Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di tanah air juga melimpah. Apalagi negara ini sedang menyongsong bonus demografi, dimana sebagian besar isinya adalah anak-anak muda yang saat ini masih menempuh pendidikan sekolah.

Melihat potensi yang ada, pemerintah menginginkan adanya data akurat untuk setiap peserta didik yang bernaung dibawah sekolah Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. Untuk itulah diciptakan sebuah nomor induk bagi siswa yang dikenal dengan NISN.

Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Apa itu NISN

NISN singkatan dari kata Nomor Induk Siswa Nasional. Pengertian dari NISN sendiri adalah sebuah nomor atau kode yang unik, standar dan berlaku sepanjang masa siswa mengikuti segala macam bentuk pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah Indonesia di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pengelolaan nomor atau kode NISN ini berdasarkan ketentuan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan bagian dari program kerja Dapodik ( Data Pokok Pendidikan ) dari Kemendikbud.

Bentuk akhir dari hasil kerja sistem pendataan siswa ini akan dapat dilihat dan dipelajari di situs resminya yaitu http://nisn.data.kemdikbud.go.id

Dengan adanya NISN ini akan mempermudah menelusuri setiap siswa yang pernah mengikuti segala jenis pendidikan di sekolah-sekolah yang memiliki NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud.

Sistem yang terorganisir secara online ini dapat dipergunakan seumur hidup. Hal ini sangat membantu agar siswa dapat melihat riwayat perjalanan pendidikannya sedari tingkat dasar sampai tingkat tinggi.

Tujuan dan Manfaat NISN

Tujuan dan manfaat NISN ini ada beberapa yang dapat kita ketahui antara lain:

  1. Agar dapat mengenal dan mengindetifikasi setiap peserta didik di bawah naungan negara Indonesia secara individu, standar dan berkesinambungan. Dengan adanya NISN ini berarti tidak akan ditemukan kesalahan dalam mengindetifikasi setiap siswa baik yang memiliki kesamaan nama, tempat tinggal dan tanggal lahir.
  2. Menjadikan pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online yang dapat diakses oleh semua unit kerja di Kemendibud, Disdik Daerah hingga ke satuan terkecil yaitu sekolah-sekolah itu sendiri. Pusat layanan ini bersifat standar, terpadu dan terpercaya berdasarkan kepada teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru.
  3. Menjadikan sistem NISN sebagai program pendukung di setiap program kerja Dapodik yang meliputi perencanaan pendidikan dan statistik Pendidikan. Hal ini pun mampu menunjang segala bentuk perencanaan yang berkaitan dengan BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ), UN ( Ujian Nasional ), PIP dan SNMPTN.
  4. Membantu siswa yang berkeinginan menempuh pendidikan homeschooling maupun informal, untuk selanjutnya mengambil jalur formal untuk pendidikan tingkat tinggi.
  5. Karena NISN ini bersifat unik dan tidak akan keliru satu sama lain, maka setiap siswa tidak perlu direpotkan untuk selalu mengganti NISN setiap kali berpindah sekolah atau melanjutkan sekolah. Setiap siswa hanya memiliki satu NISN untuk seumur hidup.

Cara Cek NISN Online

Oleh karena sistem penyimpanan data NISN ini sudah mulai online, artinya dapat diakses dimanapun asalkan terdapat jaringan internet yang memadai. Secara komputerisasi data NISN ini bersifat akurat, unik dan akuntabel. Jika kita ingin mencari NISN seseorang, kita hanya perlu mengakses ke website resminya yaitu : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Disana kita akan diarahkan untuk memasukkan data nama siswa dan tanggal lahir. Namun adakalanya kita tidak tahu pasti pengejaan nama siswa, maka akan muncul beberapa nama yang sama beserta tanggal dan tempat lahir. Kita tinggal memilih nama yang sesuai dengan yang kita maksudkan.

Berikut cara cek NISN siswa:

  • Berkunjungi website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
  • Masukkan NISN Siswa yang ingin kamu lihat. Kemudian klik tombol “Cari”.Cara Cek NISN Online
  • Tetapi bila kamu tidak tahu NISN nya, kamu bisa cari dengan memasukkan nama siswa, tanggal lahir dan tempat lahir.Cek NISN Online Melalui Nama

Bila data yang anda tuliskan sesuai dengan, maka muncul NISN siswa anda seperti gambar di bawah ini :

hasil cek nisn siswa

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa cek NISN siswa melalui aplikasi android. Caranya:

  • Download aplikasi Cek NISN di Play Store atau klik disini
  • Buka aplikasi, dan silakan cek NISN dengan cara mengetik Nomor NISN Siswa atau dengan mengetik Nama SiswaCek NISN Online

Data NISN Tidak Keluar

Untuk beberapa kasus yang sangat jarang, ada beberapa nama ketika kita masukkan tidak keluar nomor NISN nya. Untuk itu ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya antara lain :

  • Proses penginputan data masih dalam proses.
  • Pihak Dapodik belum seluruhnya menerima data siswa dari sekolah-sekolah, biasanya terjadi pada masa penerimaan siswa didik baru.
  • Adanya human error dalam proses pengisian data dimana terjadi kesalahan penginputan data seperti nama dan tanggal lahir.
  • Website NISN nya sendiri sedang mengalami down atau perbaikan.

Jikalau kita hendak mencari data NISN dan ternyata ditemukan kesalahan dalam data yang kita cari, ada baiknya kita segera melakukan pelaporan ke bagian administrasi sekolah. Karena akses terdekat dan tercepat adalah pihak sekolah yang mendaftarkan nama dan data siswa.

Diharapkan jika akan melakukan perbaikan data disertai bukti akte kelahiran, KTP orang tua, data KK dan raport terakhir yang sedang dipegang siswa.

Dengan sistem yang terorganisir dan aksesibel darimanapun kita berada, sudah seharusnya kita mengapresiaisi kerja keras Dapodik yang telah memudahkan proses pembelajaran dan pengindetifikasian siswa didik di negara Indonesia ini.

Adapun untuk beberapa kasus yang dapat saja terjadi seperti diatas telah dibahas bahwa tidak keluarnya nomor NISN, maka kita dapat langsung mengajukan pertanyaan ke pusat layanan NISN di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/dyn/7

Frequently Asked Questions (FAQ) Seputar NISN

Saya belum memiliki NISN, bagaimana cara memperolehnya?

1. Dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti pada permasalahan sebelumnya (diatas)
2. Jika siswa tidak ditemukan, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan 3. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN;
3. Mencetak formulir-formulir tersebut;
4. Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual;
5. Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal;
6. Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : [email protected] untuk diberikan NISN.

Bagaimana langkahnya melakukan perbaikan biodata NISN? Sebab yang tercantum tidak cocok dengan akta kelahiran?

1. Silahkan unduh (ambil) formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada menu FORMULIR PENGAJUAN;
2. Cetak formulir itu;
3. Isi formulir itu dengan cara manual;
4. Menyerahkan pada operator tingkat sekolah di mana NISN itu di keluarkan;
5. Untuk pihak sekolah, bisa mengirim formulir yang telah diperbaiki itu ke PDSP lewat e-mail : [email protected]

Di sekolah saya yang saat ini ditanyakan NISN. Walau sebenarnya saat lulus dari sekolah sebelumnya tidak diberi NISN?

1. Disarankan terlebih dulu untuk melakukan jalan keluar sama dengan persoalan No.1 di atas;
2. Bila tidak diketemukan, silahkan unduh (ambil) formulir peserta didik (F-PD) serta formulir A.1. mengajukan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id lewat menu FORMULIR PENGAJUAN;
3. Cetak formulir-formulir itu;
4. Isi formulir-formulir itu dengan manual;
5. Menyerahkan pada operator NISN/NPSN sekolah asal.
6. Buat pihak sekolah bisa kirim formulir A.1. itu ke PDSP lewat e-mail : [email protected] untuk diberikan NISN.

Kartu NISN saya hilang, datanya ada juga yang salah, bagaimana ini?

Bila berlangsung kekeliruan, rusaknya atau kehilangan kartu NISN, silahkan dilaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah di mana NISN itu diedarkan.

Bagaimana bila ada 1 orang siswa mempunyai 2 (dua) NISN? NISN yang manakah yang di dipakai.

NISN yang dipakai ialah NISN yang telah dipakai menjadi alat administrasi serta validasi oleh siswa di sekolahnya. Bila tidak, NISN yang dipakai ialah NISN yang sangat kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak dipakai minta selekasnya melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk selekasnya dihapus.

Selain itu pula ada beberapa pertanyaan yang mungkin sudah pernah diajukan orang lain sebelum kita yang memiliki masalah yang sama, dapat kita lihat di sini : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/dyn/8

Semoga dengan adanya sistem pemprograman NISN ini dapat kita manfaatkan untuk mempermudah berlangsungnya proses pembelajaran dan kelanjutan tingkat pendidikan siswa didik di negara Indonesia ini. Diharapkan tidak ada kesalahan dalam pengidentifikasian setiap siswa untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ada pertanyaan atau komentar?