Cara Unreg Registrasi Telkomsel, Axis, XL, Indosat Ooredoo, dan Tri

Cara Unreg Kartu Telkomsel, Axis XL, Indosat Ooredoo dan Tri – Beberapa bulan lalu, pemerintah memberlakukan kebijakan satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan maksimal tiga nomor kartu SIM. Nomor NIK atau Nomor Induk Keluarga bisa kita lihat di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sayangnya, sejak internet murah masuk ke tanah air, kita sering gonta-ganti kartu. Padahal satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar sebanyak 3 kali. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Peraturan ini bertujuan agar nomor yang dimiliki, bisa tercatat dengan jelas. Walaupun tetap kamu bisa memiliki nomor keempat. Hanya saja kamu harus mendaftarkanya di gerai milik operator bersangkutan. Menurut Menteri Menkominfo, Rudiantara, peraturan ini melindungi pengguna dari tawaran di luar kehendak, misalnya penipuan, promosi, dan sebagainya. Serta memberi kenyamanan privasi bagi pengguna.

Sebenarnya selain mendaftarkan nomor di gerai operator bersangkutan, kita bisa juga melakukan unreg pada nomor yang sudah tidak terpakai. Tujuanya agar NIK bisa kita gunakan mendaftarkan sim card kembali.

Operator telekomunikasi seluler Telkomsel, Axis, XL, Indosat Ooredoo, dan Tri memberi fasilitas unreg untuk pengguna yang registrasi kartu dengan Kartu Keluarga (KK) dan NIK KTP. Fasilitas tersebut bisa diakses melalui ponsel berupa menu USSD dan SMS atau pun website.

Cara Unreg Kartu Telkomsel, Axis XL, Indosat Ooredoo dan Tri

Cara Unreg Registrasi Semua Operator

Pada kesempatan kali ini saya sedang berbaik hati. Saya akan membagikan bagaimana cara unreg registrasi pendaftaran pada semua operator. Mulai dari Telkomsel, Axis, Xl, Indosat dan Tri.

Berikut ini adalah tahapan proses unreg yang bisa kamu lakukan.

Cara Unreg Registrasi Telkomsel

Pelanggan kartu Telkomsel bisa melakukan proses unreg dengan mengakses menu USSD. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Di menu telepon ponsel, ketik dial *4444# untuk mengakses menu USSD,cara unreg telkomsel
  2. Berikutnya kamu akan melihat tampilan menu baru. Pada tahap ini pilihlah poin no 3 atau UNREG,
  3. Selanjutnya masukkan 16 digit NIK kamu
  4. Setelah selesai, pilih Kirim.

Ada baiknya sebelum kamu melakukan unreg registrasi telkomsel kamu menyiapkan NIK terlebih dahulu. Sebab kamu akan membutuhkanya saat proses unreg registrasi. Tanpa ada NIK, unreg registrasi tidak akan bisa kamu lakukan.

Cara Unreg Registrasi Axis dan XL

Sejal XL bergabung dengan Axis, hampir semua layanan keduanya serupa. Begitu juga ketika kamu ingin melakukan unreg registrasi pada kartu Axis dan XL, keduanya bisa kamu lakukan dengan cara yang sama.

Pelanggan kartu Axis dan XL bisa melakukan proses unreg dengan dua cara, yakni melalui menu USSD dan SMS. Dua cara ini sama-sama bisa kamu gunakan, jadi tinggal pilih salah satu cara yang menurut kamu paling gampang saja.

  • Untuk proses unreg dengan menu USSD baik pada kartu Axis maupun kartu XL bisa kamu lakukan dengan buka panggilan, lalu ketik dial ke *123*4444#. Perlu diingat, bahwa nomor yang kamu gunakan untuk memanggil adalah nomor yang memang ingin dibatalkan registrasi atau unreg. Sebab cara ini akan secara otomatis membatalkan registrasi nomor kartu Axis atau XL kamu tanpa perlu memasukkan NIK lagi.cara unreg axis dan xl
  • Berikutnya untuk yang ingin melakukan unreg registrasi Axis dan XL menggunakan SMS. Silakan kamu mulai dengan buka aplikasi perpesanan kamu, lalu ketik format UNREG#nomor ponsel Anda#. Contoh: UNREG#0812345678#. Kemudian, kirim ke 44444. Detailnya, silakan kamu lihat gambar yang saya siapkan di bawah ini.cara unreg axis dan xl 2

Mudah bukan cara unreg registrasi Axis dan XL. Kamu tinggal pilih mana yang kamu anggap mudah saja.

Cara Unreg Registrasi Indosat Ooredoo

Berikutnya buat kamu para pelanggan Indosat, salah satu kartu sejuta pelajar karena murah meriah. Pelanggan operator Indosat Ooredoo dapat melakukan proses unreg hanya dengan melalui SMS. Untuk yang ingin Unreg Registrasi kartu Indosat Ooredoo bisa kamu lakukan dengan:

  1. Buka aplikasi perpesanan bahwaan android kamu.
  2. Ketik UNPAIR#nomor ponsel Anda#. Contoh UNPAIR#0812345678#.cara unreg im3 indosat ooredoo
  3. Kemudian kirim ke 4444.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa lihat gambar yang telah saya siapkan di bawah ini.

Cara Unreg Registrasi Tri (3)

Pengguna operator kartu seluler Tri juga bisa melakukan unreg registrasi pendaftaran. Proses unreg regsitrasi tri bisa dilakukan melalui situs web. Langkah-langkahnya sangat gampang, cukup dengan:

  1. Buka aplikasi browser yang ada di ponsel android kamu. Silakan kamu pilih Opera, Mozilla, Chrome, dan lainya yang kamu suka. Yang penting koneksi internet kamu stabil saja.
  2. Ketik nama situs web registrasi Tri (3): tri.co.id pada bagian adress link.
  3. Kamu akan melihat tampilan situs tri. Salah satu yang bisa kamu temukan adalah menu Unreg. Itulah yang harus kamu klik.cara unreg tri
  4. Masukkan data berupa nomor ponsel dan NIK yang sebelumnya digunakan saat registrasi nomor Tri (3). NIK dn nomor tri tersebutlah yang akan kamu unreg. Data juga menjadi syarat untuk bisa melakukan unreg nomor 3. Pastikan semua data yang diinput adalah benar
  5. Tahap selanjutnya adalah klik “Minta Kode Rahasia” yang akan dikirim via SMS. SMS akan dikirimkan ke nomor tri yang akan kamu daftarkan (yang akan kamu unreg registrasinya).
  6. Setelah menerima SMS kode rahasia, segera masukkan kode pada kolom tersedia. Waktu yang diberikan hanya 5 menit. Lebih dari itu, kamu harus meminta kode rahasia ulang kembali.cara unreg tri2
  7. Centang I’m not robot setelah menginput kode rahasia,
  8. Klik Kirim. Sampai disini, kamu tinggal tunggu saja beberapa saat. Maka Unreg registrasi tri sudah selesai kamu lakukan.

Itulah cara unreg nomor kartu Telkomsel, Axis, XL, Indosat Ooredoo, dan Tri yang bisa dicoba di rumah tanpa pergi ke gerai operator. Bila kamu menemui kendala di luar kendali, silakan kunjungi gerai operator terdekat di lokasi kamu.

Ada pertanyaan atau komentar?