Cara Menghilangkan/Mengganti Suara Pada Video

Kali ini kita akan bahas tentang cara menghilangkan/mengganti suara pada video. Tentu beda dengan artikel-artikel edit video sebelumnya membahas tentang bagaimana mengedit video termasuk menambahkan suara sebagai latar suara video. Kali ini kita akan bahas bagaimana cara menghilangkan atau mengganti suara pada video.

Terkadang kita menginginkan video yang bersih dari suara. Entah akan kita ganti suaranya dengan suara lain. atau kita mengingkinkan klip video itu untuk disambung dengan video lain dan diberi suara lain. maka untuk melakukanya, kita harus mengilangkan suara yang ada pada video itu, lalu menggantinya dengan suara lain. Untuk melakukanya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut.

Cara Menghilangkan/Mengganti Suara Pada Video

Menghilangkan dan mengganti suara pada video adalah dua hal yang berbeda, meski bisa dilakukan dengan satu aplikasi. Beberapa aplikasi dibawah ini bisa melakukan dua pekerjaan itu dalam satu rangkaian proses. Jika kamu tertarik, berikut langkah yang bisa lamu aplikasikan. Oh ya, jika kamu ingin aplikasi yang khusus untuk editing video, kamu bisa baca: 30 Aplikasi Edit Video Android dan PC/Laptop Terbaik

1. Menggunakan Windows Movie Maker

Ini adalah cara yang paling umum dan biasa dilakukan oleh siapapun, yaitu menggunakan Windows Movie Maker. Caranya:

  • Buka Windows Movie Maker. Kalau kamu belum punya, silakan download terlebih dahulu.
  • Masukkan video yang ingin kamu hilangkan suaranya dengan klik Import Media pada Windows Movie Maker

cara menghilangkan mengganti suara pada video windows movie maker 1

  • Letakkan video kamu ke Timeline atau Storyboard dengan cara menyeretnya.

  • Lihat tanda + pada gambar di bawah ini, Klik tanda + (plus) itu. Letaknya ada di sebelah kanan Video

cara menghilangkan mengganti suara pada video windows movie maker 3

 

  • Akan muncul bagian audio begitu kamu klik tanda +, lalu klik kanan maka akan muncul pop up pada layar kamu. Pilih kata Mute. Maka suara dalam video sudah mati atau hilang. Silakan kamu publish video tersebut, pasti sudah tidak ada suaranya lagi.

cara menghilangkan mengganti suara pada video windows movie maker 4

2. Menggunakan video pad

Cara menghilangkan/mengganti suara pada video dapat pula menggunakan apliksi video pad. Dengan program ini, kamu bisa menambahkan audio sekaligus juga menghialngkan suara pada video.  Caranya:

  • Buka aplikasi, jika belum punya silakan download dan instal aplikasi. Setelah itu buka aplikasi
  • Kalau aplikasi sudah terbuka, silakan pilih new project untuk mulai membuat video. Masukkan video yang ingin kamu hilangkan dan ganti sauranya. Selanjutnya tinggal drag dan drop ke bagian time line video tersebut.

cara menghilangkan mengganti suara pada video video pad 1

  • Untuk menghilangkan suara, kamu cukup tekan tanda unlink seperti yang terlihat di bawah ini. Maka akan muncul beberapa pilihan pada layar kamu, pilihlah kata “unlink from video”

  • Selanjutnya, pilihlah kata “delete”. Dengan begitu audionya akan terhapus sementara videonya masih utuh.

cara menghilangkan mengganti suara pada video video pad 3

  • Setelah itu kamu lakukan, artinya video sudah tidak ada suaranya. selanjutnya adalah menambahkan suara baru pada video yang sudah tidak ada suaranya. untuk menambahkannya, langsung saja drag dan drop suara yang ingin kamu masukkan atau tambahkan ke timeline seperti ketika menghapus suara.

  • Lihat gambar di bawah ini, nomor 1 adalah gambar video, sementara nomor 2 dan 3 adalah suara yang kamu tambahkan, jadi kamu bisa tambahkan dengan suara apapun dengan jumlah berapapun. Kamu juga bisa mengatur tinggi rendah volume suara.

cara menghilangkan mengganti suara pada video video pad 5

  • Video kamu telah kamu lengkapi dengan suara baru, selanjutnya tinggal simpan video. Cukup tekan “file” lalu pilih “export video”

cara menghilangkan mengganti suara pada video video pad 6

Silakan tunggu sampai video selesai dirender.

3. Menggunakan Adobe Premiere

Kamu juga bisa menghilangkan dan mengganti suara dap video menggunakan Adobe Primiere. Bagaimana cara menghilangkan/mengganti suara pada video menggunakan Adobe Premiere? Ini langkahnya.

  • Jalankan program Adobe Premiere, jika belum silakan download dan langsung lauching aplikasi.
  • Kalau sudah terbuka silakan Klik New Project, seperti di bawah ini.

cara menghilangkan mengganti suara pada video adobe premiere 1

  • Tentukan nama projects, tempat penyimpanan, ukuran file video untuk projects video yang akan kamu buat. Lalu tekan Ok.

  • Masukkan video yang ingin kamu hilangkan dan ganti suaranya. caranya, klik menu Import, maka kamu aka diarahkan pada tempat dimana kamu menyimpan video. Pilih video lalu klik open.

  • Drag video yang kamu pilih tadi ke timeline.

  • Klik kanan pada bagian tempat file yang berada pada time line, maka kamu akan melihat deretan pilihan. Pilihlah kata Unlink.

  • Klik area luar video dan audio
  • Klik time line video yang ingin dihapus
  • Lalu tekan delete.

Audio pada video sudah terhapus.

4. Menggunakan Camtasia Studio 8

Cara menghilangkan/mengganti suara pada video berikutnya adalah menggunakan aplikasi Camtasia Studio 8, caranya:

  • Buka aplikasi Camtasia Studio 8
  • Masukkan video yang ingin dihilangkan suaranya

cara menghilangkan mengganti suara pada video camtasia 1

  • Klik kanan Track Video, lalu pilih dan klik “Clip Speed”

  • Kurangin kecepatan video pada “% of original clip speed” jadi 99%, lalu centang pula bagian “Replace Video With Silence”. klik OK

cara menghilangkan mengganti suara pada video camtasia 3

  • Beres dan putarlah video kamu. Suara sudah hilang. Kalau kamu ingin menambahkan audio pada video yang sudah tak punya suara itu. Tinggal drag saja audio yang ingin kamu tambahkan ke time line. Maka secara otomatis audio masuk dalam video baru kamu.

Selanjutnya tinggal simpan file video buata kamu. file video itu sudah dilengkapi dengan suara yang baru, seperti yang kamu mau. Mudah dan simpel.

Nah, itulah beberapa menghilangkan/mengganti suara pada video yang bisa kamu gunakan. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua tergantung kebutuhan kamu. Tetapi secara umum, jika kamu menginginkan aplikasi yang memenuhi semua kebutuhan kamu, pilih saja Windows Movie Maker.

15 Aplikasi Nonton Drama Korea Gratis Untuk Android

Kepopuleran drama Korea dalam beberapa tahun bekangan begitu menggila. Popularitas K-Pop dan K-Drama merambah tidak hanya di negara Asia namun juga negara Eropa dan...
litalia
5 min read

Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools, PowerISO, dan UltraISO

File ISO, sudah ada yang faham jenis file apakah itu? Yups file ISO merupakan sebuah ekstensi file dimana memuat data yang dimaksudkan sebagai gambaran...
litalia
2 min read

20 Aplikasi Edit Tulisan Kekinian Untuk Hp Android

Mengedit foto, video, atau apapun rasanya kurang lengkap jika hanya menggunakan bentuk tulisan bawaan yang tersedia di hp android. Lalu bagaimana caranya agar tampilan...
litalia
5 min read