Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong (Crop)

Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong (Crop), Hai, netizens, terkhusus buat kalian yang hobi banget posting foto di media sosial. yups, hari gini siapa sih yang nggak punya akun media sosial? mesti kalian punya beberapa akun seperti facebook, twitter, instagram, line, WA, BBM, bahkan channel youtube.

Dari sekian media sosial, instagram menjadi pilihan favorit bagi para kawula muda untuk memajang foto terbaik dari terbaik yang dimiliki. Gimana nggak, kalau fitur efek fotonya sangat beragam dan hasilnya bisa semakin bagus. Sebelumnya, apakah kalian tahu kenapa aplikasi ini dinamakan instagram?

Instagram yang diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Kreiger ini merupakan singkatan dari dua kata yaitu instan dan telegram. Jadi, instagram adalah aplikasi untuk mengunggah foto secara instan dalam rangka memberikan informasi dengan cepat kepada banyak orang.

Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong

Tapi, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh instagram seperti terpotongnya foto jika ukuran foto yang akan diposting tersebut tidak sesuai dengan ukuran yang ada dalam aplikasi, yaitu 640pixcel x 640pixcel.

Bahasa gampangnya adalah, jika foto yang ingin kamu upload itu berbentuk persegi panjang entah vertikal atau horizontal, foto tersebut akan terpotong menjadi persegi. Sehingga, kamu mungkin akan sedikit kecewa karena ada beberapa bagian penting dalam foto kamu yang tidak nampak ketika sudah terunggah.

Bagaimana cara cerdas untuk mengakali masalah tersebut? Solusinya adalah dengan mengedit foto kamu terlebih dahulu. Jangan khawatir, kamu nggak perlu edit-edit melalui photoshop kok. Kan ribet. Mana harus pakai laptop atau komputer lagi. Kamu hanya perlu mencari aplikasi edit foto di playstore androidmu.

1. Menggunakan Aplikasi Instasize

Ada banyak sekali pilihan aplikasi. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu dengan melihat review yang ada di kolom bawah aplikasi. Kalau mau rekomendasi, aplikasi instasize mungkin cocok untuk kamu gunakan.

Kenapa? Karena selain bisa membuat ukuran fotomu menjadi persegi, kamu juga bisa menambahkan filter, efek, tulisan, dan bingkai menarik yang lucu-lucu. Mau tahu cara lengkapnya? Yuk, intip.

  • Buka menu playstore di android kamu lalu unduh dan instal aplikasi bernama instasize. File aplikasi ini tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu lama waktu yang kamu butuhkan untuk download dan instal aplikasi.
  • Beberapa saat kemudian, akan muncul shortcut instasize di layar hape kamu.
  • Klik shortcut tersebut untuk membuka aplikasi instasize lalu pilih satu foto yang ingin kamu edit. Atau kamu bisa selfi dulu untuk mendapatkan foto terbaru dan tercute. Itu artinya, kamu harus menyiapkan foto terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi.
  • Sekarang kamu bisa mulai mengedit foto itu dengan menambahkan filter, stiker atau tulisan. Biar lebih kece gitu. Kalau sudah, kamu bisa tap ikon kotak yang ada di pojok kanan atas.
  • Langkah selanjutnya kamu akan menjumpai menu-menu bagikan. Kalau ingin menyimpan di galeri, kamu bisa tap ikon Kalau mau langsung mengunggah ke instagram tap saja ikon instagram lalu tap ikon centang biru di pojok kanan atas.

Beres, kini foto instagram yang akan kamu upload tidak lagi terpotong. Oh ya, cara ini hanya untuk kamu pengguna instagram versi lama. Kalau versi terbaru, silakan gunakan cara kedua.

2. Langsung Menggunakan Instagram

Sebenarnya, tanpa menggunakan aplikasi sama sekali kamu sudah bisa upload foto instagram tanpa terpotong sama sekali. Syaratnya kamu harus menggunakan instagra versi terbaru.

Cara Upload Foto Instagram Agar Tidak Terpotong

Berbeda dengan versi sebelumnya yang mengharuskan foto instagram harus berbentuk persegi bila tidak ingin terpotong, maka pada versi yang terbaru, ketentuan tersebut tidak berlaku. Kamu bisa upload foto dengan ukuran pixel berapapun tanpa terpotong.

Nah, pada tulisan ini, saya menggunakan instagram versi 27.0.0.11.97. Ini adalah versi terbaru ketika tulisan ini saya buat. Jadi jika kamu menggunakan versi lebih lama atau lebih baru, kemungkinan ada sedikit perbedaan tampilan. Mungkin juga ada beberapa fitur yang berbeda.

Saya sarankan untuk selalu melakukan update aplikasi instagram jika ada pembaharuan dari pengembang. Jangan percaya pada teori yang menyebutkan update aplikasi akan menyebabkan aplikasi jadi rusak.

Update aplikasi sangat penting dilakukan untuk menghilangkan bug (masalah) yang terjadi pada aplikasi. Selain itu, update aplikasi juga penting dilakukan untuk memperbarui tampilan dan mendapatkan fitur baru.

Untuk melakukan update aplikasi instagram, kamu hanya perlu buka aplikasi Google Play Store -> lanjutkan dengan tab ikon yang berada di pojok kiri atas -> tab lagi kata “Aplikasi & Game Saya” -> setelah itu, silakan lanjutkan dengan tab aplikasi instagram dan lakukan update.

3. Menggunakan Cara Lain

Jika kamu masih menggunakan instagram versi lama, itu artinya cara kedua tidak berlaku untuk kamu. kamu bisa gunakan cara pertama dalam daftar tulisan ini, atau memilih menggunakan cara ketiga ini.

Kamu bisa gunakan aplikasi lain selain yang ada pada cara pertama. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memotong foto kamu menjadi persegi. Untuk daftar lengkapnya, silakan kamu baca: Aplikasi Edit Foto Terbaik.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan beberapa software edit foto di laptop. Misalnya kamu bisa gunakan photoshop atau corel. Keduanya bisa mengubah foto kamu menjadi persegi. Lebih dari itu, keduanya juga software edit foto instagram yang sempurna.

Akhir Kata

Selesai deh triknya. Mudah kan? Modal jari telunjuk saja kamu bisa mengukir fotomu menjadi semakin menawan dan kece abis. Fotomu juga tidak akan terpotong-potong lagi. Emangnya kambing kurban, dipotong segala?

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read