Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

3 min read

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email – Email bisa digunakan untuk berbagai hal. Tidak hanya mengirim surat teks tapi juga bisa mengirim berbagai file lain dalam berbagai format seperti gambar, video, audio, dokumen, dan sebagainya. Caranya adalah dengan melampirkan file tersebut di dalam lampiran email.

Kita bisa melampirkan tugas kuliah, hasil pekerjaan, ataupun dokumen pribadi ke teman, sahabat, atau keluarga. Akan tetapi, lampiran yang bisa kita lampirkan di dalam email memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah terbagasnya ukuran file yang bisa kamu kirim biasanya pihak email memiliki batas ukuran maksimal. Jadi, jika ukuran file yang ingin kamu kirim melebihi batas itu, file tidak akan bisa di upload.

Misalnya saja, jika kamu menggunakan gmail, maka batas maksimal lampiran hanya sebesar 25 MB saja. Jumlah itu cukup besar jika hanya untuk mengirim file-file dokumen saja. Tapi jika mengirim file grafik seperti foto atau video, kemungkinan besar tidak akan bisa dikirim karena melebihi batas maksimal tersebut.

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar

Tapi tenang saja, untuk mengirim file lampiran berukuran besar, kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

1. Login

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tentu saja login terlebih dahulu ke akun emailmu. Disini saya menggunakan akun gmail. Menurut saya, gmail merupakan salah satu email yang nyaman dan mudah untuk mengirim file berukuran besar karena sudah terintegrasi langsung dengan sistem penyimpanan google drive.

2. Tulis Surat

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Setelah kamu masuk ke akun gmail atau emailmu, kamu harus menulis pesan. Langkah ini caranya sama persis dengan kamu mengirim email biasa. Kamu harus memasukkan alamat email yang kamu tuju pada kolom “kepada”. Kamu juga bisa menautkannya ke akun email lainnya (ini opsional). Jangan lupa juga masukkan subjek tentang apa email yang kamu kirim (ini juga opsional).

Selanjutnya kamu bisa menaruh isi pesan yang kamu inginkan. Meskipun ini juga bisa tidak kamu isi, tapi saya sarankan untuk diisi sebagai sapaan dan keterangan tentang file apa yang kamu kirimkan. Sampai langkah kedua ini cukup kamu lakukan sama persis dengan menulis email biasa.

3. Menambahkan lampiran

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Selanjutnya kamu akan menambahkan lampiran file yang ingin kamu masukkan ke email yang akan kamu kirim. Dalam gmail atau email lainnya, umumnya lampiran memiliki lambang klip kertas. Bisa berada di kolom subjek ataupun kolom isi email.

Dalam memilih lampiran yang akan kamu tambahkan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilikukan. Cara ini tergantung dengan file yang ingin kamu kirim sudah kamu masukkan ke dalam akun google drive atau belum.

Beginilah pilihan cara yang bisa kamu gunakan:

4. Jika file belum masuk ke google drive

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Jika file yang ingin kamu kirim belum kamu masukkan ke google drive, maka kamu bisa melakukan langkah seperti melakukan pengiriman file lampiran biasa.

Pertama, kamu tinggal memilih file yang ingin kamu masukkan. Caranya dengan mengklik lambang lampiran berupa klip kertas. Jika sudah, akan muncul window “open”. Kamu tinggal memilih file yangin kamu kamu kirim.

Karena file yang ingin kamu kirim berukuran besar, yaitu lebih dari 25 MB, maka akan secara otomatis muncul pemberitahuan bahwa file tersebut tidak bisa dikirim sebagai lampiran. Secara otomatis sistem gmail akan mengupload file tersebut ke google drive dan melampirkan tautannya di email yang akan kamu kirim.

Dengan begitu, file besar yang ingin kamu kirim sudah siap untuk dikirim

5. Jika file sudah masuk ke google drive

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Cara ini bisa kamu lakukan jika file yang ingin kamu kirim sebelumnya memang sudah kamu upload di google drive mu. File yang sudah di upload di google drive bisa kamu kirim tanpa harus upload lagi.

Caranya, langkah yang harus kamu lakukan adalah memilih lampiran menggunakan google drive. Caranya adalah dengan meng klik logo google drive yang tertera di samping lambang lampiran.

Setelah meng-klik logo tersebut, selanjutnya kamu tinggal memilih file yang ingin kamu kirim. Secara otomatis link dari file di google drive tersebut akan tertaut di email yang akan kamu kirimkan.

Cara ini cenderung lebih cepat daripada cara sebelumnya dimana kamu harus mengupload terlebih dahulu file yang ingin kamu kirimkan. Tapi ingat, syarat dari cara ini adalah file sudah lebih dahulu kamu uplad ke drive.

6. Jika tidak menggunakan gmail

Jika kamu bukan pengguna gmail mungkin akan memerlukan langkah yang lebih ribet daripada dua cara di atas. Tergantung apakah email tersebut sudah memiliki pengimpanan cloud yang sudah terintegrasi dengan emailnya atau belum ada. Jika ada, kamu bisa melakukan langkah yang mirip dengan diatas tentu saja disesuaikan dengan email dan sistem penyimpanan yang ada.

Jika tidak, kamu bisa lakukan dengan mengimpan file besar tersebut menggunakan sistem cloud google drive atau sistem cloud lain seperti 4 shared dan sebagainya. Caranya adalah: pertama kamu harus melakukan langkah seperti mengirim email biasa. Selanjutnya, tambahkan tautan sistem cloud yang kamu gunakan ke mail tersebut. Kamu bisa menaruh tautannya di kolom isi pesan.

7. Mengirim Email

Cara Mengirim File Lampiran Berukuran Besar Melalui Email

Langkah terakhir adalah mengirim email tersebut. Jika kamu sudah menambahkan tautan link pengimpanan file yang akan kamu kirim, bebarti  file tersebut sudah siap kirim. Kamu tinggal mengklik tombol “kirim” seperti saat biasa mengirim email.

Begitulah cara mengirim file lampiran berukuran besar menggunakan email. Besar filenya pun hampir tidak terbatas, tergantung cloud yang kamu gunakan. Google drive misalnya memiliki 15 GB penyimpanan di cloud yang bisa digunakan pengguna secara gratis.

Jika kamu membutuhkan tambahan ruang yang lebih besar, kamu bisa membelinya di Google. Jadi tidak ada kata, tidak bisa mengirim file karena file terlalu besar. tinggal bagaimana cara kamu saja.

Terakhir, jika masih kesulitan soal bagaimana cara mengirim file dalam ukuran besar, kontak saja saja dengan berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Akhir kata selamat mencoba.

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *