Cara Mudah Mengunci Aplikasi BBM Di Smartphone dan Tablet Android

Cara Mudah Mengunci Aplikasi BBM Di Smartphone dan Tablet Android, Sebagai aplikasi media sosial, BBM sering kali kita manfaatkan untuk kebutuhan bisnis dan berhubungan dengan teman amupun rekan kerja. Banyak data-data yang tersimpan di aplikasi BBM adalah data rahasia yang tak boleh diketahui oleh orang lain.

Termasuk juga data privasi kita saat chat dengan kekasih hati. Sayangnya BBM tidak dilengkapi dengan fitur lock (kunci) sehingga orang lain tidak bebas membukanya. Tapi tenang saja, kita bisa mengatur supaya aplikasi BBM ini terkunci.

Cara Mengunci Aplikasi BBM

Untuk mengunci aplikasi BBM, tidak bisa dilakukan hanya dengan aplikasi BBM saja. kita butuh tambahan aplikasi lain. Kecuali smartphone android kita dibekali dengan fitur kunci aplikasi. Tapi sejauh ini, di android tidak ditemukan fitur kunci aplikasi.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan bagikan bagaimana cara mengunci aplikasi BBM dengan aplikasi dan juga tanpa aplikasi. Untuk yang tanpa aplikasi, saya menggunakan smartphone Xiaomi yang didukung dengan platform MIUI. Langsung ke cara pertama.

Menggunci Aplikasi BBM Menggunakan Aplikasi Super AppLock (Privacy Lock)

Di Google Play Store sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi BBM selain Super AppLock. Tapi untuk cara pertama ini, saya menggunakan aplikasi ini karena menurut saya, aplikasi ini cukup gampang digunakan.

Juga menurut saya, aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah sekali dipahami. Letak menunya sangat sederhana dan fungsi utamanya hanya untuk kunci aplikasi. Apalagi ukuran file aplikasi juga tidak terlalu banyak.

Nah cara menggunakan aplikasi Super AppLock untuk mengunci BBM adalah sebagai berikut:

  • Pertama silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi untuk mengunci BBM di Android, bernama Super AppLock. Kamu bisa dapatkan aplikasi langsung dari Google Play Store atau bisa juga dengan klik link download ini: Download Link
  • Tunggu sampai proses download dan instal aplikasi selesai. baru setelah itu, langsung saja buka aplikasi Super AppLock
  • Begitu aplikasi kamu buka, kamu akan disambut dengan beberapa pilihan. Salah satu opsinya adalah Lock App yang ditujukkan dengan ikon gembok. Silakan pilih ikon tersebut.
  • Kamu akan langsung diarahkan pada daftar aplikasi yang hendak kamu kunci. Seluruh aplikasi yang kamu instal akan ditampilkan dalam opsi ini.
  • Karena yang hendak kita kunci adalah BBM, maka silakan klik BBM untuk dikunci. Setelah itu, kamu harus mengisi password yang akan kamu gunakan untuk membuka kunci. Pastikan password yang kamu pilih mudah kamu ingat, tapi sulit ditebak orang lain.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih pertanyaan keamanan. Pertanyaan ini harus kamu isi. Akan berguna jika nanti kamu lupa dengan password yang kamu isikan tadi.
  • Jika sudah selesai, silakan keluar dari aplikasi Super AppLock tersebut. Dengan cara klik back (kembali). Cobalah buka aplikasi BBM kamu, pasti kamu akan diminta untuk memasukkan password sebelum membukanya.

Kini, aplikasi BBM kamu sudah terkunci dan aman. Jadi kamu bisa chat apa saja tanpa takut nanti dibuka oleh orang lain. biarkan siapapun pinjam ponsel kamu. toh mereka juga tidak akan bisa membuka BBM kamu.

Cara Mengunci BBM dengan Aplikasi AppLock

Selain menggunakan aplikasi Super AppLock untuk mengunci aplikasi BBM, kamu juga bisa menggunakan aplikasi AppLock. Cara menggunakanya juga sama dengan aplikasi yang pertama.

  • Pertama, kamu harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi AppLock tersedia secara gratis di Google Play Store. Silakan download dan instal AppLock dari developer DoMobileLab atau bisa juga melalui: Download Link
  • Jika sudah selesai terdownload dan terinstal, silakan kamu buka aplikasi. Begitu aplikasi kamu buka, kamu akan diminta untuk mengisi sejumlah password yang akan kamu gunakan untuk membuka aplikasi
  • Selanjutnya, isikan lagi password yang sama dengan yang kamu isi tadi sebagai bagian dari konfirmasi password. Lalu klik Ok. Setelah itu, kamu juga akan diminta untuk mengisi email yang berguna sebagai alamat konfirmasi jika nanti kamu lupa password yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan pada menu tampilan aplikasi apa saja yang akan kamu kunci, termasuk juga BBM. Silakan kamu klik gembok yang berada di samping aplikasi BBM. Maka BBM secara otomatis akan langsung terkunci. Lalu masukkan password tadi untuk menguncinya.
  • Kamu juga bisa mengunci aplikasi BBM menggunakan sidik jari kamu menggunakan aplikasi AppLock.

Sampai disini, aplikasi BBM kamu telah terkunci. Nah selain menggunakan dua aplikasi di atas. di Play Store juga masih ada banyak aplikasi untuk mengunci aplikasi. Saya juga pernah mengulasnya dalam tulisan: Aplikasi Pengunci Aplikasi, silakan baca saja.

#Mengunci Aplikasi BBM Tanpa Aplikasi

Satu lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi BBM, bahkan cara ini bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi. Sayangnya, opsi ini hanya tersedia untuk ponsel Xiaomi yang didukung dengan platform MIUI.

Cara untuk melakukanya juga sangat mudah, kamu hanya perlu:

  • Buka ponsel kamu dan lihatlah ikon bernama “Keamanan” di ponsel Xiaomi.
  • Buka “keamanan” maka kamu akan langsung melihat opsi Kunci Aplikasi, klik saja disitu.
  • Berikutnya kamu akan melihat daftar aplikasi yang ingin kamu kunci. Jika kamu ingin mengunci aplikasi BBM silakan kamu buat tanda disamping kananya jadi berwarna hijau.
  • Lalu pasanglah password yang ingin kamu gunakan sebagai pembuka aplikasi BBM. Kamu bisa menggunakan sidik jari, pola dan lainya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi BBM di android.