Contoh Biografi

Contoh Biografi

Contoh Biografi – Pernahkah Anda membaca buku yang berisi biografi seseorang. Buku tersebut berisi mengenai perjalanan hidup dari lahir hingga meninggal.

Walaupun ada juga biografi yang ditulis saat tokohnya masih hidup. Membuat biografi seseorang bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Kita harus mencari berbagai informasi mengenai tokoh yang akan kita tulis.

Membuat sebuah tulisan biografi akan menuntut penulis agar mampu mendeskripsikan sang tokoh dengan baik. Jangan sampai mendapatkan informasi yang keliru mengenai tokoh tersebut.

Karena jika ada kesalahan saat sudah dicetak, tentu akan memakan biaya cukup besar untuk memperbaikinya. Selain itu dapat menimbulkan complain dari tokoh tersebut.

Pengertian Biografi

Contoh Biografi
Pengertian Biografi

Menurut definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian biografi adalah riwayat hidup seseorang yang dituliskan oleh orang lain. Jika melihat dari bahasa asalnya, biografi merupakan bahasa Yunani. Terdiri dari dua kata yakni bios yang artinya Makhluk hidup. Sedangkan kata graphien artinya tulis.

Secara lengkap pengertian biografi adalah sebuah tulisan yang berisi perjalanan hidup seseorang. Mereka yang ditulis biografinya biasanya adalah orang terkenal atau dianggap penting. Banyak hasil karya yang mereka ciptakan.

Sehingga layak untuk dituliskan biografinya. Isi dari sebuah biografi lebih kompleks karena tidak hanya berisi sebuah informasi mengenai seseorang. Di dalamnya terdapat sebuah cerita perjalanan hidup yang penuh lika-liku.

Sebuah biografi juga dihasilkan oleh seorang penulis sehingga bahasa yang digunakan lebih enak dibaca. Kadang terdapat intrik-intrik didalamnya yang membuat pembaca lebih tertarik.

Baca juga : Contoh Autobiografi

Struktur Teks Biografi

Contoh Biografi
Contoh Biografi

Secara umum teks biografi memiliki tiga struktur utama yaitu :

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dari sebuah teks biografi. Di dalamnya penulis akan menjelaskan secara detail mengenai orang yang di tuliskan dalam biografi tersebut. Penjelasan dibagian ini meliputi latar belakang keluarga, pendidikan dan sejarah sang tokoh.

2. Peristiwa atau Masalah

Ini merupakan bagian inti dari sebuah biografi. Pada bagian ini penulis akan menuliskan seluruh kejadian serta peristiwa penting yang dialami sang tokoh. Berbagai peristiwa dalam kehidupan sang tokoh ditulis dengan lengkap. Tentu semua yang ditulis disini atas persetujuan sang tokoh. Inilah mengapa peristiwa atau masalah menjadi bagian utama teks biografi.

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup. Di sini penulis akan menuliskan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkan. Pada bagian ini sifatnya optional sehingga kadang kita temukan biografi yang tidak memiliki reorientasi.

Kaidah Kebahasaan Biografi

Contoh Biografi
Kaidah Kebahasaan Biografi

Seperti apa kaidah kebahasaan biografi, berikut penjelasannya :

  • Pronomina, sebuah teks biografi memiliki “siapa” (partisipan) melakukan “apa” (peristiwa) di suatu waktu dan tempat. Dalam teks biografi yang menjadi partisipan adalah sang tokoh yang diceritakan pengalaman hidupnya.
  • Pengacuan, adalah sebuah kalimat pengganti yang bertujuan memberikan penegasan pada kalimat sebelumnya.
  • Partisipan manusia merupakan orang yang ikut serta dalam suatu cerita dan berperan sebagai tokoh lain.
  • Konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang memperlihatkan urutan sebuah kejadian. Dapat berupa kata-kata saat ini, lalu, ketika dan kemudian.
  • Kalimat simpleks atau dikenal dengan kalimat tunggal. Kalimat ini terdiri dari satu verba utama yang menggambarkan sebuah peristiwa.

Ciri Ciri Biografi

Contoh Biografi
Ciri Ciri Biografi

Seperti sebuah tulisan lainnya, biografi pun memiliki ciri-ciri yang menjadikannya mudah dikenali yaitu :

  • Pola dan strukturnya terdiri dari orientasi, peristiwa dan reorientasi.
  • Fakta-fakta yang ada disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.
  • Isi didalamnya merupakan sebuah peristiwa kehidupan tokoh yang dinarasikan.
  • Biografi hanya dibuat untuk orang-orang atau tokoh yang memiliki karya yang bermanfaat. Ataupun mereka yang memiliki pengaruh dalam kehidupan.

Manfaat Biografi

Contoh Biografi
Manfaat Biografi

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari biografi seseorang yakni :

  • Meneladani sikap dan perilaku tokoh.
  • Mempelajari makna hidup tokoh didalamnya.
  • Mempelajari perjuangan hidup tokoh didalamnya.
  • Meneladani perjuangan sang tokoh.

Tujuan Penulisan Biografi

Contoh Biografi
Tujuan Penulisan Biografi

Biografi dibuat berdasarkan cerita hidup orang yang telah berhasil. Tentu ada tujuan yang ingin disampaikan penulisnya. Adapun tujuan dari biografi yakni :

  • Mengajak pembaca meneladani sikap dari tokoh didalamnya.
  • Berbagi pengalaman hidup yang bermanfaat kepada pembaca.
  • Mengajak pembaca untuk meneladani kehidupan sang tokoh.

Isi Biografi yang Baik

Isi Biografi yang Baik
Isi Biografi yang Baik

Membuat sebuah biografi orang terkenal tidaklah mudah. Kita harus menggunakan tata bahasa yang mudah dibaca. Hasil tulisan kita mudah dipahami oleh pembaca. Lantas bagaimanakah untuk dapat membuat biografi yang baik.

Memasuki dan Memahami Kehidupan Narasumber

Menulis sebuah biografi berarti kita harus memasuki dan memahami kehidupan narasumber. Upaya ini memiliki manfaat untuk membuat tulisan yang berkesan. Dengan ikut memahami berarti jiwa kita seperti menyatu dan berada di posisi narasumber.

Tulisan yang kita hasilkan akan lebih mengalir. Pembaca akan merasa seolah-olah menjadi sang tokoh. Pada kondisi tertentu pembaca akan dibawa merasakan hal yang dialami. Kadang ikut merasa senang dan ketika sedih akan terbawa sedih.

Menentukan Gagasan

Untuk menghasilkan tulisan biografi yang baik. Sebagai penulis kita harus memiliki gagasan terlebih dahulu. Gagasan disini adalah inti pokok cerita yang akan diangkat.

Mendapatkan sebuah gagasan untuk menulis didapatkan dengan berdiskusi bersama sang tokoh. Biarkan sang tokoh menceritakan kisah hidupya. Kita bisa menarik kesimpulan dari cerita tersebut, dibagian mana yang akan kita angkat.

Mengangkat Cerita yang Mengagungkan

Kelebihan sebuah biografi yang baik adalah dari isi tulisannya. Pilihlah cerita yang benar-benar mengagungkan. Sebuah cerita yang tidak didapatkan dari orang lain.

Kita tentu pernah membaca biografi tokoh ternama. Semua tulisan akan fokus menceritakan sesuatu yang benar-benar mengangungkan. Inilah yang akan membuat pembacanya menjadi tertarik untuk membacanya.

Cara dan Langkah Menulis Biografi

Apa saja cara dan langkah untuk menulis biografi :

Menentukan Target Tokoh yang Akan di Tulis

Sebelum memulai tentukan tokoh yang akan ditulis. Anda bisa melihat dari kebermanfaatan sang tokoh, hasil karya atau popularitasnya saat ini. Pilihan anda akan menentukan hasil tulisan nantinya.

Dalam penentuan target tokoh dapat dilakukan dengan melihat tren. Ketika akan memasuki fase pemilihan presiden. Anda dapat membuat biografi mengenai calon-calon yang akan bertarung. Atau ketika selesai sebuah kejuaraan olahraga seperti piala dunia. Maka atlit yang bersinar dapat kita buat biografinya.

Mengkonfirmasi Kepada Sang Tokoh

Ketika sudah menemukan tokoh yang akan kita tulis. Maka kita harus mengkonfirmasi kesediannya untuk dituliskan kisah hidupnya. Jika beliau bersedia maka dapat kita lanjutkan, namun jika tidak bersedia dapat diganti.

Konfirmasi ini juga sebagai langkah awal kita meminta informasi dari sang tokoh. Karena dalam perjalanan pembuatan tulisan kita akan berhubungan dengannya. Selain itu dengan meminta izin di awal diharapkan dapat tercipta keakraban.

Menentukan Judul Biografi

Buatlah judul tulisan yang menarik. Judul akan menarik seseorang untuk membacanya. Terkadang dalam penulisannya kita perlu sedikit hiperbola. Seperti contoh Biografi Politik BJ Habibie Dari Malari sampai Reformasi.

Judul yang menimbulkan keinginan orang untuk membacanya. Karena daya tarik judulnya seperti magnet yang menarik besi. Anda pun harus benar-benar memikirkan judul tersebut.

Melengkapi Data dan Informasi

Mulailah untuk melengkapi semua data dan informasi yang diperlukan. Langkah pertama Anda bisa mengambil dari sumbernya langsung. Tokoh yang diceritakan merupakan sumber data dan informasi. Anda bisa mulai mendapatkan info mengenai perjalanan hidupnya.

Ketika belum merasa cukup dengan yang sudah didapatkan. Anda dapat mencari sumber data dan informasi lainnya. Baik melalui buku, media cetak dahulu ataupun melalui kerabat sang tokoh. Cara ini akan menambah perbendaharaan sumber data anda.

Meminta Saran Tokoh dan Orang Lain Saat Sudah Selesai

Ketika semua tulisan anda sudah selesai. Maka berikan hasil tulisan tersebut ke sang tokoh. Mintalah pendapat mengenai tulisan tadi. Selain itu upayakan meminta pendapat orang lain. Sebagai pembanding atas hasil karya anda.

Contoh Biografi Tokoh

Contoh Biografi Tokoh
Contoh Biografi Tokoh

Semua pengetahuan mengenai tulisan biografi sudah di paparkan diatas. Saat ini saatnya anda mulai mempelajari dari contoh-contoh yang ada dibawah ini.

Contoh Biografi BJ Habibie

contoh biografi bj habibie
contoh biografi bj habibie

Prof. DR (HC) Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Inilah nama lengkap beliau, lahir di Pare-Pare 25 Juni 1936. Beliau adalah anak dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Raden Ajeng Tuti Marini Puspowordjojo. Anak ke empat dari delapan bersaudara.

Ayah beliau merupakan seorang ahli pertanian sementara sang ibu merupakan seorang ibu rumah tangga. Kedua orang tua beliau merupakan seorang yang religius. Setiap hari BJ Habibie selalu dilantunkan ayat-ayat Al-Qur’an oleh sang ayah. Hingga umur tiga tahun beliau dapat membaca Al-Qur’an dengan baik.

Saat usia 14 tahun ayah beliau meninggal karena serangan jantung. Ibunya terpaksa menjual rumah dan kendaraan yang dimiliki. Keluarga BJ Habibie akhirnya pindah dan menetap dikota Bandung.

Saat lulus SMA pada tahun 1954 beliau melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung. Beliau hanya beberapa bulan kuliah disana, karena mendapatkan beasiswa ke Jerman. Jurusan yang diambil beliau di Jerman adalah Spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang (Teknik Penerbangan) di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochshule (RWTH).

Walaupun kuliah dengan keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan semangat beliau. Dengan kepintaran yang dimiliki beliau mendapatkan gelar Ing dari Technische Hochschule dengan predikat Cumlaude. Beliau pun melanjutkan pendidikannya dengan mengambil Doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachen.

Beliau berhasil membuat hasil karya yang fenomenal yakni menghitung rumus keretakan sampai atom. Hasil ini mengantarkan beliau mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dari ITB. Selain itu beliau pun menorehkan tinta emas dengan membuat pesawat N250. Sebagai pesawat buatan Indonesia pertama di tahun 1995.

Contoh Biografi Soekarno

Contoh Biografi Soekarno
Contoh Biografi Soekarno

Soekarno merupakan putra asli Blitar, ia dilahirkan pada 6 Juni 1901. Saat kecil beliau tinggal bersama kakeknya di Tulung Agung, Jawa Timur. Beliau sering berpindah- pindah sekolah. Awalnya bersekolah di Eerste Inlandse School. Akan tetapi pada tahun 1911 ia pindah ELS yang setingkat sekolah dasar. Beliau dipersiapkan masuk HBS yang berada di Surabaya.

Saat belajar di HBS beliau menumbuhkan jiwa nasionalismenya dengan bergabung di organisasi pemuda Tri Koro Darmo. Organisasi ini merupakan bentukan dari Budi Utomo. Kemudian nama organisasi ini di rubah menjadi Jong Java pada tahun 1918.

Soekarno melanjutkan pendidikan tinggi di Technisce Hoogeschool (Saat ini ITB). Beliau mendapatkan gelar Ir pada tahun 1926. Satu tahun kemudian beliau mendirikan Partai Nasional Indonesia yang bertujuan membuat Indonesia merdeka. Dampak dari pembentukan PNI beliau di masukkan ke penjara Sukamiskin oleh Belanda. Beliau pun sempat mengalami pembuangan ke Pulau Ende Flores.

Saat Jepang sudah masuk ke Indonesia setelah mengusir Belanda. Arah pergerakan Soekarno berubah. Ia mulai mendekati pemerintahan Jepang. Dengan tujuan besarnya adalah kemerdekaan Indonesia.

Ketika Jepang kalah oleh sekutu pada perang Dunia ke 2. Soekarno dan beberapa tokoh nasional berusaha memanfaatkan moment tersebut. Mereka bersama-sama membuat gerakan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Hingga akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 bersama Moh Hatta, mereka membacakan teks proklamasi. Pada tanggal 18 Agustus 1945 dalam rapat PPKI Soekarno dan Moh Hatta ditetapkan sebagai Presiden dan Wakilnya.

Semasa menjadi presiden beliau pun aktif di percaturan politik dunia. Hasil gagasan beliau adalah lahirnya Konfrensi Asia Afrika di Bandung.

Contoh Biografi Chairil Anwar

Contoh Biografi Chairil Anwar
Contoh Biografi Chairil Anwar

Chairil Anwar merupakan salah satu tokoh sastra Indonesia. Beliau dilahirkan di Medan 26 Juli 1922. Ayahnya adalah seorang bupati Indragiri. Chairil Anwar merupakan anak tunggal di keluarganya.

Ia mulai bersekolah di Hoollandsch Inlandsche School sekolah dasar untuk orang-orang pribumi di masa Belanda. Meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO). Namun sekolahnya terhenti saat berusia 18 tahun.

Ia memutuskan untuk berhenti sekolah dan ingin melanjutkan hidup sebagai seniman. Perjalanan karier beliau sebagai penyair dimulai saat berusia 20 tahun. Hasil karya yang membuatnya mulai dikenal adalah puisi berjudul “Nisan”.

Namun hasil karya beliau sering di tolak untuk diterbitkan oleh Pandji Pustaka. Penolakan ini dikarenakan puisinya dianggap terlalu individualistis dan tidak sesuai dengan semangat Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya.

Selama hidupnya beliau telah menghasilkan 94 karya. Diantara karya beliau yang paling terkenal adalah “Aku” dan “Krawang Bekasi”. Karya sastra beliau pun banyak yang diterjemahkan dalam bahasa asing.

Diantaranya adalah “Sharp Gravel, Indonesian Poems” dan “Only Dust: Three Modern Indonesian Poets”. Semangat beliau mengeluarkan hasil sastra tidak diikuti oleh kesehatannya. Saat memasuki usia 26 tahun beliau beliau sudah sering sakit-sakitan. Hingga akhirnya meninggal pada tanggal 28 April 1949.

Contoh Biografi Moh Hatta

Contoh Biografi Moh Hatta
Contoh Biografi Moh Hatta

Dr. Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi 12 Agustus 1902. Ayahnya bernama H Mohammad Djamil dan Ibunya bernama Siti Saleha. Pendidikan awal beliau di ELS (Europeesche Lagere School). Setelah lulus ia melanjutkan bersekolah ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs).

Perjalanan karier politik Moh Hatta di mulai sejak bangku perkuliahan. Mendapat gelar Sarjana Ekonomi Perdagangan pada tahun 1923. Saat dibangku kuliah Moh Hatta aktif di pergerakkan Perhimpunan Indonesia.

Dari tahun 1926 hingga 1930 beliau terpilih menjadi Ketua PI. Pergerakkan Moh Hatta akhirnya mulai dicurigai Belanda. Selain karena tulisan- tulisannya yang kritis terhadap pemerintah kolonial. Ia juga terlibat dalam Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Kolonial, suatu kongres internasional yang diadakan di Brussels tanggal 10-15 Pebruari 1927.

Moh Hatta termasuk tokoh nasional yang mengalami pembuangan. Beliau pernah dibuang ke Boven Digoel, Papua. Semasa disana beliau tetap aktif membuat tulisan-tulisan. Hingga akhirnya saat Belanda keluar Indonesia digantikan Jepang.

Ia diajak bertemu oleh Pemimpin Harian Jepang Mayor Jendral Harada. Setelah Jepang kalah oleh sekutu pada tahun 1945. Moh Hatta bersama tokoh-tokoh pergerakan lainnya. Bersama Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 ia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dan menjadi Wakil Presiden pertama Indonesia.

Contoh Biografi Orang Tua

Contoh Biografi Orang Tua
Contoh Biografi Orang Tua

Syaiful Amri dan April Sukawati adalah nama kedua orang tua saya. Ayah saya berprofesi sebagai seorang Guru SD. Beliau mengajar sejak berusia 25 tahun. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Ilmu Pengetahuan Alam.

Ibu saya memiliki profesi sebagai seorang Bidan. Ia membuka praktek dirumah. Tujuannya adalah agar bisa merawat anak-anaknya. Mereka berdua menikah saat usianya masih relatif muda. Ayah saya berusia 24 tahun sementara ibu 21 tahun.

Namun mereka berdua saling melengkapi kekurangan masing-masing. Ayah saya memiliki sifat yang tegas. Sedangkan ibu adalah orang yang lemah lembut dan sabar. Tak heran banyak pasien sering datang ke rumah. Mereka nyaman dengan pelayanan ibu.

Kedua orang tua saya mengajarkan kami untuk selalu berbagi. Setiap hari Jum’at mereka menyiapkan beberapa amplop yang berisi uang. Ini akan diberikan kepada fakir miskin dan anak yatim disekitar rumah. Pendidikan ini membuat kami menjadi orang yang iba terhadap kesulitan orang lain.

Contoh Biografi Ibu

Contoh Biografi Ibu
Contoh Biografi Ibu

Sri Pujiastuti adalah nama ibuku. Beliau lahir di Pekalongan 11 Januari 1962. Ibuku merupakan lulusan Kedokteran Hewan. Namun semenjak menikah iya tidak melanjutkan karier sebagai dokter hewan.

“Masa saya lebih memilih merawat hewan dibanding merawat anak”. Itulah celetukan ibuku ketika ditanya mengapa tidak memilih bekerja seperti teman-temannya. Sejak menikah Ibuku memang memilih untuk menjadi Ibu Rumah Tangga.

Menurutnya tidak ada yang bisa menggantikan fase saat seorang wanita menjadi ibu setelah melahirkan. Menurutnya ada pemikiran yang salah dengan wanita saat ini.

Kebanyakan lebih memilih karir dibanding anak. Coba kamu bayangkan jika anakmu berusia kurang dari satu tahun dirawat orang lain.

Kita tidak tahu bagaimana cara dia merawat. Apakah akan sama dengan ibu kandungnya. Tentu akan berbeda apa yang dilakukan oleh pembantunya.

Oleh karena itu ibuku saat ini aktif di Komunitas “Ibu Back to Home”. Tujuan besarnya mengajak setiap ibu-ibu agar kembali dan mendidik anaknya agar menjadi generasi cerdas dan bertakwa.

Contoh Biografi Ayah

Contoh Biografi Ayah
Contoh Biografi Ayah

Ayahku berprofesi sebagai seorang dosen di suatu Universitas Negri. Namanya Ir Irawani M.Phil ia merupakan lulusan Pasca Sarja Universitas terkemuka di Inggris.

Secara fisik tidak ada yang istimewa dengan ayahku. Namun ia memiliki kemauan yang keras untuk menggapai cita-citanya.

Sebagai kepala keluarga ia adalah sosok yang penyayang. Sebagai anak saat kami nakal sekalipun ia tidak akan marah. Hanya ada satu hal yang ia lakukan untuk menegur kami saat sedang lupa. Ia hanya tersenyum dan mengajak kami minum teh.

Saat itu rumah kami memang memiliki taman belakang. Di sana biasa kami gunakan untuk bersantai bersama keluarga. Proses saat minum inilah yang banyak membuat kami sadar atas kesalahan kami.

Kami selalu diminta menjelaskan apa yang menjadi penyebeb pertikaian kami. Ia akan mendengarkan dengan seksama tanpa memotong pembicaraan.

Setelah kita selesai dengan permasalahan kita. Barulah ia mengeluarkan hasil pemikirannya. Saat-saat ini terus berlangsung hingga kami mempunyai anak.

Bahkan sebelum ayahku meninggal ia selalu melakukan hal yang sama saat cucu-cucunya berkelahi. Hal yang sama juga dilakukan kepada murid-muridnya disekolah. Sehingga banyak murid-murid yang nyaman dengannya.

Puncaknya ia mendapatkan penghargaan dari sekolah. Penghargaan yang menjadi bukti perjuangannya membersamai murid-muridnya sekian lama. Sayang ayahku harus meninggal di usia yang masih relatif muda yakni 45 tahun.

Tidak ada sakit yang ia rasakan sebelum meninggal. Ya itulah yang dinamakan takdir. Walaupun secara gaya hidup ia cukup sehat. Mungkin Allah SWT lebih sayang kepadanya. Sejak meninggal ayahku akhirnya kami berpindah ke Jakarta.

Contoh Biografi Pahlawan

Contoh Biografi Pahlawan
Contoh Biografi Pahlawan

Sultan Hasanudin merupakan putra asli Makasar Sulawesi Selatan. Lahir pada tanggal 12 Juni 1931. Ia lahir dengan nama I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe.

Setelah memeluk agama Islam ia mendapatkan gelar Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana. Oleh penjajah Belanda beliau mendapat julukan Ayam Jantan Dari Timur.

Ia diangkat menjadi raja saat usia 24 tahun di tahun 1655. Menggantikan ayahnya Sultan Malikussaid yang meninggal. Ilmu kepemimpinan selain didapatkan dari sang ayah. Ia juga berguru kepada Karaeng Pattingaloang yang merupakan guru dari Arung Palakka Raja Bone.

Saat dipimpin Sultan Hasanuddin kerajaan Gowa mencapai puncak kejayaan. VOC yang mewakili Belanda tidak senang dengan mudahnya orang Makasar membeli rempah-rempah dari Maluku. VOC ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia Timur.

Sejak pemerintahan Sultan Alauddin hingga Sultan Hasanuddin kerajaan Gowa tetap memiliki pandangan menolak monopoli Belanda. Akhirnya pada tahun 1666 Belanda dibawah pimpinan Cornelis Speelman menyerang kerajaan Gowa.

Hal ini dilakukan karena kerajaan Gowa dianggap mengganggu Belanda. Saat peperangan dengan Kerajaan Gowa. Belanda mendapat dukungan Arung Palakka Raja Bone.

Namun pasukan kerajaan Gowa sangatlah kuat sehingga tidak dapat ditaklukkan. Peperangan ini akhirnya dimenangkan Kerajaan Gowa. Arung Palakka akhirnya melarikan diri hingga ke Batavia.

Peperangan kedua terjadi pada akhir tahun 1666 dimana Belanda kembali menyerang kerajaan Gowa. Dengan total sejumlah 1000 pasukkan, akhirnya Sultan Hasanuddin dan pasukannya terdesak. Hingga terpaksa menandatangani perjanjian Bongaya.

Pada tahun 1668 Sultan Hasanuddin sempat melakukan serangan terhadap Belanda. Hanya karena sudah kuat akhirnya benteng Sombaou harus diserahkan kepada Belanda. Hingga wafat Sultan Hasanuddin tetap tidak mau bekerja sama dengan Belanda.

Contoh Biografi R A Kartini

Contoh Biografi R A Kartini
Contoh Biografi R A Kartini

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara 21 April 1879. Ayahnya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan Bupati Jepara. Kartini hidup ditengah-tengah keluarga bangsawan.

Ibu kandung Kartini memang orang biasa dari keturunan guru agama. Di zaman Belanda mengharuskan seorang Bupati menikah dengan bangsawan pula. Akhirnya sang ayah menikah dengan Raden Adjeng Woerjan bangsawan keturunan Raja Madura pada saat itu.

Kartini kecil bersekolah di Europese Lagere School hingga usia 12 tahun. Setelah berusia itu ia belajar di rumah untuk di pingit. Dengan kemampuan bahasa Belanda yang baik. Kartini sering mengirimkan surat kepada teman-temannya di Belanda.

Ia memiliki ketertarikan dengan pola pikir wanita Eropa. Hingga ia mulai berpikir untuk memajukan wanita pribumi. Kartini memiliki hobby membaca. Banyak buku-buku pengetahuan yang ia baca.

Diantaranya adalah buku karya Multatuli, Louis Coperus dan Van Eeden. Pemikiran-pemikiran Kartini pada saat itu dianggap sebagai pembaharuan. Adanya kesempatan bagi wanita untuk menuntut ilmu dan belajar seperti kaum pria.

Cita-citanya adalah menjadi seorang Guru. Namun keinginannya ditentang oleh sang ayah. Hingga pada tahun 1903 ia di nikahkan dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat seorang Bupati Rembang.

Sang suami tidak mengekang pemikiran Kartini. Ia akhirnya menyetujui Kartini untuk mendirikan sekolah di sebelah kantor pemerintahan Rembang.

Namun sayang Kartini harus meninggal muda hanya beberapa hari setelah melahirkan anak pertamanya di 17 September 1904.

Contoh Biografi Ki Hajar Dewantara

Contoh Biografi Ki Hajar Dewantara
Contoh Biografi Ki Hajar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang dikenal dengan sebutan Ki Hajar Dewantara. Lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889, beliau merupakan anak dari GPH Soerjaningrat. Sebagai anak keluarga bangsawan beliau berhak memperoleh pendidikan untuk kaum bangsawan.

Ia bersekolah di sekolah dasar untuk anak-anak Eropa. Lalu melanjutkan pendidikannya di STOVIA. Sekolah kedokteran untuk masyarakat pribumi di Batavia. Namun sayang ia tidak dapat menyelesaikan pendidikannya karena sakit.

Ketertarikannya lebih besar pada dunia jurnalistik. Beliau sempat bekerja di beberapa surat kabar pada masa itu seperti Sediotomo, Midden Java, De Expres, Kaoem Muda dan Poesara.

Gaya penulisan yang tajam dan menumbuhkan semangat anti kolonial. Ia sempat membuat sebuah tulisan yang membuatnya harus di asingkan ke Bangka.

Tak lama kemudian bersama Douwes Dekker mereka diasingkan ke Belanda. Setelah terbentuk organisasi Budi Utomo beliau bergabung dalam organisasi tersebut.

Impiannya adalah memajukan kaum pribumi. Hal ini dibuktikan dengan pendirian sekolah Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Beliau mulai mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan.

Salah satu semboyan yang terkenal sampai saat ini adalah

  • Ing ngarso sung tulodo (di depan memberi contoh)
  • Ing madya mangun karso (di tengah memberi semangat)
  • Tut wuri handayani (dibelakang memberi dorongan)

Ketika Indonesia telah merdeka pada tahun 1945. Beliau diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Mentri Pendidikan. Atas jasa-jasa beliau, Universitas Gajah Mada memberikan gelar Doktor Kehormatan. Selain itu beliau juga mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah.

Contoh Biografi Cut Nyak Dien

Contoh Biografi Cut Nyak Dien
Contoh Biografi Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien seorang putri keturunan bangsawan Aceh. Lahir pada tahun 1848 di Lampadang, ia merupakan keturunan Sultan Aceh. Ayahnya bernama Teuku Nanta Setia seorang uleebalang VI. Sementara Ibunda beliau adalah Putri Uleebalang Lampagar.

Sejak kecil Cut Nyak Dien merupakan anak yang cantik. Pendidikan agama adalah yang utama dalam keluarganya. Saat berusia 12 tahun, ia sudah menikah dengan Teuku Cek Ibrahim. Hasil pernikahan ini menghasilkan satu anak laki-laki.

Pada tahun 1873 Belanda menyatakan perang terhadap Kesultanan Aceh. Dibawah pimpinan Johan Harmen Rudolf Kohler Belanda mulai menyerang dengan menembakkan meriam. Satu tindakan Belanda yang membuat rakyat Aceh marah adalah tindakan pembakaran Masjid Raya Baiturrahman.

Dalam peperangan ini sebenarnya Aceh dapat memenangkan peperangan. Namun pada periode 1874-1880 dibawah pimpinan Jendral Jan Van Swieten daerah VI Makum dapat ditaklukkan Belanda. Dan Kesultanan Aceh jatuh pada tahun 1874.

Saat tahun 1878 Suami Cut Nyak Dien meninggal dalam peperangan Gle Tarum. Cut Nyak Dien yang sangat marah atas kematian suaminya bersumpah akan berjuang menghancurkan Belanda. Teuku Umar salah satu pejuang Aceh melamar Cut Nyak Dien.

Awalnya ia tidak setuju, namun setelah Teuku Umar setuju mengizinkan Cut Nyak Dien tetap berperang maka ia pun setuju. Pasangan suami istri ini berperang fi’sabilillah melawan pasukan Belanda. Pada tahun 1893 Teuku Umar membuat taktik mendekati Belanda. Ia dan pasukannya menyerahkan diri.

Belanda yang sangat bergembira karena salah satu tokoh perjuangan Aceh telah berada dipihak mereka. Teuku Umar dijadikan komandan unit pasukan Belanda. Dengan menjadi komandan unit Teuku Umar dapat memiliki akses untuk senjata yang dimiliki pasukan Belanda.

Setelah dirasa cukup ia pun berkhianat dan bersama Cut Nak Dien Kembali melakukan perlawanan. Pada tahun 1899 Teuku Umar gugur tertembak peluru. Cut Nyak Dien melanjutkan perjuangan memimpin pasukannya. Hanya karena faktor usia akhirnya salah satu anak buahnya melaporkan posisi markas pasukan Cut Nyak Dien.

Setelah tertangkap ia dibuang ke Sumedang. Tidak ada yang mengetahui identitasnya di Sumedang. Akhirnya Cut Nyak Dien meninggal 6 November 1908. Pada tahun 1964 presiden Soekarno memberikan gelar Pahlawan Nasional untuk Cut Nyak Dien.

Contoh Biografi Bahasa Inggris

Contoh Biografi Bahasa Inggris
Contoh Biografi Bahasa Inggris

Albert Einstein was a man born in Germany on March 14, 1879. He was born in the city of Ulm Wurttemberg. His father named Hermann Einstein, a fur bed seller.

While the mother Pauline is an electrochemical worker. When he was five years old his father showed him a pocket compass. He realized that something in this empty room was acting on the needle in the compass.

This is the most moving thing in his life. As a child, he was known as an autistic child. Often alone and reserved is one of his habits. But academically he has no shortcomings. As a teenager, he successfully graduated from Eidgenoessische Technische Hochschule.

In 1900 he gained Swiss citizenship and had the opportunity to teach at Eidgenoessische Technische Hochschule. Einstein’s works are numerous in the field of physics. In 1921 he was awarded the Nobel Prize in Physics for his explanation of the effects of electrical photographs and his dedication to theoretical physics.

Einstein died on April 18, 1955, with various works that changed the world. But there is his greatest regret about the theory of relativity. Where this theory is used to inspire the manufacture of atomic bombs.

Contoh Biografi Teman

Contoh Biografi Teman
Contoh Biografi Teman

Eko Purwanto adalah seorang sahabatku sejak kecil. Lahir di Jakarta 14 April 1992. Dibesarkan di keluarga militer menjadikan ia memiliki jiwa yang tangguh. Disiplin laksana prajurit menjadikan dirinya lebih tepat waktu dibanding yang lain.

Kami sama-sama bersekolah di SD 06 Kramat Jati. Saat disekolah secara akademis ia adalah anak yang biasa-biasa saja. Nilai-nilai mata pelajaran tidaklah terlalu baik.

Hanya di mata pelajaran olahraga ia sangat baik. Badannya tinggi besar menjadikan dirinya lebih kuat dibanding teman-teman sebayanya. Sejak SD ternyata Eko memiliki bakat dalam bermain basket.

Postur tinggi besar mendukung kemampuan dirinya dalam olahraga ini. Memang saat SD tidak ada perlombaan basket antar sekolah. Namun saat perlombaan antar kelas di acara Agustusan kami selalu menang.

