Cara Menghapus Riwayat (Obrolan) Chat BBM Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Riwayat (Obrolan) Chat BBM Android Dengan Mudah, BBM atau BlackBerry Messenger merupakan aplikasi pesan instan atau instant messaging, dimana penggunanya bisa saling chat dan berkirim konten. BBM yang dikenal pula sebagai media sosial dan aplikasi chat, ternyata juga menyuguhkan berbagai fitur komunikasi lainya.

Kita bisa dengan mudah menemukan fitur obrolan, berbagi multimedia, baik itu gambar, musik, video, dokumen dan bahkan file apk. Di aplikasi BBM, kita juga mungkin untuk mengirim pesan rahasia, membuat status, membuat Grup dan lain sebagainya.

Untuk fitur obrolan lewat aplikasi BBM juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan, bisa untuk share lokasi, bisa untuk ping (fitur paling terkenal di BBM) dan lainya. Obrolan sendiri, riwayatnya bisa kita simpan atau hapus. Terserah kita mau apa dengan obrolan tersebut.

Cara Menghapus Riwayat Obrolan Chat di BBM

BBM yang pada awalanya hanya bisa digunakan untuk BlackBerry, juga dilengkapi n fitur hapus dengan berbagai pilihan mendalam. Kita bisa memilih hapus satu pesan chat saja yang kita terima maupun kita kirim. Kita juga bisa menghapus riwayat obrolan chat satu akun.

Selain itu, kita juga dapat menghapus beberapa riwayat obrolan chat dalam sekali klik. Oke, tanpa bicara panjang lebar lagi. Mari kita cari tahu bagaimana melakukanya.

Perlu kamu tahu: menghapus beberapa obrolan akan mengurangi jumlah file tersimpan di aplikasi BBM. Sehingga kinerjanya akan jadi semakin ringan. Jadi saya sarankan untuk menghapus obrolan yang tidak penting.

1. Cara Menghapus Riwayat Obrolan Chat Satu atau Beberapa Pesan Saja dalam satu Akun BBM

Pertama terkait dengan cara menghapus riwayat obrolan chat hanya untuk satu atau beberapa pesan dalam satu akun. Artinya kamu akan menyisakan beberapa pesan yang masuk atau keluar dalam akun yang pesanya akan kamu hapus.

Hal ini biasanya kita lakukan, untuk menghapus beberapa pesan yang tidak ingin diketahui orang lain. Atau bisa juga karena kita menganggap pesan yang kita terima tidak sopan, bikin sakit hati kalau melihatnya dan berbagai alasan lain.

Apapun alasanya, pada pokoknya kita bisa menghapus satu atau beberapa pesan dalam satu akun dengan cara berikut ini:

  • Pertama-tama, tentu saja kamu harus membuka aplikasi BBM kamu.
  • Lanjutkan dengan tab bagian Obrolan yang berada di pojok kiri paling bawah. Langkah ini tidak perlu kamu lakukan bila sebelumnya kamu belum membuka aplikasi BBM, sebab kamu akan langsung diarahkan pada menu Obrolan.
  • Begitu kamu melihat banyak obrolan dari berbagai akun BBM (kontak BBM), silakan kamu pilih, pesan milik siapa yang ingin kamu hapus.
  • Tap pada bagian akun yang pesanya ingin kamu hapus. Lalu carilah pesan yang akan kamu hapus di dalam akun BBM tersebut.
  • Silakan kamu lanjutkan dengan tekan bagian pesan yang akan kamu hapus. Tekan agak lama sampai muncul beberapa pilihan di layak smartphone kamu.
  • Tab pada bagian kata Hapus, maka akan muncul petunjuk selanjutnya yang menyatakan apakah kamu akan benar-benar menghapusnya atau tidak.
  • Tekan Batal jika ingin membatalkanya, tekan Hapus jika benar-benar ingin menghapus.

Ingat bahwa pesan yang sudah kamu hapus tidak akan lagi bisa kamu kembalikan. Untuk menghapus beberapa pesan, harus kamu lakukan satu persatu. Inilah kelemahan yang ada di BBM yang tidak bisa menghapus beberapa pesan (tidak semuanya) secara langsung dalam satu akun.

Pesan juga bisa terhapus secara otomatis bila pengirim pesan menggunakan fitur time message. Jadi kamu bisa menghapus pesan yang kamu kirim secara otomastis bila sudah dibaca penerika dengan menggunakan fitur time message atau pesan rahasia.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal fitur ini, kamu bisa baca: Cara Mengirim Pesan Rahasia di BBM

2. Cara Menghapus Riwayat Obrolan Chat Satu Akun BBM

Poin nomor satu hanya untuk menghapus beberapa pesan saja dalam satu akun. Maka dengan cara berikut ini, kamu bisa menghapus riwayat obrolan chat satu akun BBM secara langsung. Jadi dengan cara ini, seluruh obrolan yang kamu lakukan pada akun terkait akan langsung hilang semuanya.

Cara untuk menghapus riwayat obrolan chat satu akun BBM ada dua cara. Cara pertama bisa kamu lakukan dengan:

  • Buka Aplikasi BBM yang kamu miliki di smartphone android kamu
  • Tab bagian obrolan, maka kamu akan melihat banyak obrolan. Silakan kamu pilih mana yang akan kamu hapus pesanya.
  • Tekan agak lama akun yang ingin kamu hapus pesan chatnya, sampai sedikit berwarna hitam dan muncul opsi baru pada bagian atas layar.
  • Pada bagian atas layar tepatnya di pojok kanan atas, tab ikon bergambar eraser. Maka kamu akan melihat menu baru yang mengambang di layar android kamu.
  • Pesan baru bertuliskan Kosongkan Obrolan, kamu bisa pilih Kosongkan Obrolan jika ingin kamu hapus atau pilih Batal jika mengurungkan niat.

Cara kedua bisa kamu lakukan dengan:

  • Bukalah aplikasi BBM android kamu
  • Lanjutkan dengan tab bagian Obrolan yang berada di pojok kiri paling bawah.
  • Kamu akan melihat berbagai akun BBM yang telah melakukan chat dengan kamu. silakan tab satu akun yang ingin kamu hapus pesanya secara keseluruhan.
  • Ketika kamu telah masuk ke bagian kontak yang chat dengan kamu, lihatlah ikon berbentuk titik tiga yang berada di pojok kanan paling atas. tab bagian itu.
  • Kamu akan melihat berbagai pilihan menu, salah satunya Kosongkan Obrolan. Pilihlah bagian itu.
  • Lalu akan muncul tulisan Kosongkan Obrolan yang mengambang di layar kamu. silakan tekan opsi yang kamu kehendaki.

Ingat, bahwa pesan yang telah kamu hapus tidak bisa lagi kamu kembalikan. Jadi pikirkan dengan baik-baik, apakah kamu benar-benar akan menghapus riwayat atau tidak.

3. Cara Menghapus Riwayat Obrolan Chat Beberapa Akun BBM

Berikutnya adalah cara menghapus riwayat obrolan chat beberapa akun BBM dalam sekali klik. Ya, kamu juga bisa menghapus beberapa pesan dari beberapa akun BBM. Caranya bahkan lebih mudah ketimbang yang pertama dan kedua.

Untuk melakukanya, kamu hanya perlu mulai dengan:

  • Masuk ke aplikasi BBM yang kamu miliki
  • Tab bagian Obrolan, maka kamu akan melihat banyak obrolan. Silakan kamu pilih mana yang akan kamu hapus pesanya.
  • Tekan agak lama akun yang ingin kamu hapus pesan chatnya, sampai sedikit berwarna hitam dan muncul opsi baru pada bagian atas layar.
  • Lanjutkan dengan menekan kontak lain dengan cara yang sama. Atau bisa pula kamu tekan ikon bergambar kotak yang dikelilingi titik-titik dibagian atas tapi bukan yang paling pojok.
  • Pada bagian atas layar tepatnya di pojok kanan atas, tab ikon bergambar eraser. Maka kamu akan melihat menu baru yang mengambang di layar android kamu.
  • Pesan baru bertuliskan Kosongkan Obrolan, kamu bisa pilih Kosongkan Obrolan jika ingin kamu hapus atau pilih Batal jika mengurungkan niat.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghapus riwayat obrolan chat beberapa akun BBM adalah dengan:

  • Buka aplikasi BBM yang kamu miliki
  • Lanjutkan dengan tab ikon berganbar manusia yang berada di bagian pojok kanan paling bawah.
  • Kamu akan melihat beberapa pilihan, Tab pada bagian Obrolan
  • Lanjutkan dengan menekan Hapus Riwayat Obrolan. Maka kamu akan melihat peringatan apakah kamu benar-benar akan Hapus Riwayat Obrolan atau tidak. Silakan pilih yang kamu kehendaki.

Sekali lagi, setiap tindakan yang kamu pilih tidak akan bisa kamu tarik atau urungkan kembali. Jadi pikirkan.

Catatan

Pertama terkait dengan Versi BBM Yang Saya Gunakan, dalam tulisan ini, saya menggunakan aplikasi BBM paling baru ketika tulisan ini saya buat. Yaitu BBM versi 3.3.10.102. jika kamu masih menggunakan versi sebemnya kemungkinan tampilanya akan sedikit berbeda. Jadi silakan perbarui terlebih dahulu.

Untuk memperbarui BBM kalau kamu tidak tahu caranya, Silakan Baca: Cara Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Kedua, Pengaturan Bahasa Android. dalam tulisan ini, saya menggunakan pengaturan bahasa Indonesia. Jadi kalau kamu masih menggunakan bahasa Inggris atau lainya, silakan disesuaikan saja. Cukup kamu buka menu pengaturan saja dan lihat bagian bahasa untuk menggantinya.