Cara Mudah Menghapus dan Mengganti Akun Gmail di Android

3 min read

Cara Mudah Menghapus dan Mengganti Akun Gmail di Android,- Saat pertama kali menggunakan android, kamu akan dihadapkan pada pengaturan untuk konfigurasi umum. Pada konfigurasi ini, kamu akan diminta untuk mengisi alamat email Google (akun Gmail pribadimu). Ini menjadi bagian yang sangat penting, karena akun Gmail tersebut akan terintegrasi dengan berbagai fitur layanan Google yang tersedia di android.

Melalui akun Gmail tersebutlah, kamu akan dapat menikmati berbagai aplikasi yang ada di android. Lalu bagaimana bila suatu hari, karena alasan tertentu kamu berniat untuk mengganti akun Gmail yang sudah kamu daftarkan di smartphonemu? Misalnya kamu punya niatan untuk menjual HPmu dan harus menghapus akun Gmail tersebut.

Atau misalnya kamu baru saja membeli android second dan pada ponsel tersebut masih terdapat akun Gmail pengguna lamanya. Tentu kamu akan merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Apabila itu yang terjadi, kamu pasti lebih memilih untuk menghapus dan mengganti akun tersebut dengan akun Gmailmu sendiri.

3 Cara Menghapus dan Mengganti Akun Gmail di Android

Lantas bagaimana sih cara agar bisa menghapus sekaligus juga mengganti akun Gmail di HP android? Kamu tidak perlu risau. Kali ini, kamu akan tahu solusi untuk memecahkan problemmu dan terbebas dari problem tersebut. Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus dan mengganti akun Gmail di android.

Ada beberapa alternatif cara yang bisa kamu pilih untuk menghapus dan mengganti akun Gmail di ponselmu. Beberapa cara yang akan diulas berikut ini pastinya juga sangat simple dan mudah diterapkan.

Cara Pertama dengan Menggunakan Menu Setting

Pada cara pertama ini, kamu bisa memanfaatkan menu Settings di androidmu untuk menerapkan langkah-langkah menghapus dan mengganti akun Gmail di ponselmu. Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

  • Pertama, masuk pada menu Pengaturan/ Settings dari HPmu.
  • Setelah masuk ke menu Pengaturan/ Settings, selanjutnya kamu pilih menu Account.
  • Dari menu Account tersebut, kamu kemudian klik menu Google.
  • Selanjutnya akan muncul akun google yang telah terdaftar di androidmu. Untuk menghapus akun tersebut, kamu tekan titik tiga dipojok kanan atas
  • Langkah berikutnya yaitu cari tombol yang muncul pada menu (biasanya berupa tombol titik tiga). Kemudian sentuh tombol titik tiga tersebut, dan akan muncul pilihan Remove Account. Pilih Remove Account.
  • Setelah mengklik Remove Account, berikutnya kamu klik OK.
  • Selanjutnya kamu telah berhasil menghapus akun Gmail lama di hp androidmu. Untuk mengganti dengan akun yang baru, maka kamu harus kembali memasukkan akun Gmail baru tersebut.
  • Berikutnya kamu harus membuka aplikasi Gmail lebih dulu.
  • Setelah aplikasi Gmail terbuka, lakukan login dengan akun email baru. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan User dan Password yang baru. Dan akhirnya kamu sudah bisa menggunakan akun Gmail yang baru.

Cara Kedua dengan Menggunakan Menu Setting (Setelah di-root)

Bila HP androidmu sudah pernah diroot (proses agar android dapat memperoleh hak akses yang lebih tinggi), maka selain cara yang sudah dipaparkan sebelumnya kamu juga bisa memilih alternatif kedua ini. Sekali lagi perlu ditekankan, bahwa cara kedua ini hanya dapat bekerja apabila androidmu sudah pernah dilakukan root.

Untuk handphone yang sudah diroot, maka untuk menghapus akun Gmailmu bisa dengan cara yang lebih simple. Ini disebabkan karena kamu tetap bisa menghapus dan mengganti akun Gmail tanpa harus melakukan factory reset (mengembalikan pengaturan android seperti awal sebelum digunakan).

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan pada alternatif kedua ini sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Root Explorer. Jika kamu belum memilikinya, maka kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Bila kamu sudah memilikinya dan membuka aplikasi tersebut, selanjutnya kamu masuk ke Data/ System dari ponselmu.
  • Berikutnya, kamu cari db dan hapus file tersebut.
  • Apabila kamu sudah berhasil menghapus file Accounts.db tersebut, selanjutnya kamu bisa melakukan Reboot atau Restart
  • Berikutnya kamu bisa memasukkan akun Gmail yang baru saat mulai menggunakan ponselmu kembali.

Oh ya, untuk langkah yang kedua ini tidak bisa saya berikan gambarnya, sebab hp saya belum saya root. Saya masih merasa sayang bila harus saya root. Jika kamu belum tahu apa itu root dan fungsinya, silakan baca: Apa Itu Root Android, Apa Saja Fungsi, Keuntungan Dan Kerugiannya?

Cara Ketiga dengan Menggunakan Factory Reset (Mengembalikan ke Setelan Pabrik)

Alternatif ketiga ini akan membuat ponselmu kembali pada keadaan semula saat belum pernah digunakan sebelumnya. Jadi sebelum kamu akan menerapkan cara yang ketiga menggunakan factory reset ini, terlebih dahulu kamu harus memastikan untuk memindahkan data-data pentingmu agar tidak ikut terhapus saat kamu menerapkan cara ini.

Selain itu, kamu juga harus melepas SIM Card providermu lebih dulu dari slotnya. Jika keduanya sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Kamu masuk ke menu Pengaturan/ Settings di ponselmu.
  • Berikutnya kamu sentuh pilihan Setelan Tambahan.
  • Dari perintah tadi, selanjutnya pilih Buat cadangan & setelah Ulang.
  • Setelah itu, akan muncul pesan apakah kamu benar-benar akan mereset ponselmu. Kemudian kamu klik kembalikan ke setelah pabrik.
  • Tunggu sampai proses Factory Reset selesai berlangsung.
  • Bila sudah selesai dan berhasil, maka selanjutnya kamu bisa memulai kembali menggunakan androidmu dengan memasukkan akun Gmail yang baru.

Perlu kamu ketahui, bahwa mengganti akun Gmail lama dengan yang baru hanya akan berpengaruh pada akun Gmail di ponsel tersebut. Kamu masih tetap bisa menggunakan akun yang lama pada ponsel yang lain, atau melalui browser pada komputermu.

Selain itu sebagai informasi tambahan, apabila kamu akan menggunakan aplikasi atau game yang mengharuskan kamu login menggunakan akun Google, maka kamu juga harus melakukan pengaturan ulang menggunakan akun yang baru.

Bila ada pertanyaan seputar bagaimana cara meenghapus dan mengganti akun Gmail di Android, silakan tulis dalam kolom komentar di bawah ini.

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *