Cara Nelpon Gratis Di BBM Android Dengan Fitur Voice Call

Cara Nelpon Gratis Di BBM Android Dengan Fitur Voice Call, Saat ini, kita dimudahkan dengan kemajuan teknologi yang ada. Selain bisa berkirim pesan via aplikasi berbasis internet, kita juga bisa membuat panggilan telepon atau video call melalui aplikasi yang sama. Selain hemat pulsa, fitur panggilan suara dan panggilan video via aplikasi bertukar pesan instan juga dirasa lebih cepat dan simple untuk dilakukan.

Salah satu aplikasi messenger di ponsel Android yang juga mendukung fitur telepon dan video call bebas pulsa adalah aplikasi Blackberry Messenger atau biasa kita sebut dengan BBM.

Fitur Voice Call Blackberry Messenger

Fitur Voice Call dan Video call di BBM tersedia untuk aplikasi BBM versi 2.0 ke atas. Artinya, jika kita masih menggunakan aplikasi dengan versi di bawah 2.0, kita diharuskan untuk mengupdate aplikasi BBM kita terlebih dahulu. Seperti yang saya gunakan pada saat menulis artikel ini, dimana saya menggunakan aplikasi BBM versi 3.3.11.146. ini adalah versi terbaru saat tulisan ini saya buat.

Fitur telepon dan panggilan video yang disematkan dalam aplikasi BBM tidak memotong jumlah pulsa yang kita miliki alias gratis. Kita hanya menggunakan data internet untuk membuat panggilan tersebut. Hal ini berbeda jauh dengan panggilan yang menggunakan pulsa. Bayangkan saja, untuk nelpon menggunakan pulsa biasanya kita memakan lebih banyak biaya daripada menggunakan paket data.

Nelpon Gratis Di BBM

Salah satu kelebihan nelpon menggunakan fitur BBM voice call adalah tidak ada perbedaan biaya untuk panggilan lokal maupun panggilan internasional alias gratis. Semuanya dihitung menggunakan biaya paket data yang sama.

Jadi, misalkan kita melakukan telepon ke luar negeri, maka kuota internet yang kita butuhkan sama dengan ketika melakukan telepon ke daerah lain di Indonesia. Syarat untuk bisa melakukan telepon melalui BBM Voice call pun tidak sulit.

Kita hanya membutuhkan sinyal internet yang baik dan stabil. Berikut ini adalah cara nelfon gratis di BBM Android dengan fitur Voice Call menggunakan BBM versi terbaru.

  1. Sebelum melakukan panggilan ke teman kita di BBM Android dengan fitur voice call, pastikan bahwa aplikasi Blackberry Messenger (BBM) kita merupakan aplikasi BBM versi 2.0 ke atas. Jika belum, update terlebih dahulu melalui aplikasi PlayStore. Untuk melakukan update, kamu bisa buka aplikasi Play Store lalu tekan ikon yang berada di pojok kiri paling atas. lanjutkan dengan tekan Aplikasi & Game saya. baru setelah itu cari aplikasi BBM dan alakukan update. Jika bingung, silakan baca: Cara Memperbarui BBM ke Versi Terbaru
  2. Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang ada di smartphone atau tablet android kita. Kemudian cari kontak yang ingin kita telepon.
  3. Setelah menemukan nama kontak yang ingin kita telepon, buka profile atau chat room dengan kontak tersebut hingga tampak ikon telepon pada pojok kanan atas layar.
  4. Klik ikon telepon tersebut (Di pojok kanan atas, biasanya terletak di samping nama kontak). Tunggu hingga panggilan tersambung dan diangkat oleh kontak yang bersangkutan.
  5. Jika sudah tersambung, kita bisa mengobrol dengan kontak yang bersangkutan.

Setelah panggilan terhubung, biasanya akan ada penanda waktu lama panggilan yang muncul. Selain itu, ada tiga ikon yang juga muncul di layar. Ikon pertama adalah ikon speaker yang berfungsi untuk mengeraskan suara, Ikon kedua adalah ikon mute yang berfungsi untuk menjeda panggilan jika kita tidak ingin lawan bicara mendengarkan suara kita selama panggilan berlangsung.

Sedangkan yang ketiga adalah ikon End Call yang berfungsi untuk menghentikan panggilan. Apabila sudah selesai, tinggal tekan tanda telepon berwarna merah.

Tak Bisa Nelpon Gratis di BBM

Sayangnya, melakukan telepon via BBM Voice call kadang menemui masalah tertentu, Masalah yang biasa timbul pada Blackberry Messenger (BBM) Voice Call misalnya adalah adanya pemberitahuan “Try Again Later” atau “Is not Currently Available”.

Jika anda mendapatkan pemberitahuan seperti ini, itu artinya panggilan yang anda buat tidak tersambung dengan kontak yang anda telpon. Penyebabnya antara lain adalah:

  1. Internet teman yang ingin ditelpon sedang tidak aktif atau offline. Hal ini menyebabkan panggilan yang kita lakukan tidak bisa tersambung dengan yang bersangkutan.
  2. Koneksi internet kamu sedang tidak stabil atau sedang down. Cobalah untuk pindah tempat dan mencari signal yang lebih baik.
  3. Terdapat masalah pada aplikasi BBM kamu. Cobalah untuk lakukan clear cache dan clear data. Atau bisa juga kamu restart (reboot) android kamu.
  4. Teman atau kontak yang ingin ditelepon mungkin tidak menggunakan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) versi 2.0 ke atas. Sehingga aplikasi yang mereka gunakan tidak memiliki fitur BBM Voice yang berakibat panggilan kita tidak bisa tersambung.

Untuk mengatasinya, jelas bahwa baik kita maupun teman yang ingin kita telepon harus sama-sama memiliki jaringan yang baik dan stabil. Selain itu, kedua belah pihak juga harus menggunakan versi aplikasi Blackberry Messenger (BBM) 2.0 atau yang berada di atasnya.

Akhir Kata

Sejak munculnya berbagai aplikasi Chatting seperti BBM yang ditunjang dengan fitur nelpon gratis, kini jarang sekali orang nelpon menggunakan pulsa. Walaupun memang nelpon melalui aplikasi BBM atau aplikasi chating lainya tidak sejernah dan secepat menggunakan pulsa. tapi dari segi biaya, jauh lebih murah. Semoga kedepanya, fitur nelpon dari berbagai aplikasi media sosial jadi semakin baik.