Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi BBM di Smartphone dan Tablet Android

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi BBM di Smartphone dan Tablet Android, Oke, kita semua tahu bahwa beberapa tahun yang lalu, BBM sempat menjadi aplikasi yang begitu digandrungi oleh anak muda bersama dengan ponsel bernama BlackBerry. Tapi sekarang pesonanya sedikit demi sedikit luntur. Seiring dengan gempuran berbagai aplikasi lain yang mirip dengan BBM.

Meski demikian, BBM tak bisa punah sepenuhnya. Masih ada beberapa fitur andalan yang jadi favorit beberapa pengguna smartphone. Terutama karena BBM tak lagi ekslusif dan tersedia di Android serta iPhone.

Nah, turunya pamor BBM juga menjadikan beberapa orang tak lagi menempatkan BBM di bagian layar utama smartphonenya. Mereka lebih memilih menyembunyikan BBM hingga tak terlihat oleh pengguna lain. Tahukah kamu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi BBM?

Cara Menyembunyikan Aplikasi BBM

Ada juga alasan privasi yang membuat seseorang menyembunyikan aplikasi BBM. Dengan disembunyikan, maka tak mudah orang lain membuka dan menemukan aplikasi BBM yang terpasang di android.

Mungkin kamu sudah pernah melakukanya dan tahu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi BBM. Tapi buat kamu yang belum tahu, saya punya dua cara yang bisa kamu gunakan:

Menyembunyikan Aplikasi BBM Tanpa Aplikasi

Buat kamu semua pengguna android, kamu bisa menyembunyikan aplikasi apapun tanpa menggunakan bantuan aplikasi lain. Menyembunyikan aplikasi WhatsApp, Instagram, dan juga aplikasi BBM. Semuanya sangat mudah untuk kamu lakukan.

Android memang sudah dibekali fitur “Sembunyikan Aplikasi”. Kali ini sayapun mencobanya untuk menyembunyikan aplikasi BBM.

Saya menggunakan Smartphone Asus dengan dukungan android versi Kitkat. Jika kamu menggunakan android versi sebelumnya atau yang lebih baru, kemungkinan letaknya saja yang berbeda. Tapi fitur “sembunyikan aplikasi” pasti ada.

Untuk menyembunyikan aplikasi BBM menggunakan fitur “sembunyikan Aplikasi” bisa kamu lakukan dengan:

  • Pertama, bukalah drawer aplikasi android anda. Biasanya ditandai dengan simbol kotak empat, silakan klik bagian itu. Tiap tipe ponsel memiliki letak yang berbeda.
  • Ketika sudah masuk pada bagian drawer aplikasi, lihatlah simbol titik tiga yang disusun secara vertikal. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini. tab simbol tersebut. Maka kamu akan melihat berbagai pilihan.
  • Salah satu pilihan itu adalah “sembunyikan Aplikasi. Silakan tab kata itu.
  • Maka seluruh aplikasi yang kamu miliki akan muncul dengan tanda kotak disampinganya. Silakan klik tanda kotak tersebut sebagai penanda bahwa aplikasi kamu sembunyikan. Jika BBM yang kamu centang, maka BBM lah yang akan kamu sembunyikan. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lainya.
  • Jika sudah, silakan klik kembali. Dengan melakukan cara tersebut maka aplikasi BBM sudah bisa dipastikan terlah tersembunyi.

Kini aplikasi BBM telah tersembunyi. Maka sispapun yang membuka ponsel kamu pasti mengira bahwa kamu tak menggunakan aplikasi BBM lagi. Kamu bisa mengembalikan aplikasi BBM yang telah kamu sembunyikan menjadi tidak tersembunyi lagi dengan mengulang cara yang sama.

Sayangnya, fitur ini tidak kamu temukan pada ponsel Xiaomi. Saya sudah coba obrak abrik segala menu yang ada di xiaomi, tapi sayangnya, fitur sembunyikan aplikasi tidak saya temukan. Yang saya temukan hanya fitur kunci aplikasi.

Dan memang di ponsel Xiaomi tidak ada drawer aplikasi. Yang hanya home saja. jadi saya tidak bisa menyembunyikan aplikasi BBM di xiaomi secara langsung tanpa aplikasi.

Jadi untuk menyembunyikan aplikasi BBM pada ponsel yang tidak di dukung dengan fitur “sembunyikan aplikasi” seperti yang ada di ponsel Xiaomi, kita butuh cara lain. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi.

Kalau di root terlebih dahulu, saya belum mencobanya. Apakah bisa atau tidak.

Menyembunyikan BBM Menggunakan Aplikasi

Nah diluar sana ada banyak sekali aplikasi yang berguna untuk menyembunyikan aplikasi sekaligus mengunci aplikasi. Salah satu yang memiliki fungsi utama sebagai aplikasi penyembunyi aplikasi adalah Hola Launcher.

Aplikasi ini bekerja dengan baik ketika saya gunakan untuk menyembunyikan aplikasi BBM. Bagaimana cara melakukanya? sangat mudah. Berikut caranya:

  • Pertama tentu saja kamu harus memiliki aplikasi Hola Launcher. Kamu bisa dapatkan aplikasi ini di Play Store atau bisa juga kamu dapatkan dengan cara klik link download.
  • Setelah download, tunggu sampai aplikasi selesai terinstal dengan sendirinya. Baru setelah proses instal selesai, langsung dah buka aplikasi Hola Launchernya.
  • Kamu akan melihat tampilan aplikasi Hola Launcher saat pertama kali kamu buka. Silakan tekan kata Go untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Selanjutnya aplikasi Hola Launcher akan memintak kamu untuk memilih complete action user. Maka kamu cukup memilih “Hola Launcher” kemudian tab kata “Always”, maka kamu akan beralih ke layar utama.
  • Langkah selanjutnya untuk menyembunyikan aplikasi BBM di Hola Launcher adalah dengan mengetuk tombol “option menu”. Tombol ini terletak di sudut kiri bawah sebelah kiri tombol “Home”.
  • Lanjutkan dengan tab kata “Loha Setting”
  • Berikutnya ketuk kata “Advance Setting”
  • Langkah selanjutnya adalah ketuk “Hide Apps”
  • Ada beberapa menu, pilihlah yang “ADD” di bagiah bawah layar.
  • Sekarang tinggal kamu pilih aplikasi BBM dengan cara mencentangnya, lalu ketuk “0K”

Dengan begitu aplikasi BBM sudah tidak tampak dilayar utama kamu. BBM sudah tersembuyi dengan rapi di dalam aplikasi Hola Launcher. Jika kamu ingin mengembalikan BBM menjadi terlihat lagi, kamu bisa melakukanya dengan kembali membuka aplikasi Hola Launcher dan menghilangkan aplikasi BBm dari Hide Apps.

#Catatan

Sekali lagi, selain aplikasi Hola Launcher masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi BBM. Tapi menurut saya, ketimbang menyembunyikanya, lebih baik memberikan password saja.

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Litalia. (). Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi BBM di Smartphone dan Tablet Android. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/cara-menyembunyikan-aplikasi-bbm-di-android/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.