Contoh Press Release Kegiatan, Event dan Perusahaan [Lengkap]

Apa itu press release? Press release adalah informasi yang dibuat atau disusun oleh Public Relations (PR) atau Humas sebuah perusahaan, organisasi atau instansi untuk surat kabar/media massa agar disampaikan kepada publik. Press release disebut pula Siaran Pers atau Rilis.

Sederhananya, pengertian Press release adalah berita untuk surat kabar atau media massa. Google sendiri mengartikan Press release sebagai penyataan resmi yang berisi masalah tertentu untuk surat kabar.

Contoh Press Release

Mengapa Perlu Mengeluarkan Press Release?

Pertanyaanya, mengapa sebuah perusahaan atau instansi perlu mengeluarkan yang namanya Press release?

Jawabanya bisa beragam.

Bisa karena instansi atau perusahaan tersebut memiliki kebijakan baru, mengklarifikasi masalah tertentu, memiliki layanan yang penting untuk diketahui publik, ataupun ingin melakukan promo layanan terbaru.

Karena Press release dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan yang bersangkutan, maka kekuatan informasinya sangat akurat.

Struktur Press Release

Nah untuk membuat Press release sebenarnya sama dengan membuat naskah berita. Disusun dengan teknik piramida terbaik dengan struktur:

  • Judul (head)
  • Teras (lead)
  • Isi (body)

Bisa juga ditambah dengan perusahaan atau instansi mana yang mengeluarkanya pada bagian atas judul. Bisa berupa Nama dan Logo Perusahaan (semacam Kop Surat) lalu dilanjutkan tulisan PRESS REALEASE atau SIARAN BERITA di bawahnya. Baru setelah itu judul Press release.

Judul ditulis mewakili apa yang ada di dalam tulisan.

Pada bagian Teras Press release sebaiknya mengedepankan subjek/pelaku dengan menjawab pertanyaan siapa melakukan apa, di mana, kapan, kenapa, dan bagaimana; bisa berupa penjelasan unsur why dan how.

Pada bagian isi, karena menggunakan teknik penyusunan piramida terbalik, maka bagian yang dianggap paling penting ditaruh pada bagian paling atas. Lalu secara berurutan bagian penting, umum dan kurang penting di bagian bawahnya.

Perlu diingat, jika hendak menulis press release ada beberapa yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Bagian atas Naskah jelaskan apakah naskah untuk ditayangkan segera atau pada tanggal tertentu.
  2. Sebaiknya gunakan Headine atau judul press release yang menggambarkan isi press release.
  3. Pada baris tanggal memuat nama kota serta tanggal.
  4. Jangan cantumkan informasi berkaitan dengan instansi atau lembaga kamu di bagian akhir naskah.
  5. Berikan informasi kontak dibagian akhir juga
  6. Terakhir cantumkan nama, alamat instansi, fax, nomor telepon, e-mail, situs dan kontak person yang bisa untuk dihubungi.

Contoh Press Release

Untuk memudahkan kamu membuat press release, berikut beberapa contoh press release untuk berbagai kebutuhan:

1. Contoh Press Release Kegiatan

PT INDOMARET PRISMATAMA
Jl. Ancol Barat I No. 9-10, Jakarta Pusat.
___________________________________________

Rers Release
Jakarta, 25 Maret 2019

Bersama Badan Narkotika Nasional, Indomaret Mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba 2020

Demi mewujudkan indonesia bebas narkoba di tahun 2020, Indomaret bersama Badan Narkotika Nasional membentuk program Peduli dan Berbagi.

Dengan makin meningkatnya pengguna narkoba dari tahun ke tahun di berbagai negara, serta maraknya pengedaran narkoba di semua kalangan, baik anak-anak remaja bahkan usia produkti, maka perlu kepedulian kita sebagai pribadi dan masyarakat dalam pemebentukan karakter generasi penerus bangsa ini.

Banyaknya pengguna narkoba, dikarenakan bisnis ini sangat menggiurkan dan mengkawatirkan. Sehingga makin banyak pula bandar dan pengedar narkoba. Penyebabnya bisa karena desakan ekonom.

BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan permasalahan Narkoba. Untuk itu diharapkan peran serta dan semangat kerjasama dari seluruh komponen masyarakat. Harapanya peredaran narkoba bisa dihentika dan tidak ada lagi korban pengguna narkoba.

Sebagai organisasi profit yang berbasis pada bisnis rentail minimarket, Indomaret peduli akan kelangsungan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, Indomaret membuat program Peduli Dan Berbagi yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dalam mewujudkan Indonesia bebas Narkoba.

Priode program Peduli dan Berbagi akan diselenggarakan mulai 1 November 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019 dengan mekanisme “setiap pembeli satu unit produk merk Indomaret, anda menyumbang RP 10 untuk membantu program rehabilitasi penyalahgunaan narkoba”.

Dalam hal dukungan program terapi vokasional dengan melibatkan korban penyalahguna narkoba (residen), dalam pengembangan keterampilan dan mental di bidang menajemen pelayanan dan unit usaha lainya dan dalam rangka pengembanga program paska rehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba.

Contact Person:
Idah (Head of Public Relations Indomaret)
Jl Ancol Barat I No 9-10 Jakarta Utara
Tlp. 021746364
Email:[email protected]

2. Contoh Press Release Event

PT INDOSAT Tbk
Jl. Hhjd No.67 Jakarta
_____________________________________

Press Release

Indosat Super Wifi Dukung Konferensi Menteri Se-Asia

Jakarta, 22 Maret 2019 – PT Indosat Tbk melalui anak usahanya PT Indosat Meda Media (IM2) turut terlibat dan berkontribusi menyukseskan konferensi Menteri Se-Asia yang ke-5 yang berlangsung mulai 22-25 April 2019 di Jogja Convention Center, Yogyakarta. Dalam konverensi tersebut, Presiden Jokowi di Jadwalkan hadir.

Indosat akan berkontribusi dalam hal membantu kelancara komunikasi sekaligus menyediakan 24 titik akses bebas internet melalui layanan SuperWIfi SSID. Dengan layanan ini, tidak hanya pengguna layanan indosat saja yang bisa terhubung. Melainkan semua pengguna layanan telekomuniasi dengan operator manapun bisa terhubung ke internet lewat jaringan indosat Wifi atau indosat hotspot selama mengikuti konferensi.

Pengguna cukup mengaktifkan fitur indosat wifi dari ponsel mapun tablet untuk bisa menjelajahi indosat super wifi secara gratis dengan kecepatan 20 Mbps dan unlimited.

More info: Adna (Ketua Program)
0984748398

3. Contoh Press Release Perusahaan

PERTAMINA

Siaran Pers

Bersama WIKA, Pertamina Kembangkan Bisnis Aspal hybrid di Indonesia

Sabtu (21/04/2019), PT Pertamina (Persero) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama pengembangan bisnis aspal hybrid di Tanah Air seiring pertuhan pangsa pasar aspal yang terus tumbuh dalam laju pembangunan infrastruktur nasional.

Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi, sedang dari pihak WIKA langsung datang Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo. MoU dilakukan di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, disaksikan oleh Menteri PU Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto bersama jajaran direksi dari kedua perusahaan.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kapasitas produksi aspal Pertamina bisa meningkat menjadi 600.000 ton per tahun. Lalu ditambah potensi aspal alam dari WIKA sebanyak 300.000 ton per tahun. Dengan begitu kalau ditotal kapasitas produksi total aspal bisa mencapai 900.000 ton per tahun. Kapasitas tersebut setara dengan 75% kebutuhan aspal nasional.

Media Contact
Wianda Pusponegoro
VP Corporate Comunication
PT Pertamina (Persero)
0824984947
[email protected]

4. Contoh Press Release Event Musik

SIARAN PERS

SIMPONI
(Sindikat Musik Penghuni Bumi)
__________
__________________________

Rendy Ahmad dan Simponi Konser Musik di Brazil

6 November 2018
Rendy Ahmad (Arai, Film Sang Pemimpi) bersama dnegan Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi) bakal menggelar konser musik di Brazil pada 8 November dan 12 November 2018. Konser ini berlangsung karena lagu Vonis yang dicipatan rendy bersama Simponi menjadi pemenang kedua dalam acara fair play 2018: Anti Corruption Music Vompetition, pada 2 Nobvember 2018.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh komunitas musik di Brazil ………………..

Cp. 0847283929 (Ahmad/Magajer Rendy Ahmad)

5. Contoh Press Release 2018

PT Telkomsel

PRESS RELEASE

Telkomsel Bakal Bangun Desan Percontohan Jaringan 5G di Jawa Tengah

Bersama dengan Masyarakat Teknolgi Maju (MTM) yang ada di kabupaten Tegal, Jawa Tengah Telkomsel akan membangun desa percontohan jaringan 5G.

5 April 2019 – Telkomsel ingin selangkah lebih maju dibanding dengan provider lainya di tanah air. Maka pada hari ini telkomsel bersama dnegan Masyarakat Teknologi Maju (MTM) bakal membangun desa percontohan untuk membuat layanan 5G. Lokasinya akan diletakkan pada sebuah desa A yang terletak di kabupaten Tegal, salah satu kabupaten di Jawa Tengah.

Diketahui desa A merupakan desan dengan tingkat perkembangan teknologi yang mengesankan. Desan tersebut memiliki akses wifi gratis. Sehingga hampir semua penduduk di desa tersebut melek internet. Itulah kenapa desa A dipilih sebagai desa percontohan untuk mengembangka teknologi jaringan 5G.

Rencananya telkomsel akan membangun berbagai fasilitas yang mendukung penggunaan jaringan 5G. Telkomsel juga akan menguji beberapa ponsel terbaru yang menggunakan jaringan 5G. Selama masa pembangunan, bisa saja desa tersebut mengalami kendala akses internet. Pembangunan akan dilakukan pada 29 Aplil hingga 30 April.

Humas Telkomsel
Ahdat (0853537282)

6. Contoh Press Release Kasus

LEMBAGA PENGKAJIAN PANGAN, OBAT-OBATAN DAN KOSMETIK
MAJELIS ULAMA INDONESIA
Gedung Majelis Ulama Indonesia lt III. Jl Proklamasi, Jakarta Pusat Telp 096788757
_____________________________________

PEMBERITAHUAN MENGENAI ISU KFC

Asslamu’alaikum Wr Wb

Sehubungan dengan beredarnya berbagai isu mengenai KFC, dengan ini LPPOM MUI memberitahukan:

  1. Restoran KFC adalah salah satu restoran waralaba/franchise yang telah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak tahun 1995.
  2. Restoran KFC selalu melakukan perpanjangan sertifikat halal MUI sebelum habis masa berlakukanya dan saat ini sudah ke-9 kali melakukan perpanjangan. Selain ini sebagai bukti KFC selalu konsisten dalam menjamin kehalalan produk yang diproduksinya, saat ini KFC telah memiliki pula sertifikat sistem jaminan halal yang diterbitkan oleh LPPOM MUI.
  3. Menanggapi beberapa isu yang berkembang di masyarakat mengenai restoran KFC, dengan ini kami perlu sampaikan bahwa berdasarkan data yang ada di LPPOM MUI semua supplier ayam diseluruh outlet KFC berasal dari supplier/rumah potong hewan (RPH) lokal yang juga di bawah pengawasan dinas pertenakan setempat.
  4. Sistem pemotongan dari ayam tersebut dilakukan sesuai dengan cara yang halal menurut syariat islam
  5. Berdasarkan mekanisme pengawasan oleh LPPOM MUI melalui audit tidak terjadwal (unscheduled audit), kami tidak menemukan ayam yang berasal dari supplier/ RPH di luar dari data yang dimiliki oleh LPPOM MUI.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, semoga menjadi klarifikasi terhadap isu tersebut.

Wassalamu’alaikum Wr WB.

Direktur LPPOM MUI
Ir. Lukmanul Hakim, M.Si.

7. Contoh Press Release Kegiatan Lomba

Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Siaran Pers

Lomba Mewarnai Se-Jawa Tengah di Candi Borobudur

Dalam rangka menciptakan masyarakat yang sadar akan budaya, maka pada 22 April 2019 dinas pariwisata jawa tengah bersama dengan pengelola wisata candi borobudur akan menyelenggarakan lomba mewarnai. Lomba ini bisa diikuti oleh anak-anak dengan berbagai kategori umur.

  • Anak kategori umum 5-7 tahun
  • Anak kategori umur 8-10 tahun
  • Anak kategori umum 11-15 tahun
  • Umum/dewasa

Penyelenggaraan lomba akan dilakukan di halaman depan candi borobudur pada tanggal 22 april. Sedang untuk pendaftaran akan dimulai pada tanggal 10 april hingga 20 april. Untuk informasi lanjut dan pendaftaran, silakan kontak panitia:

Arti (081533838)

8. Contoh Press Release Launching Produk

PRESS RELEASE

Susu Kental Manis (SKM) Launching Produk Baru

Tepat pada tanggal 6 April 2019, Susu Kental Manis (SKM) resmi memperkenalkan produk terbarunya. Produk yang diberi nama SKM Rasa Jahe ini menjadi varian rasa terbaru SKM. Diketahui jahe merupakan bahan yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Selain itu rasa jahe juga banyak disukai masyarakat. Beberapa masyarakat yang kurang suka susu biasanyaa menambahkan jahe kedalamnya agar rasanya jadi nikmat. Untuk itu SKM Rasa Jahe harapanya bisa menjadi pilihan tepat untuk masyarakat saat ini.

Jahe memilili kandungan………………. dts

Yang perlu diingat dalam menulis siara pers atau press release adalah kejelasan isi yang hendak disampaikan. Karena itu banyak yang menulis press release dalam bentuk hardnews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *