Cara Reset Kata Sandi Gmail dengan Email Pemulihan

Sebagai manusia wajar bila adakalanya kita lupa dengan password gmail yang kita miliki, Tapi ngak usah khawatir karena kamu masih bisa mengakses akun gmailmu dengan cara melakukan pemulihan atau reset password akun gmail yang kamu punya.

Untuk melakukan reset sandi sebenarnya ada beberapa cara yaitu dengan memakai nomor HP, email pemulihan dan menjawab pertanyaan keamanan.

Nah yang akan aku bahas sekarang adalah reset sandi menggunakan email pemulihan, untuk melakukan reset sandi dengan email pemulihan syaratnya adalah kamu sudah menambahkan alamat email pemulihan di akun gmail milikmu.

Salah satu manfaat dari menambahkan alamat email pemulihan dan verifikasi no HP di akun Google adalah berguna saat kamu lupa kata sandi dan perlu melakukan reset atau mengganti sandi dengan yang baru.

 

Cara Ganti Kata Sandi Dengan Email Pemulihan

Reset sandi menggunakan email pemulihan sendiri adalah salah satu fasilitas yang disediakan google untuk pengguna gmail yang lupa kata sandi emailnya. Dengan Fasilitas ini, kamu akan menerima kode verifikasi melalui email pemulihan untuk mengganti kata sandi gmailmu.

Keuntungan menggunakan email pemulihan adalah kamu cukup menggunakan satu komputer atau pc saja. Tidak perlu menggunakan alat lain seperti handphone atau smartphone. Tapi, cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara yang lain. Meski demikian, saya akan jelaskan pada kamu bagaimana cara melakukanya:

  1. Langkah pertama masuk ke halaman utama gmail (mail.google.com).Cara Reset Kata Sandi Gmail dengan Email Pemulihan
  2. Lalu cobalah untuk masuk ke akun gmailmu. Isi nama emailmu dan klik berikutnya. lupa kata sandi gmail? setel ulang dengan email pemulihan
  3. Lakukan sebagaimana kamu biasa login ke akun gmail kamu. Saat muncul kolom password atau kata sandi, klik lupa sandi.lupa kata sandi gmail? setel ulang dengan email pemulihan2
  4. Selanjutnya akan muncul laman dimana kamu akan disuruh mengisi kata sandi terakhir yang kamu ingat. Ini karena gmail memiliki sistem pengamanan akun yang baik. Goggle manganggap mungkin saja kamu lupa kata sandi karena baru saja mengganti sandi dalam waktu dekat.lupa kata sandi gmail? setel ulang dengan email pemulihan3
  5. Karena kamu ingin menggunakan email pemulihan untuk mereset kata sandi gmail, maka klik try another way atau coba cara lain. Letaknya ada di pojok kiri bawah kotak dialog halaman masuk tadi.klik try another way atau coba cara lain
  6. Selanjutnya akan muncul pemulihan menggunakan no handphone. Jika kamu sudah memiliki no handphone yang kamu daftarkan di gmailmu, no handphone tersebut akan secara otomatis tertera dalam laman ini. Namun, no handphone itu tidak akan terlihat semuanya, tapi hanya dua digit terakhir saja. Kamu bisa menerima kode verifikasi lewat sms jika memilih menu ini.
  7. Nah untuk reset password menggunakan email pemulihan, klik try another way sekali lagi. Lakukan hingga menuju laman pemulihan menggunakan email.
  8. Pada laman pemulihan menggunakan email, kamu akan diminta mengisi alamat email pemulihanmu. Usahakan email tersebut adalah alamat email yang bisa kamu cek dengan segera. Karena nanti sistem gmail akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email tersebut.masukkan alamat email pemulihan
  9. Kamu bisa menggunakan alamat emailmu sendiri ataupun menggunakan alamat email temanmu. Yang terpenting adalah email tersebut bisa langsung kamu cek. Kode verifikasi akan segera terkirim, tidak sampai satu menit email pemulihan sudah akan menerima kode verifikasi dari google. Jadi, percuma jika kamu tidak bisa langsung mengecek kode itu.
  10. Buka akun email akun pemulihan yang tadi alamatnya kamu masukannya pada tahap sebelumnya. Di email tersebut kamu akan menerima surat masuk yang berisi kode verifikasi yang harus kamu masukkan ke dalam kolom kode verifikasi yang sudah tersedia.
  11. Kode verifikasi biasanya berisi enam digit angka. Kode verifikasi terlihat mencolok dengan font paling besar dan bold atau ditebalkan. Jadi kamu akan menemukannya dengan cepat.
  12. Selanjutnya kembali ke laman reset kata sandi. Masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan. Kolomnya terletak tepat berada dibawah nama gmail pemulihanmu.
  13. Pastikan kode verifikasi yang kamu masukkan sama persis dengan diterima di email pemulihan. Jika tidak sama maka kamu tidak akan bisa masuk ke tahap selanjutnya. Setelah memasukkan kode verifikasi langsung saja klik next atau lanjutkan di pojok kanan bawah.kode verifikasi
  14. Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru yang ingin kita gunakan. Syaratnya adalah minimal delapan kata. Bisa menggunakan gabungan antara huruf dan angka. Setelah itu, jangan lupa selanjutnya klik ubah sandi yang terletak di kiri bawah laman.
  15. Kamu akan menerima email konfirmasi dari google bahwa kata sandi emailmu sudah diubah. Sekarang kamu diap menggunakan gmailmu seperti biasa. Selamat mencoba.

Nah itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk reset password akun gmail kamu menggunakan email pemulihan.

Penting untuk kamu ingat, setelah kamu mengubah kata sandi kamu, ada baiknya kamu ingat ya. Biar tidak usah gonta-ganti password lagi. Jika artikel ada pertanyaan terkait dengan pemulihan akun menggunakan email pemulihan, silakan cantumkan dalam kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel.

Ada pertanyaan atau komentar?