Cara Mengirim Aplikasi APK Android Lewat BBM (Blackberry Messenger) Android

Cara Mengirim Aplikasi APK Android Lewat BBM (Blackberry Messenger) Android, BBM biasa kita gunakan untuk mengirim pesan (chat), voice call, maupun free call. selain itu, BBM juga bisa kita gunakan untuk mengirim segala jenis file. Baik itu lagu mp3, video, 3gp, dan dokument. Termasuk juga bisa kita gunakan untuk mengirim file Aplikasi atau Apk.

Jadi BBM bisa dikatakan sebagai aplikasi media sosial yang lengkap karena bisa mengirim segala jenis file. Walaupun memang, tidak hanya BBM saja yang bisa melakukanya. Aplikasi chat seperti WhatsApp misalnya, juga bisa melakukan hal yang sama dengan BBM.

Mengirim File Aplikasi APK lewat BBM

Syaratnya bila kita ingin mengirim file aplikasi APK lewat aplikasi BBM adalah besar file yang akan kita kirim tidak lebih dari (maksimal) 16 MB, dan jika lebih dari 16 MB secara otomatis file tidak akan terkirim.

Tentu ini sangat disayangkan, sebab umumnya file aplikasi APK biasanya lebih dari 50 MB. Misalnya saja file yang ada di Google Play Store, rata-rata lebih dari 20 MB. Belum lagi game yang rata-rata lebih dari 50 MB.

Bahkan jika dibandingkan dengan email atau whatsapp, ukuran file aplikasi APK yang bisa dikirim lewat BBM adalah yang paling kecil. Email bisa mengakomodasi pengiriman file apliaksi APK hingga 25 MB, sementara WhatsApp malajh lebih besar lagi. Yakni mencapai 28 MB.

Tapi apapun kekuranganya, mengirim file aplikasi APK lewat BBM bisa dibilang cukup praktis untuk dilakukan. Caranya sangat sederhana. Hanya saja, terlebih dahulu kita harus memiliki aplikasi yang mampu mengubah aplikasi yang telah kita instal menjadi sebuah file siap kirim.

Sejauh ini, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah aplikasi yang telah kita instal di smartphone android kita dalam bentuk aplikasi siap kirim. Semuanyanya tersedia di Google Play Store. Yaitu:

  • Aplikasi Clean Master
  • ApkExtractor
  • sharecloud apps

semua aplikasi di atas bisa kita gunakan untuk mengubah aplikasi yang telah kita instal menjadi aplikasi siap kirim. Tinggal kamu pilih saja mana yang kamu suka. Semuanya punya kemampuan yang sama.

Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File Apk

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, untuk bisa mengirim aplikasi APK lewat android, aplikasi yang telah kita instal sebelumnya harus kita ubah terlebih dahulu menjadi aplikasi APK siap kirim.

Caranya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang telah saya sebutkan sebelumnya. Mari kita bahas satu persatu:

1. Cara Mengubah Aplikasi Jadi Apk Menggunakan Clean Master

Kita mulai dengan menggunakan aplikasi Clean Master. Caranya:

  • Miliki terlebih dahulu aplikasi Clean Master. Kamu bisa dapatkan aplikasi di Google Play Store
  • Instal dan buka aplikasi, kemudian pilih “Pengelola App”.
  • Lanjutkan dengan “Centang” dan “Cadangkan” aplikasi yang anda inginkan. Nah kamu perlu mengingat bahwa aplikasi yang bisa kita kirim hanya maksimal 16MB. Jadi pilih aplikasi yang kurang dari ukuran itu saja.
  • Setelah kita pilih, tinggal tunggu saja aplikasi yang bekerja. Dalam beberapa saat kita akan melihat file APK yang berhasil dicadangkan. File APK tersebut biasanya tersimpan pada folder /Storage/sdcard1/cleanmaster/backup/. Jadi silakan buka disitu.

Kini file APK telah siap untuk dikirim melalui BBM.

2. Cara Mengubah Aplikasi Jadi Apk Menggunakan ApkExtractor

Selain menggunakan aplikasi Clean Master, kita bisa pula menggunakan aplikasi bernama ApkExtractor untuk mengubah aplikasi yang telah kita instal dan gunakan di android menjadi aplikasi APK siap kirim. Cara menggunakanya juga hampir sama dengan aplikasi Clean Master:

  • Download apliaksi ApkExtractor terlebih dahulu di Google Play Store
  • Setelah selesai download, langsung instal dan jalankan aplikasi ApkExtractor. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi ApkExtractor membaca semua file aplikasi yang kamu gunakan. Lama waktu nya tergantung berapa banyak aplikasi yang kamu kenakan.
  • Selanjutnya tinggal pilih saja mana aplikasi yang ingin kamu ubah jadi file aplikasi Apk yang siap di kirim melalui aplikasi BBM.

Setelah kamu pilih, tinggal tunggu saja aplikasi bekerja. File APK yang dihasilkan biasanya akan tersimpan di foldel ExtractorApks. Silakan buka saja file manager kamu.

3. Cara Mengubah Aplikasi Jadi Apk Menggunakan sharecloud apps

Kamu bisa juga menggunakan aplikasi sharecloud apps untuk mengubah file yang terisntal menjadi file APK siap kirim. Cara menggunakanya tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi di atas. Jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.

Cara Kirim Aplikasi Android Lewat BBM

Setelah kita mengubah file aplikasi yang kita gunakan menjadi file APK siap kirim. Kini selanjutnya tinggal kita mengirim file aplikasi APK melalui aplikasi BBM. Untuk melakukanya, kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, silakan kamu buka aplikasi BBM Android yanga da di smartphone kamu.
  • Lalu pilihlah kontak yang akan menerima file aplikasi APK yang kamu kirim.
  • lalu pilih “File”. Maka kamu akan diarahkan ke file manager. Selanjutnya tinggal kamu cari file apk yang telah kamu siapkan tadi. Jika menggunakan clean master maka tersimpan di folder Cleanmaster » Backup. Kalau menggunakan ApkExtractor terletak di foldel ExtractorApks. Kalau ketemu, langsung klik saja aplikasi APK tersebut.
  • Setelah file sudah masuk, pilih “Kirim”.
  • Maka langkah selanjutnya tingga menunggu sampai proses pengunggahan dan pengiriman file selesai. biarkan aplikasi BBM yang bekerja.
  • Terakhir, Selesai alias beres.

Catatan Akhir

Sebagai penutup, perlu kamu tahu bahwa fitur ini bisa kamu temukan di aplikasi BBM android terbaru. Jadi kalau kamu masih menggunakan versi lama, silakan kamu perbaruhi. Ingat bahwa file APK yang bisa kamu kirim lewat BBM hanya maksimal 16 MB. Jika kamu punya cara lain, silakan berbagi pada kami.