Cara Menghapus Akun Google atau Gmail Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Google atau Gmail Secara Permanen, Tak selamanya gmail itu penting, terkadang karena berbagai pertimbangan dan alasan, kita ingin menghapusnya. Bila kamu berpikir untuk menghapus akun Google atau Gmail, maka kamu harus benar-benar yakin terlebih dahulu. Sebab, akun Gmail yang sudah terhapus secara permanen tidak akan dapat digunakan kembali.

Tak hanya itu saja, kamu juga tidak akan pernah bisa menggunakan kembali username Gmail yang sudah dihapus. Jadi akun tersebut tidak akan bisa diaktifkan kembali di masa mendatang oleh siapapun.

Sebenarnya, untuk menghapus akun Gmail secara permanen sangatlah mudah. Namun, tidak semua orang mengetahuinya. Untuk menghapus akun Gmail secara permanen, saya akan beri tahukan bagaimana cara melakukanya.

Cara Menghapus Akun Gmail atau Google Secara Permanen

Oke, sampai disini, saya anggap kamu tahu konsekuensi bahwa menghapus akun Gmail atau Google secara permanen menyebabkan kamu kehilangan akses pada akun tersebut. Kamu tidak bisa lagi mengembalikan akun yang sudah terhapus.

Nah untuk menghapus akun Google atau Gmail bisa kamu lakukan dengan cara:

  1. Pertama-tama, buka https://myaccount.google.com.
  2. Login ke akun yang ingin dihapus.
  3. Masukkan password akun Gmail kamu. setelah itu klik Next.
  4. Lihat bagian Account Preferences atau Preferensi Akun.
  5. Klik opsi Delete your Account or Services atau Hapus Akun dan Layanan.
  6. Kamu akan diarahkan ke halaman Account Preferences. Disini kamu akan melihat banyak pilihan, salah satunya adalah Delete your Account or Services atau Hapus Akun dan Layanan. Itulah yang harus kamu klik. Pilihan ini berada di bagian paling bawah.
  7. Kamu akan diminta untuk login kembali ke akun tersebut. Kamu hanya perlu memasukkan kata sandi, lalu klik Masuk. Menu ini muncul sebagai upaya Google untuk meyakinkanmu bahwa yang melakukan tindakan penghapusan akun memang dilakukan oleh kamu sendiri yang memiliki akun.
  8. Setelah login kembali, kamu akan masuk ke halaman Delete Account. Pada halaman ini, kamu akan diminta untuk memberi tanda centang pada bagian yang tersedia (berisi pesan persetujuan dan kesepakatan). Akan lebih baik kamu membacanya lebih dahulu secara seksama, agar kamu memahami konsekuensinya.
  9. Ada baiknya pula, sebelum kamu melakukan penghapusan akun Google, kamu telah menyimpan semua data yang ada di dalam email. Kamu bisa klik download your data pada bagian ini.
  10. Baru setelah itu, kamu bisa klik Hapus Akun.
  11. Bila tiap-tiap langkah sudah dilalui, maka kemudian kamu akan melihat tulisan “Kami Sedih Melihat Anda Pergi” pada layar komputermu. Selain itu, pada layar kamu juga dapat melihat informasi bagaimana untuk memulihkan kembali akun tersebut, jika secara tidak sengaja terhapus.

Mudah sekali bukan untuk menghapusnya? Kamu tidak perlu khawatir, menghapus akun Google atau Gmail tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya kurang dari satu menit, akun kamu sudah dapat terhapus. Bila kamu sudah mengikuti setiap langkah di atas, dan proses penghapusan akun telah selesai berlangsung, artinya akunmu telah resmi terhapus.

Bisakah Recovery Akun Google Atau Gmail yang Sudah Dihapus?

Saya sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa akun Google atau Gmail yang sudah kamu hapus tidak akan dapat digunakan kembali. Apabila ada email yang dikirimkan ke akun yang telah terhapus, maka sudah pasti tidak akan terkirim. Selain itu, kamu juga tidak akan bisa menggunakan kembali username akun tersebut di kemudian hari.

Akun Google atau Gmail sedikit berbeda dengan akun Yahoo Mail yang memberikan peluang pemulihan (recovery) akun kembali bagi akun yang telah terhapus selama jangka waktu 30 (tiga puluh) hari. Jadi 30 hari setelah akun Yahoo Mail kamu hapus, kamu masih bisa melakukan recovery.

Tapi untuk akun Gmail atau Google berbeda. Google tidak memberi penjelasan secara detail terkait dengan jangka waktu pemulihannya. Tetapi sejauh ini, sepertinya akun yang sudah di hapus secara permanen tidak bisa dikembalikan lagi.

Jadi jika suatu saat kamu membutuhkan sebuah akun gmail kamu bisa daftar akun gmail baru lagi.

Bagaimana Email Yang Dikirim Ke Akun Yang Sudah Dihapus?

Email yang dikirim ke alamat gmail yang telah dihapus, sama artinya dengan mengirim email ke gmail yang tidak pernah ada. Pesan tidak akan terkirim. Kamu akan mendapatkan laporan bahwa pesan kamu tidak terkirim bila kamu mengirim email ke akun google atau gmail yang telah terhapus.

Sampai di sini, masih adakah pertanyaan tentang bagaimana cara menghapus akun Google atau Gmail secara permanen? Jika masih ada, silakan tulis dalam kolom komentar, saya akan merespon tiap pertanyaan kamu.

Satu pemikiran pada “Cara Menghapus Akun Google atau Gmail Secara Permanen”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.