Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kuliah, Kerja, dan Kegiatan

Surat izin adalah surat yang berisi tentang keterangan pemberitahuan bahwa seseorang pembuat atau pengirim surat tersebut meminta izin untuk tidak mengikuti suatu kegiatan atau tidak masuk kerja, sekolah, dan kuliah. Surat izin biasanya dibuat karena hal-hal tertentu seperti sakit, ada urusan keluarga, dan halangan lain.

Surat izin juga disebut sebagai surat pribadi yang bersifat kedinasan, karena surat tersebut ditulis oleh perseorangan dan ditujukan ke instansi tertentu.

Umumnya, surat izin dibedakan menjadi dua yakni surat izin untuk tidak masuk sekolah dan surat izin untuk tidak masuk kerja. Keduanya sama-sama pemberitahuan izin karena alasan tertentu.

Cara membuat surat izin sangatlah mudah. Tidak dibutuhkan keahlian khusus, yang penting kita mengetahui unsur-unsur ataupun struktur surat izin.

Langkah-Langkah Menulis Surat Izin

Contoh Surat Izin

Sebelum menulis surat izin, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Hal ini berkaitan dengan unsur surat izin tersebut:

1. Tujuan

Tujuan disini berarti surat izin yang kamu buat harus memuat terkait alamat yang akan dituju, sebuah informasi ke siapa surat itu ditujukan.

Jika surat izin siswa ditujukan ke wali kelas, jika mahasiswa ditujukan ke dosen wali, dan jika surat izin karyawan ditujukan ke atasan atau pimpinan peusahaan.

Adapun beberapa catatan tentang kepenulisannya, jika kamu sudah menggunakan kata “Kepada” maka kamu tidak usah menggunakan “Yth”. Begitupun sebaliknya, jika kamu sudah menggunakan “Yth”, maka tidak usah menggunakan “Kepada”.

2. Pengirim Surat

Di dalam sebuah surat izin, kamu harus mencantumkan nama pengirim. Pengirim surat izin berisi tentang informasi siapa yang menulis surat izin itu.

Karena surat izin terkadang dituliskan oleh orang lain selain yang bersangkutan, misalnya ketika kamu sakit dan kamu akan menyuruh orang lain untuk menuliskan surat izin untuk kamu. Maka dari itu, informasi tentang pengirim surat sangatlah penting.

3. Alasan

Alasan merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah surat izin. Alasan yang kamu tulis dapat mempengaruhi perizinan dari pihak instansi dan apakah surat yang kamu buat akan diterima atau tidak.

Kamu harus menuliskan alasan dengan jelas dan logis. Meskipun surat izin merupakan surat yang ditulis pribadi, namun surat izin dapat dikatakan sebagai surat resmi.

Struktur Surat Izin

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Selain unsur-unsur tadi, ada pula beberapa teknik penulisan surat izin. Salah satunya yang paling umum digunakan adalah teknik penulisan bentuk lurus (block style).

Namun, teknik penulisan bukanlah suatu keharusan. Kamu bisa menulis surat izin dengan gaya apapun. Hal yang penting dalam menulis surat izin adalah penulisan struktur surat izin, antara lain:

1. Tempat dan Tanggal Surat

Tempat dan tanggal surat berisi tentang informasi tempat dan waktu pembuatan surat. Dalam penulisan tanggal, kamu bisa menulis nama kota terlebih dahulu. Namun, jika nama kota sudah tertera di kop surat, kamu tidak perlu menuliskannya lagi. Contoh:

Surabaya, 31 Januari 2019

Atau

31 Januari 2019

2. Alamat Surat

Alamat surat berisi tentang informasi nama lengkap atau identitas dan juga alamat dari pihak yang akan dituju. Tujuan adanya alamat surat adalah sebagai petunjuk dalam penyampaian surat kepada penerima.

Adapun penulisan alamat surat yaitu mencantumkan subjek surat (penerima), nama kota instansi yang dituju, penulisan nama dan nomor jalan, kamu bisa menulisnya di amplop.

