8 Cara Menonaktifkan Aplikasi BBM Sementara di Perangkat Android

8 Cara Menonaktifkan Aplikasi BBM Sementara di Perangkat Android, Dalam satu ponsel biasanya kita tak hanya memiliki satu aplikasi media sosial yang terhubung dengan banyak kontak. Selain memiliki BBM, kita juga punya facebook, line, WhatsApp dan lainya. Bisa dipastikan, ponsel kita berbunyi setiap saat.

Terkadang bunyi ponsel yang terus menerus menerima pemberitahuan sangat mengganggu. Sehinggan ingin sekali kita mematikanya. Termasuk pemberitahuan yang masuk ke aplikasi BBM. Entah itu pemberitahuan dari pesan masuk, broadcast atau lainya.

Sayangnya, tak banyak orang tahu bagaimana cara menonaktifkan aplikasi BBM untuk sementara waktu agar tidak mengganggu. Untuk itulah tulisan ini saya buat. Saya punya 8 cara yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan BBM sementara waktu.

Cara Menonaktifkan BBM Android

1. Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan aplikasi BBM untuk sementara waktu adalah menggunakan aplikasi. Dengan bantauan aplikasi ini, kita tidak perlu mamatikan internet. Kita bisa memilih mana aplikasi yang akan kita matikan untuk sementara waktu.

Di Play Store ada banyak sekali jenis aplikasi semacam ini. Salah satunya adalah  Disable Service. Cara kerja aplikasi ini sebagai berikut:

  • Silakan unduh aplikasi Disable Service atau yang sejenisnya melalui Google Play Store
  • Lalu tunggu sampai selesai proses download dan instal aplikasi. Baru setelah itu, silakan buka aplikasi.
  • Begitu aplikasi kamu buka, kamu akan melihat berbagai ikon aplikasi yang telah kamu gunakan. Pilih BBM yang berada di dalam bagian Disable Service
  • Lanjutkan dengan menekan menu ‘BBMAccountService’ menjadi tidak tercentang dan tulisannya menjadi berwarna merah

Kini BBM yang kamu gunakan tidak akan bisa kamu gunakan untuk sementara waktu walaupun koneksi internet tidak kamu matikan. Untuk menggunakan BBM kembali, kamu harus buka aplikasi Disable Service dan centang kembali aplikasi BBM.

Sayangnya, cara ini hanya bisa kamu lakukan bila android telah kamu root sebelumnya, jika tidak, aplikasi tidak akan bisa bekerja.

2. Melakukan Force Close (Paksa Berhenti)

Cara berikutnya untuk menonaktifkan BBM untuk sementara waktu adalah melakukan force close atau paksa berhenti. kita bisa menggunakan cara ini untuk menghentikan aplikasi apapun untuk sementara waktu.

Aplikasi baru bisa kembali berjalan (aktif) kembali bila kita telah membukanya kembali. Setelah kita lakukan force close, pesan yang dikirim ke akun BBM kita hanya akan centang.

Tapi ingat, jang membuka aplikasi setelah melakukan force close. Kalau kita buka, BBM akan aktif kembali.

Cara untuk melakukan force close BBM adalah sebagai berikut:

  • Buka pengaturan ponsel (setting) dengan cara tarik layar dari atas ke bawah.
  • Lalu lihat ikon berbentuk gigi rantai, tekan. Maka kamu akan masuk ke menu Setting.
  • Pada bagian menu setting carilan manager aplikasi (aplikasi terinstal). Kli bagian itu.
  • Lalu cari dan klik ikon BBM.
  • Kamu akan melihat beberapa pilihan, termasuk Force Close (paksa henti). Silakan klik bagian itu

Setelah itu, kamu tinggal kembali. Tanda BBM telah berhenti bisa kamu lihat dengan hilangnya ikon BBM di bagian atas.

3. Pasang Status Di BBM

Kamu juga bisa menonaktifkan BBM sementara waktu dengan memasang status BBM. Silakan kamu pasang status yang menyatakan bahwa kamu sedang sibuk dan tidak bisa diganggu untuk sementara waktu.

Kalau perlu kamu juga bisa pasang personal message di bagian profil kamu. Biar kalau ada yang hendak chat kamu. ia akan sadar bahwa kamu sedang tidak bisa diganggu. Mereka hanya akan menghubungi kamu jika benar-benar penting.

Hanya saja, cara ini tidak efektif jika kamu benar-benar ingin menonaktifkan BBM sepenuhnya.

4. Menghilangkan Ikon Connected

Dengan menghilangkan ikon conected, sama artinya kamu menonatifkan BBM jika kamu keluar dari BBM. Pesan yang dikirim ke akun kamu akan centang sampai kamu membuka aplikasi BBM.

Jadi cara ini cukup efeksif dan mudah sekali. Cocok juga untuk kamu yang tidak terlalu butuh chat lewat BBM. Kamu bisa buka BBM secara berkala.

Cara untuk menghilangkan ikon Conected aplikasi BBM adalah:

  • Masuk ke aplikasi BBM di smartphone android kamu
  • Tab ikon yang berbentuk manusia di bagian pojok kanan paling bawah.
  • Lalu tab bagian notifikasi, maka kamu akan melihat halaman baru.
  • Silakan hilangkan tanda centang pada bagian Ikon BBM Terhubung dengan cara meng-kliknya.
  • Lanjutkan dengan keluar dari aplikasi BBM dengan cara tekan tombol back (kembali).

Cara ini akan membuat BBM mati untuk sementara waktu. Seluruh pesan yang dikirm ke kamu akan pending. Jika ingin mengaktifkan BBM, cukup lakukan cara yang sama.

5. Lakukan Clear Data

Clear data juga bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan BBM untuk sementara waktu sampai kamu login kembali ke BBM. Sebab dengan clear data, kamu akan secara otomatis logout.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan BBM dengan cara membersihkan data (clear data) adalah:

  • Masuk menu ‘Settings’ ponsel kamu
  • Lanjutkan dengan tab menu ‘Application Manager’ (atau aplikasi terinstal) yang ada di bagian System Manager
  • Kemudian, cari dan tab ikon aplikasi BBM
  • Tekan menu ‘Clear Data’

Setelah itu, tinggal tekan tombol back (kembali) saja. untuk bisa mengaktifkan BBM kembali, kamu harus login lagi.

6. Matikan Koneksi Internet

Mematikan aplikasi BBM untuk sementara waktu juga bisa kamu lakukan dengan mematikan koneksi internet. Untuk cara ini, tentu kamu sangat fasih bagaimana cara melakukanya.

7. Uninstall Aplikasi BBM

Jika kamu ingin menonaktifkan BBM untuk sematara waktu sampai batas waktu yang tidak bisa kamu prediksi. Silakan unistal aplikasi BBM saja, biar tidak membebani ponsel.

Begitu ingin kamu aktifkan kembali, tinggal instal saja.

8. Matikan Ponsel

Kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi BB sementara dengan cara mematikan ponsel. Baru hidupkan kembali ponsel bila kamu ingin mengaktifkan BBM lagi dan acara kamu telah selesai.

Itulah beberapa cara menonaktifkan aplikasi BBM yang bisa saya bagikan, jika artikel bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman kamu. Oh ya, pada poin nomor 3, saya menggunakan BBM versi 3.3.10.102