Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP dan Laptop

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP dan Laptop,- Kebutuhan menyimpan file menjadi salah satu hal yang sering dicari oleh orang di zaman sekarang. Ada yang memilih menggunakan CD, DVD, memory card, flasdisk, dan yang termutakhir adalah hardisk.

Sebagai media penyimpanan data, kelimanya bisa digunakan jika kamu memenuhi syarat, yakni memilikinya baik dengan cara membeli maupun meminjam. Akan tetapi, jika kamu tidak ingin diributkan dengan perkara membeli atau meminjam wadah penyimpanan, kamu bisa beralih ke Google Drive.

Google Drive adalah sebuah ruang penyimpanan online yang dikembangkan oleh Google Inc yang bisa digunakan untuk berbagi file dalam kapasitas maksimal yang lumayan besar, 15 GB.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Google Drive atau Drive yang dibuat oleh Google memungkinkan kamu untuk menyimpan data berupa foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video, atau bahkan apa saja dengan menggunakan media penyimpanan berdasarkan Cloud.

Apabila dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya, Google Drive memiliki kelebihan tersendiri seperti tanpa biaya (free) untuk mendapatkannya dan juga jauh lebih aman.

Biaya mulai dikenakan oleh Google Drive jika kamu membutuhkan wadah penyimpanan dengan ukuran yang lebih besar misalnya 100 GB hingga 30 TB. Selama yang kamu butuhkan hanya 15 GB, kamu selamanya akan tetap gratis.

Sebagai media penyimpanan online, Google Drive dijamin tidak akan mudah rusak (tidak ada bentuk fisik) dan juga tidak khawatir kehilangan data. Selama kamu tidak lupa dengan akun Gmail beserta passwordnya, maka semua data yang telah kamu simpan di Google Drive bisa selalu diakses lagi. Keamanan Google Drive juga tidak perlu diragukan lagi krena media ini telah dilengkapi dengan protocol SSL (HTTPS).

Cara Menyimpan File di Google Drive Melalui Hp

Menggunakan Google Drive bukanlah menjadi sesuatu yang sulit. Kamu bisa mulai menyimpan file di Google Drive lewat beragam cara, bisa lewat HP atau bahkan Laptop (PC).

HP atau smartphone menjadi sebuah alat yang memudahkan setiap orang untuk mengakses apapun, termasuk Google Drive. Nah, berikut adalah langkah-langkah menyimpan file di Google Drive melalui Hp

  1. Biasanya pada HP atau smartphone android yang kamu gunakan sudah terpasang aplikasi Google Drive. Jadi bisa langsung kamu buka dengan tab aplikasinya. Aplikasi biasanya terletak satu kelompok dengan aplikasi Google lainya. Jika belum tahu aplikasinya yang mana, lihat gambar di bawah iniCara Menyimpan File di Google Drive (1)
  2. Jika kebetulan Hp kamu belum terpasang aplikasi Google Drive, kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi Google Drive di Play Store.
  3. Apabila sudah menginstal aplikasinya, kamu bisa langsung membuka Google Drive yang sudah terpasang.Cara Menyimpan File di Google Drive (2)
  4. Untuk yang pertama kali, akan ada prolognya. Silakan skip-skip saja hingga muncul ikon tambah.
  5. Tap icon tambah (berwarna biru) yang letaknya di pojok kanan bawah HP kamu.Cara Menyimpan File di Google Drive (4)
  6. Setelah meng-klik icon tambah, pilih Upload.Cara Menyimpan File di Google Drive (5)
  7. Selain Upload, ada pula pilihan-pilihan lain seperti: Folder (untuk membuat folder), Upload (untuk mengunggah file langsung dari HP), Scan (untuk mengambil foto melalui HP), Google Doc (untuk mmebuat tulisan atau cerita), Google Sheet (untuk data Excel), dan Google Slide (untuk membuat bahan presentasi seperti Power Point).
  8. Selanjutnya, pilihlah file yang akan disimpan. Bisa berupa gambar, video, foto, musik, dan sebagainya.Cara Menyimpan File di Google Drive (6)
  9. Sebagai catatan: jika kamu akan menyimpan lebih dari satu file, silakan sentuh dan tahan salah satu file untuk dimasukkan mode ‘select’, kemudian sentuh seperti biasa file mana saja yang akan disimpan.

Setelahnya, proses penyimpanan akan berjalan dan file secara otomatis akan tersimpan. Beres. File sudah tersimpan dengan rapi di akun Google Drive. Oh ya, sebelum kamu bisa menggunakan Google Drive, kamu harus memiliki akun gmail dahulu.

Untuk membuat akun Gmail, silakan kamu baca: Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail Baru Dengan Mudah Cuma 5 Menit

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Laptop

Jika menyimpan file di Google Drive lewat HP bisa dilakukan dalam sekali genggaman, hal itu tidak berlaku apabila lewat laptop atau PC. Apabila ingin menyimpan lewat laptop, yang dibutuhkan bukan aplikasi, melainkan browser.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan laptop kamu kemudian buka aplikasi browser yang ada. Browser yang dipakai bisa apa saja seperti Google Chrome, Mozila Firefox, atau browser bawaan yang ada di laptop kamu. Terserah mana yang kamu suka saja.
  2. Selanjutnya, kamu melakukan proses masuk ke akun Gmail seperti biasa ketika kamu akan masuk ke email.Cara Menyimpan File di Google Drive
  3. Jika sudah berhasil masuk Gmail, maka akan tampil pada dashboard beragam fitur yang terletak di pojok kanan atas.
  4. Pilihlah Drive yang memiliki symbol segitiga berwarna biru dan hijau. Lihat gambar di bawah ini.Cara Menyimpan File di Google Drive
  5. Kliklah fitur Drive itu, kemudian pilih New (baru).Cara Menyimpan File di Google Drive
  6. Pilih Upload, kemudian pilih file mana saja akan kamu simpan.Cara Menyimpan File di Google Drive
  7. Jika sudah dipilih, penyimpanan akan segera diproses dengan catatan file berukuran besar membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan file berukuran kecil.
  8. Selanjutnya, file akan tersimpan secara otomatis.

Nah, selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk mulai menyimpan data menggunakan Google Drive. Jika suatu saat kamu mengalami masalah untuk bisa masuk ke akun Gmail dan tidak bisa mengakses Google Drive, kamu bisa mencari tahu cara-cara memulihkan akun Gmail karena lupa sandi.

Atau kamu bisa baca tulisan berikut: Cara Reset Kata Sandi Gmail dengan Email Pemulihan

Pada Google Drive juga ada pilihan Folder, kamu bisa membuat folder baru seperti biasa, tinggal masukkan nama folder kemudian Create (ciptakan). Selanjutnya, untuk fitur yang lainnya, kamu bisa mempelajari sendiri.

Sementara itu, jika suatu saat kamu membutuhkan file yang sudah disimpan di Google Drive, kamu bisa mengulangi cara yang sama dengan membuka Gmail kamu,  masuk ke Drive, kemudian pilih file yang ingin kamu unduh atau download.

Bagaimana apakah kamu sudah mencoba? Demikian tutorial tentang cara menyimpan file di Google Drive baik lewat HP maupun laptop. Semoga membantu. Jika bermanfaat, silakan share atau bagikan ke yang lain dengan men-tag teman kamu yang membutuhkan. Terima kasih.

Ada pertanyaan atau komentar?