Ingat, jika sudah menggunakan Yth maka tidak usah menggunakan kepada dan bila sudah menggunakan kepada maka tidak usah menggunakan Yth. Contoh:

Yth. Wali Kelas XII IPA 2

SMAN 1 Surabaya

Di tempat

Atau

Kepada Wali Kelas XII IPA 2

SMAN 1 Surabaya

Di tempat

3. Salam Pembuka

Salam pembuka biasanya diawali dengan kata-kata sapaan. Hal ini bertujuan untuk menghormati penerima surat. Contohnya, Salam Hormat atau Assalamu’alaikum Wr. Wb.

4. Isi Surat

Isi surat merupakan bagian terpenting dalam surat izin. Di dalam isi surat memuat tentang pokok persoalan yang hendak penulis sampaikan. Isi surat terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian pokok, dan terakhir penutup.

5. Salam  Penutup

Pada bagian salam penutup biasanya diisi dengan ungkapan hormat pada penerima surat. Contohnya, hormat saya, Wassalam, Hormat kami dan lainnya.

6. Penanggung Jawab

Pada konteks penulisan surat izin tidak masuk sekolah, penulis mencantumkan penanggung jawab sebagai orang tua murid atau wali murid. Jika surat izin tidak masuk kerja, penulis mencantumkan dirinya sendiri atau atasannya. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan, karena sebuah surat akan lebih kuat dan dipercaya apabila ditandatangani

Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin

Dibawah ini ada beberapa contoh surat izin yang dapat kamu contoh. Dari mulai surat izin sekolah, kuliah, kegiatan, dan juga pekerjaan.

A. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya dibuat atau ditulis oleh para siswa yang berhalangan hadir dan tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa. Adapun berbgai macam alasan, mulai dari sakit, ada salah satu anggota keluarga yang meninggal, atau ada acara keluarga seperti acara pernikahan atau acara lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Hal terpenting dalam membuat surat izin adalah kejelasan dari isi surat dan juga mudah dipahami. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh mengenai surat izin.

1. Contoh surat izin sekolah (sakit) – 1

Semarang, 20 Januari 2018

Yth.
Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 1
SMAN 1 Semarang

Dengan hormat,
Dengan ini saya orang tua dari murid yang identitasnya tersebut di bawah ini.

Nama  : Raisa Saraswati
Siswa   : Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Semarang
Alamat : Jalan Pandanaran No. 10 Semarang

Tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit (tifus) dan harus dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari kedepan. Oleh karena itu, kami mohon Ibu Wali Kleas XI IPS 1 memberikan izin Raisa untuk dapat beristirahat sampai sembuh total.

Demikian surat izin ini saya buta. Atas perhatian dan izin Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang tua/Wali murid

Muhamad Irfan

 2. Contoh surat izin sekolah (sakit) – 2

Kendal, 31 Januari 2019

Hal : Surat izin

Kepada:
Bpk/Ibu guru kelas XII IPA 2
di SMAN 1 Kendal

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan adanya surat ini saya wali murid dari:

Nama : Raihana Dalila
Kelas   : XII IPA 2

Hendak memberitahukan bahwa pada hari ini tidak dapat mengikuti kegiatan disekolah seperti biasa karena sedang sakit (demam).

Demikian surat pemberitahuan ini, atas izinnya, saya mengucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat Saya
Wali Murid

(Joko Susilo)

3. Contoh surat izin sekolah (ada keperluan keluarga)

Batang, 20 Februari 2018

Yth.
Bapak/ Ibu guru
SMP Negeri 1 Batang

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat ini, saya Orang tua / Wali dari:

Nama  : Intan Nur Azizah
Kelas    : VIII E
Alamat : Jalan Angsana Timur, Kalisalak, Batang

Bahwasannya siswa yang bersangkutan tidak dapat masuk sekolah seperti biasanya dari mulai tanggal 20-24 Februari 2018, karena ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Oleh karena itu, saya sebagai orang tua dari siswa tersebut memohon izin dari Bapak/Ibu guru wali kelas.

Demikian yang hendak saya sampaikan. Atas perhatian dan izin Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang tua / Wali Murid

Waluyo

4. Contoh surat izin sekolah (sakit)

Kudus, 25 Maret 2017

Kepada:
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5
SDN 2 Rahtawu

Assalamualaikum wr.wb

Dengan hormat,
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Doni Sanjaya
Siswa  : Kelas 5 SDN 2 Rahtawu
Alamat: Desa Wisata Rahtawu, Kudus

Memberitahukan bahwa dengan adanya surat ini, saya selaku wali murid hendak meminta izin untuk putra saya yang tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa karena sedang sakit muntaber dan harus dirawat dirumah sakit. Untuk itu, saya mohon izin kepada Bpak/Ibu wali kelas sampai anak saya sembuh total dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Demikian surat ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Atas izin Bpak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang tua/Wali Murid

Supratman

5. Contoh surat izin sekolah (ada acara keluarga)

Batang, 16 Desember  2015

Hal: Surat izin tidak masuk sekolah

Yth. Kepada SMK Negeri 1 Blado

Dengan hormat,
Saya selaku Orang Tua/Wali Murid dari:

Nama Siswa : Fajri Nur Winda Sari
Kelas : XI Akuntansi 1

Dengan adanya surat ini saya hendak memberitahukan bahwa siswi dengan nama diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti sedia kala karena sedang menghadiri acara keluarga yaitu pernikahan kakaknya. Untuk itu, saya mohon izin dari Bapak/Ibu guru.

Demikian maksud surat ini saya buat. Atas perhatian Bpak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Hj. Siti Aminah

Catatan: Terkadang beberapa siswa tidak hanya perlu izin tidak masuk sekolah karena sakit atau acara keluarga. Bagi siswa yang aktif mengikuti organisasi, surat izin sekolah karena organisasi juga perlu dibuat. Misalnya karena mengurus event sekolah atau rapat di sekolah.

B. Contoh Surat Izin Kuliah

Sedikit berbeda dengan surat izin sekolah, surat izin untuk mahasiswa biasanya ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan. Hal itu berarti tidak ditliskan oleh orang tuanya.

Adapun beberapa format yang biasanya sudah disiapkan oleh kampus yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Namun, jika kampus kamu belum menyediakan format surat izin, maka kami akan memberikan beberapa contoh yang dapat kamu tiru.

1. Contoh surat izin kuliah

Hal : Permohonan Izin Tidak dapat Mengikuti KuliahYth.
Bapak/Ibu Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
Universitas Negeri Semarang
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Semarang:

Nama : Muhamad Alan
NIM    : 2211415099
Prodi  : Sastra Inggris
No hp : 082657495263

Hendak meminta izin untuk tidak mengkuti kegiatan perkuliahan seperti biasa mulai dari tanggal 1-25 Maret 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang melakukan magang di HPI Candi Prambanan. Oleh karena itu, jika selama saya melaksanakan kegiatan magang ada tugas dari Bapak/Ibu dosen, mohon izin untuk mengikuti tugas setelah selesai magang.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu dosen saya ucapkan terima kasih.

Semarang, 1 Maret 2019
Hormat saya,

Penanggung Jawab Lapangan
Dwi Wibowo

2. Contoh surat izin kuliah karena sakit

Semarang, 11 Mei 2019

Kepada,
Bapak / Ibu Dosen
di Universitas Diponegoro
Di tempat

Dengan hormat,
Dengan ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Intan Permata
NIM    : 17923810467
Prodi  : Manajemen
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas karena sedang sakit diare, sehingga harus beristirahat secara total selama dua hari. Terhitung sejak hari ini tanggal 11 Mei sampai 12 Mei 2019.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas izin Bapak/Ibu dosen saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Intan Permata

3. Contoh surat izin kuliah karena ada keperluan keluarga

Semarang, 14 April 2019

Yth,
Bapak/Ibu Dosen Universitas Islam Walisongo
Semarang
Di tempat

Dengan hormat,
Dengan adanya surat ini, Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama Lengkap : Dwi Andika
NIM : 648790018726
Fakultas : Syariah dan Hukum
Jurusan : Hukum Perdata Islam

Tidak dapat mengikuti proses perkuliahan di kelas karena ada keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. Oleh karena itu, saya mohon izin kepada Bapak/Ibu dosen pengajar.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu dosen saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dwi Andika

C. Contoh Surat Izin Bekerja

Tidak hanya sekolah ataupun kuliah, rutinitas kerja di kantor atau sebuah instansi juga terkadang ada halangan yang memaksa kita untuk tidak masuk kerja.

Terlebih jika sudah mempunyai keluarga, pasti ada beberapa masalah atau urusan yang muncul dan mengharuskan kita untuk tidak masuk kerja. Oleh karena itu, surat izin dalam pekerjaan juga penting, supaya kamu tidak terkena sanksi.

1. Contoh surat izin kerja karena sakit – 1

Karawang, 24 Agustus 2019

Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembaran

Kepada,
Kepala Divisi HRD PT. Advics Manufacturing Indonesia
Jln. Harapan 8 Kelurahan Parung Mulia

Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dawi Wibowo
Alamat : Jln. Pemuda nomor 10, Karawang
NIK : 891001657289
Jabatan : Karyawan

Dengan adanya surat ini, saya memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini, tanggal 24 Agustus 2019 karena sdang sakit tifus. Adapun surat keterangan dokter yang sudah saya lampirkan yang menyatakan bahwa saya harus beristirahat untuk beberapa hari kedepan.

Demikian surat ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dawi Wibowo

2. Contoh surat izin kerja karena sakit – 2

Semarang, 12 Februari 2019

Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Mekar Jaya
Jln. Imam Bonjol, Semarang

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama Lengkap : Manda Dwi Kusuma
NIP : 36798265399
Jabatan : Divisi Administrasi
Alamat : Jln. Indrapasta nomor 5, Semarang

Tidak dapat masuk dan bekerja seperti biasanya dikarenakan sedang sakit muntaber. Untuk itu, saya mohon izin mulai dari hari ini tanggal 12 Februari 2019 sampai dengan 16 Februari 2019, untuk beristirahat total hingga sembuh.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izinnya saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

Manda Dwi Sukma

3. Contoh surat izin kerja karena ada keperluan keluarga

Semarang, 18 Maret 2019

Kepada Yth.
Manager HRD PT. Mentari Garment
Jl. Ungaran-Salatiga No. 20 Ungaran
Semarang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama           : Muhammad Rifai
Jabatan        : Teknisi
NIP               : 18001238345
Alamat         : Jalan Muntal Timur, Gunungpati

Memberitahukan bahwa saya memohon izin untuk tidak masuk kerja mulai dari tanggal 18-20 Maret 2019 karena ada keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan dan membutuhkan kehadiran saya di acara tersebut.

Demikian surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Rifai

4. Contoh surat izin tidak masuk kerja

Kepada :
Kepala UPT Rumah Sakit Kariyadi
Semarang Di tempat

Salam hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sulaiman S,A.Md.Keb
Nip : 15964 77 8780078 098
Jabatan : Bidan Koordinator Puskesmas
Alamat : RT 07 / RW 06 Desa Kauman, Pedurungan, Semarang

Dengan adanya surat izin ini, saya hendak memohon izin untuk tidak masuk kerja seperti biasanya mulai dari tanggal 10-15 Februari 2018. Keperluan saya adalah menghadiri acara anak yang hendak mendapatkan beasiswa Jakarta. Untuk itu, saya mohon izin untuk tidak masu kerja sampai waktu yang telah ditentukan.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas izinnya saya ucapkan terima kasih.

 

Semarang, 10 Februari 2018
Petugas yang meminta izin;

 

Sulaiman S,A.Md.keb
NIP : 15964 77 8780078 098

Yang Memberi izin ;
Kepala UPT Rumah Sakit Kariyadi

 

Rafi Muhammad, Amd.Kep
NIP. 156762565 76887 6 278

5. Contoh surat izin tidak masuk kerja

Bandung, 4 Maret 2018

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Lamp : 1 lembar

Kepada :
Yth. Kepala SMA Negeri 10 Bandung

Di tempat

Assalamualaikum wr.wb
Salam Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Subkhanudin
Alamat : Jalan Buah Batu nomor 5, Bandung

Dengan surat izin ini saya ingin memohon izin untuk tidak masuk kerja selama tiga hari, karena sedang mengikuti program-program mitra jaya abadi 2018. Surat ini adalah sebagai bukti jika saya sedang berhalagan untuk mengajar seperti biasa.

Demikian surat izin ini saya ajukan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan terima kasih atas izin yang diberikan.

Hormat saya,

(Subkhanudin)

D. Contoh Surat Izin Orang Tua

Contoh surat izin berikutnya adalah surat izin bagi orang tua yang ditulis oleh organisasi ataupun instansi. Biasanya surat izin ini dibuat untuk memberitahu orang tua atau wali murid jika anaknya mengikuti suatu organisasi atau semacamnya.

1. Contoh surat izin orang tua – 1

FORUM PASKIBRAKA SEKOLAH (FPS)
KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG
Jalan Raya Bandar-Blado km 10 Kode Pos 51256

Nomor : 09/455/FPS-BDR/2018
Lampiran : –
Perihal : Izin Mengikuti Kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih

Kepada,
Yth. Bapak/Ibu Orang Tua Murid

Di Tempat

Kami selaku Forum Paskibraka Sekolah hendak mengadakan kegiatan latihan terkait pengibaran bendera Merah Putih tingkat Kecamatan Bandar. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai penentuan Pengibaran Bendera 17 Agustus 2018.

Kegiatan latihan tersebut akan di selenggarakan pada :

Bulan : Juli – Agustus
Tanggal : 6 – 13 dan 5 – 17
Waktu : Pukul. 07.00 s/d selesai
Tempat : Alun-alun Kecamatan Bandar

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, kami mohon kepada Bapak/Ibu wali murid untuk memberikan izin kepada putra putrinya untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Demikian yang hendak kami sampaikan, terkait kurang atau lebihnya surat izin ini kami mohon maaf dana ta perhatian serta izin Bapak/Ibu wali murid kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikun wr.wb.

Bandar, 6 Juli 2018

Mengetahui,

Ketua FPS Kec. Bandar                                           Ketua Pelaksana

 

Ahmad Budiono                                                      Arif Muhammad
NRA. 08.974.883                                                      NRA. 08.763.873

Tembusan:

  1. Camat Bandar ( sebagai Laporan )
  2. Kapolsek Bandar
  3. Danramil Bandar
  4. Bapak Kepala Sekolah

2. Contoh surat izin orang tua – 2

Semarang, 18 Juli 2017

Nomor : 057/Pan.Upgrading BP2M/VII/2017

Lampiran    : –
Hal               : Permohonan Izin

Dengan hormat

Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Unnes akan mengadakan kegiatan Upgrading bagi Calon Anggota BP2M. Upgrading merupakan serangkaian acara bagi awak magang BP2M sebagai peresmian menjadi anggota BP2M.

Acara ini bertujuan untuk merekrut anggota magang menjadi anggota BP2M. Sehubungan dengan itu, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu memberikan izin kepada putra/putrinya untuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal      : Jumat-Sabtu, 21-22 Juli 2017
Tempat                : Base Camp Mawar, Bandungan, Semarang
Kegiatan              : Upgrading 2017

Demikian permohonan kami, atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Pemimpin Umum BP2M                                     Ketua Panitia

Eva Rofiqoh                                                     Fafii Rochmatillah
NIM.2101413007                                             NIM.1102415071

E. Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat

Jika kamu adalah mahasiswa yang aktif bergabung di organisasi kampus, pasti akan sangat membutuhkan contoh surat peminjaman tempat. Seringkali beberapa organisasi mengadakan sebuah acara yang mengharuskan meminjam tempat atau fasilitas kampus.

1. Contoh surat izin peminjaman tempat -1

Semarang, 12 Maret 2017

Nomor: 022/Pan.BedahKM/III/2017
Hal : Peminjaman Tempat

Kepada
Ketua BEM-KM
Universitas Negeri Semarang

Salam hormat,
Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan kegiatan Bedah Kompas Mahasiswa 90. Kegiatan tersebut bertujuan membedah dan mengevaluasi majalah Kompas Mahasiswa 90 dengan harapan penerbitan majalah edisi berikutnya akan lebih baik. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

hari, tanggal : Sabtu, 8 April 2017
waktu            : 08.00 WIB – selesai

Sehubungan dengan itu, kami bermaksud meminta izin menggunakan ruang PKMU lantai 2 sebagai tempat acara tersebut berlangsung. Mengingat kegiatan tersebut penting, kami mohon agar ditindaklanjuti dengan baik.

Demikian, atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Pemimpin Umum BP2M                                           Ketua Panitia

 

Eva Rafiqoh                                                              Wifqul Laili
NIM. 2101413007                                                    NIM. 4301415060

2. Contoh surat izin peminjaman tempat

Semarang, 26 Februari 2017

No      : 015/KompasMahasiswa/II/2017
Hal     : Peminjaman Ruangan

Kepada
Kepala Bagian Kemahasiswaan
Universitas Negeri Semarang

Salam hormat,

Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Bedah Tabloid Nuansa 134. Kegiatan tersebut bertujuan membahas dan membedah Tabloid Nuansa 134 dengan harapan kerja jurnalistik yang kami lakukan akan lebih baik di penerbitan majalah Kompas Mahasiswa berikutnya. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

hari, tanggal : Senin, 1 April 2017
waktu            : 09.00 WIB s.d. selesai
tempat          : Ruang Rapat Besar (RRB) UKM Lantai 1

Sehubungan dengan itu, kami bermaksud meminjam Ruang Rapat Besar (RRB) UKM Lantai 1 yang akan kami gunakan dalam kegiatan tersebut. Kami mohon agar ditindaklanjuti dengan baik.

Demikian, atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Pemimpin Umum BP2M                               Pemimpin Redaksi Nuansa

 

Eva Rafiqoh                                                                 Laeli Nur Azizah
NIM. 2101413090                                                      NIM. 2211416082

Itulah penjelasan dan juga beberapa contoh surat izin beserta alasan dan prosedurnya. Dari penjelasan diatas, yang terpenting dalam sebuah surat izin adalah kamu harus memperhatikan penggunaan Bahasa pada surat yang kamu tulis. Buatlah seresmi mungkin, karena surat izin sekolah, kerja ataupun kegiatan adalah surat yang resmi dan menyangkut sebuah instansi.

Hal Yang Harus Diperhatikan

Jadi, untuk kamu yang hendak menulis surat izin, usahakan menggunakan Bahasa yang sopan, jelas, dan tidak bertele-tele. Walaupun terkadang pihak instansi tidak terlalu memperhatikan gaya bahasanya, tapi tetap usahakan menulis dengan bahasa yang baik dan benar.

Hal kedua yang harus kamu perhatikan jika menulis surat izin tidak masuk sekolah adalah usahakan untuk ditulis menggunakan bolpoin, jangan di ketik atau diprint.

Hal ini penting dalam menentukan apakah surat kamu diterima oleh sekolah atau tidak. Dengan menggunakan tulisan tangan, pihak sekolah akan percaya jika itu adalah tulisan orang tua kamu.

Dan yang terakhir, usahakan tidak mencoret atau menghapus tulisan yang salah menggunakan tipe x, karena itu akan membuat surat izin kamu tekesan main-main. Jika terdapat kesalahan penulisan, lebih baik ulangi dari awal.

Demikian penjelasan dan juga contoh surat izin yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.