Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

3 min read

Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan,- Gmail memiliki sistem yang sangat cerdas yang dapat membantumu mengatasi masalah kata sandi yang tiba-tiba terlupakan. Mereset kata sandi adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kamu lupa kata sandi akun gmailmu. Salah satu cara mereset kata sandi adalah dengan menjawab pertanyaan.

Ini adalah salah satu cara yang disediakan google selain mereset menggunakan email pemulihan dan menggunakan no handphone. Cara-cara tersebut disediakan google agar pengguna yang lupa kata sandi tetap bisa mengakses akun mereka, tapi tetap aman sehingga hanya sang pemilik akun lah yang bisa mereset kata sandi tersebut.

Cara ini bisa dibilang adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mereset kata sandi aku gmailmu. Untuk itu, sebelum mencoba cara ini kamu bisa coba bace dan coba dulu cara mereset sandi Gmail dengan menggunakan no hp dan menggunakan email pemuluhan. Jika kamu sudah mencoba kedua cara itu dan tidak bisa, barulah saatnya kamu coba menggunakan cara yang satu ini.

Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan

Untuk menggunakan cara satu ini saya sarankan untuk menggunakan perangkat yang kamu gunakan login terakhir kali. Misalnya kamu menggunakan goggle chrome di computer windows sebelum akhirnya kamu lupa sandi. Maka coba gunakan goggle chrome di windows lagi untuk menggunakan cara ini. Memang cara ini tidak wajib,tapi cukup berpengaruh untuk keberhasilan reset sandi.

Langkah Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan

Melalui cara ini kamu akan mendapatkan pertanyaan dari goggle. Pertanyaan tersebut harus kamu jawab dengan sangat tepat. Kesalahan sedikit saja akan membuat kamu gagal untuk mereset sandi gmailmu. Untuk melakukan reset, ikuti langkah-langkah berikut

1. Buka laman pemulihan akun gmail

Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan

Cara pertama yang harus kamu lakukan tentu saja masuk ke laman gmail ini : https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in atau ketik saja gmail.com di browsermu.

Disini saya akan menggunakan bahasa indoneisa. Jadi, jika laman gmailmu menggunakan bahasa Inggris atur dulu settingnya. Setting bahasa bisa dilihat di pojok kiri bawah. Pilih dan klik Indonesia.

2. Masukkan alamat email

Di laman gmail itu kamu bisa lihat terdapat kolom email. Masukkan alamat email yang ingin kamu reset disana. Jika sudah, klik “berikutnya”. Selanjutnya akan muncul kolom kata sandi. Kamu akan menemukan “lupa sandi saya”.

Kamu bisa mengisi kata sandi terakhir yang kamu ingat. Usahakan semirip mungkin dengan kata sandi yang pernah kamu gunakan untuk email itu. Meskipun salah, nanti langkah ini akan memiliki nilai plus tersendiri.

3. Coba pertanyaan lain

Cara Reset Kata Sandi Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan

Setelah melakukan langkah seperti No 2 diatas akan muncul laman pilihan cara untuk mereset kata sandi akun gmail. Kamu akan menemukan laman reset menggunakan akun gmail yang sudah login di Andorid jika gmailmu masih login di smartphonemu. Skip langkah ini dengan mengkilik “coba cara lain”. Selanjutnya kamu juga akan menemukan laman reset menggunakanno hp dan email, ini langsung di skip saja.

4. Masuk laman pertanyaan

Setelah skip semua pilihan lain, kamu akan masuk ke laman yang meminta kamu menjawab pertanyaan. Nah, langkah inilah yang akan kita gunakan. Jadi jangan kamu skip.

5. Isi jawaban pertanyaan keamanan

Langkah ini harus kamu lakukan dengan tepat agar bisa melakukan reset kata sandi akun gmailmu. Jawablah pertanyaan dengan tepat. Jawabannya tergantung pertanyaan keamanan yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Maka kamu harus ingat dulu pertanyaan dan jawaban yang telah kamu tentukan.

Umumnya pertanyaan dan jawaban sudah di set saat membuat gmail. Jadi jawaban pertanyaan tersebut seharusnya hanya diketahui kamu yang sudah membuat email tersebut. Setelah itu klik “berikutnya”.

6. Kapan akun dibuat

Karena sistem keamanan google ketat, google akan menanyakan kapan kamu membuat akun tersebut. Jawabannya tidak harus tepat persis, cukup mendekati saja jika kamu lupa. Usahakan bulan dan tahun yang kamu isi benar. Atau paling tidak tahunnya benar. Jika keduanya salah nanti bisa mempersulitmu untuk mereset kata sandi. Jangan lupa setelah mengisi bulan dan tahun pembuatan gmail, klik berikutnya

7. Ubah kata sandi

Selanjutnya, jika semua langkah tersebut kamu lakukan dengan benar kamu seharusnya masuk ke laman ubah sandi. Di laman ini kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk menggantikan kata sandi lama yang kamu lupakan itu. Masukkan kata sandi yang yang rumit tapi cukup mudah untuk kamu ingat. Jangan lupasetelah itu klik “berikutnya”.

Sekarang kamu sudah bisa mengakses akun gmailmu menggunakan kata sandi yang baru saja kamu buat. Jangan sampai kamu lupa lagi kata sandi yang sudah kamu rubah tadi karena reset kata sandi terbilang cukup rumit. Bahkan, google bisa mendeteksi kalau kamu terlalu sering mereset kata sandi sebagai ancaman untuk akun tersebut.

Tips Membuat Kata Sandi

Google sendiri memiliki kriteria tersendiri untuk kata sandi. Kata sandi harus dinggap kuat oleh google, jika tidak maka kata sandi itu tidak akan diterima. Salah satu  syaratnya adalah lebih dari delapan karakter. Selain itu, bukan merupakan nama pengguna. Biasanya nama pengguna tidak boleh dijadikan kata sandi karena akan mudah ditebak orang lain.

Nomer atau kata acak akan cepat diterima gopgle karena terbilang rumit. Tapi resikonya adalah kamu sendiri lupa sandi mu. Saya sendiri menyarankan menggunakan kata yang mudah kamu ingat tapi tidak mudah ditebak orang lain. Nama aktor, artis, atau band favorit, atau bahkan nama gebetanmu. Nama buah atau makanan kesukaan atau yang paling kamu benci juga bisa menjadi pilihan.

Begitulah cara reset akun gmail dengan menjawab pertanyaan. Selamat mencoba.

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *