Cara Mudah Mengubah Ukuran Font di BBM Android

Cara Mudah Mengubah Ukuran Font di BBM Androi, Ukuran huruf abjad, angka, dan simbol-simbol di keyboard menjadi salah satu kunci kenyamanan dalam menulis teks pada smartphone atau tablet android. Sekumpulan huruf, angka, dan simbol yang sering kita sebut sebagai font berkaitan erat dengan penyesuaian mata pengguna perangkat berbasis android.

Besar dan kecilnya ukuran font biasanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Setiap kali kita menuliskan pesan atau chat melalui sebuah aplikasi messenger, ukuran font biasanya sudah disetting dalam ukuran default yang digunakan di aplikasi tersebut. Namun kita tidak perlu khawatir, sebab pengaturan ini bisa diperbesar atau diperkecil sesuai dengan keinginan kita.

Cara Mengubah Font BBM

Fitur ini juga berlaku pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM). BBM memungkinkan pengguna untuk mengganti pengaturan ukuran font standart yang dibawa saat pertama kali menggunakan Blackberry Messenger (BBM). Sebenarnya fitur memperbesar dan memperkecil font merupakan fitur baru dalam BBM, mengingat bahwa pada versi 1.0 ke atas Blackberry Messenger (BBM) belum mendukung fitur ini.

Namun, untuk penggunaan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone atau tablet berbasis sistem android, Blackberry Messenger (BBM) sudah menyertakan fitur untuk memperbesar dan memperkecil ukuran font pada chat. Fitur ini berlaku untuk BBM versi 2.0 ke atas.

Jadi, jika ingin menggunakan fitur ini, ada baiknya memastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi BBM yang kita gunakan sudah memiliki versi 2.0 atau versi di atasnya.

Bagi yang belum mengetahui, sebenarnya kita bisa menggunakan dua cara mudah mengubah ukuran font di BBM Android. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui Menu Setelan pada Aplikasi Blackberry Messenger (BBM)

Cara yang pertama merupakan cara yang paling standar namun bukan cara yang paling cepat. Mengubah ukuran font di BBM Android melalui menu setelan aplikasi bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini;

  • Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone atau tablet android kita, kemudian perhatikan layar pada bagian pojok kanan bawah. Kita akan melihat ikon berupa gambar orang dengan tulisan “Me” (Atau jika kita menggunakan bahasa Indonesia, ikon tersebut akan bertuliskan “Saya”).
  • Tap ikon “Me” tersebut, lalu scroll hingga menemukan menu chat atau obrolan. Tap menu Chat / obrolan.
  • Pada layar akan muncul berbagai sub menu yang berada di tab obrolan. Pilih menu “Font Size in Chat” atau “Ukuran Font dalam Obrolan”.
  • Di menu ini, kita bisa mengubah ukutan font dalam tampilan chat sesuai dengan keinginan kita, bisa memperbesar atau memperkecil ukurannya. Cukup menggeser kursor ke kanan untuk memperbesar ukuran font, atau ke kiri untuk memperkecil ukuran font.
  • Setelah mengatur ukuran font sesuai yang kita inginkan, ukuran font dalam chat pun berubah sesuai dengan ukuran yang sudah kita atur sebelumnya.

2. Melalui “Cubit dan Geser” layar

Cara mudah mengubah ukuran font di BBM Android yang kedua ini merupakan cara yang paling mudah dan paling simple yang bisa kita lakukan. Kita hanya perlu melakukan dua langkah saja untuk mengubah ukuran font di chat Blackberry Messenger (BBM) sesuai dengan keinginan kita

  • Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) pada smartphone atau tablet android kita, lalu buka salah satu percakapan kita dengan kontak Blackberry Messenger (BBM) kita.
  • Cubit layar untuk memperkecil ukuran font yang berada di layar percakapan kita, atau geser layar dengan dua jari (sebagaimana langkah melakukan zoom) untuk memperbesar ukuran font yang ada di layar percakapan kita. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Mengembalikan Ukuran Font BBM

Jika setelah mengubah ukuran font pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM) android kita namun ternyata kita justru lebih nyaman dengan ukuran font defaultnya, kita bisa mengembalikan ukuran font seperti semula, kok. Caranya juga tidak kalah mudah. Cukup ulangi langkah pada poin nomor satu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone atau tablet android kita, kemudian perhatikan layar pada bagian pojok kanan bawah. Kita akan melihat ikon berupa gambar orang dengan tulisan “Me” (Atau jika kita menggunakan bahasa Indonesia, ikon tersebut akan bertuliskan “Saya”).
  • Tap ikon “Me” tersebut, lalu scroll hingga menemukan menu chat atau obrolan. Tap menu Chat / obrolan.
  • Pada layar akan muncul berbagai sub menu yang berada di tab obrolan. Pilih menu “Font Size in Chat” atau “Ukuran Font dalam Obrolan”.
  • Tap pada menu “Reset to Default” yang berada di kotak berwarna biru di bagian bawah layar tampilan.

Mengubah ukuran font pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM) tidak hanya berdampak pada ukuran huruf dan angka saja, namun juga berpengaruh pada ukuran emoticon atau smiley yang kita gunakan.

Memperbesar ukuran font juga turut memperbesar ukuran emoticon dan smiley sehingga kita bisa melihat emoticon atau smiley yang kita kirimkan atau yang dikirimkan oleh teman chat kita dengan lebih jelas. Sebaliknya, memperkecil ukuran font juga membuat tampilan emoticon dan smiley juga berukuran lebih kecil.

Namun hal ini tidak berlaku pada fitur sticker yang ada pada Blackberry Messenger (BBM). Ukuran sticker yang sudah cukup besar tidak terpengaruh dengan ukuran font yang kita gunakan, mungkin karena ukurannya sudah dipatenkan.

Fitur memperbesar dan memperkecil ukuran font pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM) dirasa sangat membantu pengguna terutama yang memiliki kekurangan dalam indera penglihatan seperti mata minus atau plus.