6 Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan, Perpisahan, Lingkungan, Islami

12 min read

Contoh Pidato Pendidikan

Contoh Pidato Singkat – Bukan kekuatan fisik, bukan pula pistol atau tombak yang membuat bangsa ini terbentuk. Melainkan pidato presiden Soekarno yang mampu melakukanya. Lewat pidato ia menyampaikan gagasan bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang harus bersatu dan merdeka. Maka jadilah Indonesia negara merdeka.

Pidato memiliki kekuatan yang begitu luar biasa. Saking hebatnya, tidak ada pemimpin di dunia ini yang tidak bisa berpidato. Makin tinggi jabatan publik seseorang, umumnya semakin hebat berpidatonya. Isinya berbobot, penyampaianya mantap hingga akhirnya mampu menggerakkan orang yang mendengarkan.

Contoh Pidato Singkat

Apa Itu Pidato?

Pidato adalah suatu kegiatan orasi dalam menyampaikan sebuah ide atau gagasan di hadapan khalayak ramai. Dalam penyampaikan ide ini, bukan hanya intonasi suara saja yang diutamakan, namun gerak dan bahas tubuh pun memiliki peran yang tidak kalah penting.

Agar aktifitas orasi yang disampaikan lewat pidato mendapatkan respon positif, maka sebaiknya pahami dulu bagaimana cara berpidato yang benar dan membuat teks pidato yang baik. Dengan mempelajari tehnik pidato secara efektif, diharapkan target pendengar akan dapat memahami dan menuruti isi pidato.

Cara berpidato yang baik :

1. Jelas maksud dan tujuan

Sebelum memberikan pidato, kamu harus menentukan dulu maksud dan tujuan dari isi pidato yang akan disampaikan. Misalnya tujuan pidatonya adalah memberikan gagasan tentang pentingnya menjaga kesehatan, maka berbeda dengan pidato untuk menjagak rajin belajar.

2. Isi mudah dipahami

Agar pendengar dapat dengan mudah memahami apa isi pidato kamu, maka sampaikan pidato secara jelas dan tidak bertele-tele. Gunakan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti. Pokok permasalahan harus to the point. Penting juga untuk menyampaikanya dengan urutan yang baik.

3. Proses penyampaian jelas dan lugas

Saat menyampaikan pidato, sebaiknya pahami dulu siapa target audience yang akan kamu hadapi. Sehingga pemilihan kata-kata akan menjadi lebih tertarget. Jangan memberikan pidato dihadapan kalangan professional sama dengan pidato untuk anak-anak usia sekolah.

4. Bahasa tubuh

Karena pidato adalah aktifitas yang tidak hanya melibatkan pendengaran saja, maka ekspresi wajah, gerak tubuh serta intonasi suara menjadi hal yang utama yang harus ikut diperhatikan. Begitu pula tingkah laku yang baik adalah salah satu faktor penting tercapainya sebuah pidato yang sukses.

5. Durasi pidato sebaiknya pendek

Dibandingkan dengan durasi pidato yang panjang dan bertele-tele, pidato singkat dan pendek akan lebih menarik untuk disimak. Karena semakin panjang dan lama kamu berpidato, akan semakin bosanlah pendengar untuk menyimak isi pidatonya.

Usahakan durasi pidato singkat dan pendek saja sehingga tidak membosankan para hadirin.

6. Informasi dan data yang akurat dan factual

Dalam penyampaian pidato, kumpulkan data-data yang sebenarnya. Jangan mengungkapkan sesuatu yang tidak benar. Hal ini sangat berpengaruh besar, karena pidato akan didengar oleh banyak orang, bukan tidak mustahil sebagian pendengar sangat paham apa yang akan kamu sampaikan.

Jika terjadi pertentangan fakta, tentu pidato yang kamu sampaikan akan diragukan tingkat kredibilitas dan keabsahannya. Sehingga gagasan yang ingin disampaikan menjadi tidak tercapai dan pendengar akan mengacuhkan isi pidato.

Struktur Teks Pidato Yang Baik

Agar pidato yang akan kita berikan dapat dengan mudah dimengerti oleh target pendengar, maka diperlukan adanya unsur-unsur dan struktur menulis pidato yang benar. Dibawah ini struktur penulisan pidato singkat yang dapat kamu jadikan bahan referensi:

1. Pembukaan

Disini adalah bagian awal pidato. Biasanya diisi dengan pemberian ucapan salam kepada pihak pendengar yang dihormati dan dituakan. Kemudian ucapan salam kepada semua hadirin sekalian.

Ketika kamu menulis pidato, perkirakan dan ketahui siapa saja pihak yang dihormati yang akan datang ke acara. Saat kamu menyampaikan pidato. Jangan lupa untuk memastikan bahwa orang tersebut hadir.

Lalu dilanjutkan dengan ucapan syukur kehadirat Allah SWT dan sholawat kepada nabi besar Muhammad SAW, khususnya untuk kamu yang beragama islam.

2. Isi pidato

Pada bagian ini, maksud dan tujuan pidato dikemukakan secara jelas. Harap disesuaikan target pendengar yang akan kamu hadapi.

Misalnya, isi pidato untuk anak-anak usia sekolah menengah akan berbeda dengan pidato yang ditujukan terhadap para mahasiswa ataupun kalangan masyarakat dengan profesi tertentu.

Usahakan untuk menyampaikan pidato dengan menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Sehingga ide dan gagasan yang ingin kamu sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pendengar. Saat kamu menulis teks pidato, tulislah terlebih dahulu poin-poin yang akan kamu sampaikan. Baru setelah itu membuat kalimat pengembangnya.

3. Penutup

Bagian penutup ini diisi dengan ucapan terima kasih kepada para hadirin yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk mendengarkan pidato. Lalu dilanjutkan dengan ucapan syukur dan terima kasih kembali kepada Allah SWT.

Contoh Pidato Singkat

Setelah pembahasan tentang struktur dan cara-cara maupun teknik pidato yang baik, yang telah kita bahas, maka mari kita lanjutkan ke bagian contoh beberapa pidato singkat dan jelas:

Contoh Pidato

Contoh Pidato Pendidikan – Topik: Pola pengajaran matematika

Assalamualaikum warahmatullaahahi wabarakatuh

Dengan mengucap Alhamdulillah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia NYA kepada kita sehingga kita bisa hadir disini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat dan salam kami kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah memberi tuntunan dan bimbingan sehingga kita senantiasa berada di jalan yang diridhoi Allah SWT selalu.

Kepada Bapak dan Ibu yang kami hormati, kepada adik-adik sekalian yang kami cintai.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya memberikan pidato tentang pola pendidikan mata pelajaran matematika. Matematika yang selama ini kita anggap mengerikan dan menjadi musuh bebuyutan, adalah sebuah mata pelajaran yang sebenarnya bisa menjadi mudah dan bersahabat dengan kita.

Dengan pola pendekatan yang benar, maka pemahaman akan pelajaran matematika akan dapat dengan mudah untuk dipahami. Penyampaian menggunakan pola permainan dan penerapan akan kehidupan sehari-hari yang sering kita temui, maka rumus-rumus matematika yang dianggap susah akan menjadi lebih mudah untuk dimengerti.

Kita ambil contoh, dalam mempelajari bab pecahan, maka kita dapat ambil perumpamaan dengan pola pembagian seloyang pizza yang dibagi-bagikan kepada sejumlah murid.

Begitupun halnya dalam pembahasan tentang penaksiran angka. Kita bisa mencontoh harga-harga dipasar. Apakah penaksiran lebih dekat ke harga terendah atau ke harga tertinggi.

Sama halnya dengan perhitungan bangun datar. Kita bisa mengambil contoh benda-benda sekitar kita seperti televisi, rumah-rumahan barbie ataupun piring makan.

Jadi agar pemahaman kita terhadap matematika itu sesuatu yang mudah, maka kita libatkan hal-hal yang akrab dengan keseharian kita dalam pembahasannya. Berikan contoh kecil yang dekat dengan kehidupan kita.

Demikianlah pidato singkat tentang pola pemahaman mata pelajaran matematika yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi manfaat buat kita semua.

Akhir kata saya ucapkan Alhamdulillah, dan bila ada kata-kata yang tidak berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih atas perhatiannya dan wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Pendidikan – Topik: Moral dan akhlak

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan pada hari ini sehingga kita masih bisa berkumpul pada kesempatan kali ini.  Salam dan sholawat kepada jungjungan kita nabi besar Muhammad SAW semoga rahmat dan karunia Allah tercurah kepada beliau.

Kepada Bapak Kepala Sekolah dan semua guru-guru, serta para hadirin sekalian yang kami hormati.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bisa berbicara disini untuk berpidato. Pidato yang akan saya sampaikan saat ini mengenai pendidikan akhlak dan moral bagi para siswa dan siswi di sekolah kita.

Belakangan ini banyak diberitakan secara masif baik media televisi maupun online tentang berita seorang selebriti yang tersandung masalah prostitusi online. Sebagai bahan informasi terkini, berita semacam itu memang tidak ada salahnya bahkan akan menjadi sebuah ganjaran bagi si selebriti agar menerima hukuman sosial dan pidana yang menghasilkan efek jera di kemudian hari.

Namun, yang perlu kita pahami adalah dampak negatif terhadap para siswa dan siswi usia sekolah. Bukan tidak mustahil, dengan adanya pemberitaan seperti ini akan menimbulkan gagasan dalam benak para siswa untuk ikut-ikutan mengikuti jejak selebriti tersebut.

Untuk mendapatkan uang demi menyokong gaya hidup yang borjuis, atribut yang modis dan stylish, maka hanya dengan bermodalkan asset diri yang sangat minimal sudah bisa meraih kesenangan duniawi.

Untuk itulah peran dan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mendampingi putra putrinya dalam menyaring setiap informasi yang disebarluaskan media. Beri pengertian agar mereka lebih memahami bahwa tindakan itu benar-benar tidak ada gunanya bahkan akan menyengsarakan hidup mereka di kemudian hari.

Jelaskan dampak negatif yang akan diterima baik itu sangsi sosial, sangsi pidana dan dari segi kesehatan. Apalagi jika dihubungkan dengan nila-nilai religius, maka perbuatan itu sungguh sangat tercela dan berdosa besar.

Pemahaman akan tuntunan agama harus lebih kita tekankan lagi agar generasi penerus bangsa ini tidak terpuruk dalam bersosialisasi. Beri pengarahan bahwa kesenangan duniawi bukanlah target yang dapat dicapai dengan cara-cara haram yang dibenci agama dan norma masyarakat.

Moral dan akhlak adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Setiap perbuatan buruk akan berdampak buruk pula bagi kita, bahkan bagi keluarga dan orang-orang terdekat kita. Sudah seharusnya para generasi penerus bangsa memahami perbuatan mana yang baik dan perbuatan mana yang buruk.

Pendampingan saat belajar, bermain, bersosialisasi dengan lingkungan harus terus kita lakukan demi menjaga anak-anak kita agar tidak terjerumus pada kehidupan glamor yang menyesatkan dan didapat dengan cara-cara tidak baik.

Setiap informasi yang didapat dari berbagai macam sumber harus kita perjelas dan tekankan pada sisi positif dan beri pengertian bahwa orang tua dan guru adalah tempat yang tepat untuk bertanya. Hal ini dimaksud untuk menghindari pengambilan keputusan dan asumsi yang salah.

Bapak, Ibu dan hadirin sekalian, sekian dulu pidato yang bisa saya berikan pada saat ini. Jika ada kesalahan, mohon maaf yan gsebesar-besarnya.

Terima kasih atas segala perhatian dan waktunya.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan- Acara: Kelulusan

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bojongsoang. Kepada yang terhormat segenap jajaran guru dan pegawai SMP Negeri 2 Bojongsoang. Kepada seluruh siswa siswi kelas IX SMP Negeri 2 Bojongsoang yang saya cintai

Puji syukur kita panjatkan dengan mengucapkan hamdalah Alhamdulillahhirabbil alamiin, segala puja puji sembah sujud syukur kami panjatkan hanya kepada Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan saat ini untuk berkumpul bersama.

Salam dan sholawat kami haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan para sahabat serta pengikutnya, semoga kita dikaruniakan syafaat kelak di hari pembalasan.

Pidato kali ini ingin saya curahkan segala perasaan yang sukar untuk diutarakan lewat kata-kata. Kebersamaan kita selama tiga tahun bersama menempuh pendidikan di sekolah kita tercinta ini sungguh sesuatu yang luar biasa yang pernah kita alami bersama.

Secara pribadi, saya ucapkan seluruh rasa terima kasih yang tidak dapat saya wakilkan lewat kata-kata kepada seluruh guru yang telah memberikan ilmunya kepada kami khususnya. Juga kepada seluruh jajaran para pegawai sekolah yang telah membantu terlaksananya proses belajar mengajar selama tiga tahun kami berada disini pada umumnya.

