Gerakan Meroda : Pengertian, Cara Melakukan, Latihan, Manfaat [Lengkap]

Gerakan meroda merupakan salah satu bagian dari senam lantai. Senam lantai sendiri merupakan bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan namanya, senam lantai dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras. Senam ini juga disebut sebagai senam bebas karena tidak menggunakan alat.

Senam lantai terdiri dari gerakan sikap kayang, sikap lilin, handstand, headstand, roll depan, roll belakang, meroda, salto, lompat harimau, lompat jongkok, dan lompat kangkang. Nah pada uraian kali ini, kita akan dibahas lebih lanjut mengenai salah satu gerakan senam lantai, yaitu gerakan meroda.

Pengertian Gerakan Meroda

Gerakan meroda yaitu suatu bagian dari senam lantai yang dilakukan dengan memutar badan sehingga terlihat seperti roda yang berputar. Gerakan ini dilakukan dengan cara memutar tubuh ke samping menggunakan tangan sebagai tumpuan sambil membuka kaki selebar mungkin.

Arah gerakan ini bisa dilakukan dari arah kiri ke kanan maupun dari arah kanan ke kiri. Gerakan ini merupakan gerakan lanjutan dari jungkir balik dan handstand. Gerakan meroda juga termasuk ke dalam salah satu pose yoga untuk atlet angkat beban.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Gerakan meroda bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya adalah gerakan meroda menggunakan dua tangan, gerakan meroda menggunakan satu tangan, dan juga gerakan meroda dengan bantuan teman untuk pemula.

1. Cara melakukan gerakan meroda menggunakan dua tangan

Gerakan meroda menggunakan dua tangan merupakan gerakan yang paling mudah dan umum dilakukan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara melakukan gerakan meroda menggunakan dua tangan yang bisa Anda ikuti:

  • Ambil posisi awal dengan berdiri tegak sambil meluruskan pandangan ke depan untuk melakukan gerakan meroda. Buka kedua kaki selebar bahu sambil merentangkan kedua tangan ke atas seperti bentuk “V”.
  • Arahkan tubuh ke arah samping, baik ke kanan maupun ke kiri
  • Letakkan satu tangan menyentuh matras, diikuti dengan tangan lainnya sesuai dengan arah gerakan meroda yang diinginkan
  • Arahkan tubuh ke arah samping sampai kedua tangan yang menyentuh lantai menjadi tumpuan tubuh. Kaki akan bergerak mengikuti ke atas sambil terbuka lebar
  • Selesaikan gerakan dengan mendarat di atas ke dua kaki dan badan tegak lurus kembali seperti saat awal gerakan

2. Cara melakukan gerakan meroda menggunakan satu tangan

Untuk bisa melakukan gerakan meroda dengan satu tangan, sebaiknya kuasai dulu gerakan meroda menggunakan kedua tangan dari arah kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara melakukan gerakan meroda menggunakan satu tangan yang bisa Anda ikuti:

  • Ambil posisi awal seperti jika akan melakukan gerakan meroda menggunakan dua tangan. Angkat kaki belakang dari lantai sambil merentangkan kedua tangan ke atas seperti bentuk “V”.
  • Tekuk tangan di belakang punggung. Jika kaki kanan yang berada di depan, maka tangan kanan yang ditekuk di belakang tubuh. Begitu pula sebaliknya.
  • Letakkan tangan kiri di depan jika kaki kanan berada di depan. Begitu pula sebaliknya. Pastikan tangan ini tetap lurus saat gerakan meroda dilakukan.
  • Lakukan tolakan dengan kaki yang di belakang lalu diangkat ke udara. Gunakan banyak momentum agar gerakan mudah dilakukan. Usahakan saat bertolak dan mendarat masih dalam satu garis lurus.
  • Mendarat dilakukan sampai kaki yang tadinya di belakang bisa menapak lagi ke lantai.

3. Cara melakukan gerakan meroda dengan bantuan teman untuk pemula

Untuk pemula atau untuk yang belum bisa melakukan gerakan meroda sendiri, bisa berlatih melakukan gerakan meroda dengan bantuan teman. Tentunya bantuan ini diberikan dengan benar dan seperlunya agar Anda bisa segera menguasai gerakan meroda.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara melakukan gerakan meroda dengan bantuan teman untuk pemula yang bisa Anda ikuti:

  • Teman berlatih bisa membantu melakukan gerakan metoda dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda
  • Bantuan diberikan dengan memagang bagian pinggul hingga gerakan meroda selesai dilakukan. Hal ini tentu akan mempermudah melakukan gerakan meroda karena beban pada pinggul dibantu untuk ditahan.

Selain itu, dengan adanya teman juga bisa menambah keberanian orang yang melakukan gerakan meroda sehingga terasa lebih mudah saat dilakukan.

Latihan Agar Bisa Melakukan Gerakan Meroda

Latihan memang sangat diperlukan untuk bisa menguasai gerakan meroda. Memang tidak semua orang bisa langsung cepat belajar agar bisa melakukan gerakan meroda. Gerakan meroda memang agak sulit untuk dilakukan, terutama untuk pemula.

Gerakan ini memerlukan kekuatan tangan dan keseimbangan tubuh. Ditambah lagi, untuk melakukan gerakan ini juga diperlukan keberanian oleh pelakunya. Untuk itu, agar bisa melakukan gerakan meroda diperlukan latihan.

Latihan gerakan meroda sebaiknya dilakukan di atas matras agar lebih aman dan nyaman serta menghindari cedera yang tidak diinginkan. Latihan ini juga sebaiknya dilakukan bersama orang lain agar bisa terlihat jika ada kesalahan gerakan yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang biasanya banyak dilakukan terutama oleh pemula saat melakukan gerakan meroda:

  • Melempar atau menghentakkan kaki dengan terlalu kuat
  • Tidak cukup kuat saat melempar atau menghentakkan kaki, terlalu ditahan
  • Arah hentakkan kaki ke arah depan. Gerakan yang benar adalah menghentakkan kaki ke arah atas
  • Saat menahan tubuh dengan tangan, posisi tangan tidak lurus atau kedua siku masih dalam posisi tertekuk
  • Saat melakukan gerakan meroda badan kurang melenting dengan sempurna

Manfaat Gerakan Meroda

Sebagai bagian dari senam lantai, gerakan meroda memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan gerakan meroda:

  • Gerakan meroda dapat menjaga kesehatan tubuh
  • Gerakan meroda dapat meningkatkan tingkat kelenturan tubuh
  • Gerakan meroda dapat mengembangkan tingkat refleksi tubuh
  • Gerakan meroda dapat melatih keseimbangan tubuh agar menjadi lebih baik
  • Gerakan meroda dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, terutama aliran darah ke bagian kepala atau otak

Itulah penjelasan lengkap mengenai gerakan meroda, mulai dari pengertiannya, cara melakukan, latihan yang diperlukan, hingga manfaat gerakan meroda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar