Contoh Biografi Singkat | Siswa, Teman, Orang tua, Diri sendiri, Penulis, Guru

Contoh Biografi singkat

Contoh Biografi Singkat – Biografi adalah sebuah tulisan yang memuat tentang riwayat hidup atau perjalanan hidup seseorang, kelompok, atau lembaga tertentu. Biasanya, biografi berisi mengenai kisah hidup dari kehidupan percintaan, pendidikan, karir, dan pencapaian lain yang diceritakan mulai dari mereka kecil sampai keadaannya saat ini.

Terkadang ada yang bingung beda biografi dengan riwayat hidup. Biografi ditulis dengan gaya narasi, seperti menceritakan perjalanan hidup seseorang, sehingga sangat berbeda dengan tulisan riwayat hiudp yang ditulis dengan gaya yang kaku atau formal.

Tulisan biografi ditulis oleh orang lain menggunakan sudut pandang orang ketiga. Hal ini juga yang membedakan antara biografi dan autobiografi yang ditulis diri sendiri menggunakan sudut pandang orang pertama.

Contoh Biografi singkat

Tujuan Menulis Biografi

Tujuan dari tulisan biografi sendiri adalah untuk memberikan sebuah informasi terkait sebuah perjalanan hidup seseorang, dari mulai perjuangannya menggapai cita-cita, keberhasilan, kegagalan, dan kisah hidup lainnya yang diharapkan dapat menjadi teladan bagi pemacanya.

Seperti halnya ketika seorang pemateri di sebuah seminar atau talkshow yang menceritakan tentang biografinya. Mulai dari pendidikan, karir, dan pencapaiannya dalam memperoleh kesuksesan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada penonton supaya teinspirasi dari si pembicara.

Selian itu, biografi pribadi biasanya juga ditulis untuk mengenalkan diri ke orang lain, untuk memenuhi syarat dalam melamar pekerjaan, atau sebagai ajang memperkenalkan diri di sosial media.

Biografi lebih baik ditulis dengan kisah-kisah yang menginspirasi. Kita bisa menonjolkan sisi menarik dari perjalanan hidup kita yang dirasa akan berpengaruh positif terhadap pembaca.

Ciri Ciri Biografi

Biografi adalah tulisan yang khas, sehingga memiliki ciri tersendiri.

  1. Biografi memiliki struktur kepenulisan yang mirip dengan tulisan narasi, yaitu terdiri dari: orientasi, masalah atau peristiwa, dan reorientasi
  2. Memuat tentang informasi yang faktual atau fakta
  3. Disajikan dalam bentuk tulisan narasi
  4. Berisi tentang pengalaman hidup atau perjalanan hidup seseorang yang ditulis dalam bentuk tokoh biografi

Struktur Biografi

Sesuai dengan struktur kepenulisannya, biografi harus mencakup tiga hal berikut yaitu, orientasi, masalah atau peristiwa, dan reorientasi. Dibawah ini kami akan memjelaskan lebih lanjut mengenai struktur biografi tersebut:

1. Orientasi

Orientasi adalah struktur bigrafi yang memuat tentang pengenalan seorang tokoh yang ditulis. Dalam bagian ini, penulis bisa menuliskan latar belakang tentang tokoh yang dipilih dalam biografi tersebut.

2. Masalah atau Peristiwa

Strukur biografi ini berisi tentang cerita suatu peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh tokoh yang kalian tulis. Contohnya seperti peristiwa suatu masalah yang pernah dihadapi tokoh dalam mencapai kesuksesannya atau bisa kita sebut sebagai cerita dibalik pencapaiannya.

Selain itu, kalian juga bisa menuliskan kejadian menarik yang dialami tokoh, atau kejadian lain yang mengesankan, mengharukan, membanggakan, dan menyedihkan. Semua itu dapat kalian ulas di bagian struktur biografi ini.

3. Reorientasi

Seperti di teks narasi, reorientasi merupakan bagian penutup dalam tylisan biografi. Bagian ini memuat tentang pandangan penulis terhdapa tokoh yang tulis dalam teks biografi. Bagian ini merupakan bagian opsional yang berarti boleh ditulis dan boleh tidak dicantumkan.

Contoh Biografi Singkat

Contoh Biografi Guru

Contoh Biografi Singkat Guru

Joko Handoyo adalah seorang guru Fisika kelahiran Kendal 22 Desember 1975 yang mengajar di sekolah menengah atas sebuah pondok modern di Kendal. Beliau merupakan anak pertama dari pasangan Abdul dan Siti, dan kakak dari 2 adik perempuan dan laki-laki. Pak Joko, begitulah siswa memanggil, merupakan guru yang cerdas, ramah, lucu tapi tetap mampu membawa suasana kelas menjadi kondusif.

Pak Joko merupakan alumni dari salah satu universitas negeri di Semarang yaitu Universitas Negeri Semarang jurusan Pendidikan Fisika. Jurusan yang diambil pak Joko merupakan jurusan yang sulit terkait seleksi masuknya dan juga bagus secara akreditasi.

Pak Joko merupakan mahasiswa yang cerdas, karena Ia dapat menyelesaikan kuliahnya selama tiga setangah tahun dan mendapat predikat cumlaude. Semasa kuliah beliau aktif di organisasi penelitian dan juga aktif di berbagai perlombaan karya tulis serta inovasi di bidang fisika. Beberapa prestasi sudah beliau raih, hingga menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di universitas.

Setelah lulus dari Universitas Negeri Semarang, Pak Joko memilih menjadi guru di salah satu SMA swata di Kendal. Kini beliau menjadi Pembina olimpiade sains tingkat nasional khusus mata pelajaran Fisika. Banyak murid-muridnya yang berhasil mendapatkan prestasi dalam olimpiade fisika tingkat nasional.

Bahkan ada satu siswa Pak Joko yang berhasil masuk ke tingkat internasional. Pak Joko sering kali mendapatkan tawaran untuk bekerja di perusahaan yang bergelut di bidang terkait fisika. Namun, beliau menolak dengan alasan ingin membagikan ilmunya dengan cara megajar dan mencerdaskan anak bangsa.

Kesadarann belaiu terkait pendidikan tak jarang menjadi inspirasi bagi orang lain terutama orang-orang yang bergelut di bidang pendidikan. Pak Joko juga memiliki cita-cita untuk dapat membentuk generasi yang peduli terhadap pendidikan seperti dirinya.

Contoh Biografi Siswa

Contoh Biografi Singkat Siswa

Aina Zahra, seorang siswa dari sekolah dasar di Bengkulu. Ina, panggilan akrab siswa perempuan yang berprestasi ini lahir di Banten, 5 Juni 1995. Saat umur lima tahun, Ina pindah tempat tinggal ke Bengkulu dan meneruskan pendidikan sekolah dasar di sana. Semasa kecil orang tua Rini selalu mengajarkan seni musik, dari mulai gitar, piano, harmonica, dan juga menyanyi.

Orang tua Ina sangat menyukai seni musik, maka tak heran jika mereka menginginkan anaknya untuk terampil di bidang seni musik. Ina pun seperti mulai tertular orang tuanya dalam hal mecintai apapun yang berkaitan dengan musik.

Saat ini Ina banyak menorehkan prestasi gemilang di bidang seni musik. Ia bekali-kali dipanggil sebagai perwakilan Porvinsi dalam ajang nasional di Jakarta. Meskipun masih di tingkat sekolah dasar, namun Rini sangat piawai memainkan berbagai alat musik dan juga suaranya merdu.

Di sekolah, Ina termasuk siswa yang rajin dan pandai. Ia tak pernah sungkan membantu temannya yang kesusahan dalam pelajaran. Meski begitu ia tidak pernah ketinggalan pelajaran. Semua pelajaran Ina ikuti dengan sangat baik tanpa kendala yang berarti. Sekolah yang ditempati Ina saat ini pun sangat bangga karena Ina berhasil mengharumkan nama sekolah di berbagai daerah dalam ajang perlombaan.

Contoh Biografi Siswa 2

Contoh Biografi Siswa 2

Muhammad Ramadhan, atau biasanya dipanggil Rama. Ia lahir di Pekalongan pada tanggal 14 April 1998. Rama adalah anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan Ramadi dan Puji Astuti. Ayahnya bekerja sebagai guru di SMA N 1 Pekalongan, sedangkan ibunya memiliki toko batik di sebuah grosir di Pekalongan.

Sedari kecil, Rama adalah pribadi yang tekun dan selalu giat belajar. Walaupun Ia adalah anak dari keluarga yang berada, tapi dia tetap rendah hati dan suka menolong. Ia kerap membelikan teman-temannya makan apabila ada salah satu temannya yang tidak membawa uang saku atau memang hidup dengan keterbatasan.

Ketika bersekolh, Rama selalu mendapatkan peringkat lima besar. Ia jua aktif di beberapa perlombaan sains. Kini, Rama tengah melanjutkan pendidikan tingginya di salah satu Universitas Negeri di Semarang.

Menjadi anak rantau tentu tidak mudah bagi Rama karena Ia sudah terbiasa dengan adanya pembantu dirumahnya. Namun, Rama selalu belajar menjadi mandiri. Kini, Ia berlatih untuk mencuci baju sendiri, membersihkan kamar dan terkadang Ia juga masak sendiri di kosnya.

Membaca Biografi Agus Mahardika Rafi, dengan semangat dan kegigihan tanpa putus asa kita dapat mencapai cita-cita yang kita inginkan. Ia selalu berusaha belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Contoh Biografi Singkat Teman

Contoh Biografi Singkat Teman

Dia adalah seorang laki-laki baik hati, temanku sejak kecil. Namanya Satria Pratama atau biasa dipanggil Tama. Tama lahir di Balikpapan tanggal 12 April 1995. Dibesarkan dari keluarga yang cinta pendidikan dan seni. Ayahnya seorang guru Seni Musik dan Ibunya adalah seorang perias yang kini sudah memiliki salon kecantikan sendiri.

Masih berhubungan dengan seni, Tama memiliki keahlian di bidang seni lukis. Gambaran-gambaran yang tama buat sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Tama menghabiskan masa remajanya dengan berlatih menggambar, baik itu manual maupun digital. Hingga SMA, Tama sering kali tidak masuk sekolah karena mengikuti kejuaraan lomba nasional bahkan sampai internasional. Tama lulus dari SMA Al Hikmah dengan nilai yang memuaskan meskipun begitu. Peringkat pertama setiap semester dan menang kejuaraan.

Prestasinya yang begitu banyak mampu membawa Tama untuk berkuliah di Australia. Sejak tinggal dan kuliah di Australia, Tama sering bercerita melalui sosial media tentang kehidupannya disana serta kegiatan perkuliahan yang Ia jalani. Tama juga akti mengikuti pertukaran pelajaran ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang, dan lainnya.

Cita-cita Tama adalah menjadi seorang illustrator dan pelukis terkenal yang bisa diingat oleh sejarah seniman. Kini, Ia tengah sibuk menyelesaikan tugas akhir dan membuat sebuah film pendek animasi yang rencananya akan Ia tayangkan di youtube channel miliknya.

Contoh Biografi Singkat Teman 2

Contoh Biografi Singkat Teman 2

Dia adalah seorang perempuan cantik dan baik hati, dia adalah temanku sejak kecil. Uli namanya, tapi biasanya orang-orang memanggilnya, namun sebenarnya ia memiliki nama panjang Andika Ulilia. Banyak guru baru sering salah kira, bahwa pemilik nama tersebut adalah seorang anak laki-laki, kalau tidak tahu nama panjangnya. Uli lahir di Solo pada tanggal 15 November 1998. Dia dibesarkan dari keluarga yang cinta akan pendidikan.

Dimasa kecilnya Uli sering menghabiskan waktunya untuk bermain bersamaku. Uli sangat menyukai olahraga voli. Ia selalu berlatih dan juga bergabung di club voli kampung kita. Pada saat SMA, Uli masih tetap gemar bermain bola voli. Ia sering tidak masuk sekolah karena mengikuti kejuaraan nasional bahkan internasional. Uli lulus dari SMA dengan nilai yang memuaskan. Ketertinggalannya di kelas tidak membuat Uli malas belajar. Uli selalu mendapatkan peringkat pertama di kelas dan juga menang kejuaraan.

Prestasi yang diraih Uli tidak dapat dihitung, sampai Ia mendapatkan sebuah beasiswa untuk kuliah di Singapura. Walaupun Ia merantau ke negeri orang, tapi Uli tidak pernah melupakanku dan selalu memberikan kabar lewat pesan singkat. Ia sangat senang bisa kuliah di Singapura. Disana Ia bisa belajar banyak dan mengenal orang-orang dari berbagai negara.

Sejak kecil, Uli memiliki cita-cita menjadi atlet voli professional. Kini, Uli tengah sibuk menyelesaikan tugas akhirnya serta tetap berlatih bola voli.

Contoh Biografi Singkat Diri Sendiri

 

Contoh Biografi Singkat diri sendiri

Namaku Intan Permata, lahir di Kendal tanggal 12 Februari 1998. Aku adalah anak pertama dari 3 bersaudara, adiku dua-duanya laki-laki. Adik pertamaku bernama Bobi Alfianto, sedangkan adikkku yang kedua bernama Wildan Darmawan. Aku tumbuh di keluarga yang cukup religius, walaupun kedua orang tuaku tidak ada yang bergelut di bidang agama. Namun mereka selalu berusaha untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan ajaran islam. Hal ini bertujuan supaya aku dan adik-adikku menjadi pribadi yang beriman dan selalu taat dalam beribadah.

Aku mulai masuk sekolah ketika umurku 7 tahun. Aku bersekolah di SDN 1 Patebon yang tak jauh dari rumahku. Kemudian setelah lulus SD, aku melanjutkan pendidikan di SMPN 3 Kendal. Setelah lulus SMP, aku memutuskan untuk menimba ilmu di pondok pesantren.

Kebetulan, tak jauh dari rumahku ada sebuah pondok modern yang cukup terkenal di Kendal hingga Indonesia. Aku melanjutkan SMA di Pondok Modern Selamat Kendal. Oleh karena itu, aku harus siap tinggal di asrama dan mengikuti semua peraturan yang dibuat pondok.

Semenjak di pondok, aku selalu rajin bangun pagi untuk sholat malam. Hidup di asrama menuntutku untuk hidup mandiri. Setiap pagi, aku harus menyapu lantai kamar, merapikan tempat tidur, dan membuang sampah. Hidup di asrama juga mengajarkan kita untuk selalu ikhlas berbagai., karena dalam satu kamar bisa diisi sampai delapan orang. Untuk itu, kita selalu berbagi tentang apapun yang kita punya.

Di SMA, aku mengambil jurusan IPA, karena cita-citaku setelah lulus SMA adalah kuliah di jurusan kedokteran. Aku selalu berusaha membagi waktuku dengan baik. Hidup di pondok memang harus pintar mengolah waktu, karena kegiatannya sangat padat. Untuk itu, aku selalu sempatkan belajar pada malam hari setelah mengikuti madin atau mengaji.

Aku bergabung di ekskul PMR, supaya nantinya aku mendapat ilmu tentang pertolongan pertama, jenis-jenis penyakit, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan lainnya. Organisasi kami sering mengikuti perlombaan PMR tingkat Jawa Tengah hingga nasional. Beberapa kali kami membawa pulang piala dan juga medali. Banyak yang dapat aku pelajari dari bergabung di organisasi PMR. Aku juga mendapatkan banyak pengalaman dan juga banyak teman dari berbagai SMA di seluruh Indonesia.

Kemudian setelah lulus SMA, aku memilih untuk mendaftar di Universitas Diponegoro jurusan Kedoktean. Seperti cita-citaku di awal bahwa aku ingin kuliah di jurusan tersebut. Menurutku menjadi seorang dokter adalah suatu cita-cita yang mulia. Dimana nantinya, aku akan mengobati dan menolong semua orang yang sakit. Itu adalah salah satu cita-citaku yaitu bermanfaat bagi orang banyak.

Berkat kerja keras dan doa orang tuaku, akhirnya aku keterima di jurusan Kedokteran  universitas Diponegoro. Aku tahu, kuliah di jurusan ini tidaklah murah. Maka dari itu, aku selalu berusaha untuk belajar dengan giat supaya tidak mengecewakan kedua orang tuaku. Selain berminat di bidang kesehatan, aku juga menyukai dunia menulis. Oleh karena itu, aku sering menulis artikel yang membahas isu terkini dan sesekali aku mengirimkan tulisan-tulisanku ke koran lokal atau media daring.

Tak sedikit tulisanku yang dimuat di koran ataupun diterbitkan di berita daring. Dari situ, aku mendapatkan uang saku tambahan yang aku manfaatkan untuk hidup sehari-hari bahkan sesekali untuk mencicil uang kost.

Menjadi seseorang yang sukses menurutku tidak bisa digapai dengan mudah. Harus ada usaha ekstra jika kita menginginkan sesuatu yang besar pula. Aku sangat mempercayai pepatah, usaha tak akan mengkhianati hasil, akrena setiap usaha yang kita perjuangkan akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Contoh Biografi Singkat Penulis

Contoh Biografi Singkat Penulis

Andrea Hirata lahir pada tanggal 24 Oktober 1967 di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung. Dia adalah novelis Indonesia yang dikenal telah merevolusi sastra Indonesia. Novel pertamanya adalah Laskar Pelangi yang menghasilkan tiga sekuel dan juga telah difilmkan. Adapun beberapa fakta unik tentang penulis tersebut. Saat dia masih kecil, orang tuanya pernah mengubah namanya sampai tujuh kali. Mereka akhirnya memberi nama Andrea, sedangkan nama Hirata diberikan oleh ibunya. Dia tumbuh dalam keluarga miskin yang rumahnya tidak jauh dari tambang timah milik pemerintah, yakni PT Timah Tbk.

Andrea Hirata menempuh pendidikan tingginya di salah satu universitas ternama di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia. Ia mengabil jurusan di bidang Ekonomi. Walapaun Ia mengambil jurusan di bidang ekonomi, namun Hirata sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan sains. Seperti, fisika, kimia, biologi, dan astronomi. Hirata juga menyukai hal-hal yang berbau sastra. Ia lebih suka mengindentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker, ketimbang seorang yang ahli dalam bidang ekonomi.

Setelah lulus dari UI, Andrea Hirata mendapatkan beasiswa dari Uni Eropa. Ia mengambil program master di Eropa, yang pertama di Universitas Paris, lalu beralih ke Universitas Sheffield Hallam di Inggris. Tesis Andrea Hirata di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tempat ia kuliah dan Hirata lulus dengan predikat cumlaude.

Tesis Andrea Hirata telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan menjadi buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Kini, buku tersebut telah beredar dan menjadi referensi ilmiah.

Kini Andrea Hirata lebih dikenal sebgai penulis. Hirata merilis novel pertamnya yang berjudul Laskar Pelangi pada tahun 2005. Novel ini Ia tulis dalam kurun waktu hanya enam bulan saja, cerita di novel ini diangkat berdasarkan kisah dan pengalaman masa kecilnya di Belitung. Ia kemudian menggambarkannya sebagai sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidikan bagi anak-anak di salah satu pulau terkaya di dunia. Novel pertamanya sukses terjual sebanyak lima juta eksemplar, namun sejumlah 15 juta eksemplar adalah buku bajakan. Kemudian novel ini menghasilkan trilogy novel yaitu, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Contoh Biografi Penulis 2

Contoh Biografi Singkat Penulis 2

Asma Nadia adalah salah satu penulis terkenal di Indonesia. Salah satu karyanya yang sudah dikenal oleh masyarakat luas adalah novel ayat-ayat cinta yang juga diadaptasi menajdi film. Ia memiliki nama asli yaitu Asmarani Rosalba. Asma Nadia lahirpada tanggal 26 Maret 1972 di Jakarta. Ia lahir dari keluarga yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa.

Ayahnya bernama Amin Usman dan ibunya bernama Maria Eri Susanti. Asma Nadia memiliki 2 saudara, lalki-laki dan perempuan. Kakak perempuannya bernama Helvy Tiana Rosa dan adik laki-lakinya bernama Aeron Tomino.

Asma Nadia dibesarakan oleh keluarga yang sangat menyukai dunia menulis. Oleh karena itu, Asma Nadia juga menyukai dunia menulis, pun kedua saudaranya. Bahkan ia juga memiliki suami seorang penulis. Kedua anak Asma Nadia juga mempunyai keinginan untuk mengikuti jejak ibu dan ayahnya sebagai seseorang yang bergelut di bidang tulis menulis.

Saat SMA, Asma Nadia memilih untuk bersekolah di SMA Budi Utomo. Setelah lulus SMA, Ia melanjutkan pendidikan tingginya di Institut Pertanian Bogor dan masuk di Fakultas Teknologi Pertanian. Namun, kondisi fisik yang kurang sehat terpaksa membuat Asma Nadia berhenti untuk kuliah di perguruan tinggi. Sakit yang dideritanya membuat Asma memutuskan untuk berhenti kuliah.

Meskipun berhenti kuliah, Asma tetap gemar menulis dan selalu rajin mengirimkan tulisannya ke berbagai media dan juga ke berbagai redaksi majalah. Asama tak hanya menulis cerpen atau novel saja, namun Ia juga kerap menulis puisi dan juga lirik lagu. Karya pertama Asama yang mulai dikenal banyak orang adalah album Bestari yang memiliki tiga seri, kemudian cerpen yang berjudul Koran Gondrong dan Imut. Ketiganya sukses mengantarkan Asma menjuarai lomba menulis, yaitu Lomba Menulis Cerita Pendek Islami (LMCPI) pada tahun 1994 dan 1995, yang dulu diselenggrakan leh majalan Anninda.

Contoh Biografi Ibu

Contoh Biografi Singkat Ibu

Ibuku bernama Widiawati, ia lahir pada tanggal 20 Oktober 1972 dari seorang ibu yang bernama Suryati, yang lahir pada tanggal 11 Januari 1953 di Karanganyar. Dan seorang ayah yang bernama Riadi, lahir pada tanggal 9 Juli 1950. Dan ibuku menikah dengan seorang laki-laki yang bernama Muhamad Ali. Sejak kecil ibu tinggal dan tumbuh di sebuah desa kecil di Kota Sukoharjo. Ibuku adalah anak pertama yang memiliki dari 3 bersaudara.

Ibu sering bercerita tentang masa kecilnya dulu. Ketika SD dulu, ibu selau bermain sepeda bersama teman-temannya. Namun, jalanan dulu belum sebagus sekarang, belum diaspal dan masih berupa tanah serta kerikil. Jadi, kalua musim hujan, jalanan akan sangat becek dan banyak genangannya. Sampai ibuku membawa sepatunya dengan tangan ketika musim hujan tiba, karena ia tak mau sepatunya kotor ketika sampai disekolah. Dulu juga belum ada listrik, jadi ketika ibu hendak belajar, Ia hanya ditemani lampu minyak untuk menerangi buku yang ia baca.

Setelah lulus SD, Ibuku melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Sukoharjo. Jarak antara rumah dan sekolah sekitar 7 kilometer. Biasanya ibu menggunakan sepeda ketika berangkat sekolah. Waktu SMP, ibu aktif bergabung di grup paduan suara dan juga ekstrakulikuler pramuka. Ibuku seorang yang cukup pandai. Ia selalu mendapatkan peringkat 10 besar di kelasnya.

Ketika menginjak ke kelas dua SMP, Ibuku sering megikuti lomba paduan suara dan juga pramuka. Beberapa kali kelompok pramuka ibuku mendapatkan juara di lomba pramuka tingkat kabupaten. Dan juga sempat satu kali mendapatkan juara lomba paduan suara tingkat kabupaten. Lal, ketika sudah kelas tiga, ibuku mulai vakum dari organisasi ataupun perlombaa-perlombaan. Ia fokus belajar untuk menghadapi ujian nasional. Supaya nilainya memuaskan dan dapat masuk ke SMA favorit.

Setelah lulus SMP, ibuku melanjtkan ke SMA 1 Sukoharjo. Di SMA Ibuku terpilih menjadi anggota paduan suara dan aktif lagi di pramuka. Ibuku mengambil jurusan IPS karena nilai Matematika dan IPA nya tergolong kecil. Ibuku melanjutkan kuliah ke Universitas Negeri Sebelas Maret, di Surakarta. Mengambil jurusan Pendidikan Ekonomi. Setelah lulus, ibu memilih menjadi guru honorer di SMP N 1 Karanganyar. Dan kemudian bertemu dengan ayah dan setelah itu menikah dengan Ayahku, dan akhirnya berhenti mengajar karena kesibukan rumah tangga. Dan sekarang, di sela-sela kesibukannya ia menjadi agen travel.

Ibuku berkata bahwa belajar itu tidak mengenal kata menyerah, sama halnya seperti mengendarai sepeda, solidaritas teman, dan lainnya yang harus tetap kita jalani sebaik mungkin. Zaman saat ibuku dulu berbeda dengan sekarang yang sudah serba modern. Saya menyadari bahwa perjuangan yang tidak kenal lelah patut untuk menjadi contoh.

Contoh Biografi Ayah

Contoh Biografi Singkat ayah

Dia adalah seseorang yang gagah dan pemberani. Tulang punggung keluarga dan juga pemimpin di keluarga. Dia adalah seseorang yang kusebut ayah. Ayahku bernama Dedi Haryadi, lahir pada tanggal 25 Juni 1966. Dulu, saat ayah masih muda, Ia merupakan salah satu orang yang disegani di kampung karena Ia merupakan pengawas perhutani. Sedangkan mayoritas orang-orang di kampungku adalah seorang petani. Ayah dikenal sebagai pribadi yang ramah dan suka menolong. Oleh karena itu, orang-orang sangat menyukainya dan menghormatinya.

Setelah masa jabatan ayahku sebagai pengawas perhutani telah usai, kemudian ayah tidak mempunyai pandangan untuk bekerja apa. ayahku sempat mencoba untuk melamar pekerjaan di beberapa bidang dan perusahaan. Namun, tidak ada yang menerima lamarannya. Sampai akhirnya, ayahku memutuskan untuk bekerja menjadi kuli bangunan.

Ayah adalah lelaki paling tangguh dan bertanggungjawab yang pernah aku miliki. Seberat apapun masalah yang menerpa keluarga. Ayah selalu mampu menanganinya dengan baik dan menyelesaikan semua urusan dengan baik pula. Seumur hidupku bersama ayah, ayah tidak pernah berlaku kasar dengan anak-anaknya. Ayah adalah seorang lelaki yang sangat penyayang dan bertanggungjawab kepada keluarganya.

Setiap hari, ayah selalu memberikan kalimat motivasi kepada kami meskipun ayah tidak berendidikan tinggi, namun ayah selalu berusaha menyekolahkan anak-anaknya sampai pendidikan tinggi.

Contoh Biografi Orang Tua

Contoh Biografi Singkat keluarga

Orang tua adalah dua orang pertama yang aku kenal dan aku sayangi di dunia ini. Ibuku bernama Haniyati dan ayahku bernama Bambang Suprapto. Mereka menikah pada saat ibuku berumur 25 tahun dan ayahku 27 tahun, tepatnya pada tanggal 12 Januari 1990.

Setelah menikah 2 tahun, akhirnya mereka dikaruniai seorang anak perempuan pertama yang lahir pada tanggal 5 Juni 1992 bernama Putri Marina, kakakku. Orang tua ku memiliki 3 orang anak. Anak yang pertama adalah perempuan, bernama Putri Marina. Anak kedua adalah perempuan bernama Mikaila Anggraeni serta anak ketiga adalah laki-laki yang bernama Kinan Alfinsyah Pratama. Hidup di keluarga yang religious, ketiga anak-anaknya selalu dididik dengan kasih sayang dan sangat islami. Harapannya supaya kelak menjadi anak yang berbakti dan selalu ingat kepada Tuhannya.

Ibuku bekerja sebagai pebisnis di bidang fashion. Ia telah membuka butik di salah satu mall di Solo. Ibu juga mempunyai took online yang kini sudah mulai terkenal di sosial media. Sedangkan ayahku bekerja sebagai Dosen di salah satu Universitas di Solo, Ia juga diamanati menjabat sebagai Ketua Jurusan. Kedua orang tuaku memang sangat sibuk, tetapi mereka selalu berusaha untuk tetap memperhatikan anak-anaknya.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan dan juga contoh biografi singkat. Penting untuk diingat saat menulis biografi, yakni 1) Beri judul; 2) Ceritakan hal-hal yang menarik dan inspiratif yang terdapat pada kehidupan tokoh biografi; 3) Usahakan hal-hal yang diceritakan dapat memotivasi pembaca; dan 4) Memiliki daya Tarik yang tinggi.

One Reply to “Contoh Biografi Singkat | Siswa, Teman, Orang tua, Diri sendiri,…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.