250+ Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia dan Penjelasannya

Jurusan Kuliah – Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan menengah atas, tentu pendidikan dilanjutkan ke perguruan tinggi. Pendidikan di perguruan tinggi begitu banyak jurusannya hingga seseorang bebas sekaligus bingung mau memilih jurusan apa yang sesuai dengan keinginan dan kapabilitas dari individu tersebut.

Tentu untuk memilih jurusan yang tepat tidak bisa dilakukan sembarangan. Pengalaman saya ketika kuliah, banyak kawan-kawan satu jurusan yang ngaku salah jurusan. Kamu tentu tidak ingin mengalami nasib yang sama. sudah menghabiskan banyak waktu, tenaga, biaya, eh pada akhirnya ijazahnya terbuang percuma karena jurusan yang tidak sesuai.

Untuk itu, kamu harus memahami jurusan apa saja yang ada di Indonesia. Tetapi sebelum itu, ada beberapa pertimbangan ketika kamu hendak memilih jurusan, yaitu:

  • Minat dan ingin kerja dimana
  • Pikirkan Biaya
  • Lihat Prospeknya 4-5 tahun kedepan
  • Komitmen dengan jurusan pilihan
  • Persiapkan tidak hanya satu kampus

Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak jenis jurusan kuliah yang dapat diambil oleh seseorang. Tetapi jurusan kuliah yang diakui memiliki prospek paling menjanjikan kedepan adalah:

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan Kuliah

Jurusan akuntansi dinilai menjadi jurusan yang memiliki prospek kerja yang cemerlang. Hal senada dituturkan oleh CareerCast. CareerCast mengatakan bahwa jurusan akuntansi merupakan sektor yang stabil dalam mencari pekerjaan. Seperti yang diketahui, prospek kerja dari jurusan akuntansi memang luas, karena hampir di setiap perusahaan membutuhkan seorang akuntan.

Jurusan akuntansi adalah jurusan yang berfokus pada ilmu perekonomian. Dalam jurusan akuntansi tersebut, mahasiswa akan diajari secara mendalam tentang bisang akuntansi keuangan, akuntansi menajemen, perpajakan, hingga pengauditan. Jurusan ini juga jurusan yang cocok bagi seseorang yang rajin dan teliti.

Jurusan ini juga cocok bagi seseorang yang ingin menjadi wirausaha atau enterpreneur. Jurusan ini akan mengajarkan bagaimana mengelola keuangan dengan benar sehingga seseorang enterpreneur bisa mengengola keuangan bisnisnya sendiri, sehingga perhitungan uang dapat dilakukan dengan tepat dan menghindarkan enterpreneur dari kerugian.

2. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Selain jurusan akuntansi, jurusan teknik informatika juga merupakan jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi di zaman sekarang yang bertumbuh semakin cepat. Perkembangan teknologi juga dinilai bukan hanya trend sesaat namun teknologi akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Banyak perusahaan berbasis teknologi yang membutuhkan tenaga kerja di bidang teknik informatika. Contohnya adalah perusahaan Apple. Seorang lulusan teknik informatika yang bekerja di perusahaan Apple dikabarkan dapat meraup gaji besar dan menggiurkan.

Dalam jurusan teknik informatika, mahasiswa akan diajarkan bagaimana dasar-dasar coding, membuat aplikasi pemrograman software, jaringan, website, hingga programming. Jurusan teknik informatika ini juga menuntut mahasiswanya untuk berkutat dengan angka. Untuk itu, jurusan ini cocok bagi seseorang yang suka pelajaran matematika.

3. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi ini sama-sama memiliki prospek kerja yang bagus dengan jurusan Teknik Informatika. Lulusan jurusan sistem informasi nantinya akan bekerja di perusahaan dengan posisi sebagai analisis keamanan software, quality control sistem perusahaan, hingga mantainance sistem di perusahaan.

Walaupun terdengan mirip dengan jurusan teknik informatika, namun jurusan sistem informasi adalah jurusan yang berbeda dengan jurusan teknik informatika.

