Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan tetapi, besar file yang dapat dikirim sangat terbatas. Menggunakan lampiran asli dari gmail, kamu hanya bisa mengirim file lampiran lewat gmail dengan besar maksimal 25 MB saja. Tentu jumlah tersebut sangat terbatas jika kamu ingin mengirim video, audio, atau file lain yang ukurannya besar dan berjumlah banyak.

Untuk mengatasi keterbatasan ukuran file yang bisa dikirim, kamu bisa menggunakan sistem penyimpanan cloud. Melalui sistem penyimpanan ini, kamu bisa mengirim file hingga bergiga giga dan dalam jumlah banyak.  Dengan melalui sistem cloud, kamu akan mengirim link penyimpanan ke email yang kamu tuju. Selanjutnya, penerima email bisa mengunduh file tersebut.

Umumnya pengguna gmail bisa langsung menggunakan google drive untuk mengirim file berukuran besar. Sistem cloud google drive juga sudah terintegrasi langsung dengan gmail. Saat membuat akun gmail, secara otomatis kamu juga mengaktifkan akun google drive. Saat hendak mengirim file berukuran besar pun langsung terintegrasi dengan google drive.

Cara Mengirim Email Pakai Gmail dan DropBox

Tapi, selain google drive, kamu juga bisa menggunakan sistem cloud lain yaitu dropbox. Untuk mengerti cara mengirim email dengan lampiran berukuran besar lewat gmail dan dropbox simak dibawah ini

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun gmail dan dropbox

Tidak seperti akun gmail dan google drive yang memang sudah terintegrasi sejak pembuatannya, dropbox harus dibuat secara terpisah. Jadi, langkah awal yang harus lakukan adalah memliki kedua akun tersebut. Jika kamu belum punya akun dropbox.

Caranya:

  • Masuk ke laman dropbox berikut https://www.dropbox.com/id/Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox
  • Isi kolom pendaftaran di sebelah kanan (isi kolom email dengan akun gmail yang akan kamu gunakan untuk mengirim file)
  • Setelah semua kolom terisi, jangan lupa centang persetujuan terhadap syarat dan ketentuan dropbox.
  • Yang terakhir adalah klik daftar.

Atau gunakan cara berikut untuk langsung daftar menggunakan akun gmailmu.

  • Masuk laman dropbox seperti di atasbuat akun dropbox
  • Klik “daftar dengan gmail”
  • Akan muncul window baru login gmail. Masukkan alamat gmailmu. Klik next.
  • Masukkan kata sandi gmailmu. Klik next.
  • Akan muncul persetujuan agar dropbox diperbolehkan untuk mengakses akun gmailmu. Klik “allow”.mengirim file besar lewat gmail dan dropbox
  • Selanjutnya akan muncul laman darftar akun. Semua kolom sudah terisi. Kamu tinggal mencentang persetujuan dan klik daftar.
  • Sekarang akunmu sudah dapat digunakan

2. Masuk ke akun Gmail mu

Langkah selanjutnya adalah login ke akun gmailmu. Gunakan alamat email dan password akun email kamu untuk login. Jika kamu belum memiliki email kamu bisa baca disini: Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail Baru.

3. Klik Tulis Email

Setelah kamu masuk ke laman utama gmail, kamu daru menulis email. Langkah ini sama seperti menulis email pada umumnya. Kamu harus mengklik tombol “tulis” yang berada di sebelah kiri atas.

4. Tulis Email

Setelah mengklik tombol “tulis”, kamu akan masuk ke laman penulisan email. Dilaman ini terdapat beberapa kolom yang harus kamu isi.

halaman untuk menulis email

  • Pertama, tulis alamat email yang akan kamu tuju. Kolom ini wajib diisi
  • Kedua, tulis subjek email yang akan kamu kirim. Kolom ini bisa dikosongkan.
  • Ketiga, kolom isi atau badan surat. untuk kolom ini nanti akan diisi dengan link dari file yang akan kamu kirim melalui dropbox. Jadi, ini bisa kamu abaikan dulu dan lanjut ke tahap selanjutnya.

5. Masuk ke laman dropbox

Setelah melakukan langkah di atas, sekarang kamu bisa membuka tab baru. Di tab baru itu kamu masuk ke akun dropbox yang tadi sudah kamu buat.

6. Mengunggah file yang akan dikirim ke dropbox

Langkah selanjutnya adalah kamu harus mengunggah file yang ingin kamu kirim ke dropbox. Dengan mengunggah file ke dropbox, nanti kamu bisa membagikan link file unggahan tersebut melalui akun gmailmu.

Caranya:

  • Pertama, klik tombol “Unggah file” yang terletak di sebelah kanan atasklik unggah file
  • Selanjutnya, akan muncul window open. Di window tersebut, kamu bisa memilih file yang akan kamu unggah ke akun dropbox.pilih file
  • Setelah itu akan muncul kolom dialog “unggah ke…”. klik dropbox, kemudian klik tombol “Unggahan”upload file ke dropbox
  • Selanjutnya kamu harus menunggu proses unggahan selasai. Karena file yang akan kamu kirim cukup besar, mungkin proses ini akan cukup lama. Tergantung besar file yang akan kamu unggah tersebut.
  • Setelah proses unggah selesai, kamu akan menemukan nama file yang berhasil di unggah di laman awal dropbox.
  • Karena banyak file yang ingin kamu kirim melalui gmail, ulang proses unggah ini ke semua file yang ingin kamu kirim. Kamu harus menggah semua file besar yang ingin kamu kirim seperti proses yang tadi itu.

7. Membuat link unduhan

Setelah semua file sudah berhasil kamu uanggah. Selanjutnya kamu harus membuat link yang bisa dibagikan ke penerima emailmu. Nanti, link unduhan inilah yang akan kamu kirimkan dan penerima emailmu bisa mengunduh dari link tersebut.

Caranya:

  • Pertama, kli tombol “bagikan” yang terletak di sebelah kanan file yg sudah kamu unggah. Tombol ini hanya akan terlihat saat kamu menyorot ke file tersebut.Membuat link unduhan
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog. Langsung saja klik “buat tautan”Membuat link unduhan
  • Selanjutnya, tampilan kotak dialog akan berubah. Klik salin tautan

8. Menempel tautan ke badan email

Langkah selanjutnya adalah, kamu harus kembali ke laman menulis email sebelumnya. Kamu tempatkan atau paste link yang sudah kamu salin dari dropbox tadi ke badan email tersebut melalui ikon insert link (lihat kursor saya). Lakukan langkah no. 7 dan no. 8 ini pada semua file sudah kamu unggah.Menempel tautan ke badan email

setelah itu, pasteka link yang sudah kamu copy tadipaste link di sini

9. Kirim email

kirim email gmail dan file nya

Langkah terakhir adalah mengirim email tersebut. Caranya, klik tombol kirim yang terletak di sebelah kiri bawah.

Begitulah cara mengirim banyak file besar melalui gmail dan dropbox. Yang pasti dengan begini, kamu bisa mengirim file dengan jumlah yang besar. Selain menggunakan dropbox, mengirim file dengan ukuran besar juga bisa kamu lakukan melalui Google Drive.

Ada pertanyaan atau komentar?