Cara Transfer Kirim File di BBM Android Mudah dan Cepat

Cara Transfer Kirim File di BBM Android Mudah dan Cepat, Aplikasi Instan Messaging Blackberry Messenger (BBM) selalu berusaha untuk mengakomodasi setiap kebutuhan penggunanya dengan memberikan fitur-fitur yang selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan kultur masyarakat milenial. Sebagai salah satu aplikasi Chatting yang namanya sudah besar, wajar jika Blackberry Messenger (BBM) berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan pengguna yang ingin semuanya serba instan, termasuk berkirim file.

Pengguna aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang sebagian besar merupakan kalangan remaja mengantarkan Blackberry Messenger (BBM) sebagai salah satu media chatting yang paling populer digunakan oleh pengguna Android, Blackberry, serta IOS.

Fitur Transfer atau Kirim File di BBM

Selain memungkinkan penggunanya untuk membagikan Display Picture (DP) dan Personal Message (PM). Saat ini, Blackberry Messenger (BBM) juga memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi sticker dan file-file tertentu saat chatting.

Berbagai media seperti musik, foto, aplikasi apk, dokumen, video, kartu kontak, dan sebagainya mulai bisa dikirimkan melalui Blackberry Messenger (BBM). Fitur ini menjadi jembatan yang memudahkan pengguna untuk berbagi file ketika sedang tidak berdekatan sehingga tidak bisa mentransfer file via bluetooth atau pun share it.

Syarat Kirim File di BBM

Sebelum membahas mengenai cara transfer atau kirim file di BBM Android dengan Mudah dan Cepat, ada baiknya jika kita mempertimbangkan terlebih dahulu jaringan koneksi internet serta ukuran file yang akan kita kirimkan.

Pastikan koneksi internet yang kita gunakan cukup stabil dan tidak naik turun untuk mencegah kegagalan pengiriman file. Pastikan file yang kita kirimkan rata-tara berukuran kecil atau sedang (usahakan ukuran file tidak melebihi 15 MB) agar pengiriman lebih stabil, cepat, dan berpeluang berhasil.

Untuk file berukuran besar, ada baiknya dikirimkan melalui media transfer file lainnya seperti Gdrive atau melalui email.

Tutorial mengirimkan file di Blackberry Messenger (BBM) Android kali ini menggunakan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) versi terbaru, yaitu versi 3.3.11.146. Jika belum menggunakan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) versi terbaru, ada baiknya melakukan update terlebih dahulu agar lebih mudah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Kirim File di BBM

Ada dua cara transfer cara kirim file di BBM Android dengan Mudah dan Cepat

1. Melalui Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di Smartphone atau Tablet Android

Cara pertama yang bisa kita coba untuk mengirim file via Blackberry Messenger (BBM) adalah dengan langsung menggunakan aplikasi Blackberry Messenger (BBM). Cara ini biasanya digunakan jika kita sudah mengetahui lokasi dan nama file yang tersimpan di smartphone atau tablet android kita. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang Ada di Smartphone atau Tablet Android Kita.
  • Pilih Kontak atau Chat yang ingin kita kirimi dengan file tertentu. Buka Chat dengan kontak tersebut.
  • Setelah jendela percakapan terbuka, pilih ikon bergambar + yang ada di bagian bawah layar percakapan.
  • Pilih jenis file yang ingin kita kirimkan. Bisa foto, video, musik, file aplikasi (apk), dokumen berupa word, excel, pdf, ppt atau zip, dan lain-lain.
  • Jika sudah memilih file, tunggu hingga nama file yang ingin kita kirimkan muncul di layar percakapan, kemudian tap tombol “Send” untuk mengirim file tersebut.
  • Tunggu hingga proses pengiriman file berhasil. Lama proses sangat tergantung dari ukuran file serta kestabilan kecepatan koneksi internet kita.

2. Melalui Menu Galeri atau File Manager yang Ada di Smartphone atau Tablet Android Kita

Cara kedua yang bisa kita gunakan untuk mengirim file di Blackberry Messenger (BBM) yang selanjutnya adalah melalui menu file manager atau file explorer pada smartphone atau tablet android kita.

Cara ini biasanya digunakan ketika kita belum yakin dengan nama file atau lokasi penyimpanan file yang akan kita kirimkan kepada kontak kita. Selain itu, cara ini lebih sering digunakan ketika pengguna membutuhkan waktu untuk memilih dan memilah file yang akan dikirimkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Menu Galeri atau File Manager (beberapa ponsel menamai menu ini dengan nama File Explorer atau My File. Kita bisa menyesuaikan dengan menu smartphone atau tablet android kita masing-masing)
  • Cari lokasi file kemudian pilih file yang ingin kita kirimkan. File bisa berupa apa saja, mulai dari video, musik, foto, berbagai jenis dokumen, winrar atau zip, kontak nama, dan masih banyak lagi.
  • Tahan file yang ingin kita kirimkan selama beberapa detik hingga muncul ikon “kirim” pada bagian bawah. Biasanya ikon “kirim” ini bersebelahan dengan ikon tempat sampah (tergantung jenis ponselnya).
  • Tap ikon Share, kemudian pilih media pengiriman kita. Karena kita akan mengirimkan file via Blackberry Messenger (BBM), maka pilih ikon BBM.
  • Pilih kontak yang ingin kita kirimi file tersebut. Jika nama file sudah muncul di layar percakapan kita dengan kontak tersebut, tekan ikon “Send”.
  • Tunggu hingga proses pengiriman file berhasil. Lama proses bergantung dengan besar kecilnya ukuran file dan kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.

Langkah-langkah transfer atau mengirimkan file di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) bisa saja berbeda untuk beberapa versi aplikasi Blackberry Messenger (BBM). Misalnya saja, untuk aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang ada di sistem adroid Jelly Bean sedikit berbeda dengan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang ada di sistem android Marshmallow dan yang lain.

Jangan khawatir, secara garis besar langkah-langkah yang harus dilakukan tidak terlalu berbeda. Kita hanya tinggal menyesuaikan dengan versi aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang kita gunakan di smartphone atau tablet android kita.