Cara Print Screen Untuk Screenshot di Laptop dan Komputer

Cara Print Screen – Meski komputer telah ada sejak tahun 90-an, ternyata masih saja ada pengguna komputer dan laptop yang belum tahu bagaimana cara mengambil screenshot di komputer atau laptop. Padahal screenshot di komputer merupakan salah satu fitur bawaan yang penting untuk diketahui.

Banyak tugas di komputer yang membutuhkan screenshot. Misalnya mengirim data percakapan, mengirim laporan e-banking dan lain sebagainya. Nah kalau kamu adala salah satu yang masih belum tahu bagaimana cara mengambil screenshot di komputer atau laptop, mari kita upgrade pengetahuan kamu.

Cara Print Screen di Laptop dan Komputer

Untuk menggambil screenshot di laptop, kita bisa menggunakan beberapa cara. Tetapi yang paling utama dan umum adalah menggunakan tombol print screen. Lalu bagaimana cara print screen untuk screenshot di laptop atau komputer?

Pertama; Cara Screenshot Hanya Dengan Tombol Print Screen

Setiap komputer atau laptop pasti dibekali dengan tombol “Print Screen” atau “PrtSc” atau “Prt Sc Sys Rq”. Memang penyebutan pada tiap keyborad komputer atau laptop ada yang berbeda. Tombol ini biasanya bisa kamu temukan di barisan atas tombol-tombol fungsi, biasanya berada di atas tombol-tombol alfabetis.

Untuk lebih detailnya, silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Print Screen

Nah itulah tombol yang disebut tombol print screen, gunanya adalah untuk mengambil screenshot (mengambil cuplikan layar) di komputer atau laptop. Lalu bagaimana cara menggunakan tombol tersebut?

  1. Buka halaman atau apapun yang akan kamu screenshot.Cara Screenshot Hanya Dengan Tombol Print Screen
  2. klik tombol print screen di keyboard.
    tekan tombol print screen
  3. Apa yang terjadi setelah kita menekan tombol print screen? Sekilas tidak ada reaksi apa-apa. Tetapi sebenarnya kita sudah mengambil screenshot tampilan dengan (home) website jurnalponsel.com
  4. Lalu bagaimana melihat hasil screenshot? Untuk melihat hasil screenshot, kita harus mem-pastekan apa yang telah kita screenshot pada program lain. Kali ini saya akan coba pastekan ke Microsoft Word.
  5. Caranya, buka Microsoft Word lalu pastekan, bisa menggunakan tombol paste yang berada di pojok kiri atas layar atau bisa pula menggunakan tombol kombinasi Ctrl + v.
  6. Langsung dah hasil screenshot akan terlihat.simpan hasil printscreen di program paint
  7. Nah selain menggunakan Microsoft Word, kamu bisa pula menggunakan program lain, misalnya paint, photo viewer dan lain sebagainya.

Mudahkan, cara print screen untuk screenshot di komputer atau laptop. Adakah cara lain?

Kedua; Cara Screenshot Dengan Kombinasi Tombol Print Screen dan Alt

Berikutnya, kita juga bisa menggunakan kombinasi tombol print screen dan Alt. Cara melakukannya hampir sama dengan cara yang pertama:

  1. Buka layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan kombinasi tombol print screen dan Alt secara bersamaan.menggunakan kombinasi tombol print screen dan Alt
  3. Kemudian buka paint.
  4. Tekan ctrl + v atau klik kanan dan paste dihalaman kosong paint,
  5. Gambar yang tadi di print screen akan muncul, kamu bisa edit atau langsung save.
  6. Selain menggunkan aplikasi paint kamu juga bisa paste hasil dari print screen di aplikasi lain seperti photo viewer atau photoshop dan alat editor gambar lainya.

Ketiga; Cara Screenshot Dengan Kombinasi Tombol Print Screen dan Windows

Selain dua cara di atas, kita juga bisa menggunakan kombinasi tombol windows dan print screen untuk mengambil screenshot. Cara ini menurut saya lebih cocok digunakan ketimbang dua cara di atas. Sebab dengan cara ini, apa yang telah disecreenshot akan langsung tersimpan.

Bagaimana cara melakukanya?

  1. Sama seperti cara yang pertama dan kedua, untuk melakukanya kamu harus memulainya dengan membuka layar yang ingin kamu screenshot, bisa tampilan depan komputer dan lainya. Kali ini saya akan coba mengambil screenshot pada tampilan depan website jurnalponsel.com
  2. Begitu tampilan home website jurnalponsel.com terbuka, langsung saja saya lanjutkan dengan tekan tombol windows + print screen secara bersamaan. Cukup sekali saja menekanya.
  3. Apa yang terjadi setelah kita menekan tombol windows + print screen? Berbeda dengan cara pertama dan kedua yang sekilas tidak ada reaksi apa-apa. Pada cara ketiga ini, kita akan melihat layar komputer atau laptop kita berkedip. Itu menandakan bahwa screenshot telah sukses dilakukan.Dengan Kombinasi Tombol Print Screen dan Windows
  4. Lalu bagaimana melihat hasil screenshot? Hasil screenshot yang telah kamu lakukan secara otomatis langsung tersimpan di memori komputer atau laptop. Kamu bisa menemukanya di bagian libraries pada bagian picture di folder screenshot.

Setelah itu terserah mau kamu gunakan untuk apa hasil screenshot yang kamu lakukan.

Sampai disini, masihkah ada cara lain?

Keempat; Cara Screenshot Dengan Snipping Tool

Tentu saja ada. Perlu kamu tahu, tiga cara di atas adalah cara menggambil screenshot pada layar secara penuh, bagaimana kalau kamu ingin mengambil screenshot hanya pada sebagian layar saja?

Gampang, kamu bisa gunakan software bawaah Snipping Tool.

Caranya, buka Snipping Tool yang sudah ada di komputer atau laptop kamu. lalu buka layar yang ingin kamu screenshot, tekan tombol New di Snipping tool dan gunakan untuk mengambil screenshot bagian yang kamu mau.

Terakhir, kamu bisa pula screenshot menggunakan software lain di komputer atau laptop. Untuk software apa saja yang bisa dipakai kamu bisa baca lebih jelas disini.

Ada pertanyaan atau komentar?