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
DisplaiTipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16 Juta warna
Ukuran layar5.0 inches
Resolusi720 x 1280 pixels
MultitouchYes
Kerapatan(~294 ppi pixel density)
PlatformOSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
CPUQuad-core 1.2 GHz
RAM2 GB
sensorAccelerometer, proximity
MemoriCard slotmicroSD hingga 256 GB
Internal16 GB,
KameraUtama8 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Video[email protected]
Depan5 MP, f/2.2
SambunganWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
BateraiKapasitasRemovable Li-Ion 2600 mAh battery
Harga Samsung Galaxy J3 Pro Terbaru
Harga Samsung Galaxy J3 Pro Paling Baru

Harga Samsung Galaxy J3 Pro

Setelah spesifikasi pada Samsung Galaxy J3 Pro, kini saatnya untuk mengetahui harga Samsung Galaxy J3 Pro. Sudah diberitahukan di awal, bahwa Samsung mengeluarkan seri Samsung Gaalxy J didasari karena ingin merangkul pasar kelas menengah ke bawah. Maka harga Samsung Galaxy J3 Pro juga relatif murah. Di pasaran Indonesia, harga Samsung Galaxy J3 Pro baru (new) dibrandol dengan harga Rp. 2 jutaan. Sedangkan untuk harga second nya belum tersedia, mengingat hp ini baru saja dirilis.

Harga Samsung Galaxy J3 Pro BaruHarga Samsung Galaxy J3 Pro Bekas
Harga Baru : Rp 2.130.000,-Harga Bekas : Rp 1.770.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Samsung Galaxy J3 Pro tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro adalah :

  1. Samsung Galaxy J3 Pro memiliki tampilan yang elegan dan mewah, padahal dibrandol dengan harga yang relatif murah. Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy J3 Pro tersedia juga dalam dua varian warna, emas dan abu-abu.
  2. Didukung dengan jaringan 4G LTE yang membuat internetannya menjadi sangat cepat.
  3. Performa maksimal karena dilengkapi dengan prosesor snapdragon 410 yang didukung dengan RAM berukuran 2 GB.
  4. Kamera utama lensanya berukuran 8 MP, sedangkan kamera depan 5 MP.

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro adalah :

  1. Layar masih menggunakan material plastic tanpa disertai anti-gores (pelindung layar).
  2. Kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP, tidak didukung LED Flash.
  3. Tidak ada fitur Fast Charging, sehingga membuat waktu mengisi baterai lama.

Baca Juga : Harga Samsung Galaxy J Series

Itulah ulasan mengenai Harga Samsung Galaxy J3 Pro Tebaru yang bakal memikat anda. ketimbang membeli handphone dengan merek yang belum familir bagi anda. ada baiknya anda pilih hp yang sudah memiliki reputasi bagus. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari penyesalan dikemudian hari. Yang pasti, setiap teknologi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan sebagaimana layaknya ciptaan manusia lainya.

Macam-Macam Versi Android Beserta Gambar dan Penjelasannya

Di Indonesia bahkan dunia ada dua kelompok besar pengguna smartphone. Mereka adalah pecinta iOS dan sisanya adalah pecinta Android. Jika dibuat perbandingan, jumlah pengguna...
litalia
5 min read

Pengertian Gadget, Fungsi dan Contoh Macam-Macam Gadget

Kalau saya menyebut kata gadget, kamu pasti sudah terbayang barang seperti apa itu. Kemungkinan besar kamu juga sudah terbiasa menggunakanya. Kamu mungkin terbiasa menggunakan...
litalia
3 min read

Pengertian Handphone, Sejarah dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Handphone, Sejarah dan Fungsinya Lengkap,- Sadar tidak sadar, kebutuhan primer manusia tidak hanya sebatas pada sandang, papan dan pangan. Kebutuhan utama manusia sangat...
litalia
3 min read