Cara Mudah Menghapus Sticker BBM di Hp Android

Cara Mudah Menghapus Sticker BBM di Hp Android, Sebagian orang berpendapat jika chatting menggunakan berbagai jenis sticker bisa menambah keseruan obrolan. Sebagian yang lain justru berpendapat bahwa penggunaan sticker sebenarnya tidak terlalu diperlukan, sebab sudah ada emoticon dan smiley yang bisa digunakan.

Beberapa aplikasi instan Messaging memang memiliki fitur sticker untuk menambah keseruan chatting. Instan Messaging tersebut antara lain adalah Line dan Blackberry Messenger atau BBM. Kehadiran sticker diyakini mampu membuat chatting menjadi lebih ekspresif sebab sticker bisa mewakili banyak kata yang digunakan oleh pengguna tanpa perlu repot-repot mengetikkannya.

Sticker di Aplikasi BBM

Blackberry Messenger (BBM) sudah menyediakan fitur sticker dalam dua buah jenis, yaitu sticker gratis dan sticker berbayar. Fitur ini sudah cukup lama ada di Blackberry Messenger (BBM), namun memang tidak sepopuler sticker yang ada di Line Messenger.

Untuk sticker gratis di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) bisa didapatkan dengan mudah. Kita hanya perlu mendownloadnya secara langsung melalui panel sticker yang tersedia. Sedangkan untuk sticker berbayar kita diharuskan untuk mengeluarkan sejumlah pulsa untuk bisa mengunduhnya ke koleksi kita.

Memiliki koleksi sticker yang cukup banyak di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) seringkali justru membuat kita bingung untuk memilih sticker mana yang akan dikirimkan kepada teman kita. Apalagi jika sticker tersebut sudah tidak up to date dengan perkembangan jaman.

Cara Menghapus Sticker di BBM

Jika sudah begini, mengurangi jumlah koleksi sticker kita bisa menjadi pilihan. Sebagian pengguna mungkin sudah tahu cara menghapus koleksi sticker di aplikasi Blackberry Messenger (BBM). Tetapi untuk pengguna yang belum mengetahui caranya, jangan khawatir.

Saya telah merangkum cara mudah menghapus sticker BBM di HP android yang bisa anda coba seperti langkah-langkah di bawah ini

  • Buka Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone atau tablet android kita. Ingat, bahwa yang saya gunakan adalah aplikasi BBM versi ke 3.3.11.146. Jadi jika kamu menggunakan versi sebelumnya atau malah menggunakan versi yang lebih baru, kemungkinan tampilanya sedikit berbeda. Kalau kamu menggunakan versi yang sebelumnya, silakan kamu update terlebih dahulu. Cara update bisa baca tulisan saya yang: Cara Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru
  • Begitu aplikasi BBM terbaru telah kamu buka, biasanya kamu akan langsung diarahkan ke menu Obrolan. Jadi kamu akan langsung melihat banyak chat dari berbagai kontak. Pilih salah satu kontak dan buka, dengan cara tab percakapan kita dengan kontak tersebut. Hal ini sebenarnya hanya bertujuan untuk memunculkan keyboard pada layar. Jadi ketuklah bagian untuk menulis pesan. Ingat bahwa yang harus kamu gunakan adalah BBM yang sudah login, kalau belum, silakan buat akun BBM terlebih dahulu. Untuk tahu bagaimana cara membuat akun BBM, kamu bisa baca: Cara Mendaftar Akun BBM
  • Ketika kamu sudah masuk ke bagian chat yang kamu lakukan, tekan ikon emotikon (gambar wajah tersenyum) yang berada di bagian bawah. Maka seluruh koleksi BBM Sticker yang tersimpan di akun kita akan dimunculkan. Ingat, kamu tidak perlu mengirim sticker apapun untuk mengirimnya.
  • Yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan ikon setting (pengaturan) yang digambarkan dengan gigi rantai berada di paling kanan di bawah ikon kamera. Silakan kamu tab ikon itu.
  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada berbagai pilihan menu sticker, mulai dari Catton & Family Sticker, BBM Stickers dan BBM Family Animated. Pilih sticker mana yang akan kita hilangkan dari keyboard kamu dengan cara melakukan un-check pada panel checklist sticker tersebut. Secara default, seluruh sticker telah terceklist.
  • Setelah itu, coba untuk kembali memunculkan keyboard di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) kita. Sticker yang sudah kita un-check akan hilang dari tampilan panel sticker di keyboard kita.

Dalam menghapus sticker di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) ada satu hal yang harus kita ketahui. Hingga saat ini kita tidak bisa menguninstall sticker BBM yang sudah kita install atau kita download sebelumnya.

Menghapus sticker di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) artinya kita hanya bisa menonaktifkan atau menyembunyikan sticker tersebut agar tidak ditampilkan lagi pada keyboard kita saat melakukan chatting via Blackberry Messenger (BBM).

Hal ini berlaku untuk sticker gratis maupun sticker yang berbayar. Langkah-langkahnya pun tidak berbeda baik di aplikasi BBM versi lama maupun BBM versi baru di sistem android smartphone apa saja.

Memunculkan Kembali Sticker BBM Android

Jika sewaktu-waktu kamu ingin memunculkan kembali sticker BBM android yang telah kamu hapus, kamu bisa mengembalikanya dengan cara yang sama seperti cara di atas. Sebab sebagaimana yang saya katakan, sebenarnya kita tidak menghapus sticker BBM android, melainkan hanya menonaktifkanya saja.

Untuk memunculkanya, silakan kamu ulangi seluruh cara di atas. hanya saja pada bagian akhir, kamu harus kembali ceklist sticker yang sebelumnya kamu unceklist. Maka dengan begitu, sticker yang sebelumnya hilang akan muncul kembali.

Cara Menambahkan Sticker BBM Android

Lalu bagaimana cara kita menambahkan sticker BBM android jika kita merasa sticker yang disediakan oleh aplikasi BBM android kurang memadai? Tidak ada cara yang bisa kita lakukan. Satu-satu cara yang bisa kita gunakan hanyalah mengirim file yang mirip seperti sticker yang kita simpan di media penyimpanan kita.

Jadi silakan kamu simpan sticker, baik itu gambar maupun gift ke dalam memori smartphone kamu. Lalu kirimkan gambar atau gift tersebut. Selamat mencoba.