7 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows Lengkap +Gambar

Beberapa waktu yang lalu teman saya mengirimkan bukti transfer Internet Banking. Tidak ada yang salah sebenarnya dengan transfer yang ia lakukan, tetapi caranya mengirimkan bukti transfer membuat saya cukup tersenyum. Ia mengirimkan bukti transfer yang ia foto menggunakan karena smartphone.

Padahal bukti transfer akan jauh lebih terbaca dan rapi bila screenshot. Ternyata satu-satunya alasan mengapa teman saya tidak melakukanya adalah karena ketidaktahuanya. Ia tidak tahu bagaimana cara screenshot di laptop atau komputer berbasis Windows.

7 Cara Mengambil Screenshot di Laptop dan PC

Karena alasan itulah, saya tertarik untuk membagikan cara mengambil screenshot di Laptop atau PC. Cara ini saya lakukan pada laptop dengan platform windows 8. Karena saya memang masih menggunakan windows 8.

Setidaknya, setelah membongkar berbagai cara, akhirnya saya menemukan 7 cara yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot. Cara ini bisa saja bertambah jika kamu menggunakan software, sebab ada banyak software yang bisa kita pakai untuk screenshot.

1. Menggunakan tombol sreenshot Print screen (PrtSc SysRq)

Tahu tidak kalau semua laptop dan komputer itu dibekali dengan tombol Printscreen atau PrtSc SysRq. Kalau kamu tidak tahu, kamu bisa lihat gambar dibawah ini, itulah yang disebut tombol Printscreen.

cara screenshot di laptop

Nah inilah tombol yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot di laptop atau komputer. Caranya:

  • Pertama-tama, silakan tampilkan layar yang ingin kamu screenshot. Kali ini saya akan screenshot website Jurnal Ponsel.Menggunakan tombol sreenshot Print screen
  • Setelah itu, langsung saja tekan tombol Printsrcreen (PrtSc SysRq) sekali saja. Memang terlihat tidak ada reaksi apa-apa setelah kamu tekan. Tetapi sebenarnya komputer telah meresponnya. Kamu sebenarnya telah memerintahkan komputer melakukan copy pada layar yang ingin kamu screenshot.tekan tombol Printsrcreen (PrtSc SysRq)
  • Selanjutnya tinggal kamu pastekan pada pengolah gambar di laptop atau PC kamu. Untuk kali ini saya pastekan di Microsoft Paint dengan cara Buka Microsoft Paint lalu tekan tombol Ctrl + V.hasil menggunakan tombol sreenshot Print screen (PrtSc SysRq)

Setelah itu kamu akan melihat file yang sudah kamu screenshot dan tinggal menyimpannya. Bisa juga kamu edit terlebih dahulu. Suka-suka kamu saja.

2. Kombinasi tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq)

Selain menggunakan tombol Printscreen (PrtSc SysRq), kamu juga bisa mengambil screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq). Caranya:

  • Silakan tampilkan layar yang ingin kamu screenshot.
  • Setelah itu, langsung saja tekan tombol tombol Alt + Printscreen (PrtSc SysRq) sekali saja.Kombinasi tombol Alt + Printscreen
  • Selanjutnya tinggal kamu pastekan pada pengolah gambar di laptop atau PC kamu. Untuk kali ini saya pastekan di Microsoft Paint dengan cara Buka Microsoft Paint lalu tekan tombol Ctrl + V.

Pada dasarnya, cara kedua ini hampir sama dengan cara mengambil screenshot yang pertama.

3. Kombinasi Tombol Windows + Printscreen (PrtSc SysRq)

Cara berikutnya juga masih menggunakan tombol Printscreen (PrtSc SysRq), hanya saja dengan cara ini, kita tidak perlu melakukan paste untuk menampilkan hasil screenshot. Hasil screenshot langsung disimpan pada folder tertentu. Caranya:

  • Silakan tampilkan layar yang ingin kamu screenshot.
  • Lalu tekanlah kombinasi tombol Windows + Printscreen (PrtSc SysRq)Memakai Kombinasi Tombol Windows + Printscreen (PrtSc SysRq)
  • Seketika layar akan berkedip sekali. Itu merupakan tanda bahwa screenshot yang kamu lakukan berhasil.
  • Silakan buka folder C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots. Disitulah file yang baru saja kamu screenshot tersimpan.cara mengambil screenshot di windows

Setelah itu, terserah mau kamu apakan file hasil screenshot yang telah kamu ambil.

4. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool (Direkomendasikan)

Berikutnya kita juga bisa melakukan screenshot di laptop dengan memanfaatkan software bawaan windows yang bernama Snipping Tool. Untuk cara screenshot di komputer menggunakan snipping tool adalah sebagai berikut:

  • Silakan bukan software Snipping Tool sebagai alat bantu Screenshot. Jika kamu menggunakan Windows 8, caranya tekan tombol windows lalu ketik Snipping Tool dan enter.
  • Bukalah layar yang ingin kamu screenshot, lalu tekan menu ‘New’ yang ada di Snipping tool.Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool
  • Selanjutnya tinggal kamu gerakkan kursor sesuai dengan bagian yang ingin kamu screenshot.
  • Setelah itu, kamu tinggal tekan menu file -> save as pada Snipping tool. Lalu silakan simpan dimanapun kamu ingin menyimpannya.hasil menggunakan snipping tool

Beres, kini screenshot menggunakan Snipping Tool telah kamu lakukan.

5. Menggunakan aplikasi PicPick

Cara berikutnya adalah menggunakan aplikasi PicPick, aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Untuk melakukan screenshot menggunakan aplikasi ini, kamu cukup:

  • Download dan install aplikasi PicPick, kamu bisa download dengan klik Selesai download langsung install saja ya.
  • Begitu proses instalasi selesai, silakan kamu buka aplikasi.
  • Klik kanan Icon PicPick yang ada pada system tray (icon di taskbar yang berada di kanan bawah layar).Menggunakan aplikasi PicPick
  • Setelah itu, langsung saja lakukan screenshot sesuai yang kamu inginkan.

6. Menggunakan aplikasi screenshot LightShot

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi LightShot untuk mengambil screenshoot di komputer atau laptop, caranya:

  • Silahkan download dan instal aplikasi LightShot di komputer atau laptop kamu.
  • Jika sudah berhasil kamu instal, kamu akan melihat ikon di system tray (icon di taskbar yang berada di kanan bawah layar).Menggunakan aplikasi screenshot LightShot
  • Setelah itu, buka layar yang ingin kamu screenshoot, lalu tekan tombol printscreen yang ada di keyboard.tekan tombol printscreen yang ada di keyboard
  • Maka otomatis layar akan sedikit redup dan akan tampil tulisan “Select Area”cara menggunakan LightShot
  • Drag dan sesuaikan gambar di komputer yang kamu screenshoot.
  • Maka akan otomatis akan tampil menu LightShot, pilih simpan bila kamu ingin menyimpannya.

Selain menyimpanya langsung, kamu juga bisa langsung upload atau mengeditnya terlebih dahulu langsung dari aplikasi LightShot.

7. Aplikasi Screenshot Monosnap

Aplikasi berikutnya yang juga saya sarankan untuk mengambil screenshoot di komputer adalah Monosnap. Cara untuk menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Silakan kamu download dan instal Monosnap.
  • Lalu buka Monosnap, maka akan muncul icon dan klik saja icon tersebut. Setelah aktif, icon Monosnap secara sticky (melayang) akan terus muncul di bagian kiri bawah layar.Aplikasi Screenshot Monosnap
  • Silakan tekan tombol sticky untuk mengambil screenshot. Kamu bisa pilih Capture area (ALT+CTRL+5) jika ingin screenshot sebagian layar, dan Capture FullScreen (ALT+CTRL+6) jika ingin screenshot seluruh bagian layar.
  • Selanjutnya tinggal klik menu simpan yang ada di Monosnap.

Nah itulah beberapa cara screenshot di laptop dan PC yang bisa kamu gunakan. Jika hanya sekadar screenshot, tanpa perlu menyeleksi, kamu cukup gunakan tombol printscreen yang ada di keyboard.

Ada pertanyaan atau komentar?