Walaupun sama-sama belajar mengenai komputasi, namun jurusan sistem informasi lebih belajar kepada desain sistem sedangkan jurusan teknik informatika lebih kepada penerapannya. Karena sama-sama mempelajari bidang komputasi, seseorang yang mencintai angka akan cocok untuk kuliah di jurusan ini.

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Walaupun jarang didengar, prospek kerja dari lulusan jurusan desain komunikasi visual bisa dibilang cukup bagus. Lulusan dari jurusan ini nantinya bisa bekerja di bidang industri kreatif seperti perusahaan animasi yang memproduksi animasi untuk ditayangkan di Televisi.

Seperti yang diketahui, film animasi adalah film yang banyak digemari oleh anak-anak dan tidak mati dimakan zaman. Hingga sekarang, banyak acara animasi yang ditayangkan di Televisi dengan acara yang sangat banyak dan beragam. Hal ini merupakan prospek kerja yang bagus bagi lulusan desain komunikasi visual.

Dalam jurusan desain komunikasi visual ini mahasiswa akan diajarkan seluk beluk tentang seni desain, animasi, ilustrasi, desain web, hingga fotografi. Karena materi kuliah dari jurusan ini sangat menjurus ke seni rupa, orang-orang yang cocok masuk di jurusan ini adalah orang-orang yang mencintai dunia seni rupa.

5. Jurusan Desain Produk

Jurusan Desain Produk

Sama dengan lulusan dari jurusan desain komunikasi visual, lulusan jurusan desain produk nantinya akan terjun di industri kreatif. Lulusan dari jurusan desain produk ini juga nantinya bisa membuka usaha sendiri menjadi enterpreneur sesuai dengan keahlian desainnya masing-masing.

Seseorang yang handal mendesai sepatu nantinya bisa bekerja di pabrik sepatu dimana di sana ia bisa menyumbangkan desain-desain baru untuk perusahaan tersebut. Di samping itu, ia juga bisa mendirikan brand sepatu baru dan menjadi seorang pengusaha.

Jurusan desain produk ini menuntut mahasiswanya untuk memiliki tingkat kreativitas tinggi. Hal ini dikarenakan jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk mahir dalam mendesain sebuah produk yang unik yang akan laku di pasaran. Jurusan ini cocok untuk seseorang yang menyukai seni.

6. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil ini merupakan jurusan yang bisa menjadikan lulusannya kaya. Lulusan jurusan teknik sipil akan bekerja sebagai kontraktor yang mengurusi rancangan pembangunan. Seperti yang diketahui, satu kali proyek, seorang kontraktor akan mendapat bayaran tinggi hingga mencapai ratusan juta.

Dalam jurusan teknik sipil ini, mahasiswanya akan diajarkan ilmu tentang perancangan pembangunan. Ilmu tentang perancangan pembangunan tersebut meliputi struktur bangunan, mekanika struktur, geoteknik, manajemen konstruksi, rekayasa pengairan, hingga transportasi.

7. Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis

Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki prospek kerja yang sangat luas. Lulusam jurusan ini dapat bekerja sebagai supervisor, excecutive staff  per sonalia dan SDM, administrator keuangan, konsultan bisnis, hingga direktur.

Dalam jurusan manajemen bisnis ini, akan banyak diajarkan seluk beluk tentang bisnis. Mata kuliah yang akan diajarakan meliputi tentang perekonomian, manajemen kantor, manajemen Sumber Daya Manusia, matematika bisnis, manajemen keuangan, hingga manajemen pemasaran.

Hal ini membuat orang yang mencintai angka dan hitung menghitung adalah orang yang cocok untuk memasuki jurusan ini. Selain itu, orang yang tekun, kritis, suka menganalisis, dan orang yang teliti juga cocok masuk dalam jurusan ini.

8. Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri

Lulusan jurusan teknik industri banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di manapun tempatnya. Seperti yang diketahui, jumlah perusahaan di Indonesia terus meningkat baik perusahaan domestik maupun internasional. Hal ini membuat jurusan teknik industri ini memiliki prospek kerja yang bagus.

Dalam jurusan ini nantinya akan diajarkan pelajaran tentang perindustrian, yang mana meliputi matematika, ekonomi, lingkungan kerja, proses manufaktur, perencanaan dan pengendalian produksi, hingga psikologi industri. Jurusan ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki passion yang besar di dunia perindustrian.

9. Jurusan Teknik Lingkungan

Daftar Jurusan Kuliah

Lulusan jurusan teknik lingkungan adalah lulusan yang banyak dicari perusahaan. Bahkan perusahaan besar seperti PT Pertamina, PT. Unilever, Kimia Farma, hingga Krakatau Steel membutuhkan lulusan jurusan ini untuk bekerja di perusahaannya.

Hal ini karena lulusan ini bekerja untuk membuat lingkungan pabrik menjadi lebih sehat sehingga menghindarkan perusahaan dari reputasi buruk karena proses produksinya yang bisa mencemari lingkungan. Dalam jurusan teknik lingkungan ini akan dipelajari mengenai bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit melalui teknologi.

Seluk beluk yang dipelajari dalam jurusan ini adalah mengenai mekanika fluida, mikrobiologi lingkungan, kimia lingkungan, statistika lingkungan, hingga hidrologi dan hidrogeologi. Banyak sekali mata pelajaran yang berbau Ilmu Pengetahuan Alam yang akan dipakai dalam jurusan ini.

10. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan dari jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja di banyak bidang. Tidak hanya di bidang industri media seperti pertelevisian, lulusan jurusan ini nantinya juga bekerja sebagai humas di perusahaan, pengamat media, hingga pengamat politik.

Jurusan ilmu komunikasi ini adalah jurusan yang kental dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurusan ini banyak menggabungkan disiplin ilmu dari Ilmu Pengetahuan Sosial seperti antropologi, sosiologi, ilmu politik, hingga hubungan internasional. Jurusan ini sangat cocok untuk orang tang kritis dan juga senang menganalisis.

11. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan

Seperti yang diketahui, pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. Menyadari hal itu, banyak perusahaan pangan yang menjamur di Indonesia yang mana perusahaan-perusahaan tersebut perlu melakukan banyak inovasi agar bisa bertahan di tengah persaingan pasar. Untuk melakukan inovasi-inovasi tersebut, dibutuhkan lulusan teknologi pangan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pada hakikatnya, jurusan teknologi pangan mengajarkan mahasiswanya tentang seluk beluk proses produksi dari sebuah makanan. Dalam jurusan tersebut juga dipelajari apakah makanan tersebut jika dikonsumsi sudah memenuhi komponen kimiawi dan biologis serta apa efek pada tubuh jika makanan tersebut dikonsumsi.

Pelajaran mengenai kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, kimia pangan, mikrobiologi pangan, prinsip proses pengolahan pangan, hingga analisis pangan nantinya akan diajarkan dalam jurusan ini. Untuk itu, jurusan ini cocok untuk seseorang yang menyukai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

12. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik sangat cocok bagi seseorang yang ingin terjun di dunia politik. Lulusan dari jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai politikus, anggota partai politik, hingga anggota DPR.

Jurusan Ilmu Politik sangat erat kaitannya dengan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki minat tinggi pada ilmu sosial. Di jurusan ini akan dipelajari tentang teori dan praktik politik. Dalam jurusan ini nantinya juga akan dikupas tuntas mengenai kekuatan politik di Indonesia, politik perkotaan, pemikiran poltik barat, politik lokal dan otonomi daerah, hingga HAM dan Perubahan Politik.

Daftar Jurusan Kuliah Di Indonesia

daftar jurusan kuliah di indonesia

Selain mempunyai banyak jurusan, Indonesia juga memiliki banyak fakultas dengan berbagai jurusan di dalamnya. Berikut ini daftar beberapa fakultas yang ada di Indonesia termasuk jurusan kuliah atau program studinya.

Fakultas Jurusan
Fakultas Kesehatan 1.    Kedokteran

2.    Kedokteran Gigi

3.    Kedokteran Hewan

4.    Kesehatan Masyarakat

5.    Kesehatan Lingkungan

6.    Ilmu Gizi

7.    Keselamatan dan Kesehatan Kerja

8.    Ilmu Keperawatan

9.    Farmasi

10. Nutrisi dan Teknologi Pangan

11. Kebidanan

12. Fisioterapi

13. Ilmu Keolahragaan

14. Teknik Rasiodiagnostik dan Radioterapi

15. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit

Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) 1.    Matematika

2.    Kimia

3.    Fisika

4.    Biologi

5.    Statistika

6.    Astronomi

7.    Bioteknologi

8.    Geofisika

9.    Meteorologi

10. Geografi

11. Biokimia

12. Metrologi

13. Aktuaria

14. Statistika Terapan

15. Mikrobiologi

16. Bioentrepeneurship

17. Ilmu Pangan

18. Matematika Bisnis

19. Fisika Medis

20. Kartografi dan Penginderaan

21. Pengelolaan dan Pemberdayaan SDA dan Lingkungan

Fakultas Sosial dan Humaniora

 

1.    Ilmu Politik

2.    Filsafat

3.    Kriminologi

4.    Psikologi

5.    Ilmu Hukum

6.    Sosiologi

7.    Jurnalistik

8.    Antropologi

9.    Hubungan Internasional

10. Ilmu Kesejahteraan Sosial

11. Ilmu Pemerintahan

12. Administrasi Publik

13. Administrasi Bisnis

14. Ilmu Komunikasi

15. Hubungan Masyarakat

16. Marketing Communication

17. Penyiaran

18. Periklanan

19. Peradilan Agama

20. Politik Islam

21. Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

22. Business Law

23. Manajemen Komunikasi

24. Branding

25. Kearsipan

26. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

27. Ilmu Keluarga dan Konsumen

28. Manajemen Produksi Media

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.    Ekonomi Internasional

2.    Ekonomi Publik

3.    Ekonomi Regional

4.    Ekonomi Moneter

5.    Ekonomi Pembangunan

6.    Ekonomi Industri

7.    Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

8.    Ekonomi Sumber Daya Manusia

9.    Manajemen Pemasaran

10. Manajemen Keuangan

11. Manajemen Sumber Daya Manusia

12. Manajemen Operasional

13. Fakultas Akuntansi

14. Akuntansi Keuangan

15. Akuntansi Perpajakan

16. Audit

17. Sistem Informasi

18. Manajemen Akuntansi

Fakultas Sastra dan Budaya

 

1.    Ilmu Sejarah

2.    Sastra Inggris

3.    Arkeologi

4.    Sastra Perancis

5.    Sastra Korea

6.    Sastra Jerman

7.    Sastra Belanda

8.    Sastra Jepang

9.    Sastra Indonesia

10. Sastra Rusia

11. Sastra Jawa

12. Sastra Arab

13. Sastra Cina

14. Sastra Sunda

15. Sastra Bali

16. Sastra Minangkabau

17. Sastra Nusantara

18. Sastra Slavia

19. Sejarah dan Kebudayaan Islam

Fakultas Komputer dan Teknologi

 

1.    Teknik Informatika

2.    Mobile Application & Technology

3.    Accounting Information

4.    Audio Engineering

5.    Ilmu Komputer

6.    Sistem Komputer (Teknik Komputer)

7.    Sistem Informasi (Manajemen Informatika)

8.    Sistem Informasi Bisnis

9.    Software Engineering

10. Sistem dan Teknologi Informasi

11. Teknologi Game

12. Ilmu Komputasi

13. Cyber Security

14. Bioinformatika

15. Computerized Accounting

16. Information Systems Audit

17. Human Computer Interaction

Fakultas Pendidikan 1.    Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

2.    Manajemen Pendidikan

3.    Pendidikan Bahasa Arab

4.    Pendidikan Bahasa Inggris

5.    Pendidikan Kepelatihan Olahraga

6.    Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

7.    Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

8.    Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

9.    Pendidikan Luar Sekolah

10. Pendidikan Luar Biasa (PLB)

11. Teologi

12. Pendidikan Kependudukan

13. Manajemen Pendidikan Islam

14. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

15. Administrasi Pendidikan

16. Pendidikan Bimbingan Konseling

17. Ilmu Perpustakaan

18. Pendidikan Geografi

19. Tafsir Hadits

20. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

21. Pendidikan Agama Islam

22. Pendidikan Sejarah

23. Pendidikan Matematika

24. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Pertanian 1.    Agronomi dan Hortikultura

2.    Mikrobiologi Pertanian

3.    Teknologi Pasca Panen

4.    Teknologi Industri Benih

5.    Ilmu Kelautan

6.    Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)

7.    Agroteknologi

8.    Teknologi Pangan

9.    Rekayasa Pertanian

10. Peternakan

11. Agroeteknologi

12. Kehutanan

13. Budidaya Perairan (Akuakultur)

14. Produksi Ternak

15. Teknologi Hasil Ternak

16. Pengelolaan Hutan

17. Teknologi Hasil Hutan

18. Silvikulutur

19. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata

20. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan (Proteksi Tanaman)

21. Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

22. Manajemen Sumberdaya Lahan (Ilmu Tanah)

23. Teknologi Hasil Perikanan

24. Agrobisnis Perikanan (Sosial Ekonomi Perikanan)

25. Sumber Daya Perairan

26. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

27. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

28. Budidaya Perikanan

29. Rekayasa Pertanian

30. Manajemen Hutan

31. Teknik Pertanian

32. Manajemen Bisnis Unggas

Fakultas Profesi dan Ilmu Terapan      1.    Pariwisata

2.    Penerbang (Pendidikan Pilot)

3.    Pendidikan Intelijen

4.    Komunikasi Penerbangan

5.    Pendidikan Kepolisian

6.    Pendidikan Militer

7.    Lalu Lintas Udara

8.    Manajemen Logistik

Fakultas Seni       1.    Desain Interior

2.    Desain Produk

3.    Animasi

4.    DKV New Media

5.    DKV Creative Advertising

6.    Furniture Design

7.    Tata Boga

8.    Desain Grafis

Fakultas Teknik 1.    Teknik Pertambangan

2.    Teknik Kelautan

3.    Teknik Lingkungan

4.    Rekayasa hayati

5.    Manajemen Rekayasa Industri

6.    Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

7.    Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)

8.    Teknik Metalurgi

9.    Teknik Sipil

10. Arsitektur

11. Teknik Geodesi

12. Teknik Elektro

13. Teknik Mesin

14. Teknik Industri

15. Teknik Perkapalan

16. Teknik Otomotif

17. Teknobiomedik

18. Oseanografi

19. Teknik Nuklir

20. Teknik Geologi

21. Teknik Refrigerasi dan Tata Udara

22. Teknik Telekomunikasi

23. Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

24. Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

25. Teknologi Bioproses

26. Teknik Grafika

27. Transportasi Laut

28. Teknik Fisika

29. Teknik Geomatika

30. Teknik Perminyakan

31. Teknik Material

32. Automotive and Robotics Engineering

33. Teknik Tenaga Listrik

34. Teknik Sistem Komputer

35. Arsitektur Lanskap

36. Teknik Konversi Energi

37. Teknik Bioenergi dan Kemurgi

38. Industrial RoboticsDesign

39. Teknik Kimia

40. Teknik Perpipaan

41. Teknik Bangunan dan Landasan

42. Teknik Listrik Bandara

43. Teknik Alat Berat

44. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan

45. Teknik Pesawat Udara

46. Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara

47. Teknik Pengairan (Sumber Daya Air)

48. Meteorologi Terapan

49. Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveyor)

50. Teknik Sistem Perkapalan

Fakultas Ilmu Olahraga

 

1.    Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

2.    Pendidikan Kepelatihan Keolahragaan

3.    Ilmu Keolahragaan

4.    Olahraga Rekreasi

5.    Kepelatihan Kecabangan Olahraga

Perlu dipahami bahwa selain fakultas dan jurusan di atas, masih ada nama fakultas dan jurusan lainya. Biasanya erat kaitanya dengan kebijakan kampus. Beberapa fakultas terkadang juga tidak disatukan. Misalnya fakultas ilmu sosial dan humaniora, banyak kampus yang memisahnya menjad fakultas ilmu sosial sendiri dan fakultas hukum sendiri.

Demikian tulisan mengenai berbagai hal yang terkait dengan Jurusan kuliah mulai dari langkah menentukan jurusan kuliah sampai daftar fakultas serta jurusan kuliah yang ada di kampus- universitas di Indonesia.

Ada pertanyaan atau komentar?