3 Cara Upload Video ke Youtube Melalui Hp Android Lengkap +Gambar

Cara Upload Video ke Youtube – Banyak hal menarik yang bisa kita lakukan dengan Youtube. Termasuk juga upload video di Youtube. Dari video yang kita upload inilah, kita bisa dapatkan penghasilan berupa pundi-pundi rupiah. Atau kita bisa pula hanya sekadar berbagi video.

Upload video bisa kita lakukan melalui komputer atau laptop dan bisa pula kita lakukan melalui android. Untuk upload video melalui youtube, kamu bisa baca tulisan saya: Cara Upload Video di Youtube melalui PC atau komputer.

Sementera untuk kali ini, kita akan ulas cara upload video di youtube melalui android

Cara Upload Video Ke Youtube Lewat Ponsel Android

Setelah saya buka-buka android kesayangan saya, setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk upload video di Youtube melalui Anndroid. Cara pertama, melalui galeri, cara kedua melalui aplikasi youtube dan yang ketiga melalui browser. Cara ini juga bisa kamu gunakan di iPhone.

#Melalui Galeri HP

Sebelum kamu bisa upload video di youtube, siapkan terlebih dahulu video yang akan kamu upload di Android.

  1. Pertama-tama, silakan buka galeri dimana tempat kamu menyimpan video, bisa di memori internal, bisa pula di memori eksternal. Yang pasti harus kamu buka melalui android ya.Cara Upload Video ke Youtube Lewat Hp Android
  2. Selanjutnya tekan agak lama video yang akan kamu upload sampai muncul tanda centang.pilih video
  3. Di bagian bawah, kamu akan melihat menu kirim. Silakan tab ‘kirim’. Dibeberapa jenis ponsel, kadang tidak ada menu kirim., yang ada adalah menu share atau bagi. Apapun namanya, pada dasarnya fungsinya sama.
  4. Selanjutnya akan muncul banyak pilihan kemana kamu akan kirim video kamu, salah satunya adalah Youtube. Maka tab ikon Youtube untuk upload video.klik ikon youtube untuk upload video
  5. Kamu akan diarahkan langsung ke aplikasi Youtube.
  6. Jika kamu baru pertama kali akan melakukan upload video di youtube, maka kamu perlu membuat channel terlebih dahulu. Ponsel skan secara otomatis meminta kamu membuat channel. Silakan kamu buat channel dengan nama yang kamu inginkan lalu klik BUAT CHANNEL. Kali ini saya akan menggunakan nama saya Lita Lia_jbuat channel youtube mu
  7. Tunggu proses loading, maka kamu akan di arahkan ke halaman tambahkan detail video.
  8. Disini, kamu perlu menambahkan keterangan video. Kamu juga bisa tambahkan musik, tag dan lainnya. Kamu juga bisa lakukan editing terlebih dahulu pada video. Silakan kamu isi keterangan video apa yang kamu upload di menu diskripsi, lalu pilih juga privasi video. Apakah ingin publik (bisa dilihat siapa saja), Unlisted (hanya kamu dan yang kamu beri link yang bisa melihat), Private (hanya kamu yang dapat melihat) atau bisa juga scheduled (terjadwal). Untuk lebih jelasnya, silakan kamu perhatikan gambar di bawah ini.
  9. Tag, diskripsi, dan privasi video sangat menentukan tingkat keterbacaan video yang kamu upload di Youtube. Usahakan memberi title dan diskripsi yang sesuai dengan isi video yang kamu upload.
  10. Jika sudah selesai semua seperti yang kamu harapkan, selanjutnya tekan ikon pesawat yang ada di pojok kanan.klik ikon pesawat untuk upload
  11. Tunggu sampai proses upload selesai.
  12. Jika ingin memutar video, klik saja video yang telah selesai di upload
  13. Jika ingin membagikan video, kamu bisa klik ikon tanda panan yang terletak di samping kanan atas. Kamu bisa bagikan video ke beberapa media sosial kamu. Bisa ke whatsApp, BBM, dan lainya.

Cara di atas, sangat gampang. Tetapi masih banyak yang belum tahu cara upload video di Youtube melalui Hp android sebagaimana disebutkan di atas.

Baca juga: 4 Cara Download Video di Youtube Dengan Cepat

#Melalui Aplikasi Android

Dibanding dengan cara upload video pertama, cara yang kedua ini lebih populer. Yaitu langsung membuka aplikasi Youtube dan upload video.

  1. Pertama-tama, silakan buka aplikasi youtube
  2. Selanjutnya ikon kamera yang terletak di bagian atas. dari ini, kamu bisa memilih video yang akan kamu upload dari galeri, atau langsung ambil video dari kamera.pilih video
  3. Jika kamu memilih ke galeri, maka kamu akan di arahkan langsung ke media penyimpanan video, silakan kamu pilih video yang ingin kamu upload.
  4. Kamu juga bisa pilih buat video dari kamera. Itu artinya video yang akan kamu upload belum kamu buat. Silakan membuat video terlebih dahulu.Cara Upload Video ke YouTube Melalui Aplikasi Android
  5. Nah berikutnya, jika kamu baru pertama kali akan melakukan upload video di youtube, maka kamu perlu membuat channel terlebih dahulu. Silakan kamu buat channel dengan nama yang kamu inginkan lalu klik BUAT CHANNEL. Kali ini saya akan menggunakan nama saya Lita Lia_j

Sampai disini, silakan lanjutkan cara upload video di Youtube melalui Hp android, sama dengan cara pertama poin nomor 7.

Baca juga: 5 Cara Download Lagu dari Youtube dengan Cepat

#Melalui Browser

Perlu diingat, cara ini hanya berlaku bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi youtube di hp android kamu. Jika ada aplikasi bawaan bernama Youtube, maka cara ini tidak akan bisa kamu gunakan. Sebab kamu akan di arahkan ke aplikasi begitu kamu ingin upload video di youtube melalui browser.

  1. Pertama-tama, silakan buka situs youtube.com di browser kamubuka situs youtube.com di browser kamu
  2. Selanjutnya tekan ikon bergambar manusia yang terletak di bagian atas samping kanan.
  3. Maka kamu akan melihat gambar panah, tab lah ikon tersebut. Maka kamu akan diarahkan langsung ke media penyimpanan video, silakan kamu pilih video yang ingin kamu upload.pilih video

Langkah selanjutnya sama dengan langkah pada cara pertama poin nomor 6. Jadi silakan baca tulisan di atas saja.

Akhir Kata

Saran saya, sebelum kamu upload video jangan lupa untuk melakukan proses editing terlebih dahulu. Video yang kamu upload sebaiknya berkualitas baik isi dan pixelnya.

Ada pertanyaan atau komentar?