Cara Mengirim Pesan Rahasia di Aplikasi BBM Android

Cara Mengirim Pesan Rahasia di Aplikasi BBM Android, BBM masih menjadi salah satu aplikasi primadona yang banyak digemari pengguna android untuk chatting. Terutama karena BBM memiliki sejumlah fitur keren dan kece abis yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Salah satu fitur itu adalah Timed Messenger (pesan berwaktu) yag kemudian lebih banyak dikenal dengan istilah pesan rahasia. Hal ini tak lain untuk menjamin tingkat privasi pengguna android terlindungi dengan baik.

Mengapa Ada Fitur Pesan Rahasia

Ya, di aplikasi BBM memang dilengkapi dengan fitur pesan rahasia yang disebut dengan nama Timed Messenger. Dengan aplikasi ini, seseorang tidak perlu menghapus pesan yang masuk ke kontaknya. Pesan akan secara otomatis terhapus.

Disamping akan membuat BBM bekerja dengan baik karena tidak terbebani dengan banyaknya chat yang masuk, sebab langsung terhapus dengan sendirinya. Bagi pengirim, pesan berwaktu juga menjamin kerahasiaan pesanya.

Jadi nanti bila ada teman yang meminjam ponsel android, dan mencoba melihat pesan yang ada di chat BBM kamu, tidak akan bisa dilakukan. Sebab pesan sudah hilang setelah kamu baca.

Ini adalah fitur yang paling sempurna bagi kamu yang benar-benar ingin melindungi privasi kamu.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Timed Messenger?

Timed Messenger atau fitur timing di aplikasi BBM dirancang dengan tujuan para pengguna bisa mengirim pesan sekaligus menghilangkan pesanya setelah batas waktu yang telah ditentukan oleh pengirim.

Penerima, hanya bisa membaca pesan yang diterima sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Selama pesan belum dibuka, fitur timing tidak akan bekerja. Fitur timing mulai berjalan begitu pesan dibuka.

Pilihan waktu yang bisa digunakan pengirim adalah mulai dari 1 detik sampai dengan 60 detik. Tinggal disesuaikan saja dengan panjang pendeknya pesan yang dikirim. Jika pesan panjang, ada baiknya gunakan waktu maksimal. Jangan sampai pesan belum selesai di baca tapi sudah terhapus.

Fitur timing ini bekerja secara otomatis, tidak bisa dibatalkan oleh penerima pesan. Itulan mengapa sering disebut sebagai pesan rahasia. Lalu bagaimana cara menggunakan pesan rahasia ini?

Langkah Pertama, Aktifkan Fitur Timing BBM

Untuk bisa menggunakan fitur timing pada pesan yang akan kamu kirim, jelas ada beberapa prasyarat yang harus kamu penuhi.

1. BBM Musti Versi 2.0 atau yang lebih baru

Ya, fitur ini tidak disematkan oleh pengembang aplikasi BBM sejak BBM diluncurkan. Melainkan baru disematkan pada aplikasi BBM versi 2.0 atau yang lebih baru. Jadi buat kamu yang masih menggunakan versi sebelumnya, kamu tidak akan pernah bisa menikmati fitur ini.

Untuk mendapatkan fitur ini, kamu harus melakukan update aplikasi BBM ke versi yang lebih baru.

Cara update aplikasi BBM bisa kamu lakukan dengan Buka Aplikasi Google Play Store -> lalu tekan ikon di pojok kiri atas -> tab Aplikasi & Game Saya -> cari dan klik aplikasi BBM. Setelah itu, lakukan pembaharuan.

Nah kalau tidak ada pembaharuan, kamu bisa download melalui browser dengan mengetikkan download BBM Versi terbaru.

2. Ubah Settingan BBM

Setelah kamu download BBM versi terbaru, selanjutnya kamu harus melakukan setting secara manual pada aplikasi BBM. Sebab fitur kirim pesan rahasia, tidak diaktifkan secara default oleh aplikasi BBM. Melainkan harus kamu setting sendiri.

Untuk melakukanya, kamu bisa mulai dengan Buka apliksi BBM -> Tekan ikon yang berada di pojok kiri atas -> pilih setelan (setting) -> silakan centang bagian ‘pesan berwaktu’.

Dengan begitu fitur timing sudah aktif dan bisa kamu gunakan. Bagaimana cara menggunakanya?

Langkah Kedua, Cara Mengirim Pesan Rahasia di BBM

Untuk mengirim pesan rahasia di aplikasi BBM, kita akan memanfaatkan fitur pesan berwaktu yang ada pada aplikasi BBM. Cara menggunakan pesan berwaktu adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, tentu saja kita mulai dengan membuka aplikasi BBM di smartphone android kita.
  2. Lalu pilihlah kontak yang ingin kamu kirimi pesan rahasia. Tulislah sebuah pesan yang kamu kehendaki.
  3. Pada bagian pojok, kamu pasti melihat fitur timing yang ditunjukkan dengan sebuah ikon bulat layaknya sebuah jam. Itulah yang disebut Timed Messenger, silakan tekan ikon itu.
  4. Kamu akan melihat pilihan waktu. Silakan pilih (atur) sesuai dengan keinginan kamu. kamu ingin berapa lama pesan kamu dibaca dan menghilang. Kamu bisa pilih waktu dari satu detik hingga 60 detik. Tergantung panjang pendeknya pesan yang kamu kirim.
  5. Selesai, dan silakan kirim pesan kamu.

Dengan mengikuti trik di atas, kini cara mengirim pesan rahasia di BBM android telah kamu kuasai. Setiap pesan yang kamu kirim akan terjaga dan tidak ada lagi bisa kepoin BBM kamu.

Nah kalau dari sisi penerima, maka pesan kamu akan terlihat sebagai berikut.

Tampilan Pesan Rahasia

Penerima pesan rahasia kamu akan menerima sebuah pesan yang bertuliskan pesan berwaktu. Jadi beda dengan pesan tanpa berwaktu.

Untuk membukanya, cukup sentuh dan tahan pesanya. Maka pesan akan terbuka sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Kalau waktu sudah habis, maka pesan akan menghilang dan menjadi expired.

Jadi pesan akan terhapus secara otomatis. Tidak akan ada lagi pihak yang bisa membaca pesan yang kamu terima dan kirim.

Akhir Kata

Mencermati fitur pesan rahasia di BBM atau fitur timing ini, bisa sangat bermanfaat bisa pula tidak. Tergantung bagaimana penggunaanya. Yang pasti, database pesan yang kamu kirim tetap terekam di pusat layanan aplikasi BBM.