Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia

Secara teori Wawasan Nusantara adalah cara pandang serta sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk dari geografisnya. Wawasan Nusantara berlandaskan pada pancasila dan UUD 1945, dengan tetap menghargai serta mengutamakan kebhinekaan/keberagaman bangsa untuk mencapai tujuan nasional.

Dengan konsep semacam itu, Wawasan Nusantara memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia. Ia tidak hanya menjadi gagasan yang bersifat abstrak, melainkan menjadi konsep yang jadi pemahaman bersama dengan terciptanya keindonesiaan. Berikut beberapa fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara:

Fungsi Wawasan Nusantara Bagi Indonesia

Wawasan Nusantara memiliki fungsi yang luas dan beragam. Terutama sebagai dasar, pedoman, panduan, acuan, landasan, serta motivasi dalam kehidupan bernegara. Berdasarkan fungsinya, Wawasan Nusantara bagi Indonesia dibagi menjadi dua yaitu secara umum dan menurut para ahli. Penjelasannya seperti di bawah ini.

1. Fungsi Wawasan Nusantara Secara Umum

Secara umum, fungsi Wawasan Nusantara yaitu sebagai panduan atau pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

Pedoman ini diperlukan untuk memastikan semua peraturan atau tindakan yang dilakukan tidak menyimpang dari tujuan atau cita-cita bangsa. Pedoman ini juga digunakan untuk semua lapisan masyarakat mulai dari pusat negara, daerah, sampai ke seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu, fungsi dari Wawasan Nusantara juga mencakup semua hal atau semua aspek kehidupan bernegara. Bukan hanya membentuk kesatuan dan persatuan bangsa, tetapi juga melandasi dalam membuat kebijakan atau mengambil langkah pembangunan nasional.

Jadi secara umum, wawasan nusantara ini menjadi konsep abstrak untuk menyatukan Indonesia menjadi sebuah bangsa. Termasuk juga kesatuan seluruh wilayah dan apa saja yang ada di dalamnya.

2. Fungsi Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mengemukakan tentang apa yang disebut dengan Wawasan Nusantara. Dari pengertian-pengertian yang disampaikan oleh ahli inilah, kita bisa memahami apa fungsi wawasan nusantara. Berikut pengertian Wawasan Nusantara menurut para ahli:

  • Sumarsono. Wawasan Nusantara adalah nilai yang menjiwai segenap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, serta menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme tinggi yang mana merupakan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.
  • Munadjat Danusaputro. Wawasan Nusantara yaitu cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.
  • M. Panggabean. Wawasan Nusantara adalah doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia, yang didasarkan pada pancasila dan UUD 1945 dengan memperhitungkan pengaruh geografi, ekonomi, demografi, teknologi dan kemungkinan strategik yang tersedia.
  • Kelompok Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bernegara dan bermasyarakat, untuk mencapai tujuan nasional.

Berdasarkan pengertian Wawasan Nusantara menurut beberapa ahli di atas, fungsi Wawasan Nusantara terbagi menjadi empat kategori, di antaranya :

  • Berfungsi Sebagai Wawasan Pembangunan. Yaitu pemahaman mengenai ekonomi, sosial ekonomi, sosial politik, serta peranannya dalam pembangunan bangsa.
  • Berfungsi Sebagai Konsep Ketahanan nasional. Yaitu memahami konsep bahwa ketahanan sosial berperan penting dalam pembangunan, kewilayahan dan keamanan nasional.
  • Berfungsi Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan. Yaitu pemahaman dan pandangan geopolitik negara Indonesia, meliputi tanah air serta segenap wilayah NKRI. Dan juga tentang kewilayahan dan pertahanan keamanan nasional
  • Berfungsi Sebagai Wawasan Kewilayahan. Yaitu memahami kewilayahan Indonesia, termasuk batas wilayah negara Indonesia untuk menghindari sengketa dengan negara lain.

Tujuan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia

Secara umum, tujuan Wawasan Nusantara adalah menciptakan dan mewujudkan nasionalisme atau rasa cinta tanah air terhadap semua aspek kehidupan masyarakat. Tujuan tersebut diwujudkan dalam bentuk tindakan dan perilaku masyarakat yang lebih mengutamakan kepentingan negara/nasional daripada pribadi/kelompok dan suku/agama.

Tujuan Wawasan Nusantara tercantum dalam pembukaan UUD 1945 sebagai tujuan nasional. Selain itu, ada pula tujuan Wawasan Nusantara ke luar dan ke dalam, berhubungan dengan ruang lingkupnya. Penjelasannya sebagai berikut.

1. Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan Wawasan Nusantara secara nasional dapat dilihat pada pembukaan UUD 1945. Di sana tertulis bahwa tujuan nasional atau kemerkedaan Indonesia adalah:

  • Bertujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  • Bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan umum,
  • Bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,
  • Dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

2. Tujuan Wawasan Nusantara Ke Luar

Tujuan Wawasan Nusantara ke luar artinya bangsa Indonesia harus selalu mempertahan eksistensinya ke dunia luar dalam era globalisasi ini. Bangsa Indonesia diharapkan mampu mendunia dan menjalin kerjasama dengan negara lain, serta mengamankan dan mempertahankan hubungan internasionalnya.

Termasuk juga mencakup semua aspek yaitu ekonomi, politik, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan agar tercapai tujuan nasional sesuai UUD 1945.

3. Tujuan Wawasan Nusantara Ke Dalam

Tujuan Wawasan Nusantara ke dalam yaitu bangsa Indonesia bertanggungjawab untuk persatuan dan kesatuan bangsa di seluruh aspek kehidupan nasional. Dalam hal ini berarti bangsa Indonesia harus peka dan berusaha menjaga keamanan negara untuk mencegah disintegrasi bangsa.

Begitulah penjelasan mengenai fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara bagi Indonesia. Jadi konsep Wawasan Nusantara itu bisa menjadi tali penghubung bahwa apa yang ada di dalam Indonesia adalah satu kesatuan yang harus saling menjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.