Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi (Singkat, Padat, Jelas)

Contoh Biografi Diri Sendiri Lengkap

Contoh Biografi Diri Sendiri – Berbeda dengan anggapan sebagian orang, sebenarnya membuat sebuah biografi atau autobiografi tidaklah sesulit yang  dibayangkan. Memang perlu trik khusus untuk membuat teks sejenis biografi atau autobigrafi menjadi karangan yang enak untuk dibaca dan mudah dipahami. Terlebih jika kamu punya misi agar biografi yang kamu buat mendapatkan komen, ‘like’ atau setidaknya mendapat view dari target pembaca kamu.

Biografi memiliki perbedaan dengan autobiografi. Kalau autobiografi ditulis sendiri untuk menceritakan diri sendiri, maka biografi ditulis orang lain untuk menceritakan seseorang. Tetapi pada umumnya keduanya memiliki tujuan yang sama. Keduanya juga bisa menggunakan sudut pandang orang pertama atau sudut pandang orang ketiga dalam penulisanya.

Pengertian Biografi

 

Contoh Biografi Diri Sendiri Lengkap

Sebelum sampai ke contoh penulisan biografi, kita kenalan dulu dengan pengertian biografi. Pengertian biografi adalah tulisan yang membahas atau menceritakan kehidupan seseorang.

Biografi tersusun dari kata bios dan graphien. Keduanya berasal dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis.

Mengapa Orang Membuat Biografi?

Ada berbagai macam tujuan orang menuliskan sebuah karya biografi; baik itu sebagai:

  • Pengenalan seorang tokoh,
  • menonjolkan sisi inspiratif seorang tokoh,
  • sebagai upaya memperkenalkan sebuah produk atau merupakan misi dari tokoh tersebut agar mengundang pembaca melakukan hal yang diinginkan si penulis.

Tujuan lain dari penulisan biografi juga bisa kita lihat dari proses penerimaan karyawan baru. Proses perekrutan hampir selalu diawali dengan melihat data diri atau biografi pelamar.

Hal ini bertujuan untuk menentukan apakah pelamar memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, atau sekadar untuk mengenal gambaran kepribadian pelamar tersebut. Bahkan untuk beberapa kasus, tanpa melewati proses interview dan segala macam test serta tetek bengek lainnya, sang pelamar sudah bisa masuk kerja.

Hal itu dikarenakan biografi yang ditulis dengan baik sehingga mampu membius pihak perusahaan untuk segera dapat mengadopsinya sebagai ujung tombak perusahaan.

Walaupun tujuan penulisan biografi itu berbeda-beda setiap orangnya, bukan berarti kita bisa sembarangan saja menulis apa saja yang kita inginkan dalam biografi kita. Tetap ada batasan-batasan dan garis demarkasi yang harus kita patuhi.

Isi Biografi yang baik adalah :

  1. ditulis secara jujur dan apa adanya.
  2. Jangan berlebihan dalam menghayal.
  3. Boleh-boleh saja jika kita ingin menonjolkan sisi baik si tokoh, namun tetap dalam koridor kebenaran.
  4. Jangan karena ingin membius pembaca, maka kita mengarang cerita kalau si tokoh ini pernah mencapai sukses A, B, C dst…padahal kenyataannya tidak demikian. Alih-alih mendapatkan pembaca, biografi yang kita tulis justru akan langsung ditolak oleh khalayak karena dianggap sebagai penyebar konten hoax.

Selain itu, sebelum menulis biografi atau autobiografi, kita harus mencari tahu dulu kebenaran segala sesuatu yang terkait dengan penulisan nama, tempat, dan tanggal yang sebenarnya.

Menuliskan kebenaran tentang seseorang bisa jadi sangat mudah apabila kita memang mengenal si tokoh tersebut, namun jika kita tidak mengenal tokoh secara personal, maka ada baiknya untuk melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu.

Nggak lucu kan kalau ternyata nama nama orang tua tokoh tersebut salah atau tanah kelahirannya keliru. Bukan hanya merugikan sang tokoh, namun bisa jadi kita akan dituntut pihak yang merasa dirugikan tersebut. Repot sekali, bukan?

Jadi, sebaiknya sebuah biografi itu ditulis dengan sebenar-benarnya dan sejelas-jelasnya.

Ingat, biografi bukanlah bukan karangan fiksi hasil dari daya imajinasi kita, melainkan sebuah karangan yang berdasarkan pada kenyataan. Hal lain yang juga harus kita perhatikan dalam menulis biografi adalah pesan moral yang ingin kita sampaikan.

Sebuah biografi sebaiknya mengandung pesan moral yang baik yang bisa mengajak pembaca melakukan sesuatu yang baik pula. Seperti kisah tokoh yang menginspirasi, caranya melalui peristiwa penting yang pernah dialami, atau cerita masa lalu yang terkesan biasa namun penuh daya tarik karena ‘biasa’nya tersebut.

Jenis Teks Biografi

Sebelum menulis biografi, setidaknya ada dua jenis teks biografi yang harus kita ketahui:

1. Biografi

Penulisan biografi biasanya ditulis oleh orang ketiga. Posisi penulis sebagai orang ketiga memberikan sudut pandang yang lebih obyektif dalam teks. Orang lain biasanya memberikan penilaian yang lebih obyektif dibandingkan diri kita sendiri. Hal ini berlaku pula pada penulisan biografi. Contoh penulisan hasil karya sudut pandang orang ketiga adalah sebagai berikut:

Shidiq Ivander Kamilan Dewabrata adalah sosok atlet renang tangguh yang dimiliki Pemda Jawa Barat saat ini.

Sudut pandang orang ketiga umumnya menggunakan kata ganti nama, bukan ‘aku’ atau ‘saya’.

2. Autobiografi atau biografi diri sendiri

Penulisan Autobiografi atau biografi diri sendiri ditulis oleh sang tokoh itu sendiri. Jenis teks autobiografi biasanya banyak kita temui dalam lamaran pekerjaan. Sang tokoh yang notabene adalah dirinya sendiri hendak memperkenalkan dirinya ke khalayak umum, atau menjual keahlian dan pendidikan yang dimilikinya.

Itulah mengapa autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama. Misalnya dengan kata ‘aku’ atau ‘saya’.

Contoh penulisan biografi diri sendiri:

Saya adalah seorang atlet renang yang masuk dalam tim renang inti Jawa Barat saat ini.

Struktur Penulisan Biografi Diri Sendiri

Tiap biografi yang dibuat, pasti memiliki struktur. Struktur penulisan biografi umumnya terdiri dari: orientasi (pengenalan) dan peristiwa penting

1. Pengenalan (orientasi) Biografi diri sendiri

Pada bagian awal ini, hendaklah kamu menyebut dengan jelas nama lengkap kamu, kalaupun kamu memang berkenan kamu dapat menuliskan nama lengkap kedua orang tua kamu lengkap dengan saudara-saudara yang kamu miliki.

Setelah itu, sebutkan tahapan sekolah yang pernah kamu kecap mulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir. Akan lebih baik bila kamu sertakan tahun dan peristiwa istimewa apa yang terjadi pada saat itu. Misalnya pada saat SMU kamu meraih juara Musabaqoh Tilawatil Qur’an di Aceh.

Atau saat SMP kamu mempelopori aktifitas daur ulang sampah yang melibatkan murid-murid di sekolah kamu berlomba-lomba mengumpulkan sampah karena akan disetorkan ke bank sampah dan ujungnya mendapat upah.

Mari kita amati contoh penulisan pengenalan dalam biografi diri sendiri seperti yang ada di bawah ini:

Nama saya Elysia Rahmah, anak pertama dari tiga saudara. Saya lahir di Bandung, 19 Juni 2000. Menempuh pendidikan dasar pada tahun 2005-2011. Dilanjutkan ke tingkat SMP di tahun 2011-2014. Saya menyelesaikan pendidikan SMU pada tahun 2017. Selanjutnya saya menempuh pendidikan tinggi di Institute teknologi jurusan Teknik Kimia.

Sampai saat ini, selain mengambil perkuliahan sebagai pendidikan formal, saya juga seorang licensed swimming official yang telah aktif tergabung dalam tim official dan wasit renang bersertifikat yang telah terdaftar di kota Bandung.

2. Peristiwa Penting

Setiap orang pasti mengalami berbagai peristiwa penting dalam hidupnya, dan tidak semua orang memiliki peristiwa penting yang sama satu sama lain. Begitupun halnya dengan tokoh yang akan kamu tulis biografinya atau diri kamu sendiri. Peristiwa penting dalam hidup yang belum tentu dialami oleh orang lain merupakan nilai tambah biografi kamu. Contoh-contoh peristiwa penting adalah sebagai berikut:

  • Peristiwa yang merubah jalan hidup atau memberi inspirasi dan motivasi

Kamu bisa menuliskan beberapa peristiwa yang baik secara langsung ataupun tidak telah merubah hidup kamu.

Contohnya:

Setiap sebulan sekali aku wajib mengikuti pelajaran renang yang diselenggarakan oleh gurunya. Setiap kali berada di kolam, aku selalu berdiam diri di sudut kolam. Tanpa berani memasukkan kepala ke dalam air, tanpa berani bermain agak ke tengah, selalu menjadi si pendiam yang tidak banyak bergerak.

Aku selalu mendapatkan nilai kurang pada saat pelajaran renang berlangsung. Banyak yang mengejek dan mencemooh. Sejak saat itu, aku berkeinginan untuk bisa berenang. Bukan hanya untuk mendapatkan nilai bagus, bahkan lebih dari itu. Aku bertekad kuat untuk menjadi seorang atlet renang Indonesia. Aku terus berlatih dan berlatih, tidak ada lagi ketakutan saat berada di kolam. Saat di daratpun aku selalu melatih kemampuan dan kecepatan otot-ototnya.

Sekarang Aku telah menjelma menjadi seorang atlet renang Jawa Barat yang selalu disegani baik oleh lawan maupun kawan.

  • Pencapaian yang diraih

Pada bagian ini kamu bisa menuliskan berbagai prestasi yang telah berhasil kamu raih baik dalam bidang pendidikan maupun bidang out of school lainnya yang bisa menjadi inspirasi dan role model untuk masyarakat luas.

Contohnya:

Pada saat memasuki pendidikan menengah pertama, Echa memang sudah berniat untuk bergabung di ekstrakulikuler Paskibra di sekolahnya. Hampir setiap minggu dapat dipastikan Echa tengah bergelut dengan segala macam barikade dan atribut lengkap pakaian pengibar bendera.

Kerja kerasnya berbuah manis, hingga pada suatu hari tim Paskibra SMP Echa diundang untuk menjadi tim pengibar bendera sekota Bandung pada upacara kemerdekaan RI tahun 2013 yang lalu. Walaupun belum berhasil mencapai tingkat nasional, namun Echa dengan semangat 45 nya tetap berharap bahwa sumbangsihnya sebagai tim Paskibra akan tetap menjadi kenangan dan tersimpan rapi dalam catatan sekolahnya tercinta.

  • Pengalaman kerja atau usaha

Bila kamu sudah memiliki pengalaman kerja, sebaiknya dituliskan jenis jabatan, tahun bekerja, tahun resign, job desk yang menjadi tanggung jawab kamu dan sedikit ilustrasi mengenai perusahaan dimana kamu bekerja.

Kalau kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu dapat skip bagian ini atau bisa kamu sebutkan fresh graduate saja.

Contohnya:

Shaquila Earlene Tabina pernah menjabat sebagai senior desainer baju muslimah di perusahaan branded xxxx yang telah merancang desain-desain baju muslimah yang sangat stylish dan sukses menembus pasar international. Pada tahun 2016, beliau bahkan sempat diundang ke Washington DC untuk dapat secara langsung memperagakan baju-baju hasil design tangannya sendiri. 

Sukses diraup dengan laris manisnya baju-baju tersebut terjual habis. Belum lagi tawaran kontrak kerja dengan sebuah perusahaan design asal Florida yang membutuhkan design baju muslimah yang cocok untuk musim dingin.

  • Akhir kalimat

Bagian akhir sebenarnya adalah bagian klimaks dari seluruh intisari biografi yang ingin penulis sampaikan. Bagian akhir merupakan bagian yang akan mempengaruhi pembaca untuk berniat untuk mengikuti apa dan bagaimana seorang tokoh tersebut dapat meraih sukses.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan contoh penulisan biografi diri sendiri yang mengacu pada format yang telah kita bahas sebelumnya.

Contoh Biografi Diri Sendiri 1

Namanya Nandi Sumirat. Lahir pada tanggal 3 Desember 2004 di kota Bandung. Sebagai anak kembar, Nandi memiliki saudara kandung bernama Nkamu Sumirat.

Ayahnya seorang kuli bangunan sementara ibunya adalah pengasuh anak-anak tetangga yang kebetulan ibunya adalah seorang wanita karier.

Pada tahun 2010 Nandi pertama kali mengecap pendidikan dasar di kota Bandung yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Dilanjutkan tahun 2016 ke SMP yang juga tidak jauh dari kediamannya. Saat sekolah usai pada siang hari, Nandi biasa menjajakan minuman ke perkampungan sekitar rumahnya. Dengan kerja kerasnya itulah Nandi hingga saat ini sanggup membiayai uang sekolahnya sendiri.

Contoh Biografi Diri Sendiri 2

Alexandra adalah seorang perawat yang telah mendedikasikan dirinya selama puluhan tahun di dunia kesehatan. Beliau lahir pada tanggal 18 September 1974 di kota kecil administratif Cimahi. Mengawali sekolah dasar sampai tingkat perkuliahan di kota yang sama.

Berbekal ilmu yang dimilikinya, Alexandra mencoba peruntungan di kota metropolitan Jakarta. Bekerja sebagai tenaga medis di bagian emergensi membuatnya selalu ditempatkan di pulau-pulau luar Jawa. Perusahannya yang bonafide itu memang memiliki rekanan dengan perusahaan tambang yang selalu membutuhkan tenaga medis di dunia offshore.

Hingga kini Alexandra selalu membaktikan dirinya terhadap kemanusiaan dan dunia sosial yang menjadi wadah penyalur rasa bakti dan sumbangsihnya pada negeri ini. Baginya tidak ada yang lebih berharga selain memberikan kesempatan kedua terhadap para pasiennya yang selamat dari maut.

Contoh Biografi 3

Contoh Biografi Lengkap

Contoh Biografi 4

Contoh Biografi Diri Sendiri

Demikianlah contoh biografi diri sendiri. Untuk bisa menulis biografi dengan baik ada dua syarat yang harus dipenuhi. Mengenal apa dan siapa yang akan ditulis dengan baik, dan bisa merangkai kata dengan baik. Jadi berlatihlah untuk menulis.

0 Replies to “Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi (Singkat, Padat, Jelas)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.