Ketika menginjak SMP ia semakin terlatih bermain basket. Ia bergabung dengan team basket sekolah SMP 2 Cipinang. Ia mulai mengikuti perlombaan antar sekolah. Dalam team basket ia selalu menjadi seorang center karena postur tubuhnya.

Pada perlombaan antar sekolah se Jakarta Timur. Ia berhasil membawa sekolah kami menjadi juara pertama. Badannya yang tinggi besar menjadikannya sangat sulit dilewati. Dan sangat berbahaya dibawah ring.

Selain menjadi juara di perlombaan antar sekolah, ia sempat mengikuti seleksi atlit untuk pelatnas di Ragunan. Hingga akhirnya ia mampu lulus dan menjadi team basket nasional U-17.

Kariernya semakin meningkat sebagai pemain basket. Saat ini ia bergabung bersama team basket Satria Muda. Sudah dua kali ia membawa Satria Muda menjadi juara liga basket nasional.

Di tengah kesuksesan yang diraih, ia tetap eko yang seperti dulu. Rendah hati, suka bercanda dan tampil apa adanya adalah ciri khasnya. Sebagai temannya saya bangga atas prestasinya. Serta bangga atas sikapnya yang tidak pernah berubah.

Contoh Biografi Siswa

Contoh Biografi Siswa
Contoh Biografi Siswa

Febriana Eka Sari gadis perempuan yang lahir di Salatiga 15 Mei 2000. Ia adalah anak pasangan guru SD Sukarto dan Endang. Berada dilingkungan pendidikan menjadikannya gemar belajar. Banyak buku yang dibaca untuk menambah pengetahuannya.

Bersekolah di SD 1 Salatiga tidak menjadikannya surut prestasi. Sering mewakili sekolah dalam lomba cerdas cermat adalah bukti kepandaiannya. Sejak SD ia sudah menggemari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Nilai-nilainya sangat baik pada mata pelajaran ini.

Menginjak SMP ia bersekolah di SMP 1 Salatiga. Kembali dengan prestasi sebelumnya di Sekolah Dasar, ia mampu menunjukkan prestasi yang sama. Kini ia tertarik dengan mata pelajaran fisika. Sebuah pelajaran yang menjadi momok bagi banyak orang.

Namun baginya tidaklah sulit mempelajari fisika. Sering mewakili sekolah dalam perlombaan fisika, membuatnya terkenal sebagai siswa berprestasi di Salatiga. Ia pun akhirnya mampu menembus SMA 3 Semarang. Salah satu sekolah favorit di Jawa Tengah.

Di SMU 3 kemampuannya dalam bidang fisika kembali bertambah. Di tahun kedua saat ini ia ditunjuk untuk mengikuti seleksi olimpiade fisika mewakili Jawa Tengah. Hebatnya lagi ia mampu keluar sebagai juara nasional dan mewakili Indonesia di Olimpiade Fisika Internasional di Jerman.

Kini ia sedang masa karantina di Jakarta. Selama tiga bulan ia digembleng oleh pakar-pakar fisika di Indonesia. Semoga dalam perlombaan nanti ia dapat mengharumkan nama Indoenesia di kancah Internasional.

Contoh Biografi Guru

Contoh Biografi Guru
Contoh Biografi Guru

Ibrahim Sanusi seorang lelaki paruh baya kelahiran Bogor 14 Juni 1974. Dia adalah salah seorang guru di SMU 1 Depok. Mata pelajaran yang diajarkannya adalah Matematika. Mata pelajaran yang menjadi momok bagi sebagian orang.

Pak San biasa ia disapa oleh rekan-rekan guru dan murid-murid. Memiliki dua orang anak. Anak pertamanya saat ini baru masuk kuliah di Universitas Indonesia. Sementara anak keduanya saat ini masih kelas 10 SMU 1 Depok.

Sebenarnya Universitas Indonesia tidak asing untuk Pak San. Ia adalah alumni UI Jurusan Matematika. Semasa kuliah beliau adalah mahasiswa berprestasi. Hanya butuh waktu 3,5 tahun baginya untuk lulus. Predikat kelulusannya cumlaude.

Lulus dari UI pada tahun 1997 sebelum krisis moneter. Ia memilih menjadi seorang Guru. Padahal pada saat itu tawaran bekerja di perusahaan swasta sangat banyak. Namun ia menganggap menjadi guru adalah pengabdian mencerdaskan bangsa.

Pak San merupakan tipikal guru yang humoris. Memang saat seseorang mendengar matematika rasanya adalah pelajaran yang sulit sekali. Cara ini digunakan untuk murid-muridnya dapat memahami dan mengerti materi yang dihasilkan.

Banyak murid-murid yang senang denganya. Sehingga nilai matematika murid-murid alhamdulillah mengalami kenaikan. Ia juga banyak membimbing murid-murid untuk mengikuti perlombaan matematika.

Murid-murid dari SMU N 01 Depok banyak menghasilkan karya-karya. Pak San pun dengan ikhlas membantu mereka agar cita-cita mereka terwujud. Beliau adalah sosok guru yang mengabdi tanpa pamrih.

Contoh Biografi Penulis

Contoh Biografi Penulis
Contoh Biografi Penulis

Habibburahman El Shirazy merupakan seorang penulis novel yang lahir di Semarang 30 September 1976. Kang Abik biasa beliau disapa tidak hanya berprofesi sebagai penulis.

Beliau juga merupakan seorang dai dan Penyair. Karya-karya beliau tidak hanya berada di Indonesia. Namun sudah mencapai Malaysia, Singapura dan Brunai.

Sejak kecil Kang Abik memang sudah belajar agama di MTS Futuhiyyah Mranggen. Pada tahun 1992 ia merantau menuju Surakarta untuk belajar di Madrasah Aliyah Program Khusus. Setelah lulus beliau melanjutkan kuliah di Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits, Universitas Kairo, Mesir.

Buku-buku karangannya sangat laris diminati masyarakat Indonesia. Beberapa judul novel yang dibuatnya Ayat-Ayat Cinta, Di atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga, Ketika Cinta Bertasbih, dan Pudarnya Pesona Cleopatra.

Banyak pula hasil karya beliau yang dibuat filmnya. Hasil karya Kang Abik memang identik dengan Novel Islami. Muatan kecintaan kepada Allah SWT selalu ada. Membangkitkan semangat kaum muslim pembacanya. Gaya bahasa beliau dalam bukunya sangat santun.

Saat ini Kang Abik lebih banyak fokus di dunia pendidikan dan pesantren. Beliau pernah menjadi Dosen di Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Islam. Ia ingin mengabdikan sisa usianya untuk memparbanyak kebaikan salah satunya karena tulisan. Torehan prestasi beliau juga sangatlah banyak.

Apalagi hasil karya itu banyak mengispirasi orang lain untuk lebih dekat Allah SWT. Karya-karya beliau merupakan hasil seni sastra yang didasari nilai-nilai islam.

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat
Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat

Putri Maharani Dewita seorang perempuan cantik kelahiran Bandung 14 Agustus 1995. Anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Asep Kurnia dan Titin Hawarni. Putri biasa ia disapa, merupakan salah satu anak yang berbakat di kesenian. Saat bersekolah di SD Kahuripan Bandung, ia sudah tertarik dengan seni tari.

Kedua orang tuanya sering mengajak Putri mengikuti perlombaan. Walaupun belum pernah menang. Namun kepercayaan dirinya semakin bertambah. Ketika menginjak SMP ia menjadi lebih tekun berlatih tari.

Tarian tradisional Jawa Barat merupakan jenis tarian yang dia ambil. Mewakili Sekolahnya pada perlombaan tari tingkat Provinsi. Putri berhasil menjadi juara ke 3. Sejak saat itu Putri sering menari untuk kegiatan-kegiatan tertentu.

Pernah ia menari pada acara kesenian di kantor Gubernur Jawa Barat. Menginjak SMU ia sudah semakin lihai menari. Karena sering tampil keluesan gerakan serta keindahan tariannya semakin teruji. Bulan Februari 2012 ia tampil di acara kesenian di Taman Mini yang dihadiri Bapak Presiden.

Dengan berbekal bakat menari ia diterima kuliah di Universitas Padjajaran Bandung. Ia mengambil Jurusan kesenian, namun kadang ia sering bolong dalam perkuliahan.

Beberapa kali dalam setahun ia diajak untuk tampil pada beberapa expo Jawa Barat di luar Negri. Prancis merupakan negara terakhir yang dikunjunginya.

Ia bersama rombongan gubernur Jawa Barat hadir dalam acara France Expo. Dimana dalam acara ini Jawa Barat menampilkan potensi SDA yang bisa dimanfaatkan.

Contoh Biografi Toko

Contoh Biografi Toko
Contoh Biografi Toko

Indomaret atau PT Indomarco Prismatama merupakan salah satu jaringan retail waralaba di Indonesia. Di dirikan pada 20 Juni 1988, perusahan ini merupakan salah satu anak usaha Salim Group.

Awalnya merupakan unit usaha yang bertujuan memenuhi kebutuhan karawan perusahaan Group Salim. Arah kebijakan perusahaan terus berkembang. Di mana saat awal hanya untuk memenuhi kebutuhan karyawan.

Dengan pergeseran budaya belanja masarakat. Ketika itu mulai menyenangi belanja di ritel modern dengan kondisi yang nyaman. Maka pada tahun 1997 perusahaan ini mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia.

Tahun awal berdiri mereka hanya memiliki tak lebih dari 230 gerai. Gerai-gerai tersebut berada di seluruh wilayah Indonesia. Pertumbuhan industri ritel kebutuhan pokok yang terus meningkat. Mendongkrak performa perusahaan.

Pada tahun 2015 Indomaret telah memiliki 11.400 gerai, dimana 60% merupakan gerai sendiri dan sisanya waralaba dengan masyarakat. Indomaret merupakan produk kejelian pengusaha memanfaatkan peluang yang akan terjadi dikemudian hari.

Konsep bisnis ritel ini memang diawali dari Indomaret. Pada awal tahun 2000 memang ada beberapa toko ritel besar seperti Carefour, Hero, Superindo, dan Goro.

Namun ritel besar tersebut lebih tidaklah mencapai kelurahan di beberapa tempat. Berbeda dengan Indomaret yang sampai kampung-kampung. Memang ada yang merasakan dampak dari Indomaret. Diantaranya adalah warung-warung kecil. Namun jika kita melihat kejelian melihat peluang. Maka sang pemilik patut ditiru.

Contoh Biografi Orang Sukses

Contoh Biografi Orang Sukses
Contoh Biografi Orang Sukses

Susi Pudjiastuti seorang wanita tangguh yang lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran. Beliau lahir dari keluarga berkecukupan. Ayahnya merupakan saudagar Sapi dan Kerbau.

Sang ayah membawa ratusan sapi dan kerbau untuk dibawa dari Jawa Tengah di jual di daerah Jawa Barat. Susi sejak kecil memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Pendidikan formalnya hanya ditempuh sampai SMP.

Ketika bersekolah di SMAN Yogyakarta, ia memutuskan untuk berhenti dan terjun berbisnis. Perjalanan bisnisnya dimulai pada tahun 1983 dengan menjadi pengepul ikan di Pangandaran.

Bisnisnya di bidang perikanan terus berkembang. Pada tahun 1996 didirikanlah sebuah pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Salah satu produk unggulannya adalah lobster yang diberi merk “Susi Brand”.

Perusahaan ini mengirim hasil perikanan ke Asia dan Amerika. Dalam perjalanan usahanya ia memiliki kendala di bidang transportasi. Sering pengiriman hasil perikanan terhambat karena tidak adanya pesawat.

Akhirnya pada tahun 2004 ia meminjam uang sebesar 20 miliar untuk membeli sebuah pesawat Cessna Caravan. Pesawat ini digunakan untuk mengangkut hasil perikanan. Dengan adanya pesawat ini membantu distribusi hasil perikanan dari seluruh Indonesia.

Pesawat ini juga berjasa dalam mendistribusikan bantuan ke korban Gempa Aceh tahun 2004. Pesawat milik Susi ini yang berhasil mencapai lokasi bencana terlebih dahulu.

Akhirnya Susi mengembangkan bisnis di bidang transportasi udara. Dimana pasar yang dilayani adalah penerbangan ke daerah-daerah terpencil. Saat ini beliau memiliki 49 pesawat terbang.

Pada tahun 2014 ia diangkat oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Mentri Kelautan dan Perikanan. Ia adalah seorang mentri yang tegas terhadap para pencuri ikan.

Atas prestasinya menenggelamkan banyak kapal asing. Susi mendapat banyak pujian karena kinerjana dianggap sangat memuaskan.

Contoh Biografi Bintang Film Ternama

Contoh Biografi Bintang Film Ternama
Contoh Biografi Bintang Film Ternama

Angelina Jolie perempuan cantik ang berasal dari Amerika Serikat. Lahir pada 4 Juni 1975. Jolie merupakan salah satu artis papan atas di Hollywood. Ia terjun ke dunia perfileman saat masih anak-anak dengan membintangi film Lookin to Get Out.

Dalam film ini ia bermain bersama sang ayah Jon Voight. Sekitar satu dekade kemudian karier filmnya di mulai kembali. Ia membintangi film berjudul “Cyborg2” pada tahun 1993.

Sebagai pemeran utama ia membintangi film “Hackers” pada tahun 1995. Di tahun 1999 ia berhasil memenangkan Academy Award for Best Supporting Actress untuk penampilan dalam film drama Girl Interrupted.

Karier Jolie semakin menanjak lagi setelah memerankan perempuan permainan video Lara Croft dalam film Lara Croft : Tomb Raider pada tahun 2001. Ia pun sempat memerankan beberapa film yang cukup sukses diantaranya Mr & Mrs Smith (2005), A Mighty Heart (2007), Wanted (2008), Changeling (2008) dan Salt (2010).

Selain terkenal sebagai artis, Jolie juga terkenal dengan aksi kemanusiannya. Ia mendapatkan penghargaan Jean Hersholt Humanitarian Award. Selain itu ia aktif di Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bidang pengungsi.

Contoh Biografi Penjahat Ternama Dunia

Contoh Biografi Penjahat Ternama Dunia
Contoh Biografi Penjahat Ternama Dunia

Pemilik nama asli Alphone Capone atau lebih dikenal dengan nama Al Capone. Lahir pada tanggal 17 Januari 1899 di Brooklyn. Kedua orang tuanya merupakan imigran dari Naples, Italia.

Al Capone hanya mengenyam pendidikan hingga usia 14 tahun. Dia dikeluarkan karena memukul seorang guru. Sejak saat itu ia bekerja serabutan mulai dari toko permen, tempat bowling bahkan menjadi buruh di pabrik amunisi.

Awal mula perjalanan hitam Al dimulai saat ia bergabung dengan geng South Brooklyn Rippers dan Forty Thieves Juniors. Al Capone pun ikut bergabung dalam geng James Street Boys yang diketuai oleh Johny Torrio. Ini adalah sosok pria yang menjadi mentornya.

Pada tahun 1919 ia tiba di Chicago, ia bergabung bersama Torrio menjalankan bisnis mulai dari perjudian, penyelundupan alkohol hingga prostitusi. Bisnis ilegal ini terus berlangsung hingga 1927. Menjadikan Al Capone memiliki kekayaan 100 Juta Dollar AS.

Pada tanggal 5 Juni 1931 Capone didakwa atas 22 tuduhan penghindaran pajak. Sejak saat itu ia selalu berurusan dengan meja hijau. Ia harus menjalani hukuman selama 8 tahun.

Pada tahun 1939 Capone dibebaskan karena berprilaku baik. Namun ia sering sakit-sakitan. Penyakit mulai hadir diantaranya adalah sipilis dan menyebabkan harus dirawat satu tahun. Pada 25 Januari 1947 dalam usia 48 tahun Al Capone meninggal di rumahnya akibat serangan jantung.

Contoh Biografi Ilmuan Ternama

Contoh Biografi Ilmuan Ternama
Contoh Biografi Ilmuan Ternama

Albert Einstein seorang pria yang lahir di Jerman pada tanggal 14 Maret 1879. Ia dilahirkan di kota Ulm Wurttemberg. Ayahnya bernama Hermann Einstein seorang penjual ranjang bulu. Sedangkan sang ibu Pauline adalah seorang pekerja elektorkimia.

Saat berusia lima tahun ayahnya menunjukkan kompas kantung. Ia menyadari bahwa sesuatu diruang kosong ini beraksi terhadap jarum di kompas. Inilah hal yang paling menggugah dalam hidupnya.

Saat kecil ia dikenal sebagai anak autis. Sering menyendiri dan pendiam adalah salah satu kebiasannya. Namun secara akedemik ia tidak memiliki kekurangan. Saat remaja ia berhasil lulus dari Eidgenoessische Technische Hochscule.

Pada tahun 1900 dia mendapatkan kewarganegaraan Swiss dan mendapat kesempatan mengajar di Eidgenoessische Technische Hochscule. Hasil-hasil karya Eisten sangatlah banyak dalam bidang fisika. Tahun 1921 ia mendapatkan Nobel di bidang Ilmu Fisika karena penjelasannya tentang efek foto elektrik dan pengabdiannya bagi Fisika Teoritis.

Einsten meninggal pada tanggal 18 April 1955 dengan beragam karya telah mengubah dunia. Namun ada penyesalan terbesarnya tentang teori relativitas. Dimana teori ini digunakan untuk inspirasi pembuatan bom atom.

Contoh Biografi Artis

Contoh Biografi Artis
Contoh Biografi Artis

Reza Rahadian Matulessy pemuda kelahiran Bogor 5 Maret 1987. Ibunya merupakan keturunan Maluku bernama Pratiwi Widantini Matulessy sedangkan ayahnya bernama rahim.

Sejak kecil Reza harus merasakan keluarga yang bercerai. Ayah dan Ibunya berpisah, ia tinggal bersama sang nenek di Bogor. Reza memulai kariernya dari dunia modelling. Dari dunia modelling ia mendapat juara dari majalah Aneka Yess sebagai favorit Top Guest di tahun 2004.

Dari situ ia mendapat tawaran memerankan sinetron dengan judul “Culunnya Pacarku” dari Rapi Film. Ia sangat totalitas dalam memerankan peran ini. Hingga akhirnya mendapatkan beberapa tawaran judul sinetron.

Film horor merupakan film pertama Reza. Setelah itu ia membintangi film Perempuan Berkalung Sorban bersama Revalina S Temat. Berkat aktingnya dalam film ini Reza mendapat penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Piala Citra.

Sejak saat itu karir film Reza semakin meningkat. Ia tertantang untuk memerankan berbagai peran dalam film. Salah satu filmnya yang fenomenal adalah “Habibie dan Ainun” pada tahun 2013. Di Film ini ia berperan sebagai Habibie.

Ia dapat memerankan dengan baik tokoh Presiden ketiga Indonesia ini. Aktingnya dalam film ini banyak mendapat pujian. Selain berkarie di dunia Modelling dan perfileman. Reza juga sempat menjajal dunia tarik suara. Berduet bersama Acha Septriasa ia menyanyikan lagu soundtrack yang berjudul Broken Hearts pada tahun 2012.

Sumber Penulisan
https://notepam.com/biografi-soekarno/
https://id.wikipedia.org/wiki/Chairil_Anwar
https://www.biografiku.com/biografi-mohammad-hatta/
https://www.biografiku.com/biografi-sultan-hasanuddin/
https://www.akupaham.com/biografi-ra-kartini/
https://www.bio.or.id/biografi-habiburrahman-el-shirazy/
https://www.salamadian.com/contoh-biografi-diri-sendiri/
https://id.wikipedia.org/wiki/indomaret
https://www.biografiku.com/biografi-susi-pudjiastuti/
https://id.wikipedia.org/wiki/angelinajolie
https://international.kompas.com
https://www.biografiku.com/biografi-albert-einsten-ilmuwan-fisika-pencetus-teori-relativitas/
https://www.biografiku.com/biografi-reza-rahardian/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.