Cara Mudah Menambah Kontak BBM dengan Cepat dan Otomatis, BBM mungkin tak sepopuler ketika baru pertama kali hadir di android. Tapi pamornya sebagai aplikasi chatting terbaik masihlah tetap melekat. Banyak pengguna android menjadikanya sebagai aplikasi wajib yang harus diinstal.

Salah satu fitur paling khas yang dimiliki BBM adalah PIN dan cara kerjanya. Hanya dengan PIN lah kita bisa mengajak orang lain menjadi teman BBM kita. tanpa mengetahui PIN-nya, kita tidak akan pernah bisa berkomunikasi denganya.

Hanya saja, ketika kita baru menggunakan aplikasi BBM, apakah kita harus menambahkan satu persatu kontak BBM teman melalui fitur invite (undang) di BBM? Tentu kalau benar harus begini, bakal sangat merepotkan.

Cara Menambah Kontak BBM

Ternyata untuk menambahkan kontak BBM bisa dilakukan dengan cepat dan otomatis. Kita tidak perlu melakukan invite satu persatu. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Sebenarnya, ketika baru pertama kali kamu masuk ke aplikasi BBM atau saat pertama kali kamu membuat akun BBM, BBM secara otomatis menawarkan fitur menambahkan kontak secara otomatis.

Jadi ketika kamu menekan Oke untuk pilihan cari teman secara otomatis, maka saat kamu masuk ke BBM, secara otomatis akan langsung menambahkan teman sendiri. Tapi jika kamu tidak menekan Oke, kamu bisa melakukanya dengan tiga cara berikut.

Cara Pertama

  1. Pertama-tama, silakan kamu buka aplikasi BBM. Harus sudah dalam keadaan login ya. Jika belum login, maka kamu harus login terlebih dahulu menggunakan user dan password yang telah kamu miliki. Jika lupa passwordnya, kamu bisa baca: Cara Mengatasi BBM Lupa Password
  2. Setelah kamu masuk ke BBM android kamu, kamu akan langsung berada pada menu obrolan. Silakan kamu lihat menu “Saya” yang terletak pada bagian pojok paling bawah. Tab ikon “saya” yang bergambar manusia itu.Cara Menambahkan Kontak BBM (1)
  3. Maka kamu akan dibawa ke layar baru dengan berbagai menu. Salah satu menu tersebut adalah Biasanya tidak terlihat di layar, kamu perlu sroll down (gulir ke bawah) untuk melihatnya. Silakan tab kata “Kontak” yang di bawah kata Grup.
  4. Maka kamu akan masuk ke menu Kontak dan akanmelihat berbagai pilihan baru. Salah satunya adalah “Cari Teman Yang Sudah Menggunakan BBM”. Jika saat login kamu tidak mencentangnya, maka kini kamu perlu mencentangnya agar BBM bisa melakukan penambahan kontak secara otomatis. Silakan kamu ceklist box yang ada di sebelah kata tersebut. Beres.

Dengan cara ini, kamu akan bisa melihat berbagai daftar kontak baru telah ditambahkan ke kontak kamu. Kamu bisa chatting dan lain sebagainya dengan kontak baru tersebut.

Cara Kedua

Selain menggunakan cara pertama, kamu juga bisa menggunakan cara yang kedua ini. Cara ini menurut saya lebih sederhana ketimbang cara yang pertama, berikut caranya:

  1. Sama seperti cara yang pertama, cara ini juga dimulai dengan membuka aplikasi BBM terlebih dahulu dalam keadaan sudah login. Kamu akan langsung melihat tampilan obrolan pada layar smartphone android kamu.
  2. Silakan lanjutkan dengan tab kata “Kontak” yang berada di bagian paling bawah sebelah kananya “Obrolan”.
  3. Maka kamu akan melihat dua pilihan Kontak BBM pada bagian atas yang kemudian di ikuti dengan kontak-kontak BBM yang telah kamu miliki. Lalu di bawah kontan BBK, kamu akan melihat kata “Kontak”.
  4. Di bawah kata “Kontak” ada kata Cari Teman Yang Sudah Menggunakan BBM. Lalu di bawahnya ada ikon yang bisa kamu aktifkan dengan menggesernya ke kanan dan akan ditandai berubah warna jika telah aktif.
  5. Begitu kamu mengaktifkanya. Kamu akan melihat banyak kontak baru yang langsung ditambahkan ke Kontak BBM kamu secara otomatis.

Menurut saya, cara yang kedua ini lebih gampang dan efektif. Kita jadi langsung bisa memilih kontak baru yang masuk ke BBM.

Cara Ketiga

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan kontan BBM secara otomatis adalah:

  1. Silakan buka aplikasi BBM yang kamu miliki sebagai mana cara pertama dan kedua.
  2. Lanjutkan dengan menekan ikon bertanda strip tiga yang berada di pojok kiri atas.
  3. Setelah itu, tab kata Undangan. Maka kamu akan melihat layar yang baru.
  4. Di layar yang baru tersebut, kamu akan melihat kata “Cari Teman Yang Sudah Menggunakan BBM”. Silakan aktifkan tanda di bawah kata tersebut. Maka secara otomatis BBM akan menambahkan kontak baru.

# Catatan

Sebagai catatan, saya menggunakan aplikasi BBM paling baru ketika tulisan ini saya buat. Yaitu BBM versi 3.3.11.146. Jadi jika kamu masih menggunakan versi yang sebelumnya atau malah yang lebih baru lagi, mungkin ada sedikit perbedaan tampilan.

Silakan kamu sesuaikan dengan cara-cara di atas. Nah buat kamu yang belum tahu bagaimana cara memperbarui (update) BBM, kamu bisa membaca tulisan saya yang berjudul: Cara Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru

Saya selalu memperbarui aplikasi BBM begitu saya menerima pembaharuan. Memperbarui aplikasi sangat baik untuk menghilangkan berbagai bug (kerusakan) yang terjadi pada aplikasi. Selain itu juga bagus untuk memperbarui tampilan dan fitur.

Selain menggunakan BBM versi 3.3.11.146, saya juga menggunakan pengaturan bahasa menggunakan bahasa Indonesia. Silakan sesuaikan saja.

Cara Lain Menambahkan Kontak BBM

Kalau kamu ingin menambahkan kontak BBM selain menggunakan dua cara di atas, juga bisa kamu lakukan dengan cara share PIN (membagikan PIN) BBM android kamu.

BAGIKAN