4 Cara Mengambil Screenshot di Hp Samsung Lengkap +Gambar

Cara Screenshot Samsung – Keberadaan fitur screenshot pada sebuah ponsel pintar menempati posisi yang sangat penting. Maka tak salah bila hampir tidak ada ponsel pintar yang tidak dibekali dengan fitur screenshot. Termasuk juga di Hp Samsung. Sayangnya, masih banyak pengguna Hp samsung yang tidak tahu bagaimana cara screenshot di hp samsung.

Untuk itu tulisan ini saya buat, saya akan membagikan cara screenshot hp samsung dengan menggunakan beberapa cara. Mulai dari menggunakan tombol screenshot, hingga aplikasi screenshot android. Saya juga akan memaparkan bagaimana mengambil scroll screenshot di Hp Samsung.

4 Cara Screenshot Samsung

 

Screenshot Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan tombol kombinasi. Hampir semua ponsel dibekali cara screenshot dengan menggunakan tombol kombinasi. Termasuk juga samsung.

Bisa dibilang semua orang mengetahui cara screenshot di hp samsung dengan cara ini, yaitu menggunakan kombinasi tombol power (+) dan home. Caranya:

  1. Pastikan bahwa ponsel kamu telah dalam keadaan aktif dan tidak terkunci, lalu buka layar yang ingin kamu screenshot
  2. Selanjutnya langsung tekan tombol power + home secara bersamaan sampai layar berkedip dan terlihat telah melakukan screenshot.Cara Screenshot Samsung

Secara otomatis, layar yang ingin kamu screenshot telah berhasil di screenshot. Dan untuk melihat hasil screenshot kamu, kamu tinggal buka saja aplikasi Galery.

Screenshot Menggunakan Fitur Motion Control

Screenshot di hp samsung juga bisa dilakukan hanya dengan menggerakkan tangan di atas layar saja, caranya adalah dengan mengaktifkan fitur motion control. Fitur ini akan merekan gerakan tertentu pada layar sebagai perintah untuk melakukan screenshot.

Hanya saja untuk menggunakan fitur ini, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkanya. Dan fitur ini tidak tersedia pada semua ponsel smartphone Samsung. Beberapa ponsel samsung yang punya fitur ini misalnya Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3. Juga pada Samsung Galaxy Note 4, Note 3, Note 2 dan Galaxy Note serta beberapa Samsung galaxy yang diproduksi di atas tahun 2013.

Selain itu, fitur ini juga tersedia pada beberapa ponsel lain yang didukung dengan Android 4.0 dan versi yang lebih baru. Untuk mengaktifkan fitur Motion Control caranya:

  1. Silakan buka hp samsung kamu, lalu buka menu setting (bisa dari tombol gigi yang ada di quick access).Menggunakan Fitur Motion Control
  2. Lanjutkan dengan tab motion and gesturetab motion and gesture
  3. Di dalam menu motion anda gesture, pilihlah atau aktifkan “Palm Swipe To Capture”pilihlah atau aktifkan “Palm Swipe To Capture”
  4. Setelah fitur Palm Swipe kamu aktifkan. Tekan tombol back dan buka layar yang ingin kamu screenshot.
  5. untuk melakukan screenshot tinggal menggeser telapak tangan kamu dari kanan ke kiri.Cara Screenshot Menggunakan Fitur Motion Control Samsung
  6. akan muncul kilatan dan suara seperti melakukan sreenshoot dengan tombol kombinasi.
  7. Selesai

Dibeberapa tipe smartphone Samsung, menu Palm Swipe to Capture dan Smart Capture bisa kamu temukan dengan masuk ke menu Settings -> pilih Advanced Features -> baru kemudian aktifkan Palm Swipe to Capture dan Smart Capture.

Screenshot menggunakan Aplikasi ‘Tangkapan Layar Mudah’

Selain menggunakan tombol kombinasi dan memanfaatkan fitur Palm Swipe to Capture dan Smart Capture, kita juga bisa melakukan screenshot di hp samsung dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa kita temukan di Play Store.

Salah satunya adalah aplikasi bernama ‘Tangkapan Layar Mudah’. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ice Cold Apps dan telah di download lebih dari 10 juta kali ketika tulisan ini dibuat. Mungkin sekarang jauh lebih banya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya sangatlah mudah. Kamu cukup:

  1. Download aplikasi terlebih dahulu bila kamu belum memiliki aplikasi, silakan buka Play Store dan ketikan ‘Tangkapan Layar Mudah’. atau kamu bisa juga download aplikasi dengan klik disinicara screenshot hp samsung
  2. Selanjutnya langsung saja kamu download aplikasi dengan klik Instal, ukuran file nya hanya 3,4 Mb. Setelah didownload, tunggu sampai proses instal selesai.aplikasi screenshot android
  3. Setelah proses install selesai, langsung saja klik Bukamenggunakan Aplikasi Tangkapan Layar Mudah
  4. Jika aplikasi meminta sejumlah ijin akses, silakan berikan saja dengan klik ijinkan.
  5. Baru setelah itu, aplikasi akan terbuka. Silakan kamu setting cara screenshot menggunakan aplikasi ‘Tangkapan Layar Mudah’ sesuai yang kamu mau. Ada banyak pilihan. Saya menyarankan kamu klik tombol yang ada disebelah kanan Hamparan Ikon sampai berubah jadi biru. Itu tanda bahwa aplikasi akan ditampilkan di hamparan (layar).Mengambil Screenshot Layar di Samsung
  6. Silakan kamu buka layar yang ingin kamu screenshot. Lihat, sekarang ada ikon ‘Tangkapan Layar Mudah’ di semua layar yang kamu buka.tangkapan layar
  7. Untuk melakukan screenshot kamu cukup tekan ikon ‘Tangkapan Layar Mudah’ yang mengambang di layar kamu.tekan ikon Tangkapan Layar Mudah
  8. Tunggu beberapa saat sampai ada getar, maka screenshot telah dilakukan.
  9. File yang kamu screenshot secara otomatis akan terbuka dengan sendirinya.

Adakah Aplikasi Screenshot Lainnya? tentu saja di play store masih ada beberapa jenis aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk screenshot. Hanya pada tulisan ini, saya rasa cukup mengulas satu aplikasi saja. karena aplikasi screenshot bagi saya hanyalah alternatif cara screenshot di hp samsung bilamana fitur yang ada di ponsel samsung tidak bisa kamu gunakan untuk screenshot.

(Tambahan) Cara Melakukan Scroll Screenshot (Screenshot Panjang)

Sebagai pelengkap, Jurnalponsel akan beri tahu pula bagaimana cara melakukan screenshot panjang (scroll screenshot) menggunakan hp samsung. Hanya saja, fitur ini tidak dimiliki oleh semua hp samsung. Kabanyakan yang memilikinya adalah yang punya spesifikasi cukup tinggi. misalnya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Cara untuk mengaktifkan screenshot panjang di hp samusng adalah dengan masuk ke menu Settings -> pilih Advanced Features -> aktifkan Smart Capture. Jadi cara screenshot panjang di hp samsung tidak membutuhkan bantuan aplikasi.

Demikian artikel mengenai 4 cara screenshot samsung. Semoga bermanfaat! 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?