Handsball Adalah, Pengertian & Macam-Macam Handsball Dalam Sepakbola

Permainan sepak bola memang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Dalam bermain sepak bola, ada berbagai aturan yang harus dipahami dan ditaati oleh para pemain. Salah satunya adalah aturan soal hands ball.

Hands ball dalam sepak bola merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang diberikan oleh wasit kepada pemain. Untuk lebih dalam memahami hal-hal tentang hands ball, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hands Ball dalam Sepak Bola

Hands ball merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang ada di permainan sepak bola. Pelanggaran ini terjadi ketika seorang pemain yang bukan penjaga gawang menyentuk bola dengan menggunakan tangan.

Pemain sepak bola memang tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan kecuali pemain yang bertugas sebagai penjaga gawang. Bahkan, penjaga gawang pun hanya dibolehkan memegang bola jika sedang berada di dalam kotak penalti.

Hands ball memang bentuk pelanggaran yang terjadi saat bola menyentuk tangan pemain. Pada konteks ini, tangan pemain yang dimaksud bukan hanya bagian lengan bawah dan pergelangan tangan saja. Namun tangan yang dimaksud mencakup sampai bagian lengan atas pemain.

Jika seorang pemain melakukan pelangaran hands ball, maka akan ada akibatnya. Akibat dari adanya hands ball yaitu pemberian tendangan bebas oleh wasit kepada pemain di tim lawan.

Jika pelanggaran ini dilakukan di luar kotak penalti, maka tim lawan akan diberikan tendangan bebas biasa. Namun apabila pelanggaran ini dilakukan di dalam kotak penalti, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan penalti.

Tendangan bebas biasa dan tendangan penalti tentu berbeda. Tendangan bebas diberikan apabila pelanggaran terjadi di luar kotak penalti, sedangkan tendangan penalti diberikan apabila pelanggaran dilakukan di dalam kotak penalti.

Tendangan bebas dilakukan di titik terjadinya pelanggaran serta adanya tembok pemain yang turut melindungi gawang. Sedangkan tendangan penalti dilakukan dari titik penalti dan tidak ada tembok pemain yang turut melindungi gawang. Artinya, gawang tersebut hanya dijaga oleh kiper atau penjaga gawang.

Sesuai dengan namanya, sepak bola memang merupakan permainan menggunakan bola yang dimainkan menggunakan kaki pemain. Tentu wajar apabila menyentuh bola menggunakan tangan atau hands ball akan menjadi pelanggaran. Kejadian yang berkaitan mengenai hands ball memang banyak dibicarakan dan menjadi kontroversi.

Banyak penonton atau penggemar yang protes saat pemain yang didukungnya dinyatakan melakukan pelanggaran hands ball. FIFA sendiri tidak menyatakan secara langsung istilah hands ball dalam peraturannya. Namun pada aturan memang disebutkan bahwa apabila pemain dengan sengaja menyentuh bola, maka pemain lawan akan mendapatkan tendangan bebas.

Aturan mengenai hands ball juga tidak terbatas pada saat bola menyentuh tangan pemain. Beberapa kondisi lain juga dapat dianggap sebagai hands ball. Misalnya saat pemain sengaja menangkap bola menggunakan obyek lain yang sedang dipegang atau dikenakan, seperti seragam, pelindung lutut, dan lain-lain.

Bahkan, apabila pemain melempar bola menggunakan benda apa pun yang sedang dipegangnya juga akan dikategorikan sebagai pelanggaran. Kejadian lain yang juga bisa terjadi, yaitu seperti saat pemain sengaja membawa bola yang dimasukkan ke dalam seragamnya juga tentu akan dianggap sebagai pelanggaran.

Macam Macam Hands Ball dalam Sepak Bola

Terkadang, tidak semua bola yang mengenai tangan pemain bisa dianggap sebagai pelanggaran hands ball. Hal ini terjadi pada kondisi tertentu yang dan ditentukan oleh penilaian wasit.

Hands ball sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu hands ball saat posisi tangan tidak aktif (ball to hand) dan hands ball saat posisi tangan aktif (hand to ball).

1. Hands ball saat posisi tangan tidak aktif (ball to hand)

Ball to hand ini terjadi saat bola menyentuh tangan pemain saat posisi tangan pemain tersebut tidak aktif. Maksudnya adalah saat tangan pemain menyentuh atau melekat erat dengan badannya.

Posisi tangan pemain bisa sedang berada di samping badan, melindungi bagian dada, atau melindungi bagian vital tubuh dengan tangan. Hal ini biasanya terjadi saat ada tendangan bebas.

Untuk jenis hand ball ini, wasit tidak akan menyatakan hal ini sebagai pelanggaran. Hal ini karena pemain tidak sengaja untuk menyentuh bola dengan tangan.

Pada kasus ini bola yang ditendang oleh pemain lain menyentuh tangan secara tidak sengaja. Selain pada saat tendangan bebas, kejadian bola tidak sengaja menyentuh badan akan sangat jarang terjadi.

2. Hands ball saat posisi tangan aktif (hand to ball)

Hand to ball ini terjadi saat tangan pemain menyentuh bola pada saat posisi tangan aktif. Hal ini maksudnya saat pemain dengan sengaja menyentuh bola menggunakan tangan.

Misalnya saat pemain berusaha untuk melebarkan jangkauannya dengan cara membentangkan kedua tangan, mengangkat tangan ke atas, atau pun sengaja menyentuh bola untuk mengubah arah laju bola.

Untuk jenis hand ball ini akan dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit. Jika salah satu pemain melakukan pelanggaran hands ball, maka wasit berwenang untuk mengeluarkan kartu kuning.

Kartu kuning diberikan saat pemain melakukan hands ball dan membuat pemain lawan gagal melakukan penguasaan bola. Bahkan, wasit juga pada saat tertentu bisa mengeluarkan kartu merah. Hal ini terjadi misalnya saat pemain melakukan hands ball untuk mencegah sebuah gol pemain lawan atau melakukan hands ball untuk mencetak gol.

Itulah hal-hal yang berkaitan dengan hands ball. Bicara soal hands ball, saya sebenarnya ingat dengan apa yang dilakukan oleh Diego Maradona beberapa tahun silam hingga dikenang sebagai tangan tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *