Cara Upload File & Folder ke Google Drive (Gratis, Mudah dan Cepat)

Menurut kamu dimanakah tempat paling aman dan terpercaya untuk menyimpan rahasia? Jawabanya ada di orang mati. Ya, menyimpan rahasia pada orang mati tidaklah mungkin ada penghianatan. Tapi bagaimana kalau menyimpan data digital, dimanakah tempat paling aman?

Bukan komputer, bukan pula hp dan tidak juga flashdisk atau CD. Melainkan ada di internet. Mengapa? Sebab dibanding dengan tempat menyimpan data digital lainya, menyimpanya di internet jauh lebih aman dari kerusakan. Kamupun bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Salah satu tempat penyimpanan data digital itu bernama Google Drive.

Keterlaluan sekali bila kamu sebagai generasi millenia bila tak tahu apa itu Google Drive. Baca saja tulisan saya: Pengertian Dan Fungsi Google Drive. Saya disini tidak akan menjelaskanya, sebab saya akan membuat kamu sedkit lebih maju. Disini, saya akan bagikan gimana caranya upload file dan folder di Google Drive.

Menyimpan Data Digital di Google Drive

Google drive menyediakan ruang dunia maya secara cuma-cuma kepada para penggunanya. Tiap pengguna mendapatkan ruang mencapai 15GB per satu akun untuk diisi data digital.

Jenis datanya bisa berupa file teks seperti PDF, exel, doc, dan lainya. Bisa pula berupa aplikasi seperti apk, exe dan lain-lain atau bisa pula Audio dan Video dengan formast 3gp, MP4, MKV, MP3, WebMV dan sebagainya.

Dengan begini, kamu bisa menyimpan beragam file, foto dan video kenangan serta karya-karya dalam bentuk dokumen kamu. Syaratnya hanya memiliki akun di Google Drive saja. Ruang ini masih bisa pula ditambah dengan cara membeli dari pihak Google. Dari segi harga, jelas lebih murah bila dibandingkan dengan iCloud milik Apple.

Cara Upload File ke Google Drive dengan mudah       

Cara menggunakan ruang gratis yang disediakan oleh Google Drive untuk para pengguna menyimpan data digital di cloud sangatlah gampang. Yang perlu kamu lakukan hanya mengikuti panduan yang saya berikan tentang cara upload file ke Google Drive berikut ini.

  1. Pastikan kamu telah memiliki akun google mail. Ini adalah syarat mutlak. Sebab layanan hosting gratis sebesar 15GB di Google Drive hanya bisa dinikmati yang punya akun saja. Jika bingung soal bagaimana cara membuat akun gmail, silakan baca: Cara Membuat Email
  2. Bukan browser dan masuk ke Google Drive dengan cara mengetikkan URL berikut atau klik saja alamat http://drive.google.com
  3. Selanjutnya klik Kunjungi Google Drive seperti gambar di bawah ini
  4. Silakan masuk dengan akun Gmail kamu. Mulai dengan masukkan alamat Gmail, lalu klik berikutnya.
  5. Lanjutkan dengan masukkan password dan klik berikutnya.
  6. Kamu akan langsung masuk ke halaman depan Google Drive milikmu. Untuk menyimpan file di Google Drive mulailah dengan klik New yang berada di pojok kiri atas. Lihat gambar di bawah ini.
  7. Kamu akan melihat beberapa pilihan, salah satunya adalah Upload File. Itulah yang harus kamu klik.
  8. Kemudian kamu akan dialihkan ke file explorer, silakan kamu cari file yang ingin kamu upload. Lalu klik Open. Tunggu sampai proses upload file selesai. kali ini saya coba upload file video trailer Attack on Titan Season 3. Ini adalah salah satu anime kesukaanku. Terutama aksi yang ditampilkanya.
  9. Untuk melihat file yang baru saja kamu upload, kamu bisa klik Recent. Sebagai buktinya, kamu bisa lihat video trailer Attack on Titan Season 3 sudah ada di Google Drive saya.

Nah gampangkan. Selanjutnya tinggal kamu saja, mau kamu apakan file yang telah kamu upload. Apakah sekadar kamu simpan atau kamu bagikan dengan teman kamu. Untuk membagikanya, kamu tinggal bagikan url-nya saja.

Cara Upload Folder ke Google Drive

Selain upload file, kamu juga bisa upload folder. Kelebihanya, kamu bisa membuat file yang tersimpan jadi lebih rapi. Sebab terletak dalam satu folder. Jadi filenya tidak terpecah-pecah dan mudah mengorganisasikanya. Untuk caranya, berikut saya jelaskan:

  1. Mulailah dengan masuk ke http://drive.google.com. Lanjutkan dengan login menggunakan akun gmail sebagaimana cara yang telah saya jelaskan pada bagian nomor 1 sampai dengan 5 di bagian subjudul Cara Upload File ke Google Drive dengan mudah.
  2. Setelah itu, klik New yang terletak di bagian kiri atas, silakan lihat gambar di bawah ini.
  3. Kamu akan melihat beberapa pilihan, salah satunya Upload Folder. Silakan klik kata itu.
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke media penyimpanan komputer kamu. Silakan kamu cari folder yang ingin kamu upload ke Google Drive lalu klik OK jika sudah menentukan. Untuk kali ini, saya akan coba upload folder Video yang ada di bagian download penyimpanan komputer saja. kebetulan di dalamnya hanya ada satu video. Yakni video trailer Attack On Titan Season 3.
  5. Selanjutnya tinggal tunggu saja sampai proses upload selesai. Baru setelah itu bisa kamu lihat hasilnya.

Nah itulah cara upload file dan folder ke Google Drive. Sangat mudah bukan? Kamu bisa menggunakan cara di atas baik di laptop maupun di hp. Keduanya sama-sama mudah kamu lakukan. Jika kamu butuh ruang tambahan, silakan lakukan pembelian saja. Yang pasti, penyimpanan berdasarkan awan itu sangat bermanfaat dan aman.

Jika masih ada yang perlu didiskusikan atau kamu bingung bagaimana cara melakukanya, silakan tulis di kolom komentar. Saya akan menjawabnya untuk kamu.

Ada pertanyaan atau komentar?