Bukan hanya ilmu secara akademik yang telah saya terima disini, namun tempaan ilmu bersosialisasi dengan teman-teman semua telah mengajarkan saya dan teman-teman semua memahami arti kebersamaan dan kekompakan dalam mengatasi setiap permasalahan.

Program-program ekstrakulikuler yang telah membina kami menjadi pribadi yang lebih tegar, bijaksana dan dewasa, kegiatan-kegiatan bersama baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah yang membuat kami semakin mengerti arti persatuan dan kesatuan.

Kepada teman-teman seperjuangan semua, terima kasih telah menjadi bagian dari hidup saya selama bersama-sama menimba ilmu di sekolah ini. Kebersamaan bersama kalian tidak akan pernah terlupakan dan tergantikan.

Suka, duka, bahagia, sedih, tertawa, menangis bersama selama ini telah membuat saya mengerti arti kesetiakawanan, membuat saya mengerti pengorbanan dan kerelaan menjadi seorang sahabat sejati.

Ada kalanya kita menikmati hari-hari manis bersama, walau tidak jarang pula kita saling beradu pendapat dan silang sengketa. Namun semua adalah bumbu kehidupan, pembelajaran hidup yang tidak bisa dinilai dengan jumlah nominal.

Pesan saya untuk teman-teman sekalian, meskipun kini kita akan berpisah dan melanjutkan pendidikan di sekolah tujuan masing-masing, akan tetapi kenanglah selalu kebersamaan kita selama tiga tahun ini.

Jadikan yang baik sebagai bagian dari kenangan indah, dan jadikan hal-hal yang kurang baik sebagai pelajaran hidup yang harus diperbaiki menjadi lebih baik lagi.

Janganlah lupakan semua kenangan kita bersama karena tidak mustahil suatu saat nanti kita akan berjumpa lagi di waktu dan kesempatan lain dimana kita akan saling membutuhkan satu sama lain.

Tetaplah menjadi pribadi yang baik dan bijaksana, bila belum bisa menjadi pribadi yang membanggakan, janganlah melakukan sesuatu yang dianggap salah baik oleh norma agama maupun negara.

Teruntuk seluruh guru dan keluarga besar sekolah ini, sekali lagi saya sampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas pengorbanan Bapak dan Ibu selama tiga tahun mengabdikan ilmu hanya untuk kami.

Kami tidak tahu dengan apa kami bisa membalas semua kebaikan Bpak dan Ibu kepada kami. Kesabaran Bapak dan Ibu semoga menjadi amal soleh yang hanya bisa dibalas oleh Allah SWT.

Saya beserta seluruh siswa siswi kelas IX juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan dan kesalahan kami baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kami yakin ada banyak perbuatan dan perkataan kami yang telah menyakiti dan menyinggung Bapak dan Ibu guru selama mendidik kami. Entah dengan cara apa kami bisa menebus segala kesalahan yang menggunung ini.

Akhir kata, kami seluruh siswa dan siswi SMP Negeri 2 Bojongsoang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan permohonan maaf yang tidak terhingga kepada Bapak Kepala Sekolah, seluruh Bapak dan Ibu guru dan segenap keluarga besar SMP Negeri 2 Bojongsoang ini.

Ini bukanlah salam perpisahan namun kata sambutan untuk berjumpa lagi di kemudian hari.

Sekian pidato yang bisa saya ungkapkan disini semoga kita selalu berada dalam lindungan dan ridho Allah SWT selamanya. Amin Ya Robbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Lingkungan Alam- Topik: Sungai Citarum

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Pertama-tama saya ingin ucapkan Alhamdulillah atas segala rejeki dan nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua disini. Berkat rahmat dan kasih sayang Allah SWT semata kita masih dapat hadir dan berkumpul pada kesempatan kali ini dalam keadaan sehat, segar bugar.

Kedua saya ucapkan salam dan shalawat kepada nabi Allah Muhammad SAW yang telah memberikan suri tauladan kepada kita semua untuk menjadi manusia yang beriman dan selalu berada di jalan yang benar dan diridhoi Allah SWT.

Kemudian teruntuk Bapak Kepala Desa Buah Batu dan Ibu, kepada para Bapak dan Ibu jajaran pegawai di kantor desa Buah Batu, dan tak lupa kepada seluruh hadirin dan warga desa Buah Batu yang telah meluangkan waktunya untuk berkumpul disini pada hari ini.

Untuk menyingkat waktu, baiklah akan saya mulai dengan pembahasan materi pokok yang sudah lama ingin saya sampaikan yaitu tentang kondisi alam lingkungan sekitar desa kita tercinta ini.

Seperti yang telah Bapak Ibu saksikan bersama, bahwa pemukiman kita ini berhubungan langsung dengan sungai Citarum. Bila musim hujan seperti sekarang ini, kita bersama-sama merasakan banjir yang seringkali mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Bahkan tidak mustahil, sebagian besar dari kita merasa bosan karena rutinitas angkut barang selalu terjadi setiap kali banjir datang.

Apakah kita akan diam saja menyaksikan air hujan yang menggenangi rumah dan sawah kita? Apakah setiap banjir kita harus angkut barang dan ngungsi ke rumah mertua? Apakah kita merelakan anak-anak kita meliburkan diri karena keterbatasan sarana dan prasarana serta akses yang sulit ditempuh menuju sekolah? Apakah kita tidak malu untuk selalu minta ijin kantor dengan alasan yang sudah bisa ditebak apalagi kalau bukan karena banjir?

Sudah waktunya kita menyingsingkan lengan baju untuk menghentikan bencana yang sudah menjadi tradisi di desa kita ini. Sudah waktunya kita memikirkan bagaimana caranya membuat hujan yang selama ini membawa wabah berubah menjadi berkah.

Sudah waktunya kita bahu membahu meluangkan waktu untuk membuat gerakan cinta desa yang bersahabat dengan sungai Citarum ini.

Saya pikir, dengan kerjasama dan gotong royong kita akan mampu mengelola sungai Citarum yang kumuh dan penuh sesak dengan sampah ini menjadi sungai asri alami yang indah bahkan sebagai tempat tujuan wisata ke depannya.

Belakangan ini, dengan bantuan tenaga TNI, sebagian penggiat kebersihan dan warga desa telah bersama-sama melakukan pengerukan sungai Citarum agar terbebas dari sampah yang menggunung.

Namun, tindakan itu hanyalah gebrakan sesaat untuk melancarkan aliran sungai agar tidak mengendap dan menghalangi arus air. Yang seharusnya terjadi adalah kitalah yang merawatnya agar kebersihan dan kelancaran aliran sungai tetap terjaga secara konsisten dan berkomitmen tinggi.

Himbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai sudah seharusnya menjadi larangan kera. Seluruh warga desa harus aktif ambil bagian untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan keberadaan sungai Citarum sebagai sahabat bukan lagi sebagai musuh pembawa bencana.

Reboisasi di sepanjang bantaran sungai juga harus kita galakkan bersama. Agar serapan air menjadi lebih efektif dan tidak menimbulkan genangan yang bisa meluap menjadi banjir.

Bagi warga yang masih menggunakan sungai Citarum sebagai sarana MCK, sudah seharusnya mengajukan proposal kepada Bapak Kepala Desa untuk meminta bantuan dana pembuatan MCK pribadi di rumah masing-masing. Jangan jadikan alasan untuk buang hajat di sungai karena keterbatasan sarana.

Untuk sebagian warga yang memiliki kelonggaran waktu dan tenaga, mari kita bantu warga yang membutuhkan dengan gotong royong mendirikan MCK umum di tempat yang telah disediakan aparat desa atau kalau bisa di rumah-rumah warga yang membutuhkannya.

Singkat kata, saya kembali mengingatkan dan mengajak para warga semua untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar kita. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya?

Bukankah lingkungan alam kita adalah amanat yang wajib kita pelihara dan rawat dengan baik?

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kata-kata yang menyinggung baik langsung ataupun tidak langsung kepada pihak-pihak terkait.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Contoh Pidato Pendidikan

Contoh Pidato Lingkungan Alam – Topik: Cagar Alam, Suaka Marga Satwa dan Taman Nasional

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Selamat pagi saya ucapkan kepada seluruh murid-murid Sekolah Dasar Griya Bandung Indah yang saya sayangi.

Apa kabar pagi ini?
Sudah sarapan semua?
Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia sehingga bisa melakukan aktifitas yang seharusnya kita lakukan.

Adik-adik semua, mungkin diantara kalian sudah ada yang mengenal Taman Suaka Marga Satwa? Atau pernah mendengar Cagar Alam? Atau mungkin sudah ada yang pernah mengunjungi Taman Nasional?

Baiklah, akan saya terangkan sedikit tentang apa itu Taman Suaka Marga Satwa dan apa itu Cagar Alam berikut Taman Nasional, biar kita semua menyadari pentingnya menjaga lingkungan alam sekitar kita sehingga kelangsungan hidup kita pun berjalan dengan aman, lancar dan nyaman.

Taman Suaka Marga Satwa adalah suatu tempat yang telah dtetapkan oleh pemerintah untuk dijadikan tempat bertumbuhkembangnya suatu jenis hewan yang masuk dalan kategori hewan langka dan hampir punah.

Agar kelangsungan hidup hewan langka ini tidak terganggu yang pada akhirnya dapat menyebabkan kemusnahan jenis hewan ini, maka dibuatlah sebuah tempat suaka untuk melindungi dan merawatnya.

Sebisa mungkin kondisi alam dan lingkungan dijaga seperti kondisi aslinya dimana hewan itu dapat hidup dan cocok dengan lingkungannya.

Sementara yang dimaksud dengan cagar alam adalah wilayah yang juga telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga kelangsungan hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan agar tetap berada dalam rantai dan siklus ekosistem yang menyertainya secara alami.

Untuk menghindari hal-hal yang bisa mengganggu habitat lingkungan flora dan fauna ini, pemerintah menetapkan untuk tidak boleh memasuki area yang dilindungi ini tanpa surat ijin.

Jadi untuk kepentingan wisata dan komersial, cagar alam ini bukan tempatnya.

Kalau Taman Nasioanal adalah sebuah tempat destinasi wisata yang juga berbentuk cagar alam dimana didalamnya terdapat ekosistem yang terdiri dari tumbuhan dan hewan yang dilindungi dan dijaga dari kepunahannya.

Bedanya, kalau Taman Nasioanal ini bisa dijadikan wisata edukasi untuk pembelajaran agar kita dapat memahami betapa pentingnya menjaga ekosistem dan habitat setiap mahluk hidup.

Dapat adik-adik bayangkan bagaimana jadinya apabila salah satu mata rantai kehidupan kita terputus? Tentu akan merusak kelangsungan hidup mahluk yang lain bukan? Karena setiap mahluk hidup itu tergantung kepada mahluk hidup yang lain.

Sekarang apakah adik-adik paham tentang bagaimana pentingnya menjaga lingkungan alam sekitar kita demi keberlangsungan hidup kita juga bukan?

Nah, karena waktunya sudah habis, saya ucapkan terima kasih atas perhatian adik-adik semua semoga kita bisa menjaga dan melestarikan ekosistem di dunia ini mulai dari hal kecil yaitu dengan menjaga lingkungan alam sekitar kita dulu.

Wasalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Contoh Pidato Islami – Topik: Zakat

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Syukur alhamdulilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan hidayahnya kita semua bisa berkumpul disini dalam keadaan yang sangat bahagian. Sholawat serta salam tak lupa kita lantunkan kepada junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang safaatnya kita nanti-nantikan di yaumul kiyamah kelak.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Nabi Muhammad SAW. Pernah bersabda dalam salah satu riwayat: “Zakat fitrah sebagai pembersih-orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Zakat fitrah adalah makanan untuk orang miskin, maka barang siapa menunaikanya sebelum shalat idul fitri, maka disebut sebagai zakat. Dan barang siapa menunaikannya setelah pelaksanaan shalat Idul fitri, maka hanyalah sedekah. (HR. Abu Dawud Ibnu Majah).

Untuk itu mari kita keluarkan zakat fitrah sebelum menunaikan ibadah sholat idul fitri. Hukum zakat fitrah adalah wajib bagi yang mampu. Bahkan bagi bayi yang masih dalam kandungan. Yang dikecualikan hanya bagi mereka yang fakir miskin saja.

Bagi yang telah berpuasa ramadhan selama 30 hari kemudian tidak berzakat, maka puasanya diibaratkan bergantung antara langit dan bumi, puasanya tidak sampai kehadirat Allah SWT.

Demikian pidato singkat yang bisa Saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menyadarkan kita semua betapa pentingnya mengeluarkan zakat fitrah dan kita bukan termasuk orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat. Amiin…

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Itulah sebagian kecil contoh pidato singkat tentang pendidikan, perpisahan, lingkungan dan lainya. Semoga apa yang jadi tujuan berpidato tersampaikan dengan baik. Salam.

0 Replies to “6 Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan, Perpisahan, Lingkungan, Islami”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *