11 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

11 min read

contoh surat pengunduran diri

Contoh Surat pengunduran Diri – Dalam dunia kerja, terkadang ada satu kondisi yang mengharuskan pegawai untuk berhenti dari pekerjaannya. Saat hal itu terjadi, tentu karyawan tidak lantas langsung berhenti dari kerja, melainkan terlebih dahulu membuat surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri harus dibuat secara baik dan sopan agar profesionalisme mantan pegawai tetap terjaga serta menjaga hubungan baik dengan perusahaan.

Penyebab Pegawai Mengundurkan Diri

contoh surat pengunduran diri

Ada banyak faktor yang mendorong seorang pegawai membulatkan tekad untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Mulai dari perasaan tidak nyaman di kantor, rekan kerja yang kurang kooperatif, pindah rumah, hingga dilarang bekerja oleh pasangan hidup.

Jika dirangkum, faktor-faktor tersebut bisa digolongkan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

#1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seorang pegawai yang menyebabkan pegawai tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri. Dalam faktor internal, tidak ada pengaruh dari orang lain yang menyebabkan seorang pegawai memutuskan untuk mengundurkan diri. Keputusan ini bisa diambil karena:

  1. Kehilangan minat dan semangat kerja
  2. Ingin memulai pekerjaan baru di tempat lain
  3. Pindah tempat tinggal
  4. Mengidap penyakit yang menyebabkan tidak mampu menjalankan pekerjaan dengan baik
  5. Merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang sedang dilakukan
  6. Memutuskan fokus untuk mengurus keluarga di rumah
  7. Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

#2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seorang pegawai yang menyebabkan pegawai tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri. Dalam faktor eksternal ini, ada ikut campur orang lain sehingga seorang pegawai memutuskan untuk mengundurkan diri.

  1. Memiliki konflik dengan sesama pegawai yang tidak dapat diselesaikan
  2. Terlalu sering dimarahi oleh atasan
  3. Diminta pasangan untuk mengundurkan diri
  4. Ditarik perusahaan lain untuk menjadi pegawainya
  5. Mendapat ancaman atau perlakuan yang tidak baik dari rekan karyawan

Dari faktor internal dan eksternal tersebut, muncullah alasan-alasan yang membuat seorang pegawai mengundurkan diri dari pekerjaanya. Alasan pengunduran diri adalah satu hal yang penting dan harus disertakan dalam surat pengunduran diri. Penyertaan alasan dalam surat pengunduran diri akan menambah kesan profesionalitas dalam diri seorang mantan karyawan.

Walaupun dalam surat pengunduran diri harus terdapat alasan pengunduran diri, namun alasan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Ada beberapa alasan yang dinilai kurang sopan dan tidak pantas jika disertakan dalam surat pengunduran ini. Berikut ini beberapa jenis alasan yang sopan dan alasan yang tidak sopan jika disertakan dalam surat pengunduran diri.

Alasan Pengunduran Diri yang Sopan

Beberapa alasan yang dinilai sopan dan pantas jika disertakan dalam surat pengunduran diri:

  1. Merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja
  2. Gaji yang dinilai tidak sesuai dengan kinerja pegawai
  3. Telah kehilangan semangat dan motivasi kerja
  4. Merasa jenuh terhadap pekerjaan
  5. Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  6. Pindah tempat tinggal
  7. Ingin mengurus keluarga di rumah
  8. Mengidap penyakit yang menyebabkan tidak mampu menjalankan pekerjaan dengan baik
  9. Persaingan di antara pegawai tidak sportif
  10. Ketidaksesuaian visi pribadi dengan visi perusahaan
  11. Ada perjanjian kerja yang dilanggar oleh pihak perusahaan
  12. Diminta pasangan untuk menjaga anak di rumah
  13. Merawat orang tua yang sudah lanjut usia dan sebagainya

Alasan Pengunduran Diri yang Tidak Sopan

Beberapa alasan yang dinilai tidak sopan dan tidak pantas jika disertakan dalam surat pengunduran diri:

  1. Kantor yang jelek dan tidak layak
  2. Merasa bahwa rekan kerja sombong
  3. Merasa bahwa atasan terlalu keras dan otoriter
  4. Merasa bahwa atasan tidak adil dalam proses kenaikan jabatan karyawan
  5. Sedang patah hati sehingga kehilangan semangat kerja
  6. Merasa tidak nyaman saat bekerja karena berada di kantor yang sama dengan mantan kekasih
  7. Kantor yang tidak bersih
  8. Ruang kerja yang terlalu sempit dan tidak nyaman
  9. Fasilitas kantor yang tidak memadai
  10. Merasa bahwa atasan pilih kasih

Pada dasarnya, alasan yang tidak sopan adalah alasan yang penyusunan kalimatnya dinilai tidak sesuai. Maka dari itu, dalam menyusun kalimat untuk mengutarakan alasan pengunduran diri, seorang pegawai dituntut agar dapat memilih kalimat yang halus dan sesuai agar alasan pengunduran diri terkesan sopan.

Manfaat Mengajukan Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri adalah pada dasarnya wajib dibuat oleh pegawai yang akan mengundurkan diri. Mengapa sampai bisa dibilang wajib? Hal ini dikarenakan surat pengunduran diri akan meningkatkan nilai profesionalitas diri di mata mantan perusahaan.

Jika seorang pegawai diterima kerja dengan cara yang baik, maka sudah seharusnya bila pegawai hendak keluar dari perusahaan dilakukan dengan cara baik pula. Selain itu, ada manfaat-manfaat lain mengajukan surat pengunduran diri, diantaranya.

1. Merupakan satu bentuk pamitan secara formal

Ibarat seorang tamu, pegawai yang keluar dari pekerjaan juga harus pamit. Keharusan ini berdasarkan tata krama yang telah mendarah daging dalam masyarakat Indonesia.

Perusahaan merupakan suatu instansi formal sehingga seorang pegawai tidak bisa pamit dengan cara sembarangan. Cara yang tepat adalah pamit melalui surat pengunduran diri.

2. Memberi tahu perusahaan bahwa perusahaan tersebut membutuhkan pegawai baru

Setelah berpamitan melalui surat pengunduran diri, maka perusahaan akan tahu bahwa itulah saat dimana perusahaan membutuhkan pegawai baru. Pegawai merupakan salah satu input perusahaan yang sangat berpengaruh pada output perusahaan.

Output perusahaan akan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Jika perusahaan ingin mendapatkan pendapatan yang bagus, maka perusahaan harus meningkatkan inputnya. Saat seorang pegawai memutuskan untuk mengundurkan diri, maka input perusahaan menjadi berkurang.

Perusahaan tentu tidak ingin terus berada dalam keadaan input yang kurang, sehingga perusahaan akan segera mencari pegawai baru untuk menggantikan posisi pegawai yang telah mengundurkan diri.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Perusahaan

Saat seorang pegawai mengundurkan diri, maka putuslah hubungannya dengan perusahaan. Walaupun begitu, seorang pegawai harus memastikan bahwa hubungannya dengan perusahaan masih baik-baik saja. Hubungan yang baik akan membuka peluang kerja di kemudian hari yang tidak disangka-sangka.

4. Memberi kesan Profesional Bagi Pegawai

Sepeti yang telah disebutkan sebelumnya, jika pegawai masuk kerja dengan cara yang baik, maka sudah seharusnya jika mengundurkan diri dengan cara yang baik-baik pula. Dengan surat pengunduran diri, perusahaan akan tahu bahwa Anda adalah orang yang sopan serta profesional.

Karena atasan sudah menilai bahwa mantan pegawai adalah orang yang profesional, bisa saja atasan kembali menarik mantan pegawai untuk menjadi pawai freelancernya. Contoh kasus, seorang pegawai mengajukan surat pengunduran diri dengan alasan ingin mengurus anak di rumah.

Atasan tahu bahwa pegawai tersebut adalah pegawai yang berkompeten dalam pekerjaannya. Maka atasan akan menerima pengunduran dirinya dan malahan atasan itu meminta untuk pegawai tersebut menjadi freelancer bagi perusahaannya sehingga dia bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah sambil mengurus anaknya di rumah.

Format Surat Pengunduran Diri

Pada hakikatnya, surat pengunduran diri yang baik adalah dibuat secara sederhana. Walaupun harus dibuat secara sederhana, surat pengunduran diri harus mampu mengutarakan maksud dan tujuan surat secara jelas.

Surat pengunduran diri yang terlalu berbelit justru tidak disukai oleh perusahaan. Perusahaan pada dasarnya tidak menyukai pengunduran diri. Ditambah lagi jika surat pengunduran diri terlalu berbelit, maka perusahaan akan semakin tidak menyukainya.

Selain dibuat secara sederhana, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan untuk membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus terdapat dalam surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan.

  1. Waktu dan tempat pembuatan surat
  2. Nama dan alamat tujuan surat
  3. Isi surat yang mengutarakan maksud pengunduran diri kerja serta alasan pengunduran diri
  4. Nama dan tanda tangan pembuat surat disertai materai

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Surat pengunduran diri merupakan hal yang sensitif bagi perusahaan. Perusahaan tentu tidak ingin kehilangan seorang pegawai. Kehilangan seorang pegawai membuat perusahaan kehilangan input perusahaan serta membuat perusahaan repot mencari pengganti.

Maka dari itu, seorang pegawai harus berhati-hati dalam membuat surat pengunduran diri. Berikut ini beberapa tips membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan:

  1. Isi surat yang dibuat harus singkat, padat, dan jelas. Perusahaan tidak menyukai isi surat pengunduran diri yang bertele-tele. Meskipun surat pengunduran diri tidak boleh bertele-tele, namun pembuat surat harus memastikan maksud dan tujuan surat bisa tersampaikan sesingkat-singkatnya.
  2. Membuat alasan pengunduran diri yang jelas, baik, realistis, dan sopan. Meskipun ada beberapa kasus pengunduran diri dengan alasan yang kurang sopan dan realistis, namun pembuat surat sebaiknya menggunakan kalimat yang sopan dan tidak berbelit-belit. Misalnya, ada pegawai yang mengundurkan diri dengan alasan bahwa tidak menyukai atasan yang otoriter, maka sebaiknya pembuat surat jangan membuat alasan ‘atasan terlalu otoriter’, namun lebih baik pembuat surat memakai alasan ‘tidak satu visi dengan atasan’.
  3. Memberikan ucapan terima kasih kepada pimpinan perusahaan karena telah memberi kesempatan untuk menerima pegawai tersebut bekerja di sana. Walaupun kadang kali alasan pengunduran diri pegawai adalah karena tingkah atasan, namun sudah seharusnya mantan pegawai memberi ucapan terima kasih.
  4. Memberikan ucapan permintaan maaf karena telah mengundurkan diri dari perusahaan. Hal ini adalah hal yang tidak kalah penting dan justru paling penting. Memberikan ucapan permintaan maaf memberi kesan sopan dari seorang pegawai.
  5. Mengucapkan pengharapan agar perusahaan menjadi lebih baik dan lebih sukses untuk ke depannya. Agar lebih terkesan sopan, maka hendaknya mantan pegawai juga mengucapkan pengharapan yang baik-baik untuk perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Setelah mengetahui seluk beluk mengenai pengunduran diri kerja yang baik dan sopan, berikut ini tersedia beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan.

contoh surat pengunduran diri guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Bojonegoro, 3 Maret 2018

Yang Terhormat

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bojonegoro

Jalan Panglima Sudirman no.10, Klangon, Bojonegoro

 

Dengan Hormat.

Datangnya surat ini memberitahukan bahwa saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama           : Sudarso Sono, S.Pd

Jabatan        : Guru Bahasa Indonesia

NIP              : 123456789

Alamat         : Jalan Mliwis Putih no.10, RT 01, RT 08, Klangon, Bojonegoro

Menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bojonegoro terhitung sejak Hari Senin, 8 Maret 2018 dikarenakan merawat orang tua yang sudah lanjut usia.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak SMP Negeri 1 Bojonegoro yang telah memberi kesempatan pada saya untuk diterima menjadi Guru Bahasa Indonesia. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada jajaran komite, guru, serta staff SMP Negeri 1 Bojonegoro jika ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati selama saya bekerja.

Demikian, surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. Besar harapan saya agar SMP Negeri 1 Bojonegoro terus meningkatkan prestasi serta terus menjadi sekolah unggul di Kabupaten Bojonegoro.

Hormat saya,

Sudarso Sono, S.Pd

contoh surat pengunduran diri hotel

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel

Bogor, 12 November 2018

Yang Terhormat,

Bapak Jaya Mega Laksana

Kepala Bagian HRD Hotel Bertabur Bintang

Jalan Sejuk Sejahtera, no.22, Bogor, Jawa Barat

 

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Bunga Yasmine

Alamat         : Jalan Dingin Abadi no.13, RT 07 RW 09, Bogor, Jawa Barat

Jabatan        : Chief Engineering Hotel Bertabur Bintang

Menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Chief Engineering Hotel Bertabur Bintang terhitung sejak 20 November 2018 dengan alaan diminta suami untuk mengurus keluarga di rumah.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak Hotel Bertabur Bintang yang telah memberi kesempatan pada saya untuk diterima menjadi Chief Engineering Hotel Bertabur Bintang. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada jajaran atasan, rekan kerja, serta staff Hotel Bertabur Bintang jika ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati selama saya bekerja. Saya berharap Hotel Bertabur Bintang dapat menjadi hotel yang terus berkembang dan semakin baik ke depannya.

Demikian, surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bunga Yasmine

contoh surat pengunduran diri bank

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jakarta, 11 Januari 2018

Yang Terhormat,

Bapak Roy Suryo, Ph. D

Kepala Bagian HRD PT Bank Simpan Uang Tbk

Jalan Bunga Saham, no. 24, Jatinegara, Jakarta Timur

 

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Ikhlas Ramadhan

Alamat         : Jalan Hutan Raya no.213, RT 09 RW 09, Cipinang, Jakarta Timur

Jabatan        : Teller Bank Simpan Uang

Menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Teller Bank Simpan Uang  terhitung sejak 20 Januari 2018 dengan alasan ingin melanjutkan studi S2 di luar negeri.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak Bank Simpan Uang yang telah memberi kesempatan pada saya untuk banyak belajar mengenai dunia pekerjaan serta karena menerima saya menjadi Teller Bank Simpan Uang. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada jajaran atasan, rekan kerja, serta staff Bank Simpan Uang  jika ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati selama saya bekerja. Saya berharap Bank Simpan Uang dapat menjadi bank yang terus berkembang dan semakin baik ke depannya.

Demikian, surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ikhlas Ramadhan

contoh surat pengunduran diri perusahaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Bandung, 25 Agustus 2018

Yang Terhormat,

Bapak Anggoro Yudho, M.Si

Direktur PT. Jaya Abadi

Jalan Sehat Selalu, no. 25, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat

 

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Malik Ibrahim

Alamat         : Jalan Batu Jatuh no.21, RT 19 RW 07, Bandung Barat, Jawa Barat

Jabatan        : Operator Mesin PT. Jaya Abadi

Menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Operator Mesin PT. Jaya Abadi   terhitung sejak 28 Agustus 2018. Alasan pengunduran diri saya adalah karena ada konflik antar sesama karyawan yang tidak dapat diselesaikan.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak PT. Jaya Abadi yang telah memberi kesempatan pada saya untuk bekerja dan diterima menjadi Operator Mesin PT. Jaya Abadi. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada jajaran atasan, rekan kerja, serta staff PT. Jaya Abadi  jika ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati selama saya bekerja. Saya berharap PT. Jaya Abadi dapat menjadi perusahaan yang terus berkembang dan semakin baik ke depannya.

Demikian, surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Fantoni

contoh surat pengunduran diri jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Surabaya, 25 Maret 2018

Yang Terhormat,

Profesor Dr. Wagiman Djoyodiningrat Ph.D

Kepala UPT Universitas Cinta Pancasila

Jalan Garuda Mega, no. 02, Waru, Surabaya

 

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Anis Hamdiyah, S.Pd, M.Pd

Alamat         : Jalan Batu Jatuh no.21, RT 19 RW 07, Wajik, Surabaya

Jabatan        : Dosen Bahasa Jawa

Menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Dosen Bahasa Jawa Universitas Cinta Pancasila  terhitung sejak 30 Maret 2018. Alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin melanjutkan pendidikan S3 di Jerman.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pihak Universitas Cinta Pancasila yang telah memberi kesempatan pada saya untuk bekerja dan diterima sebagai Dosen Bahasa Jawa Universitas Cinta Pancasila. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada jajaran atasan, rekan kerja, serta staff Universitas Cinta Pancasila  jika ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati selama saya bekerja. Saya berharap Universitas Pancasila dapat menjadi perguruan tinggi yang terus berkembang dan menjadi perguruan tinggi andalan di Surabaya..

Demikian yang dapat saya sampaikan. Surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Anis Hamdiyah, S.Pd, M.Pd

contoh surat pengunduran diri pegawai kontrak

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Malang, 24 Februari 2018

Yang Terhormat

Bapak Indra Budiman M.Sc

Direktur PT. Jaya Sentosa

Jalan Abu Bakar, no. 24, Mekarsari, Malang, Jawa Timur

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Wagiman Santoso bermaksud untuk mengajukan permintaan pengunduran diri dari PT Jaya Sentosa sebagai Operator Mesin, dengan alasan ingin mengembangkan usaha pribadi. Pengunduran diri tersebut saya ajukan terhitung sejak tanggal 28 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Jaya Sentosa karena telah memberi kepercayaan kepada saya untuk diterima kerja menjadi Operator Mesin PT. Jaya Sentosa. Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh atasan, rekan kerja, serta staff PT. Jaya Sentosa atas perkataan dan perbuatan saya yang tidak berkenan di hati. Besar harapan saya bahwa PT. Jaya Sentosa menjadi perusahaan yang semakin berjaya dari tahun ke tahun.

Demikian, surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Wagiman Santoso

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Surat Pengunduran Diri

Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Garuda Pancasila, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Heru Sundaru Putra

Jabatan        : Departemen Kesekretariatan dan Informasi

Fakuttas       : Fakultas Ilmu Komputer- Jurusan Sistem Informasi

NIM             : 1234221

Alamat         : Jalan Kartini, no.21, RT 02 RW 04, Jombang, Jawa Timur

Hp               : 085757567

Menyatakan mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Garuda Pancasila terhitung mulai 14 Februari 2018, dengan alasan kondisi kesehatan yang tidak lagi memungkinkan untuk mengikuti organisasi.

Saya menyerahkan sepenuhnya posisi yang saya tinggalkan kepada Ketua BEM dan percaya bahwa Ketua BEM akan menemukan pengganti saya yang lebih baik. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan BEM Universitas Garuda Pancasila yang telah memberikan pengalaman berorganisasi yang baik kepada saya. Saya juga memohon maaf yang sebesa-besarnya apabila ada perkataan atau perbuatan saya yang kurang berkenan di hati. Saya berharap semoga BEM Universitas Garuda Pancasila bisa menjadi BEM yang terus maju dengan program-programnya yang unggul.

Demikian, surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa tekanan. Atas perhatian yang telah diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

 

Bogor, 08 Februari 2017

Hormat saya,

Heru Sundaru Putra

contoh surat pengunduran diri dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Bogor, 1 September 2017

To: Mr. Heru Saherun

HRD Department Solid Wasalam Inc.

In East Jakarta

 

Dear Mr.Heru Saherun

Through this letter, I would like to inform you that I want to resign from your company Starting from  10 September 2017 because of I want to take care of my family at home. Here is my biodata:

Name           : Sarudin Sarudun

Position        : Customer Server

Address        : Panglima Sudirman Street no. 21, Jatinegara, East Jakarta

I am very thankful that your company have received me as Customer Server. Also, I would like to deliver my apologize if there was any of my attitude that make you feel bad. I hope PT. Solid Wasalam will be more successful.

Thank you for your attention.

 

Best Regards,

Sarudin Sarudun

contoh surat pengunduran diri dalam Bahasa Inggris 1

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Bandung, January 4th 2018

To: Mrs. Komang Tri Wulan

The Main Director of  Medika Sejahtera Inc.

Sultan Hasanuddi Street, no.30, Jakarta

 

Dear Mrs. Komang Tri Wulan

I am writing this letter to inform you that I want to resign from Medika Sejahtera Inc. starting from January, 5th 2017. The reason why I want to resign is I have a condition and have to take some treatment.

I really appreciate the chance and the guidance that you give me as long as I worked at your company. I hope that Medika Sejahtera Inc can be more success in the future.

If there is anything that I have to do to reduce the impact of my departure. Thank you for your atterntion.

 

Best Regards,

Amelia Carla

contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan

Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Berwirausaha

Palembang, 17 Oktober 2018

Yang Terhormat

Kepala Bagian HRD

Hotel Mawar Melati

Jalan Merdeka Sukma, no. 35, RT 09, RW 08, Palembang

 

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Della Dwi Puspita

Alamat         : Jalan Sekar Arum, no. 07, RT 08 RW 09, Palembang

Jabatan        : Admin Hotel Mawar Melati

Memberi tahukan bahwa saya mengajukan pengunduran diri terhitung sejak 19 Oktober 2018 dengan alasan menjalankan usaha peternakan lele yang telah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Saya akan menyelesaikan segala tugas sebagai admin hingga masa pengunduran diri saya.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk diterima kerja sebagai Admin Hotel Mawar Melati.  Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada tingkah laku serta perkataan yang kurang berkenan di hati. Saya berharap untuk ke depannya Hotel Mawar Melati menjadi hotel yang lebih sukses dan memiliki banyak pelanggan.

 

Hormat saya,

Della Dwi Puspita

Pada hakikatnya, surat pengunduran diri dibuat agar mantan pegawai memiliki nilai profesionalitas serta untuk menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Alasan yang digunakan untuk membuat surat pengunduran diri juga harus dibuat dengan realistis dan bahasa yang sopan.

Meski demikian sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk mengundurkan diri, cobalah pikirkan semuanya dengan baik dan matang. Jikalaupun harus mundur, lakukanlah dengan baik dan tanpa penyesalan.

Demikianlah beberapa contoh ѕurаt реngundurаn diri аtаu ѕurаt resign уаng baik dаn ѕudаh umum digunakan. Sеmоgа beberapa contoh surat rеѕіgn tersebut dараt menjadi rеfеrеnѕі yang bermanfaat buаt Andа.

0 Replies to “11 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *