Cara Menonaktifkan Antivirus McAfee Untuk Sementara

Ada banyak data penting yang tersimpan di laptop dan komputer. Sayangnya masih ada saja orang iseng yang mencoba mengambil keuntungan data kita. Menyusup ke laptop atau memasukkan virus demi mengambil keuntungan. Salah satu cara untuk mencegah peristiwa itu terjadi adalah dengan memasang antivirus.

Antivirus merupakan sebuah perangkat lunak di dalam komputer yang fungsinya melindungi komputer dari virus-virus yang berbahaya. Anti virus ini memberikan perlindungan serta keamanan pada sistem dan data-data yang ada di dalam komputer.

Seperti yang kamu ketahui sendiri, virus dapat menyerang komputer kapanpun apalagi jika tidak ada antivirus di dalam komputer kamu. Jika sampai komputer terjangkit virus tersebut, tentu saja kinerja komputer menjadi kurang maksimal. Nah untuk memproteksi komputer kamu, setidaknya terdapat antivirus yang terpasang di dalam komputer kamu. Salah satu antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Antivirus McAfee.

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus McAfee

Antivirus McAfee adalah salah satu produk antivirus yang dikenal memiliki kinerja  sangat baik dalam membantu melindungi komputer dari bahaya virus yang dapat menyerang perangkat komputer. Perusahaan ini memiliki pusat di Santa Clara, California yang dikenal memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap.

Sesuai dengan namanya, aplikasi antivirus ini dibuat oleh Jonh McAfee pada tahun 1987 dan kemudian dijual pada Perusahaan Network General. Antivirus ini pernah menjadi salah satu antivirus terbaik yang ada di dunia, karena secara otomatis dapat membersihkan virus yang ada di dalam file-file yang sudah terinfeksi.

  • Antivirus McAfee mempu mengarantina atau menghapus file-file yang terinveksi virus. Sehingga nantinya virus yang sudah menyerang tidak akan menyebar ke file lain yang ada di dalam komputer. Mcafee bahkan mampu mendeteksi virus conficker.
  • Namun tetap saja, dibalik semua kelebihan-kelebihannya tersebut tetap saja ada kekurangan yang dimiliki oleh antivirus McAfee. Hal yang paling mencolok adalah update yang selalu ketinggalan. Itupun masih diperparah dengan file update yang kapasitasnya besar sehingga membuat komputer berjalan lambat terutama bila harus melakukan proteksi realtime.

Ditambah lagi dengan update antivirus yang cukup lambat, bahkan 3 hari sekali baru dapat up to date. Dan selain itu, terkadang antivirus ini dapat mencegah komputer melakukan install pada sebuah aplikasi maupun mencekal saat membuka beberapa situs yang ingin kamu baca. Pasti kamu tidak mau bukan jika antivirus yang awalnya memiliki tujuan untuk membantu membersihkan virus malah menjadi pengganggu.

Sehingga banyak orang terkadang memilih untuk  menonaktifkan sementara antivirus McAfee pada komputer kamu. Nantinya jika dibutuhkan untuk memproteksi komputer menggunakan McAfee lagi, maka antivirus ini  dihidupkan kembali sewaktu-waktu.

Cara Mematikan Antivirus McAfee Untuk Sementara

Lalu bagaimana cara menonaktifkan sementara antivirus McAfee pada komputer kamu? pada artikel kali ini akan dijelaskan secara detail mengenai cara menonaktifkan antivirus McAfee beserta cara untuk menghidupkannya kembali dengan mudah dan cepat.

  1. Buka antivirus McAfee yang sudah terinstall dalam komputer kamu dengan cara klik double klik aplikasi yang berada di taskbar
  2. Setelah antivirus McAfee terbuka, Pilih Schedule and run scan seperti gambar di bawah ini
  3. Begitu kamu masuk bagian Total Protection, Klik Real-Time Scanning
  4. Pada bagian Real-Time Scanning silakan kamu klik Turn On
  5. Akan ada jendela baru untuk mematikan aplikais antivirus McAfee dalam komputer kamu. Silakan kamu pilih  berapa lama waktu yang akan kamu gunakan untuk mematikan sementara antivirus McAfee. Pilihan waktu yang ditawarkan untuk menonaktifkan sementara antivirus kamu adalah 15 menit, 30 menit, 45 menit, 60 menit, ataupun sampai PC / komputer restart kembali. Ingat untuk tidak memilih ‘Never’ jika hanya ingin untuk menonaktifkan McAfee sementara. Setelah kamu memilih waktu, maka kamu bisa langsung pilih turn off.
  6. Selanjutnya kik Done
  7. Jika di bagian real time scanning sudah off, maka proses mematikan sementara antivirus ini sudah berhasil kamu lakukan. Kamu pun juga dapat mematikan bagian lainnya seperti firewall, scheduled scans, automatic updates, dan masih banyak lainnya.

Cara Lain

Selain cara di atas, kamu juga bisa gunakan cara lain yang lebih mudah da simple. Caranya:

  • Klik kanan antivirus McAfee yang berada di taksbar
  • Lalu pilih change setting
  • Lalu pilih Real-Time Schedule
  • Selanjutnya tinggal ikuti cara di atas dari nomor 4 sampai 6

Lalu Bagaimana Cara Mengaktifkan McAfee Kembali?

Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengaktifkan kembali antivirus McAfee, lalu bagaimana caranya? Kamu bisa mencoba membuka kembali antivirus McAfee sama seperti langkah diatas. Setelah itu, kamu bisa mengikuti intruksi di bawah ini:

  1. Masuk ke navigation
  2. Kik real-time scanning
  3. Dan kemudian tekan turn on
  4. Selesai, antivirus McAfee  sudah dapat aktif lagi

Bagaimana? Mudah bukan? Cara diatas merupakan cara yang simple kamu lakukan. apalagi McAfee merupakan antivirus yang memang sederhana dan mudah dalam navigasi. Sehingga kamu tidak akan merasa kesulitan saat mematikan antivirus McAfee.

Perlu Kamu Ingat

Pada saat kamu menonaktifkan antivirus McAfee, maka kondisi komputer bisa sangat rentan terhadap ancaman-ancaman berbahaya jika terdapat program antivirus dimatikan. Untuk itu lah sebisa mungkin batasi penggunaan USB eksternal pada komputer kamu. Selain itu batasi penggunaan internet dengan tidak membuka situs-situs yang berbahaya.

Sekedar saran, sebaiknya jangan terlalu lama menonaktifkan antivirus McAfee dalam komputer kamu karena serangan virus bisa menyerang komputer kamu kapan saja. Dan tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada file dan sistem komputer kamu. Terlebih jika kamu sering mengakses jaringan internet pada komputer kamu sehingga menyebabkan virus sangat rentan menyebar ke perangkat kamu.

 

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.